Swiss Guard Yang Keren Itu

Saat menonton CNN dini hari tadi , sambil menunggu pengumuman Paus baru,  ada hal lain yang menarik perhatian saya dan anak saya Seno di acara tersebut , yaitu kelompok / barisan yang berseragam aneka warna dan menari, berbaris rapi dan berjalan menuju Basilika.

“mirip-mirip seragam tentara nyalib Yesus di acara jalan salib di sekolahan ya Bu.”   kata Anak saya yang setiap  tahun menyaksikan acara Tablo Jalan Salib di sekolahnya.

Image

Pemain Tablo Jalan Salib SMP Strada BU

“Oh.. itu  yang baris , namanya Swiss Guard Sen, Jadi itu anak-anak muda dari Swiss yang jadi pengawal pribadi Paus, jaga keamaan Vatikan dan sekitarnya ” kata suami saya,

“Harus orang Swiss Pak , orang Indonesia gak bisa jadi tentara itu ?  Tanya Seno.

“Orang Indonesia gak bisa mas, syarat jadi Swiss Guard itu pria, kewarganegaraan Swiss, beragama Katolik, belum menikah,sekolahnya minimal setingkat SMA, jadi umurnya masih muda2,  paling tua 30-an tahun, mereka ala militer juga loh”

“ohh pantesan masih unyu-unyu gitu yaa.. ganteng-ganteng lagi” ( * komentar siapa kira-kira nih ? )

“Trus kenapa mesti orang Swiss,  bukan orang Itali, kan Vatikan di Itali ?”  ( Seno masih penasaran)

“Jadi itu sejarahnya panjang Mas, dari jamannya Paus ke berapa gitu Bapak lupa, sudah pakai  Swiss Guard. Dulu itu Swiss negara miskin, jadi anak anak-anak mudanya jadi tentara bayaran,  trus mereka di sewa sama negara-negara lain termasuk Vatikan.  Sekarang cuma tinggal  Vatikan yang masih pakai Swiss Guard.
Dan karena sekarang karena orang-orang Swiss kebanyakan katolik taat, banyak anak mudanya sekarang pada mau jadi  anggota Swiss Guard karena mau mengabdi. “

“Trus itu kerjaannya ngapain aja Swiss Guard ? sama gak dengan tentara atau Polisi Militer kita yang biasa jaga Presiden gitu ? “   ( *Ibuseno ikut penasaran)

“Ya mirip-mirip lah,namanya juga tentara… “  ( *gitu deh kalo istrinya yang nanya jawabnya cuek deh..)

“Trus gajinya gimana tuh,kan tentara bayaran, gede gak ? beda dong ya sama gajinya tentara kita ?” ( Ibuseno makin penasaran)

“Gak tahu, kamu googling aja sana..”  (*Bapa Seno mulai males nerangin karena jendela basilika mulai terbuka..)

Sambil lanjut nonton kemudian saya search , di google karena penasaran dengan Swiss Guard ini.  Ternyata soal gaji, mereka berahasia, saya baca  di sini , ada salah seorang anggota Swiss Guard yang ketika ditanya gajinya berapa, dia menjawab “Abbastanza per vivere! (cukup untuk hidup)” , duh bersahaja sekali.

Menurut dia lagi, saking senengnya sudah keterima jadi anggota Swiss Guard sampai lupa menanyakan gajinya.  Bagi si anggota Swiss Guard itu   “Tugas ini saya jalani pertama-tama atas dasar iman.  Kami keluarga katolik. Bagi kami, Vatikan dan Paus adalah sesuatu yang amat bernilai.  Saya merasa bangga dan bersyukur boleh mengabdi pada gereja,  boleh menjaga Bapak Suci. Bahkan, orang tua dan saudara-saudara saya juga ikut bangga!”     ( wow !!)

Gimana enggak bangga ya mereka, pasti mereka juga terharu dan tergetar waktu bersumpah ( sambil pegang bendera Swiss) , sumpahnya aja gini :
Ich, [Name des Rekruten], schwöre, alles das, was mir soeben vorgelesen wurde, gewissenhaft und treu zu halten, so wahr mir Gott und seine Heiligen helfen.”
Bahasa Indonesia nya
Saya, (menyebutkan nama), bersumpah untuk dengan segenap hati dan konsisten mematuhi semua hal yang baru saja dibacakan pada saya, dengan Tuhan Yang Maha Kuasa dan Para Santo/Santa menjadi saksinya.

Image

Swiss Guard lagi bersumpah

Soal kerja pengabdian ini saya pikir-pikir , Swiss Guard (saat ini) mirip seperti  abdi dalemnya Kraton mungkin ya, yang tidak mentingin berapa gajinya, yang penting ngabdi sama Sultan dan ngalap berkah.

Tapi buat saya sih  Swiss Guard itu yang menarik tetep seragamnya itu lho,keren-keren dan lucu gitu, andai tentara kita seragamnya selucu seragam Swiss Guard kan seru., jadi nanti kalau saya ketemu tentara pengen minta foto bareng. (*modus..*) , karena ternyata di Vatikan sana si Swiss Guard gak boleh foto bareng sembarangan, lagipula jauh ah masa mau foto sama Swiss Guard aja mesti ke Vatikan.

Mau tahu cerita serius soal Swiss Guard baca aja wikipedia ya

Advertisements

10 responses to “Swiss Guard Yang Keren Itu

  1. tp kok seragamnya dipikir2 seperti seragam pemain sirkus jaman baheula ya

  2. Iya teh, mirip abdi dalem keraton ya, yg malah mungkin gak dibayar tapi rela krn utk mengabdi. Tapi abdi dalem keraton biasanya udah sepuh2, jarang yg anak muda, ya ndak? Eh aku gak tau ding…hi…hi.

  3. pengabdiannya itu loh.. dan ada sejarahnya kenapa pake seragam itu loh.. rancangan davinci juga..

  4. Wah! Mantap ceritanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s