Menjadi Admin Social Media

Temen-temen  udah tahu dong ya apa itu admin social media ? itu lho.. kan sekarang ini lagi musim dong kantor-kantor maupun produk-produk yang memasarkan produknya via jejaring sosial ( seperti facebook fans page, twitter, instagram, path, blog, we chat dan lain-lainnya deh). Dan yang pastinya ada seseorang yang ngurusin itu semua kan, yang disebut adminnya atau lebih sering suka dipanggil mimin..

Temen saya juga ada nih, yang kerjaannya beginian, dan  saya pernah juga bantuin dia beberapa kali ketika dia lagi gak bisa onlen. Asik juga sih jadi social media admin itu, apalagi kalau feenya lumayan. Soal waktu bakal menyita ? ah teman saya ternyata bisa jadikan itu sebagai side jobnya.

Kerjaannya admin sosial media itu ngapain aja ?

Mungkin masing-masing company beda-beda kali ya ngasih tugasnya ke admin. tapi perlu dicatat juga, kerjaan seorang admin social media itu bukan cuma mempromosikan perusahaan atau produk melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan situs jejaring sosial lainnya, ada tugas lain yang lebih penting yaitu
1. Bertanggung jawab terhadap performa suatu perusahaan di media sosia
2. Memberikan informasi terbaru dari perusahaan dan mensosialisasikannya melalui media sosial online
2. Mengedukasi pelanggan apabila mengalami kesusahaan, mendengarkan keluhan pelanggan dan memberikan solusi untuk pelanggan
3. Menjalin komunikasi yang berkesinambungan, dan tentu saja mempromosikan perusahaan atau individu yang ingin membangun
brand image melalui situs jejaring sosial.

Social-Media-Strategy-for-Business

Dari ketiga point di atas, artinya komunikasi bukan satu arah lagi dong ya, harus dua arah, bukan seperti dulu yang promo-promo lewat brosur , diberikan ke orang kemudian ditinggalkan.
Jadi, lewat social media itu, admin secara aktif dan interaktif memposting tulisan, gambar yang membangun brand image juga menjawab mention-mention atau reply komentar.

Dengan adanya interaksi yang berkesinambungan, postingan yang menarik atau adanya gimmic2 dan kuis mungkin bisa mejaring follower atau liker yang pastinya akan menaikkan brand image dari perusahaan.

Bagaimana dengan content berita di web, atau postingan di social media yang dilakukan admin ? tentu saja ini juga tidak bisa sembarangan, mau tidak mau seorang admin social media sebuah brand harus punya product knowledge tentang brand  yang di-admini-nya. Jangan sampai kebingungan, hari ini mau ngetwit apa, mau posting apa. Selain itu juga harus tau  target marketnya siapa kira-kira jadi engga sembarangan ngejaring follower. Enaknya sih punya panggilan khusus buat follower atau fansnya, misal sahabat,. pren.. teman. Bahasa postingannya gimana, serius atau ada candaan, ya tergantung brandnya deh.

Siapa yang biasanya jadi admin social media ?

Admin sosial media, bisa saja orang yang bekerja di perusahaan tersebut yang dianggap cakap untuk posisi tersebut, bahkan ada perusahaan yang sudah punya divisi sendiri untuk social media dan punya jenjang karirnya lho.  Namun trend belakangan banyak juga social media admin yang freelance, seperti beberapa  teman saya lakukan ( dan saya juga kepengen ).

Berapa kisaran gaji seorang social media admin freelance ?

Bervariasi, tergantung besarnya perusahan, tipe perusahaan dan juga lokasi perusahaan. Bocoran teman saya, yang jadi admin cuma di twitter dan di facebook dia dapat 3.5 juta per bulan.

Apa yang diharamkan eh sebaiknya jangan dilakukan oleh seorang social media admin ?

1. Jangan menjaring follower fake account ( akun palsu ) menggunakan system. Ini yang paling utama menurut saya, apalagi untuk sebuah brand yang besar, jika memiliki follower akun palsu, sangat memalukan.

2. Jangan memposting yang membosankan, misal, seorang admin social media sebuah perusahaan automotive, setiap hari hanya memposting gambar mobil, meskipub berbeda-beda gambarnya, lama-lama pembaca juga akan bosan.

3. Jangan sampai salah account atau salah posting  Ini pernah dan mungkin juga sering kejadian,  Salah ngomong atau ngetwit,  bukan dia yang dipertaruhkan, tapi brand yang dia admini.

Tertarik jadi social media admin ?? saya juga sih…

*** postingan karena lagi kesel sama sebuah socmed admin ***

Advertisements

70 responses to “Menjadi Admin Social Media

  1. Asyik dong, kerja sambil FB’an,dsb. #Pernah 2 tahun jadi posisi ini 😀

  2. cakep nih postingan…gw bookmark ah buat kemajuan perusahaan risol gw
    *ecieh perusahaan, Aminnnnn!

  3. Ahaaa, dulu jaman mburuh pernah disuruh bantuin jadi admin medsos sama si bos, soalnya dia pegang sendiri jadi kadang keteteran. Yg jadi masalah adl kadang becandanya kebablasan, apalagi kl yang mention ternyata teman sendiri hahaha.

  4. Sayahhh ngelamar dong 😀

  5. ih lumayan juga ya mba gajinya, akupun mau deh daripada bengongn hahaha

  6. ya bener itu kerjaan asyik . bisa online terus he he

  7. Wah ternyata ada gajinya ya jadi admin sosmed perusahaan. Kirain dikerjain tim marketing (yang tentu saja sudah dapet gaji). Makasih infonya mbak 🙂

  8. wah…. asyik juga ternyata yah.
    ada yang berminat menjadikan saya admin socmed?

    *selama ini baru jadi admin aplikasi di kantor doank*

  9. ayo ibuseno, kalu udah jadi admin, ikutan ya.. ajarin..

  10. Wah lumayan juga ya bayarannya. Jadi pengen. Hihihihihi..
    *mata duitan*

  11. admin grup bola dan buku di FB, ga digaji saya.
    wew itu beneran 3,5 juta?
    boleh boleh..
    >.<

  12. jadi ikut kepengen nih, bu…
    sosial media rupanya bisa jadi ladang penghasilan yang lumayan ya..

  13. Bgmn caranya. Aku tertarik ni

  14. infonya bagus nih! makasih sdh sharing 🙂

  15. Saya mau mba, jadi sosmed!!
    Tolong bantu cariin ya? Makasi sebelumnya

  16. Mau dong jadi admin sosmed, bantu cariin ya? Siapa tau mba dapat iklannya mohon dikabari.

  17. Aduuh skrg juga saya Ditawarin Untuk Kerja ini alhamdulilah Nanti lah kalo ada lowongan Lagi Sama Saya Dikabarin Disini hehehe

  18. …. terimakasih mbk infonya, kebetulan saya besok interview di salah satu perusahaan jadi admin sosmed, doain keterima ya 🙂

  19. Makasih mbak, buat sharing seputar dunia admin social media-nya. Ternyata ga segampang yang kita pikirin yaa. 🙂

  20. Hallo mbak…
    Aku admin sosmed baru di prusahaan BUMN, pusing juga ternyata ya…
    karena banyak hal sepele juga yang harus di perhatikan..
    WOW… sebuah tantangan juga buat saya 🙂

  21. Misi nanya kak, kalo misalkan kita udah diterima buat jadi social media admin, itu kita udh punya akun sebelumya dari perusahaan atau kita buat baru. Pls jawab kak hehe

  22. oh, ternyata begitu seluk beluk admin di medsos. Jujur sblm baca tulisan ini saya masih belum trlalu ngeh….

  23. Apakah ada perbedaan admin sosial media untuk personal dan perusahaan ya?
    terima kasih

  24. Wahyu Tri Widodo

    Kalo boleh tanya, kira2 kisaran berapa ya gaji admin sosmed umumnya? Misal kayak admin sosmed di Production House gitu..

  25. gara2 baca notes di bag bawah, jadi pengen komen :

    lagi kesel aja nulis nya bagus, apalagi sedang berbinga-bunga…

  26. Maaf para #admin mari kita yng stts yang gak pantas di lihat kita hapus contoh stts bogel dan sex itu berbahaya bagi adik kita.

  27. Belum ngerti

  28. Pingback: Bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal dengkul – Zaki

  29. Hallo kak salam kenal, oiya mau tanya temannya kerja di admin media sosial mana ya? Kira kira ada gak ya yg terima lulusan sma. Makasih kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s