Gak Lagi-Lagi Deh Pakai ESL

Deket kantor saya ada agen pengiriman barang ESL. baru buka belum lama lah.. Entah kenapa juga saya yang biasanya menggunakan jasa pos ( ini juga di sebelah kantor saya ada kantor pos besar) untuk pengiriman barang, kali ini koq kepengen nyoba pake ESL..

Jadi, waktu teman saya di Jogja mau pinjam buku Pramudya Anantha Toer koleksi saya, sayapun mengirimkan paket buku itu via jasa ESL. Saya pikir sih beda ongkos kirimnya gak terlalu jauh lah dengan paket pos yg lebih mahal sedikit, waktu sampainya juga hampir sama dengan pos, sekitar 4-5 kerja katanya, karena bukan di Jogja kota,tapi di Depok Sleman. 

Ini resi pengiriman barang tanggal 16 Oct 2012

Image

Tunggu punya, tunggu… satu minggu lewat kiriman belum diterima teman saya, ini karena saya lupa mencantumkan no HP teman saya juga sih, lalu saya hubungi kembali ESL untuk menanyakan status kiriman, sambil sama kasih tahu juga nomor HP teman saya supaya dicantumkan di kiriman itu apabila memang tidak ditemukan alamatnya.

Tak lama saya ditelpon oleh ESL, yang telpon cowok tapi saya lupa tanya namanya, nomor telpon Jakarta, katanya alamat tidak ditemukan, padahal alamat cukup jelas lho, asrama mahasiswa gitu. Dan saya minta ESL juga menghubungi no telp teman saya, tapi katanya no hp tidak aktif ( aneh ya, kan bisa dong sms ).

Dua minggu berlalu, hampir tiga minggu kiriman belum juga tiba,padahal minggu depan saya malah sudah bisa ketemu teman saya di Jakarta di sebuah event besar, tau gitu kan mending dikasih aja langsung.

Saya tanya lagi ke ESL, status kirimannya, kemudian dijawab alamat tidak juga ditemukan, baiklah.. kalau begitu saya minta retur saja kiriman itu, kirim balik lagi ke saya, dari pada buku saya hilang, ini kan buku langka, saya sayang sama buku ini ( buku itu gak tau deh sayang gak sama saya :-)). Pihak ESL janji mengirimkan kembali, katanya paling telat satu minggu sudah dikirim balik.

Seminggu berlalu, even besar kompasiana juga sudah berlalu, teman saya sih akhirnya juga gak jadi datang ke event itu, cuma saya jadi kesel juga, kirim barang tanggal 16 Oktober, masa ini sudah tanggal 19 November buku saya masih gak jelas statusnya sudah di retur atau belum.

Senin tanggal 20-an saya telpon lagi ESL, kali ini yang terima cewek, saya tanya lagi status kiriman saya,dia cek ke ESL Jogja katanya masih ada di sana, alamat tidak ditemukan… saya komplen dong ke si Mbak ESL, Lha iya saya sudah tahu itu sejak 2 minggu lalu, kan saya minta retur, koq tu kiriman masih di Jogja aja.. Si Mbak ESL bilang gak ada permintaan retur, lhooo yang telpon saya cowok itu kan orang ESL janji mau retur barang, bahkan saya sempat tanya ada biaya returnya gak, si Mas bilang ada biaya retur, saya Ok saja, tapi  tak lama kemudian si Mas telpon balik saya, katanya tidak ada biaya retur.. Lalu kalau si Mbak ESL ini menyangkal tidak ada permintaan retur bahkan bilang tidak ada pegawai cowok di bagian ini, lha saya ngomong sama siapa waktu itu… gak mungkin dong bisa-bisanya saya ngarang gitu… Ya sudahlah saya ngalah aja, baiklah proses aja sekarang untuk returnya, saya tanya lagi berapa lama returnya ? jawaban sama, 4-5 hari kerja.

Minggu terakhir bulan November, satu minggu sudah lewat, saya telpon lagi ESL dengan Mbak A.. kiriman masih ada di ESL Bintaro, haduuuh koq malah jalan2 ke mana-mana ini, padahal saya kirim lewat ESL Daan Mogot.
Gak sabar juga akhirnya saya tulis email ke CS nya ESL website..Besoknya Mbak ESL itu telpon saya, ini saya gak tahu apa karena saya sudah tulis email ke CS ( rasanya sih engga ya, krn gak ada jawaban email saya sampai sekarang dari CS itu), dikabarkan bahwa kiriman retur barang saya sudah ada di agen daan mogot.. lho ?? kenapa gak dikirim langssung ke alamat kantor saya sih ? makin aneh ya.. kan di situ jelas alamat kantor saya, dan alamat kantor saya itu gampang banget di cari, gak pernah ada yang nyasar.

Baiklaaaaah…. saya telpon ke agen Daan Mogot deh, biar dianter ke kantor saya, sama males jalan gitu lho..sekalian juga sih ngetest, masa iya gak bisa dianter, ternyata memang ESL Daan Mogot juga gak bisa anter, alesannya ya karena saya kan anter sendiri ke agen jadi harus ambil sendiri juga ke agen.. ( oh gitu.. saya baru tahu hehehe). Tanggal 27 November saya ambil itu kiriman barang saya yang di retur.. pasti sudah lecek gini, tak apa yg penting isinya masih komplit.

Image

Jadi, total sampai saya dapat info retur barang sudah ada di agen dan jeda pengiriman barang itu memakan waktu sebulan lebih 10 hari.
Ini pengalaman pertama saya kirim barang pakai ESL…. boleh dong kalau pertama kali aja kecewa, selanjutnya jadi gak percaya lagi sama ESL… boleh ya..

Advertisements

34 responses to “Gak Lagi-Lagi Deh Pakai ESL

  1. ngeselin yah teh kalo kaya gitu.. tp untungnya bisa balik lagi yaah.. buku nya lagi kepngen jalan-jalan kali yah teh, sumpek dia dirumah teh icho mulu! hahahha

    nanti mau dikitim lagi gak bukunya? emang buku apa sih teh? nudul bukunya apa?

    • Iya Mel.. ngeselin sih,bakal tambah ngeselin kalo ternyata temenku bisa dtng yg tgl 17 Nov itu hehe.. bener, pdhal yg punya buku juga pengen jalan2 sih 🙂
      Gak..gak mau kirim lagi lah hihi..
      buku Rumah Kaca dan Anak Semua Bangsa

      • iya coba kalo temenya dateng tuuh pasti tambah gondok aja!

        Lah kenapa gak dikirim lagi? gak coba JNE? menurutku pelayanan JNE lebih bagus dibanding TIKI

      • Iya aku biasanya jg pake JNE yg dkt rumah, tp ini krn ada ESL baru dkt kantor, aku mau coba juga.. eh ternyata begini hihi

  2. pelayanan ESL ga prima euy

  3. Yeile, sebulan jalan2 gak nyampe2 juga yak? Hi…hi…hi. Yo wis, jangan pake ESL lagi. Biar mereka juga tahu kalau pelayanan gak memuaskan, pelanggan otomatis akan kabooor.

  4. untungnya masih balik mbak….
    jadi inget waktu kantor kirim ipad pakai jne.. ilang ga jelas
    untung di asuransiin.. ya akhirnya diganti..

    • Waah.. itu dia, kalo kirim barang2 yg berharga gitu aku pilih yg terpercaya aja deh..
      Btw mas Wib kalo di asuransiin itu pengganti harganya sama gak dng harga barang ?

      • sama mbak, jadi waktu itu setelah 2minggu barang ga sampai, komplain dan diminta menunjukan bukti asli pembelian, 2 hari kemudian ditransfer sesuai dengan harga pada kwitansi pembelian.

        cuma rugi diwaktu aja sih mbak jadinya…

      • Oh gitu.. okesip kalo gitu kalo kirim2 barang berharga, bon pembelian di simpen dulu deh 🙂

  5. lain kali pake yang terpercaya aja deh pasti sampe.. masih baru masih belum pro kali ya orangorangnya..
    ku langganan tiki deket rumah juga pos.. selalu sampe kog..

  6. wah segitunya yah esl….

  7. Ya Allah….kok mbulet gitu ESLnya, kok ga profesional gitu sih? kapok lah teh…ga usah balik maning.

  8. Untung masih balik.

    Saya mah pilih JNE aja. Selalu nyampe.

  9. aduuh ternyata sama deh pengalaman pertama suplierku kirim pake esl katanya cman 2 hari eh ini sdh sampe 4 hari ga sampe sampe apalagi sudah kena deadline aq cb check ke esl katanya nomor airwaybill nya ga ada…hadew…alamat dah barang ilang neh….btw sampe aq nulis nh belum nyampe barangnya..:(..parah..parah bener esl mending kirim pake kereta…dah beres dari kemaren2..wish me luck yah spy ga separah crita ibu seno

  10. Saya order barang dr bandung tgl 7 oktober ke tanjungpinang kok sampai skrg gak nyampe2…tolong donk,janjinya seminggu

  11. ESL ANJRIT, BANGSAT..

  12. Dengar nama ESL bikin muntah. Barang saya di maling oknum ESL dengan kerugian +-650rb. Dan pihak ESL sama sekali tidak bertanggungjawab bahkan menggubris keluhan costumer-nya. SAY NO TO EKSPEDISI ESL!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s