Sambel Tempe Kemangi

Saya adalah penyuka tempe,Indonesia banget khan.. Bisa dipastikan nyaris tiada hari tanpa tempe,karena meskipun misalnya saya lagi gak ngegoreng tempe tapi saya kan nyetok keripik tempe.

Kegemaran saya sama tempe,nular ke anak saya Della,bisa lho dia cuma pilih tempe saja buat lauk makannya,yang penting tempenya baru digoreng.

Tempe diapain aja saya doyanlah,digoreng biasa,diorek,disambel teri kacang,dibacem,disemur,diopor,pasti saya sikat *iki dasare nggragas yo.*

Cerita soal tempe sambel kemangi ini.mulanya diilhami sama tempe penyet sebetulnya,pengen deh bikin tempe penyet tapi saya males ngulek sambel sampai halus begitu,karena selama gak ada si mbak PRT saya jarang makan sambel ya karena males nguleknya itu. Kalau mau agak pedas2 saya ngeletus cengek atau cabe rawit aja,kalau lagi rajin dikit saya ulek cabe rawit dan bawang putih bentaran,gak sampe halus,ini karena males ngulek juga.

Cerita sambel tempe kemangi ni.(woiii,intronya kelamaan). Jadi ini sebetulnya cuma memadukan dua makanan kesukaan saya aja yaitu tempe goreng dan sambel cengek bawang putih plus dikasih kemangi biar keliatan seger,jadi napsu kan kalau liat yang seger2.

Cara buatnya gampang banget koq, goreng tempenya,ulek dulu cabe rawit dan bawang putihnya,trus kolaborasikan tempe yang sudah digoreng ke ulekan cengek bawang putih tadi,ulek dan hancur lebur kan tempenya,joinkan kemangi seger sambil ulek2 dikit,boleh tambahkan penyedap royco dikit..jadi deh sambel tempe kemangi ala chef teh icho..

image

Kalau sudah makan pakai ini,ah saya jadi lupa mertua.. 🙂

24 responses to “Sambel Tempe Kemangi

  1. THT..tiap hari tempe 🙂

  2. wah kayaknya cocok buat bekel di kompasianival 2014 nanti teh. bawa yah. oh iya sayang banget kita gak ketemuan yah 😦

  3. sama…. penyuka tempe juga

  4. nyam nyam …. enak !

    *kayak di iklan

  5. enyakkk ya kalo tempe itu mau diapain aja hehe

  6. Sedep tu kemanginya…hemsss, yuummyy

  7. Kalo saya mah pake sambel terasi instant campur kencur dikit, Teh….
    Judulnya mah sama keneh…. males ngulek.

Leave a Reply

