Emak Pelit atau Emak Kreatif ?

Dalam hati saya sebetulnya ini saya lakukan bukan karena saya pelit, tapi saya mencoba menerapkan jurus hematnya ala neng nopi  (alesan deh ), hmm alesan yg tepat mungkin karena saya pemalesan. Tapi jangan salah, tidak selamanya pemalesan itu berefek negatif lho, ini buktinya.

Saya kan pernah cerita soal tas ransel jaman saya gadis dulu yang sudah punya sejarah itu, kemudian itu tas diwariskan ke Seno, dan kemudian rusak talinya.. ceritanya ada di sini .

Ransel Rusak Talinya

Ransel Rusak Talinya

Trus setelah rusak dan Seno punya tas ransel baru, nasib si ransel merah itu begitu mengenaskan, cuma teronggok di lemari butut tempat nyimpen barang2 yang kira-kira masih kepake. Rencananya saya sih, sesuai anjuran Mbak Tintin,  mau saya bawa ke laba-laba atau ke tempat reparasi tas yang suka ada di Hero/Giant itu lho.. Tapi sekali lagi dasar pemalesan sayahnya, itu reparasi gak jadi-jadi deh.

Dan berhubung cuma punya ransel yang kokoh cuma satu, waktu hari kamis lalu hujan gede banget dan pulang sekolah Seno malah main hujan-hujanan, basahlah itu ransel ( belum beli cover water proofnya sihhhh). Trus bingung deh dia, gak ada lagi tas kokoh pengganti, ada sih ransel warna orange gonjreng punya Della yang agak kokoh, tapi mana mauuuu Seno pake ransel selain warna hitam, biru dan hijau army.

Si emak pemalesan ini, tiba-tiba kasian gitu deh sama anak lanangnya, mikir mau di tambal ini tas gimana caranya, besok mesti di pake, mana jarum jahit juga gak ada yang ukuran besar, mesin jahit gak punya, rumah Om dokter Amir Margono yang rajin ngejahit dan bikin baju sendiri, jauh kan ya, masa mau numpang jahit ke sana kan jauh 🙂

Tiba-tiba aja, lampu bohlam kedip-kedip muncul di atas kepala  ( *icon muncul ide *). Emak pemalesan tapi rajin kepaksa ini kan tadinya mau nyetrika  nih, eh terlihatlah seonggok celana legging pendek yang sering dipake ini, warnanya hitam bahannya kaos tipis gitu kan. Langsung deh ambil gunting… sreeet…sreeet… saya lipat itu bahan celana legging menjadi beberapa lapis di itu tali ransel seperti ngebungkus lontong, terus jahit deh di kiri kanan itu lontong eh tali ransel.. jahit pake jarum  tangan, yang masukkin benang ke jarumnya si Seno deh, ibunya mah udah gak mampu masukin benang ke jarum.

Dan… taraaa….. !!!!… kagum juga si Seno ngeliat ranselnya bisa dipake lagi, semacam takjub gitu, gak nyangka ibunya bisa ngejahit serapi ini..

Tali Ransel Sudah

Tali Ransel Sudah Rapi Kaaaan

Ibunya idungnya langsung ngapung waktu Seno bilang “waaah..rapi juga ini jahitan ibu, padahal gak pake pola ya” … ( *pola apaaan Senoo, mentang-mentang di buku tata busana kelas 2 SMP sudah ada lembaran pola ya* ) .

Trus… ibunya makin seneng, waktu besoknya Jumat Seno berangkat sekolah pakai ransel itu, Sabtunya masih pake ransel itu juga, padahal tas yang basah sudah kering.. eeeh tadi masih juga pake ransel itu juga…tau anaknya masih suka pake tas lama, gak dibeliin deh tuh tas baru.

Saya tanya dong,ke Seno..  . “koq masih pake ransel ibu mas ? enak ya jahitan ibu bagus ya, dan lebih lembut ya bahannya dari pada bahan aslinya ? ”

“Iya bu enakan pake ransel ini, kantongnya lebih banyak, ada kantong tersembunyinya juga, jadi bisa nyimpen macem-macem, termasuk nyimpen pesawat2-an iniii…

Pesawat Kertas

iiiihhh udah SMP masih bawa mainan ke sekolahan ternyata ni anak… jadiii itu tas dipake bukan karena jahitan ibu yang keren itu Sen ?  😦 😦 #@@$$!%%..

21 responses to “Emak Pelit atau Emak Kreatif ?

  1. Wakakakakkaka…….. ada-ada saja yaccchhh, kreatif……. #Nitip dong, jahitin ranselku….

  2. o yang rusak talinya tho?
    Dibungkus legging, jadinya malah seperti dikasih padding ya, karena empuk dan nyaman di punggung.

  3. ini namanya pelit pangkal kaya

  4. saya juga mulai berhemat nih. Celana dan tas yg robek saya jahit2in. lumayan bisa dipake lagi. Harga2 kebutuhan pokok sekarang sudah kejam!!!!

  5. hahahaha, krn banyak kantongnya. Ibunya dah GR :p

  6. akhirnya kepake lagi tasnya ya, mba 🙂

  7. tangannya gak pedes bu? kan lumayan keras tuh tas ransel, gk kayak baju….
    *pedes? ya minum…gitu aja kok freeport

    itu badge sekolah Lala juga aku jahitin sendiri smua, lebih bisa pake tangan daripada mesin jahit….

    • Aku kan suka pedes.. jd gak kerasa lah kalo cuma pedesnya tali ransel, lg pula gak pedes2 amat sih, cuma jahit poinggiran diantara busa2nya..

      Nah.. perkara badge sekolah, aku males, itu sebabnya aku selalu beli baju di sekolah, yg badgenya udah dipasang dr sananya ..
      baju pramuka aja, yg suka jait badge nama barung dll

  8. kreatiffff…. hemat.

    daulu waktu sekolah, saya sering bongkar pasang buku tulis. halaman2 yang masih kosong dikeluarin, digabung saa halaman dari buku lain, steplesin ke covernya. jadi deh buku baru kondisi lama 😀

  9. wahahahaaa… masih bawa pesawat ke sekolah?
    Kalo semsem mah dulu suka bawa kelereng trus di sekolah dijualin. Duitnya buat nambahin duit jajan. Tapi waktu beli kelereng duitnya minta sama emaknya juga…. hihihi

Leave a Reply

