[Nyadran] – Gagal Bertemu Ki Ageng Mangir

Rencananya setelah dari Lempuyangan, Utoro Loyo , keluarga saya masih akan meneruskan ke Kuncen,  Kota Gede dan ke Magelang. Sementara rombongan bis warga kemetiran setelah dari pemakaman kuncen akan ke pemakaman lainnya.

Saya belum pernah ke pemakaman Kota Gede, malah ke Imogori yang pernah. Tante- tante dan Om-om si babeh bilang salah kalau malah ke Imogori.. harusnya ya ke Kota Gede… lhaa… saya ndak tahu, kenapa juga si babeh waktu itu koq malah bawa saya dan anak-anaknya ke Imogori, mana jalannya nanjak jauh buangeet.  Beda sekali dengan Kota Gede, pemakamannya di kota, enggak pake naik ratusan anak tangga, dan gak bikin capek lah. Kebayang aja kalau masih nanjak di siang bolong begini.

Saya dan keluarga tiba di pemakaman Kota Gede, jam 12-an kurang, karena kan katanya bukanya cuma sampai jam 13.00. Jadi masih ada waktulah.

Image

gerbang belakang

Sayangnya, sesampainya di tempat pengisian buku tamu, di beritahukan oleh petugas bahwa sedang berlangsung tahlilan keluarga besar Kesultanan Solo, dan dilanjutkan dengan acara tabur bunga dan sebagainya. Jadi yang tidak termasuk keluarga dekat Gusti Mung ya minggir dulu,  nunggu sampai selesai.

Nunggu Acara

Banyak juga sih beberapa rombongan juga nunggu. Ada yang nunggu dekat mesjid Kota Gede yang adem.

MesjidAda juga yang nunggu sambil lihat-lihat cendera mata di Bangsal Duda.

bangsal duda

Berhubung  bulik dan paklik sudah pada sepuh, panas, laper.. akhirnya kita makan dulu lah di pendopo di bawah pohon beringin di luar kompleks pemakaman, Makannya bawa bekal dari rumah..enak punya bulik rajin bawain makanan gini…laper jadi kerasa nikmat meskipun makan gak pake piring.

ImageHabis makan, sambil nunggu, sambil iseng-isengan apa aja deh, ada sajen di bawah pohon beringin ya saya isengin.

Imageada bakul-bakul bunga milik keluarga Sultan Solo yang akan di bawa ke Imogori saya pinjem dulu buat gaya-gayaan.

ImageSatu jam sudah berlalu, sepupu saya masuk lagi ke tempat pendaftaran, eeeh acara belum juga kelar,  karena ternyata masih ada keluarga Sultan Solo yang belum datang. Jadi katanya kami masih harus nunggu…

Si Om saya mulai gak sabar, entah karena cuaca yang panas atau memang *katanya* keturunan sana dari trahnya itu sisa-sisa laskar pajang yang panasan, si Om langsung ambil keputusan “wis ora dhadi nyekar saiki..sesok-sesok wae” .

Lho.. saya dan sepupu saya yang dari Jakarta memang berniat pengen tahu gimana makam Kota Gede jadi bingung, sesok-sesok kapaaan, kan sesok kita sudah mau pulang lagi ke Jakarta… aduuh..si Om Piye Tho…. Yo Wis yang penting sudah sempet foto-foto di dalam kompleks pemakaman aja gak apa deh.

ImageSepupu saya juga sudah ngambek.. akhirnya pulang aja lah..kita lanjut ke Kuncen dan kemudian ke  Magelang aja deh katanya.

Akhirnya Route berikutnya ke Pemakaman Kuncen.

Di Pemakaman ini saya agak-agak bingung, di sini dibagi per blok yang dinamakan Gentan.. Dan keluarga si babeh ini ada di beberapa gentan, bukan di satu gentan. Tapi berhubung kondisi kepala panas dan cuaca panas  bekas gagal ke Kota Gede, akhirnya cuma dua  gentan saja yang di datangi.

ImageJangan tanya ini makam siapa ya ? Yang pasti.. si Bapak Kuncennya sangat hapal dengan bulik-bulik saya.. *yaiyalaahhh…

Sudah capek

Dan ternyata… nyadran selesai di pemakaman Kuncen, sopirnya alias sepupu saya kepalanya sudah pening, sudah pengen tidur dan gak mau melanjutkan ke Magelang, Besok pagi-pagi aja ke Magelangnya katanya sambil lihat matahari terbit di Punthuk Setumbu… mauuuuu…. ini juga saya mau banget, yo wis.. pulang aja, Tak apa engga jadi ketemu Ki Ageng Mangir juga deh !

2 responses to “[Nyadran] – Gagal Bertemu Ki Ageng Mangir

  1. Haduh, itu sajen kok diisengin…. ntar yang disajenin nongol dari balik pohon beringin loh…. hiiiiiiii….!!!

Leave a Reply

