Pra Nikahan Ryan

Jadi aku ini sebetulnya belum bisa move on dari acara pernikahan keponakanku Ryan , minggu lalu.

Aku masih liatin foto”nya.. masih iseng ngedit” videonya. Masih ngobrolin yg kemaren” sama mamahnya ponakanku alias kakak ku , gitu wae seminggu ini.

Itu karena aku happy..acara puncak lancar, sukses lah, puas,ngerasa ikut ngurusin ini anak dari mulai lamaran sampe hari H na. Da gimana ga ikut ngurusin,Ryannya dari awal udah bilang gini “ante..nanti untuk acara nikahan Ryan, ante aja yg aturin dan urusin ya..” waduh .. oke Ryan.

Tapi seneng campur haru da aku amah dikasih amanah kayak gini..langsung jawab “siap Ryan,ante usahakan yg terbaik buat Ryan”

Dan, Ryan itu memang istimewa di hati, bukan berarti ponakan laen ga istimewa, tiap ponakan beda” istimewanya di hati aku. khusus buat Ryan ini, Dia lahir di Papua. dari kecil waktu masih di Papua,dia sering keluar masuk RS. karena sakit apa gitu paru-parunya. dan aku belum pernah sekalipun ketemu sampai kira” Ryan umur 4-5 thn.
Dan ketika sakit..Ryan sering bilang ke ibu bapaknya “pengen ke Jakarta..pengen ketemu ante Icho..” aku terharu banget, sampai akhirnya suatu hari keinginannya terkabul. Ryan dan ayahnya ke Jakarta,ketemu ante Icho..cutilah aku demi nemenin ponakanku ini jalan” keliling Jakarta, ke monas sudah pasti..

Back to persiapan nikahan..

Step 1-Lamaran
Lamaran alhamdulillah aku jg ikutan riweuh dan ngaririweuh,
Karena masih pandemi waktu itu jadi lamaran cuma boleh 6 orang aja,

Aku dan mamahnya Ryan dan kakakku yg laen, ya gitu deh siap2in kira2 mau bawa apa aja, bungkusin dan hiasin tipis2 lah.
Alhamdulillah Ryan lancar dan cukup pede minta anak orang langsung ke bapaknya. Dan Alhamdulillah lamaran diterima dengan baik, sekalian nentuin tanggal pernikahan juga.

https://vt.tiktok.com/ZSRfpptDa/

Step 2- Fitting
Aku lupa tepatnya kapan, 3 bulan sebelum hari H deh kayaknya sudah mulai deh cari gedung,cari waktu dan budget,lokasi dll, ini aku ga ikutan cari2 gedung mah.. tapi Ryan tetep laporan ke antenya, buat milih gedung mana kira2 yang sesuai sama budget.
Aku cuma ikutan pas fitting baju yg pertama, kebetulan lokasi fitting nya cuma 10 menit dari rumah aku, jadi aku diajak buat liat dan diminta pertimbangannya. . Ada beberapa yg dicoret, kain buat akad ganti motif, baju yg buat ortu,ganti, mending mama bikin aja ( eh alhamdulillah ternyata mamanya Indah juga maunya bikin aja), baju penerima tamu juga ganti aja.. eh kok bnyk yg di ganti untungnya Indah calon istrinya pake baju warna apa aja cocok.

https://vt.tiktok.com/ZSRfsFNM9/

Habis fitting dan nentuin MUA udah, Mulai deh berhitung budget buat rencana seserahan,seragam keluarga,biaya gedung,catering, WO,photo prewed, cetak undangan ,dll.
aku bikinin excelnya untuk biaya2 tersebut, hampir tiap 2-3 hari sekali kita obrolin, mana yg blm mana yg udah,kurang brapa, ayo kita gencar kerja keras lagi.

eh iya btw pasti ada yg tanya kan, kok yg ribet pihak laki2? Iya krn pihak cewe udah nyerahin semua ke pihak cowo untuk acara hari H mereka ikut aja.

Step 3. Test Food

Gedung udah dapat, budget cocok,Ryan, mamanya dan aku mulai pilih – pilih menu sesuai budget dan sesuai enaknya keliatannya, karena baru liat di brosur aja. Buat memastikan enak apa gaknya kan butuh test dan test foodlah si ante dan mamah Ryan, pilih2 menu sekalian lihat venue..jujur deh makanannya enak2 banget ternyata.


https://vt.tiktok.com/ZSRfp3r7C/

Step 4 Bikin Undangan & Pre Wedding

Ryan dan Indah pilih warna dan desain berdua,tetep minta pertimbangan ante.. Ante mah oke aja selama menurut Ryan dan Indah itu udah bagus, sesuai keinginan mereka.
Prewedding juga berdua aja..malu kalo ngajak mamah dan ante katanya

Step 5 Seserahan
Untuk seserahan, kak Oma ( mamahnya Ryan) ni nyerahin ke aku juga buat cari, beliau kan jg ngajar jd paling bisa ya sabtu minggu kalau mau blanja bareng.
Jadi jauh2 hari udah nyicil”. aku dan ka Oma beli sesuai Yg ceweknya Ryan mau. Dia suka warna biru dan hitam, jadi request mukena mau warna hitam, al qur’an custom hitam putih, sajadah couple hitam puti, baju tidur couple, warna biru,handuk couple bebas.tp ada biru” nya..dress warna hitam, tapi sepatu dan tas gak hitam deh broken white ,skincare merk anu, cosmetic merk anu dll biar kepake dong. Cari seserahan done di H-30.

Nah H-2 bulan kalo gak salah Ryan bilang,kalo dr gedung itu WO hanya resepsi aja, untuk pernikahan gak ada WO..waduh, lieur deh ante gmana ini, kita butuh panitia kalo gini mah,gak bisa beberapa org doang yg bantu atuh. Akhrnya gubrag2 kk nya Ryan Andri yang di Bekasi dan Icha yang di Manokwari..“yuk bikin grup pantia yuk… ini udah mepet waktunya..ante gak bisa kalo cuma sendirian ngatur2 “..
Dan akhirnya Andri ditujuk jadi korlap, ketua pelaksana deh, untuk ketuanya kita langsung tunjuk aja ketua panitia Om Bedi,adik ayahnya Ryan, boss property yang udah biasa dong ngurus event.

Untuk ..dewan penasehat Wa Aan dan Wa Ami ( kakakku no 1 dan no 2) .. ante Icho mah sekretaris merangkap korlap aja haha

Akhirnya si ante Icho kasih konsepnya dulu,kira” pas acara nikah prosesinya gimana dll. bikin proposal dulu yg isinya susunan panitia,rundown,tugas2 para seksi, text buat MC yg tandem sama usher dll.

Dan sebulanan ini bolak balik juga nanya ke dewan penasehat yaitu Aa ku dan Ceu2ku yang udah pengalaman nikahin anak, pengalaman kerja di Depag, untuk urutan dan tatacara nikahnya, dan tentu saja nyontek di yutub 🙂 . Si Aa ku yang bikinin text pidato sambutan dari pihak Calon Pengantin Pria, bikin teks sambutan di resepsi buat Om Bedi, ketua Panitia, request minta ada pantun2nya , kan urang awak, urang minang tanpa pantun serasa ada yang kurang

H-4 minggu, daku cuti..belanja seragam keluarga dan seragam panitia sama kakak2 ku.. mama Ryan lega..

H-3 minggu, rapat pertama panitia di Tigaraksa, jadi gak cuma zoom or ngobrol di grup wa. sekalian nyicil bungkusin dan ngehias seserahan. Dikerjain sendiri ? gak pake vendor ? kagaaa..yang ngehias ada Wa Hapsah dan Teh siapa deh lupa, aku ikut2 dikit lah, dan dikash bunga2 kertas dari si Ceu Rini satu box hitu.. Wah lumayan atuh irit, selain ngirit sekalian belajar ngehiaslahm, kali2 aja nanti pensiun bisa dijadiin bisnis.

https://vt.tiktok.com/ZSRfswvTk/

H-2 minggu,

Ini berhubung waktu rapat panitia sepupuku yang jadi MC gak bisa datang, jadilah dia minta jadwal khusus buat ngetes MC. Dasar si adik bungsu sepupuku yang manja ini, minta ngetesnya di kafenya Om Catur di Kelapa dua. oke aja deh.. dari Bintaro ke kelapa dua cuma buat ngetest MC huhuhuu…

Ini bacaan masih pake lembaran text biasa belum sempet bikin cue card ala” mc di tipi., cuma ngetes intonasi dan speednya menyesuaikan rundown time.
Overall lumayanlah , okeh juga si adik bu guru agama sempel ini buat jadi MC nikahan nanti, cuma dia nangis mulu aja tiap kali baca text sungkeman haha.

H-4 , Pengajian,

Naini aku ga datang gara” pengajian dimajuin, rencananya pengajian jumat eh malah mau jadi kamis. kan aku udah submit cuti Jumat buat pengajian. krn dimajuin jadi ke kamis jd ga dtg deh, aku malah ke mayestik bikin box buat tempat mahar. gara2 semalem liat box mahar kok gitu amat, aku sampe gak bisa tidur mikirinnya, nanti kan bakalan di di taroh di meja akad trus di angkat, di foto .. kudu kece atuh..
kenapa gak pesen aja tempat mahar kece” di online? iya krn awalnya kan udah ada box tempat mahar ex siapa gt msh bisa dipake.tp aku kurang suka liatnya. baru liat pas rapat itu..kalau mau pesen dr udah pasti ga keburu. Alhamdulillah, untung ada tempat jual2 box seserahan di Mayestik, bisa sekalian aku reqeust bikin spert di gambar yang aku bawa, eh malah dia kasih saran untuk tempat antam begini aja..begitu. aku nurut, dan hasilnya lumayanlah kece..harganya juga beda jauuuh sama yang di onlen2.

H-1 Gladi bersih

H-1 akhirnya kita gladi bersih di Gedung sekalain cek persiapan buat besok. Calon pengantin ceweknya tetep ga datang, kan udah dipingit, yang penting udah tau step2nya nanti. di gedung, GR dipimpin langsung sama Pak Ketua Panitianya yg pulang kerja langsung ke TKP. yang bakal jadi Usher dari Timika juga udah bisa join..Penanggung jawab seserahan dari Manokwari udah siap ditempat walau harus ninggalin anak dan suami tp tetep fokus..

Namanya juga GR ala-ala persepupuan dan kakak beradik, GRnya santaai dan banyak heureuy karena banyak peran pengganti daaaan MC nya lagi-lagi nangis lagi baca text pas sungkeman, cuma GR doang loooh

https://vt.tiktok.com/ZSRfsKJbb/

Finally.. hari H pun tiba..
( ngaso heula)

Leave a comment