Nasi Kuning Rice Cooker, ENAK, Gak Pake Ribet

Cerita yang kemarin dulu deh..

Jadi kemarin Rabu itu saya telat bangun, telatnya paaarah pisan, jam 7.20 saya baru bangun, daaan..sudah pasti anak-anak telat sekolahlah, wong masuknya aja jam 7 pagi koq. Rasa sesal di dalam hati bener-bener deh, saya minta maaf sebesar2nya sama anak-anak, ini karena sejak semalam saya buang-buang air sampai jam 3 pagi baru bisa tidur dan dalam tidur itu saya mimpi telat bangun ehh koq beneran telat bangun. Jadi anak-anak yang kemudian gak berani masuk sekolah karena telat, dengan sangat menyesal saya memaklumi dan mengijinkan, wong salah ibunyaaaa…

Lalu, hari ini…saya menebus kesalahan saya, saya penuhi permintaan Seno yang hari ini ultah. Seno request saya bikin nasi kuning, makanan standar ultah di keluarga kami. Yaaah..berhubung saya punya salah, saya penuhi permintaannya, padahal 2 minggu lalu waktu bapa Seno ultah saya males bener diminta bikin nasi kuning, saya pilih pesen makanan dari restoran chinese food aja deh.

Jadiiii…selain takut telat lagi dan karena mau bikin nasi kuning, jam 4 pagi saya sudah bangun…lalu nyapu, ngepel, nyiram tanaman, masukin cucian ke mesin cuci, belanja ke tukang sayur..dan lanjut masak nasi kuning beserta teman-temannya.

Sudah tahu kan saya ini gak mau ribet orangnya, jadi nasi kuningnya bumbunya ya seadanya aja, Saya share di sini deh.

Bahan-Bahan Untuk Nasi Kuning

– Beras 4 kaleng ( biasanya masak cuma 2 kaleng ).

– 2 bungkus santan instan merk KARA ukuran kecil

– 3 batang serai yang sudah di cuci dan di memarkan

– 5 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk

– Kunyit bubuk 2 sendok makan

Cara Masak

– Cuci berasnya biar bersih

– Masukkan beras ke magic jar campur dengan air sedikit ( kurang dari 1 buku jari seperti biasa saya masak)

– Tumis bumbu ( kunyit, daun salam, daun jeruk, sereh, garam, penyedap rasa dan campurkan santan instan yang sudah ditambahkan air secukupnya)

– Tambahkan air santan yang sudah dibumbui itu ke dalam beras di magic jar

– Nyalakan tombol on untuk masak ( untuk memasak di magic jar nya ) –> ginian perlu di tulis, karena saya pernah lupa nyalain tombol dan hasil nasinya gak enak

– Jangan terus ditinggal itu nasi yang di magic jar, aduk-aduk biar rasanya merata.

Sambil nunggu nasi kuning matang, saya bikin juga ayam goreng ( bumbunya beli jadi juga dong), orak-arik tempe,goreng kerupuk, goreng telur dadar dan di iris-irisi, potong ketimun. Aaah sayang sekali jam 7 pagi masak belum selesai, anak-anak gak keburu sarapan nasi kuning. tapi tak apalah, katanya nanti siang pulang sekolah Seno mau bawa teman-temannya makan di rumah.

Taraaaa…..Jam 7 lewat nasi kuning dan lainnya sudah matang, saya sajikan di meja makan, eeh lupa bikin sambel…aah di kulkas masih ada sambel indofood…

ImageKemudian saya mandi dan siap berangkat, padahal biasanya paling telat saya berangkat jam 7.30-an..eeeh ndilalah si Babe Seno lihat nasi kuning sudah tersaji di meja makan dia ngiler juga, biasanya males sarapan pagi, kali ini minta sarapan dulu, makin telat aja deh saya berangkat kerja, Padahal maksudnya di sajikan di meja makan ini sebetulnya cuma buat di foto dan di pamer ke socmed aja hehehe..
Tapi lumayan lah…si Bebeh ini orangnya jujur, kalau enak ya dibilang enak, kalau gak enak ya bilang gak enak..kali ini nilainya ENAK… padahal kata saya mah ini nasi kuning ENAK BANGEEEEETTT

27 responses to “Nasi Kuning Rice Cooker, ENAK, Gak Pake Ribet

  1. jadi ingat ketika masih kos. Masak nasi uduk pakai rice cooker. Masak roti bakar pakai setrika

  2. karena gak punya dispenser, saya juga biasa masak air pake ricecooker buat bikin kopi…ahahaha
    *masih ngekost

  3. Aaaa… Mbak… Jadi laperr malam2 baca ini. Kalau di sini naskun itu pakai masak habang. Ky masak balado gitu 🙂

  4. Selamat Ulang Tahun ya Seno.. semoga menjadi anak yang baik, tumbuh cerdas, sehat dan bahagia..

  5. Selamat ultah buat Seno mba.
    Masak nasi uduk sendiri pakai rice cooker di sini malah gagal. airnya dah banyak rasanya tapi masih aja agak keras itu nasinya. 😦
    Nasi kuning coba agak ok-lah. duh jadi kangen masakan indo.

  6. lebih gampang cara makannya, teh 😀

    semoga jadi anak sholeh ya, seno

  7. makasih tipsnya ya, Teh…

    pengen nyobain bikin sendiri juga jadinya 🙂

  8. Selamat ultah, Seno…. Semoga selalu jadi anak yang membahagiakan ibu bapak. Selamat makan nasi kuning….. enak nggak??

    Aku juga kalo masak nasi kuning pake rice cooker kok, Teh.

    • Terima kasih Tante Nopi… enak donggg masakan ibunya pasti enak kalo kata Seno mah hahahaha maksa takut diembargo.

      Oh yaa.a…sama dooong, sama pemalesannya maksudnya hahahaha

      • Mbk biasanya berapa ruas jari ya santannya… Kalo seperti nansk nasi kan 1ruas jari.. Tp nasinya msih padet gituu.. Ni aq tmbahin mlh agak lembekk..🤔

      • santannya secukupnya aja sih, gak sampe seruas jari mbak.. toal santan dng air yg seruas jari

  9. huwaa..jadi kangen dikampung nih liat nasi kuning, kalo tempat aku nasi kuning biasa jadi menu sarapan pagi, yak kalo dijakarta biasa kan nasi uduk, kalo ditmpat aku mah nasi kuning, tapi biasanya lauknya pake ayam/telor/ikan dibumbu bali, orek tempe sm mie 🙂

  10. Rasanya gak beda byk kok, hya saja tekstur lebih bagus klo kukus pakai dangdang atau diliwet dulu. Gak gumpal dia. Daku jg sering pakai rice cooker, tokcer cepet hahahahah … Yg penting rasanya lah sembari hangat2 dimakannya. Ngeliat foto di atas, hmm…. besok buat ah! wkwkwkwk …

Leave a Reply

