Pertama Kali Mencicipi Tahu Gejrot

Bosen foto challange, saya coba-coba posting makanan aja ah, sambil membayangkan siang-siang nan panas begini makan makanan ini, andai ada tukang  jualan ini di depan kantor, dan bisa dipanggil naek ke lt 5 oh indahnya.. lagi ngantuk laper dan kepanasan jadi satu.

Kali ini soal makanan khas Cirebon, TAHU GEJROT.   Saya sih sudah lama doyan tahu gejrot, wong enak gitu koq. Tapi anak-anak saya belum pernah nyoba, Jangan di suruh deh Si Seno nyicipin tahu gejrot, lidah penyuka chinese food itu sudah pasti nolak. Beda sama Della yang selalu pengen nyoba makanan yg saya makan.

Beberapa bulan lalu, Persis dengan kondisi saat ini, pulang renang, panas-panasan, nunggu angkot di  bawah pohon di pinggir rel, eeh..ada tukang tahu gejrot. Jadi saya ajak Della mencoba tahu gejrot  ini dulu..

Image

Gerobak Tahu Gejrot ( Doc : Icho)

Pertanyaan pertama della “Pedes gak bu” karena dia liat tukang tahu gejrot lagi ngulek cabe rawit.  Si abangnya yg jawab, terserah neng, mau pakai cabe atau engga, dan Della milih pake cabe 1 biji aja, sementara emaknya minta cabe rawit cengeknya 5, tapi cengek hijau semua.

Image

Abang Tahu Gejrot ( Doc : Icho)

Ngulek

Asik juga ngeliat si abang tahu gejrot ngulek, Della sampe bengong2 gitu.. dan ternyata Della akhirnya juga suka tahu gejrot ini, kalau emaknya gak usah ditanya, pasti nambah 1 porsi lagi.

Della dan Tahu Gejrot

Mau bikin tahu gejrot ? saya sih belum pernah, cuma kalau baca resep dan cara bikinnya ternyata gampang banget lho, jadi kepengen bikin deh kapan-kapan.

Ini dia RESEP TAHU GEJROT nya.

Bahan :
15 buah tahu pong atau tahu sumedang, potong-potong menjadi 4 bagian
250 ml air
3 sdm air asam jawa
2 sdm kecap pedas manis atau kecap manis
1 sdm kecap asin
½ sdt garam atau sesuai selera
½ gandu atau 3 sdm gula merah

Bumbu Ulek Kasar :
3 buah cabai rawit merah
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih

CARA MEMBUAT TAHU GEJROT CIREBON :

Campurkan air, gula merah, air asam jawa, kecap manis, kecap asin dan garam lalu rebus hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin lalu campurkan kuah dengan bumbu yang diulek kasar.
Masukkan potongan tahu ke dalam mangkuk saji lalu sirami dengan kuah sambalnya, siap untuk dihidangkan.

Advertisements

31 responses to “Pertama Kali Mencicipi Tahu Gejrot

  1. nyam nyam…. jadi pengen

  2. enak kali ya sore2 gini..bayangin pedes2 asem….
    *slurppp

  3. seperti tidak pake kecap. manisnya dari gula merah sudah cukup.

  4. Udah pernah nyoba bikin bu, tapi kuahnya kurang seger, asemnya kurang nendang. Entah apa yang salah dengan kuah itu, hehehe

  5. pertama kali nyoba waktu zamannya kuliah dan langsung ketagihan sm rasanya,apalagi dulu dikalimantankan nggak pernah nemu makanan beginian,haha… #jadi pingiiiiiiinnn tahu gejrot deeeh#

    • Saya pertama kali nyoba pas jalan2 sama Sahabat Museum ke Banten, entah krn laper entah krn enaknya ini tahu gejrot, jadi doyan sampe skrng.
      Oh Iya di Kalimantan gak ada yaaa.. coba bikin sendiri Mbak Amy.. ayooo

      • iya blom pernah nemu tahu gejrot sih dikalimntan, tahunya juga besar2 nggak ada yg kecil kayak tahu sumedang,tp lumayan juga kalo buka usaha tahu gejrot kali yak, kn sm sekali belom ada,hehe..

  6. enakan di tempat aslinya >_<

  7. Di sini kyknya ada. Tapi belum pernah nyoba

  8. Keliatan enak nih Cho, tapi daku agak trauma dulu pernah cium tahunya bau amoniak..ha.ha.ha.

  9. kalu disanding tahu gejrot, tahu isi, tahu petis, tahu sumedang, tahu bola.. tebak deh daku pilih yang mana?

  10. Nyam nyaaaam… mau icip. Kira-kira jauh gak rasanya dengan tahu Sumedang. Pingin cobain langsung hahahaha 🙂

  11. kedoyanan saya nih mbak! ^^

  12. Itu abangnya pas bikin biasanya gak cuci tangan, tp ttp enak koq hhihihi

  13. saya pernah nyobain sekaii…. dan belum pernah nyobain lagi 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s