Tips Membersihkan Helm ala Icho

Waktu Mas Zulfikar bikin tulisan tentang tips memperbaiki kaca helm yang kendor, saya minta Mas Dzul next tips bikin tulisan cara cuci helm sendiri dong, karena saya ngelirik helm saya koq dekil bener, sudah lama gak dicuci ini helm.

Biasanya saya cuci helm di pelataran parkir Bintaro Plaza, ada tempat cucian  helm di sana,lupa lagi berapa biayanya, kalau tak salah Rp.15.000. Berhubung sudah lama gak ke BP atau sekalinya ke BP saya gak pakai motor dan lupa bawa helm, jadi wajarlah helm saya dekil begitu.

Hari sabtu ini karena malam jumat malam kemarin saya baik ojek dan kehujanan, jadi helm saya basah dong, maksud hati cuma mau jemur helmnya aja, tapi lagi-lagi liat si dekil ini akhirnya jiwa rajin saya muncul. Saya mau cuci sendiri deh ini helm, gak pake liat tips cara cuci  helm dari orang lain dan gak pakai nunggu Mas Dzul bikin tulisan tips cuci helm, saya cuci helm ala icho aja, ala kadarnya deh.

Begini cara yang saya pakai, mau ditiru juga boleh, namanya juga ala kadarnya, jadi alat-alat buat cuci helmnya juga ala kadarnya.  Langkah-langkahnya begini.

1. Buka dulu  kuping busa/padding kiri dan kanan helm saya.  Kaca helmnya gak saya buka, ribet ah..

2. Buka juga lapisan dalam tengah helm ( eh jadi saya tahu deh, ternyata di dalamnya itu ada busa streoform tebal berwarna putih ). Lapisan tengah ini saya coba copot ternyata tak bisa.

3.  Rendam kuping helm , rendam juga lapisan dalam helm yg tidak bisa dicopot itu ke dalam air yang dicampur detergent, diamkan selama kurang lebih 1/2 jam.  iiih… setelah 1/2 jam itu air di baskom jadi berwarna hitam..

1.Buka-Rendam

1.Buka-Rendam

4. Sikat pelan-pelan rendaman tadi menggunakan sikat gigi bekas saja, karena saya sempat coba pakai sikat kain yg agak besaran eh koq malah sobek sedikit. Jadi nyikatnya juga mesti pelan-pelan, pakai perasaan, dikucek-kucek juga pakai tangan biar yakin bersih.   Jika sudah bersih, bilas beberapa kali sampai busa-busanya hilang.

5. Keringkan dengan cara di  jempur. ( sampai kering supaya gak bau )

2.Sikat-Jemur

2.Sikat-Jemur

6. Setelah kering, pasang kembali kuping helm dan lapisan dalam helmnya. Saya sedikit kesulitan memasukkan kembali daleman helm yg setengah dicopot tadi, supaya masuk ke sela2 luar helm. Saya gunakan palu untuk memasukkannya. pelan-pelan aja getoknya tapi..

3.Kering-Pasang

3.Kering-Pasang

7. Sudah beres, helm sudah terpasang rapi kembali, tapi kayaknya kalau ditempat cucian helm kan dikasih pewangi gitu kan, supaya wangi. Saya juga dong, kasih pewangi juga, saya kasih pewangi pakaian yang biasa saya pakai buat nyetrika aja deh. Kemudian saya hairdryer  untuk menyebarkan aroma wanginya. ..

4.Semprot-Hairdryer

4.Semprot-Hairdryer

Selesaaai… dan sekarang helm saya sudah tidak dekil lagi, sudah kinclong.

Sebelum dan Sesudah dicuci

Sebelum dan Sesudah dicuci

Lumayan ngirit biaya cuci helm bisa diganti dengan semangkok berlian eh  mie ayam kan 🙂

Advertisements

21 responses to “Tips Membersihkan Helm ala Icho

  1. beh mantepdah… siepp bisa nyuci helm sendiri nihh 😀

  2. karena gak punya helm, disimak aja deh sambil mikir2 untuk buka bisnis cuci helm hehe

  3. Hehe keren teh, prosesnya udh bener banget. Tp klo helm yg gak ada kupingnya rada ribet. Cara paling simple ya di sikat pk sabun colek. Nice tips 🙂

  4. Bisa dicoba nih kapan-kapan 🙂

  5. jadi wangi kembali..

  6. lah…. helm saya udah tahunan kali nggak dicuci 😀

  7. Gak punya helm….. Ada juga helm buat ngelas punya si babeh…. hihihi

  8. sebenernya biar busa yang dicopot itu awet ga cepat keras, jangan dijemur Teh, tapi diangin2kan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s