Nge-Host Ala KYB di Peluncuran Buku “Jokowi Bukan Untuk Presiden”

Sudah tahu KoplakYoband ( Selanjutnya saya sebut KYB) ??  Kalau belum tahu ini saya kasih Link Kompasiana dan twitternya : @KoplakYoBand. Soal nama, biarlah tidak usah terlalu dijelaskan toh tidak perlu dihapal juga, ini cuma komunitas iseng-iseng yang membernya doyan nyari hadiah dan gratisan, tapi juga suka ngasih-ngasih hadiah di event-event tertentu.

Suatu malam nan syahdu karena saya sudah mulai kriyep-kriyep matanya, anak-anak saya juga sudah tidur, tiba-tiba masuklah whatsapp msg dari salah seorang member KYB.

“Bu, bisa bantu besok sabtu untuk jadi host di Live Streamingnya KYB diu acara Peluncuran Buku Jokowi ? , karena saya dan Mbak  Yayat gak bisa datang, kasian Babeh Helmi cuma sendirian kan yg ngoperasiin alat streaming. Dan yang lain juga gak bisa, Mas Ca, Mas Po, Mas Lex, Mas Tri, Mas-mas dan Mbak-Mbak lain pada gak bisa deh”.  ( udah tahu kan kira-kira siapa yang whatsapp saya ? )

“Waduh.. jadi saya sendiri ??  gimana dong nih, bisa gak ya kira-kira, saya kan pemalu ” #eh

Tapi karena sebetulnya saya ini penggemar LS, saya sih oke aja diminta jadi host, yang penting ijin dari Bapa Seno nih biasanya yang agak ribet, apalagi pas gak ada pembantu gini. Jadi sebelum saya jawab ok, saya mau ijin dulu ke si  Bapa Seno, dan minta bantuan doa dulu supaya saya diijinkan.

Ternyata doa teman saya ini manjur banget, gak perlu sampai 5 menit, Bapa Seno sudah ngasih ijin, bahkan mau nganter ke Gramedia Matraman, tempat acara ini berlangsung..ini kejutan besar !! sebuah anugrah tak terkira, bukan lebay lho ya, karena Bapa Seno ini memang jarang banget nganter, nunggu, atau jemput kalau saya ada kegiatan yang berhubungan dengan komunitas yang saya ikuti, biar saya bebas dan gak keganggu alesannya.

Perkara ijin perijinan dengan suami beres, nah sekarang ini perkara pertanyaan apa nanti yang bakal diajuin ke peserta maupun nara sumber yang bakal datang. Seperti kebiasaan setiap kali ada Live Streaming KYB ( LS KYB), selalu ada host yang akan mewawancanda ( bukan wawancara serius ) ala KYB, Ini yang bikin saya bingung, saya kan member KYB yang paling gak koplak, bingung dong bikin pertanyaan yang  koplak,apalagi dasarnya saya pendiem, susah deh buat koplak-koplakan.

Tapi yah, namanya juga belajar, apalagi ini nge-host santai gak pake kursus atau kuliah jadi host ya..gimana nanti aja lah hasilnya, yang penting ada sesi tanya-tanya deh. Saya paksa teman-teman yang gak bisa berangkat ke Matraman ( Bu Kepsek KYB, Uni Jengq, Mbah Jenggot dan yang lain) untuk kasih pertanyaan titipan, yang nantinya akan saya tanyakan.

Sabtu Jam 9.30 Sudah ada di Gramedia Matraman, sendirian dianter tukang ojek saja, suami saya tidak bisa nganter karena ada acara Hari Pangan Sedunia di skolah anak saya.

Karena saya laper, jadi saya makan ketupat sayur dulu di kolong jembatan busway.. ( gak penting deh ah.., eh tapi ini penting, ternyata di tempat acara cuma ada kopi dan teh.. makanan mana makanaaan..)

Ratusan peserta bedah buku sudah berdatangan yang sudah daftar maupun belum daftar, berdesak-desakan masuk ke ruangan. Di depan sana sudah ada Pak Effendi Gazali ( De Pendi)  dan Kang Pepih Nugraha dari Kompas. Ada juga Babeh Ridwan Saidi dan masih banyak lagi.

Sebelum acara mulai, saya sempet wawancanda Mbak Aulia dan Mak Coel ( bener gak nih nulisnya ), eeeh  baru aja wawancanda Mas Dieky admin, acara sudah mulai, kameran langsung diarahkan ke depan.  Jam 10 lewat dikit acara dibuka dan di mulai dengan sambutan dari Pak Thamrin Dahlan, salah seorang penulis buku ini. Oh iya buku ini terdiri dari 66 artikel dan ditulis oleh 42 orang kompasianer.

Image

De Pendi dan Kang Pepih ( Doc : Mbak Aulia )

Trus saya ngapain ??  masa cuma gaya-gayaan gini doang ?

Image

Ibu Seno ( Doc : Mbak Aulia)

Saya bukan ngemsi di acara ini ya.. yang ngemsi mah mbak2 cakep lainnya, mbak cakep satu ini nunggu aja sampai acara bedah buku selesai, ikutan live tweet, ikutan jawab-jawab kuis biar dapet hadiah, ya sama lah seperti peserta lainnya. Trus kapan nge-hostnya ??…  Sabar ya, KYB itu actionnya selalu belakangan kalau acara-acara ginian, jadi waktu acara sudah selesai, saya kasih kesempatan dulu buat temen-temen yang mau foto2 sama De Pendi, barulah saya ajak beliau agak mojok, untuk wawancanda ala KYB.

Pertanyaannya mulai dari nge-modus supaya De pendi ikutan jadi kompasianer, masa kalah sih sama JK dan Andi Malarangeng yang sudah duluan jadi kompasianer, nanya pernah gak ikutan blusukan sama Pak Jokowi, Trus pernah ngintip gak kalau pas blusukan sama Pak Jokowi, kalau makan di warteg Pak Jokowi kakinya nangkring satu gak di atas bangku, terus rapot setahun Jokowi gimana, ada merahnya atau gak, kira-kira remedial gak dan sebagainya. Gak lupa juga pertanyaan titipan dari Uni Dessy  yang nanya, De Pendi doyan jariang gak ? ooh ternyata sebagai urang awak, Jariang itu makanan wajib tapi hanya boleh di makan hari sabtu atau minggu saja supaya tidak menimbulkan polusi.

Image

Saya dan De Pendi ( Doc : Mbak Aulia )

Berikutnya yang saya ajak wawancanda adalah Pak Thamrin Dahlan, kalau tadi di kuis ada pertanyaan berapa nomor sepatu Pak Thamrin dan saya gagal menjawab dengan benar, sekarang saya langsung tanya ukuran bajunya Pak Thamrin ( kayak mau beliin aja 🙂 ). Untungnya Pak Thamrin juga cukup koplak dan ya saya gak gemeter deh deket-deket sama polisi satu ini 🙂

Terus berlanjut  wawancara Pak Vincent dari Penerbit Elexmedia, Pak Daniel HT penulis buku ini juga. kompasianer yang ternyata belum tahu apa itu  KoplakYoBand   ( ohhh ).   Mas Nurul admin kompasianer ( yg mirip Afghan)  selaku editor buku ini, Kang Pepih yang bawa-bawa tas coklat dari tadi, eh beliau janji lho mau Live Streaming lagi bersama KYB nanti di peluncuran buku ini di Solo, dengan catatan hostnya adalah member KYB yang domisili di Solo supaya ngirit ( kaga ada kang…kaga ada, Mbak Niken aja suruh jadi member KYB 🙂

Dan, akhirnya.. selesailah sudah tugas nge-host ala KYB hari ini, cuma 7 orang saja ya yang diwawancanda, habis waktunya mepet sih, kalau suami saya jadi datang tadinya saya malah mau ngerjain suami saya, wawancanda di LS ini.

Jadi sorry ya babeh Helmi, saya langsung ngacir, gak ikutan bebenah, karena cucian dan setrikaan menanti ( nasib gak punya PRT, cariin dong 🙂 )

=IceJuice=

dicemplung dari sumur @KoplakYoBand

Advertisements

11 responses to “Nge-Host Ala KYB di Peluncuran Buku “Jokowi Bukan Untuk Presiden”

  1. masih ga punya prt? jadi langsing gitu deh.. acaranya seru juga ya.. terus acara hari pangan sedunia di sekolah anakanak gimana?

    • Sempet punya 1 bulan aja betahnya, krn dia kembali ke majikan yg lama…
      Acara HPS jadi si babeh Seno yg datang, standar aja sprt tahun sblumnya makan makanan hasil bumi Indonesia.

  2. seru juga mba, pengalaman baruuu hahaha. sekalian nyari ART yaa

  3. Seru bangets acaranya Cho, rapor JA untuk transportasi jeblok.

  4. Hah Nurul mirip Afgan? Kecewa saya hiks wkwkwkw

  5. lancar jaya acaranya, teh

    pesertanya nggak diwawancarain yang bisa jadidiin asisten 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s