Jadi Polisi Masih Aja Kecolongan

Anak-anak saya Seno (mau 13 tahun ) dan Della ( mau 10 tahun) sudah main facebook maupun twitter sejak 2 tahun belakangan ini. Namun Account dan passwordnya masih dalam pantauan saya dan cuma saya dan suami yang berhak kapan ganti passwordnya secara periodik tergantung ada tidaknya punishmen untuk mereka berdua. Biasanya punishment diberikan jika nilai sekolah jelek atau ada kesalahan fatal yang berhubungan dengan kedisiplinan mereka. Yang paling sering passwordnya di ganti tentu saja accountnya Della. Account Seno sejak mulai buat FB sampai sekarang baru 2x ganti password.

Saya juga selalu cek status teman Fb yang dibuat Seno & Della, jika terlihat tidak sopan atau belum pantas saya hapus status itu, Saya cek juga activity lognya, kalau terlihat ada perseteruan dengan temannya saya akan tanyakan ke anak-anak apa masalahnya dan bagaimana sebaiknya menyelesaikannya. Bahkan beberapa kali saya bicara langsung ke teman anak-anak saya, saya perkenalkan diri bahwa yang online saat ini adalah saya bukan Seno atau Della. Tujuannya bukan mau ikut campur, tapi mengarahkan anak-anak saya dan juga temannya yg masih sebaya supaya menggunakan media facebook dengan baik bukan untuk saling mengumbar kemarahan dan bertengkar di FB.

Kendala lupa dan kesibukan seringkali membuat saya dan suami lalai memantau aktifitas anak-anak di media social khususnya facebook. Ini karena saya tidak punya facebook resmi dan suami saya yang berteman dengan anak-anak di facebook juga sudah jarang membuka account facebooknya. Namun beruntung masih ada Budenya Seno & Della yang sepanjang hari online facebook untuk main farmville yang cukup membantu saya untuk melihat-lihat jika ada aktifitas di wall facebook Seno & Della yang terlihat kurang baik. Biasanya bude atau om nya atau saudara saya yang lain langsung mengingatkan Seno & Della juga memberitahu kepada saya atau suami, seperti misalnya ada sepupu saya yg bilang ” Della itu aktif sekali di FB ya, update status tiap menittt” . Wow !! saya lalai, sudah agak lama saya tak memantau FBnya, setelah di cek baru kelihatan ternyata Della nge-link twitternya ke FB.. lho ini twitter yang mana, koq saya gak lihat aktifitas twitternya yg saya follow .. Ternyata Della bikin account twitter baru bukan pakai twitter yg saya buatkan sebelumnya. Hmm.. siapa yang bikinin accountnya ni anak.

Di rumah saya tanya Della, ternyata Della buat sendiri email account, twitter account baru bahkan facebook baru, ada beberapa email dan facebook account yang dia buat sendiri.. duh duh.. saya ternyata sudah jadi polisi aja saya masih kecolongan. Saya minta semua account imel dan passwordnya, lalu saya terangkan mengapa saya masih perlu memantau Della, saya ceritakan juga bahaya kejahatan di dunia maya. Saya jelaskan juga sebetulnya anak seusia Seno dan Della belum boleh main facebook, namun apa boleh buat karena banyak temannya yg sudah main facebook akhirnya ibu dan bapak membolehkan, tapi masih tetap harus di pantau, facebooknya juga harus ibu dan bapak yang setting privacy dan securitynya.

Sejak saya tahu Della sudah bisa buat email dan account fb sendiri, saya curiga jangan-jangan dia juga bisa setting lainnya di FB, ternyatatin settingan masih belum berubah, masih settingan yang dulu saya buat. Tapiiiii…. saya cek disettingan chatting FB, ini anak nge-hide keluarga ( Seno, Bude, Pak De, Om dan Tantenya ), guru-gurunya yg jadi temannya di FB. waah.. kecolongan lagi.. eh tapi Della gak berani nge-hide bapaknya lho hahaha..

8 responses to “Jadi Polisi Masih Aja Kecolongan

  1. wah della sudah kecanduan kaya budenya nih?

  2. Hahaha.. iya nih tante Tintin, gawat yaaa

  3. weew, makin canggih Dellanya.

  4. Dia main Fb lewat hp atau di laptop, Teh?
    Kalo saya sih, anak-anak dibatasi pake laptop cuma boleh seminggu 3x masing-masing sejam. Dan HPnya sem-sem juga saya nggak ijinkan dipake internetan. Kalo di laptop saya bisa pantau lebih ketat karena mainnya kan di ruang depan… saya suka intip-intip apa saja yang mereka buka kalo lagi ber-internet.
    Memang susah, anak sekarang dari kecil udah pinter main teknologi…. kalah dah emaknya.

    • Lewat laptop boleh di sabtu minggu..
      cuma yang gak ketauan ini yg lewat HP, secara tiap hari wifi di rumah kan on selalu..

      susah juga nih mau di matiin wifinya kalo siang nanti MSSIL bendu hahaha

    • Lewat laptop boleh di sabtu minggu..
      cuma yang gak ketauan ini yg lewat HP, secara tiap hari wifi di rumah kan on selalu..

      susah juga nih mau di matiin wifinya kalo siang nanti MSSIL bendu hahaha

  5. bu,saya yg udah umur 34 thn aja gak punya fb. Gak ngerti.. Kuno amat yak !!

Leave a Reply

