RIP Bang Julian Sihombing

Siang tadi waktu saya baru buka twitter saya via HP,terlihat ada dua mention dua teman saya sesama kompasianer dengan hastag #RIPJulianSihombing. Saya/ sempat bingung kenapa saya di mention kabar ini, siapa yang meninggal ? teman sesama kompasianer jugakah ? 

Ternyata setelah saya buka linknya, terlihat ada foto saya berdua dengan seorang pria di salah satu acara.

Image

Barulah saya ingat siapa belian, beliau adalah Julian Sihombing, fotografer senior di harian Kompas yang terkenal dengan foto fenomenalnya, mengabadikan seorang mahasiswi tergeletak di jalan pada saat peristiwa triksakti thn 1998 lalu. Dan foto itu adalah saat saya menghadiri acara bedah buku beliau yg di beri judulSplit Second Split Moment di salah satu mall di Jakarta Selatan. 

Saya juga ingat, berkat saya hadir di acara bedah buku itu dan kemudian mencoba menuliskan reportase jurnalis warga ala kompasiana tulisan saya itu menjadi headlines pertama buat saya sejak bergabung di kompasiana, jadi saya sedikit norak namun tak terlupakan.

Julian Sihombing meninggal dunia di National University Hospital Singapura, Minggu (14/10/2012) sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Julian sudah lama menderita kanker getah bening. (sumber : kompas.com)

Meskipun sama sekali belum mengenal secara pribadi dengan Bang Julian Sihombing,namun ketika saya membaca timelinenya Arbain Rambey (@arbainrambey) , juga membaca tulisan Ilham Khoiri , wartawan Kompas, Juniornya Bang Julian dan teman bermain pingpong di kantornya menuliskan kata kenangan untuk beliau yang sangat menyentuh, menggambarkan betapa Bang Julian meskipun sudah senior tulus bersahabat dengan siapapun,Itu juga yang saya rasakan ketika memintanya berfoto bersama di acara peluncuran bukunya, dengan ramah dan penuh keakraban seperti sudah mengenal ( sayanya jadi ikutan sok akrab juga deh :-))

Selamat jalan Bang Julian Sihombing  karya  dan kebaikanmu akan selalu menjadi kenangan yang indah. Beristirahatlah dengan damai. Turut berduka cita buat keluarga yang ditinggalkan.

 

 

 

11 responses to “RIP Bang Julian Sihombing

  1. Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un.

    Ooo… beliau yang mengabadikan mahasiswa yg tergeletak itu dalam peristiwa Trisakti ’98.

  2. aahh turut berduka.. daku inget foto itu..

Leave a Reply

