Tag Archives: Magelang

Kembali Ke Desa

Saya anak kampung, tapi kampung tanpa gunung, cuma punya kali Cisadane, maka dari itu saya pernah punya cita-cita nanti kalau sudah pensiun saya mau tinggal di kampung yang tenang, di kaki gunung.

Cita-cita saya ini terinspirasi dari lagunya Godbless / Ahmad Albar “Huma di Atas Bukit“. Membayangkan saya tinggal di sebuah rumah kecil tapi nyaman, di atas bukit di kaki gunung, ada sebatang sungai kecil ( *asal jangan gede-gede deh sungainya takut banjir. ) dekat rumah, Ada sawah membentang, dan kalau buka jendela rumah langsung bisa lihat gunung ( *tapi gunungnya jangan gunung yang aktif..ngeri juga kalau mbledos)..kira-kira begitu gambaran keinginan saya.

Teman saya kerja waktu di kantor lama, sekarang pindah rumah di Klaten dan kerja di Jogja. Tiaaaap hari posting foto-foto pemandangan di rumahnya yang bikin saya sirik. Gimana gak sirik sayah, lihat foto dia lari pagi di jalan sepi, kanan kiri sawah dan pohon, di depannya masih ada andong. Lalu suatu hari posting lagi foto anaknya main di sawah di belakang rumah, walaaah…anak saya mau lihat sawah aja mesti saya anter dulu ke Sukabumi, mana lagi sekarangkan sudah enggak punya Eyang di Sukabumi,makin jarang aja mereka lihat sawah.

Karena kepikiran dengan cita-cita lama yang kepengen pensiun dan tinggal di desa, ditambah lagi sirik lihat foto-foto temen saya, akhirnya saya utarakan keinginan saya ke si babehnya Seno, kalau nanti pensiun mau tinggal di  Klaten, kan Seno dan Della berencana SMAnya mau di Jogja, jadi saya mau nemenin mereka dong.
Si babeh sih sementara ini masih iya iyalah aja ( * tapi gak sambil senam ) .. gak yakin dia kalau saya betah tinggal di desa. Dia cuma bilang ayolah kapan-kapan kita ke Klaten, ke rumah si Adit (*sepupunya si babeh).

Dan, akhirnya ketika akhir  Desember 2013 lalu saya liburan bersama keluarga ke Jateng-Jogja dan sekitarnya, saya sempatkan main ke Klaten. Rada kecewa karena Klaten yang saya kunjungi bukan Klaten desa, bukan desa Dlimas dimana rumah teman saya tinggal, saya hubungi teman saya di Dlimas, sayangnya saya cuma terhubung di facebook saja dengan dia,  gak ada no. hpnya, gak sempet main deh. Adit bilang juga, Klaten sekarang sudah ramai, sudah bukan kampung lagi… hmmm..apa mesti di coret ini Klaten, di mana lagi kira-kira tempat yang enak buat menghabiskan masa tua ?

Tapiii… akhirnya, besoknya saya beralih ke lain hati ( eh lain tempat). Kejadiannya waktu saya dan keluarga menuju pemandian Candi Umbul. Saya menemukan tempat yang enaaaak sekali melihatnya. Saya jatuh cinta pada tempat ini. Ini..adalah desa Grabag Magelang. Saya serasa melihat lukisan jaman dulu yang suka ada di dinding rumah, gambar standar dua gunung, di tengahnya jalan dan pepohonan membelah sawah di kiri kanannya… subhanallah..keren banget kan ini tempat.

Image

Image
Langsung saya bilang ke si Babeh, aku mau tinggal di sini Pa.. air nya juga bagus, tuh buktinya pemandian alam aja ada di sini, ada situs sejarahnya juga, Sawah nya bagus, tanaman tumbuh subur di sini.

Image

ImageJadi petani aja aku mau deh, petani cabe atau petani kol juga bisaaaa…
ImageImage
kata sih babeh “Tapi di sini jauh dari mall, gimana bu ?? , trus ibu-ibu petaninya juga gak ada yang pada narsis kayak giniiii “

Image