FARIEZA IDHA QIRANA

33  tahun lalu, waktu itu saya masih  Kuliah.  Masih tinggal di Perum Tangerang bersama ibu dan 1 orang kakak yang sudah menikah dan punya 1 anak cowok lucu bermata bulat besar, bermuka manis, yang kalau senyum ada lesung pipitnya, sering saya mainkan ponakan saya yg cowok itu, didandanin pake hijab cocok banget, gak kaya cwok gitu saking manisnya.

Belum berumur 2 tahun ponakan saya, eh ibunya hamil lagi, kesundulan kalau istilah orang2. Jadilah ponakan saya yg lembut dan manis yang bernama Andriezal Ahmad  ini akan punya adik lagi.

Malam menjelang Iedul Adha.. Kakak saya sakit perut mau melahirkan, padahal hobinya/kerjaan kakak saya itu biasanya beres2 rumah setiap kali jelang lebaran. Tapi kali ini tidak, karena lebarannya lebaran haji dan juga perutnya yang semakin membesar.

Malam itu kakak saya dibawa ke RS Harapan Ibu, di dekat (calon) Masjid Ar Royyan. Dan paginya saya sudah dapat kabar, Kakak saya melahirkan anak ke 2 nya, Perempuan .  Alhamdulillah.

Pagi itu saya berangkat Sholat Iedul Adha dengan semangat dan gembira, karena sudah berencana, pulang sholat di lapangan Ar Royyan mau mampir ke RS Harapan Ibu, yg letaknya Cuma beberapa langkah dari lapangan.

Belum sampai Lapangan, di tengah perjalanan saya berpapasan dengan  Uda Saya / Kakak Ipar saya yang habis menunggui kakak saya lahiran.  Saya ucapkan selamat atas kelahira anaknya. Trus Uda Yon bilang

“Coh mana nama anak uda yang mau Icho namain, siapa namanya ? “

Saya ketawa sekaligus seneng, Oo.. kirain Da Yon gak mau anaknya dikasih nama sama saya, soalnya waktu kakak saya hamil, saya udah wanti-wanti, nanti anaknya jangan dikash nama yang padang-padang banget, jangan dikasih nama Yusniar, Yusnizar.. udah cukup 1 aja yg ada huruf Z nya, khas orang padang kan gitu..

Oh jadi namain dari Icho, ini namanya Da… ada kertas gak ? “

Uda Yon ambil kertas dari bekas daleman rokok, dan dia kasih bolpen ke saya, saya tulisa namanya di situ “ FARIEZA IEDHA QIRANA

Jangan salah nulisnya ya Da.. tulisannya harus persis gitu.. Kirana nya pake Q.

Artinya apa Cho ? si Uda masih nanya..

Gak ada Artinya Uda… yang penting namanya bagus, gak ada padang-padangnya, FARIEZA, karena Icho lagi demen sama Fariez RM, lagi pas muncul album Barcelona.., EIDHA karena lahir pas IEDul adHA , Qirana itu . Q nya abil dari Q(urban), udah gitu aja Da.. bagus lah namanya. kata saya sedikit maksa 🙂

Si Uda Yon Cuma manggut-manggut, dan saya Sholat dan dalam doa hari itu saya panjatkan Semoga keponakan saya yg saya kasih nama ini, jadi anak Sholehah , Cantik hati dan selalu berkurban kebajikan buat saudara dan sesamanya.

Waktu berlalu.. Farieza Iedha Qirana yang dipanggil Icha semakin besar,lucu dan menggemaskan. Icha jadi anak yg gesit dan agak tomboy,larinya kenceng,dan sering menghilang dari rumah.. Gak taunya lagi main di tetangga atau ada tetangga yg nyulik.  Tubuhnya yang gemuk,ginuk” lucu..muka bulat dengan rambut dipotong berponi ala dora yg membuat Icha sering dipanggil MINUL. Si Minul ini yg kadang bikin saya rindu pulang dari kostan.

Andri & Icha

Dan semakin merindu ketika kakak saya memutuskan pindah ke Timika. Berat rasanya ketika terakhir kalinya saya melihat minul kecil di ruang pengantaran para trans di cikokol. Saya lupa berapa lama kakak saya tinggal di timika. Yg saya ingat 1999 menjelang saya nikah. Kakak saya kembali ke Jawa dan tinggal di Tigaraksa,kembali bersama ibu saya yg semakin menua.  Icha yg kecilnya lasak,gesit berubah menjadi gadis remaja sholehah dan pintar dan gak tomboy lagi.. Si Minul sudah hilang..

Hari ini 33 tahun usia Farieza Iedha Qirana. Dia sudah menemukan jodohnya yg kemudian memberinya 4 anak .sama seperti ibu dan neneknya yg juga punya 4 anak di usia kepala 3.

Icha dan anak-anak2nya

Selamat Hari Lahir Icha, ponakan ante tersayang. Semoga Icha juga bisa jadi ibu terbaik seperti nenek dan ibunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s