AKAD NIKAH RYAN & INDAH

Kemaren pas habis GR, kita yg panitia kan udah sepakat ketemu langsung di Gedung jam 7 pagi karena gedung baru bisa buka jam segitu. Aku agak santai, karena baju pengantin yg 2 hari lalu aku ambil di tukang rias (ih jadul banget sih bahasanya). udah dibawa ke Tigaraksa sama Andri kakak nya Ryan,jd aku gak terlalu perlu buru-buru.

Jam 7an malah aku baru brangkat dari rumah, isi bensin dulu, isi e-tol dulu, trus pas udah keluar tol bitung kan deket lagi ke lokasi..mampir dulu cari sarapan.. cari obat asma inhaler buat Seno dulu, takut dia ngos2an nanti kan tugas jadi photographer keluarga. .. eh di Indomart malah ketemu Ryan, si calon penganten belum diapa2in,belum berdandan.

Akhirnya, aku dan keluarga sampailah di gedung SKA. Indah dan mamanya Ryan lg dimakeup.,sementara rian ngepel2 dulu …. eh ga deng, dia lagi gegayaan sesi pemotretan

jam 8 lewat mamanya Indah belum datang datang..masih di jalan. kata MUAnya keburu kok bu,tenang aja,iya tapi aku gak bisa begini.. jadi bolak balik ruang rias..mules..

Panitia yang di ruang akad udah siap, keluarga yang udah datang langsung aja dipersilahkan duduk di ruangan,yg nyambut bukan penerima tamu. mereka mah tugasnya nanti di resepsi.

Seksi acara Didit, Usher Dini, MC Evi udah siap, Korlap Andri udah siap. Ante Icho jg udah diajarin masukin earphone ke kuping yg ketutup hijab, biar bisa komunikasi lewat discord.

eh pak Penghulu juga rajin bener jam 9an udah datang,lha kita kan jam 10 pak acara akadnya..

Akhrnya si Pak Penghulu pergi dulu, nikahin yg lain dulu,nanti balik lagi..meni sibuk pisan pak penghulu teh euy

Jam 9.30an yuk kita mulai aja.. baris yg rapi yaa…eeh tapi mamanya Indah belum selesai dimakup. gimana dong. Pak Kyai, Qori udah siap. ya udahlah mohon maaf acara tetap harus dimulai sesuai schedule.
Terpaksa aku ijin pinjem salah satu ibu” keluarga Indah ,buat jadi pemeran pengganti mamanya Indah.

Teng 9.30 Prosesi dimulai dari sambutan keluarga Ryan, Om Ai yang bacain sambutan. Terus sambutan penerimaan keluarga Indah, Abis itu , Mama Ryan kasih seserahan secara simbolis ke Mamanya Indah yang asli. pas untung mamanya Indah udah selesai dimake up. jadilah mamanya Indah yg trima,bukan pemeran pengganti mama.

Ttrus ryan salim kedua ortu,Ryan diserahkan ke ortunya Indah, trus mama indah kalungin rangkaian melati ke ryan dan langsung Ryan diapit kedua ortunya indah,ke meja akad.

Daan seterusnya langsung siap” ijab Qobul yg diawali dng pembacaan ayat suci al quran dulu.

Ada sedikit hambatan,Saksi dari keluarga kita yaitu Om Endang Zahri agak telat sedikit,katanya baru keluar tol pas udah mau mulai ijab. jadilah kursi saksi sementara kosong, sambil cari pengganti, dan alhamdulillah Wak Uju bersedia jadi saksi pengganti dari pihak calon mempelai pria.

Habis Pembacaan ayatr suci Al Quran, trus Indah yang semula duduk di kursi rombongan keluarganya, dianterin ke meja akad sama adiknya, Oh ya ini kita paka konsep akad nikah, kedua calon mempelai duduk bersanding di meja akad, gak terpisah gitu, sesuai permintaan dari Indah dan keluarga.


Alhamdulillah, satu kali latihan ijab sama penghulu, Ryan akhirnya bisa lancar ijab qobul sama bapaknya Indah dalam satu helaan nafas. Barakallah.. Doa nikah dan nasehat perkawinanpun diberikan oleh Bpk. Drs. KH Uwes Nawawi , ketua MUI Kab. Tangerang

Habis itu prosesi tanda tangan buku nikah,

Trus.. penyerahan mahar, pemasangan cincin, jidatnya indah dipegang trus indahnya salim ke Ryan.. Ooh.. ternyata di sini proses salimnya, aku malah taroh proses Indah salim itu pas ketika sudah saaaah.

Prosesi Terakhir baru deh sungkeman, pertama ke para ibu masing-masing dulu, trus ke bapak masing2, lanjut ke ibu mertua, terakhir ke bapak mertua.. du..du..du… haru banget ini music pengiring dan text bacaan pas sungkeman sukses bikin MC nya nangis lagi.. hahaha

Btw aku seneng banget semua berjalan lancar,on schedule. yg bikin bangga sih keponakan” aku yg kerjanya kayak udah profesiónal banget loh..gak nyangka.

Seksi acaranya keren,dia pantau dan perhatiin terus detik” acara dan kasih kode” via discord,dan masih sempet ngelive sama papa mamanya (Aa ku di Timika) yg gak bisa hadir.

Korlapnya, Andri walaupun sambil nyaksiin acara adik tercintanya..tetep sigap ngurus ini itu,terutama ngurus penghulu,qori,pak Kyai.

Ushernya gak kalah keren, bener” bisa banget mandu semua dr awal ngatur posisi brenti keluarga cpp di titik mana, ngatur Ryan maju 1 langkah dll sampe ngatur sungkeman, ngatur posisi pemotretan.. 2 Jempol buat Dini ponakanku yg 4 bulan lg juga mau nikah..

Daan 2 Jempol juga buat MCnya,gak ada yg tau kan Mcnya kreatíp sekip” text di cue card karena penghulunya agak ngebut.. selesai ngemsi aku kasih hadiah pelukan erat buat adik sepupuku tercinta.

Eh tau gak, ternyata temen2 kerja mama Ryan nyangkanya itu MC,Usher dan yg pake jas2 yg ngatur2 itu WO lho katanya, karena cakep2 dan teratur banget ngatur acaranya. Acaranya baguuus..
trus kata mamanya Ryan..“bukaaan itu ponakanku semua, MC nya tantenya Ryan..adek sepupu saya..”
Seneng banget loh dpt apresiasi kayak gitu.

Tapi mohon maaf ada sedikit kelupaan atau mungkin kekurangan dari aku yg nyiapin tata laksana prosesi, yaitu gak ada ijin nikah Indah ke ortunya, sampe ditanya pak penghulu udah ijin ortu belum? udah sih pastinya cuma gak diprosesiin.

Trus ada juga yg kelupaan, kan ada neneknya Ryan yg juga hadir, Aku lupa melibatkan nenek pas di sungkeman, tapi kasian juga kan nenek takut capek.

Yak itu semua dari kami yg masih amatír tapi berusaha keras mensukseskan acara akad nikah kepónakan,sepupu,adik tercinta. lebih dan kurangnya harap maklum..yang penting SAAAHH..

Leave a comment