Ketupat Lebaran Minimalis

Dua tahun berturut-turut kemarin itu tiap lebaran saya selalu pesen ketupat dan teman-temannya ke Mbah Slamet, tetangga yang kontrak di depan rumah itu, banyak yang pesen ke beliau selain saya, lumayanlah saya gak perlu bersusah-susah masak, tinggal nunggu sore di hari terakhir puasa, ketupat, sayur dan lauknya sudah diantar Mbah Slamet ke rumah, meskipun pernah terjadi tragedi ketupat lebaran yang tempat sayurnya pecah itu, tidak membuat saya kapok terus pesen setiap labarannya, iya lah..dr pada saya cape dan gak bisa bikinnya.

Tapi lebaran kali ini Mbah slamet sudah pindah kontrakan,bingung saya mau pesen ketupat ke mana, apalagi Della keukeuh minta bikin ketupat, tanya tetangga yg lain pesen di mana, di tunjukin juga rumah Mbak Yuli yang terima pesanan ketupat dan lauknya, ternyata H-1 Lebaran pemesanan ketupat sudah di tutup. Akhirnya pagi tadi saya ke pasar, beli kulit ketupat cuma 10 biji, sekedar memenuhi keinginan Della aja deh.

Sudah kepikiran sih, bikin yang simple aja, semua serba minimalis, bikin ketupat cuma 10 biji, masaknya pakai rice cooker .


Jadi selama masak ketupat  bisa ditinggal  ngepel, nyetrika dan sebagainya, tinggal suruh Della aja lihat-lihat airnya, kalau sudah berkurang di tambahin lagi. Lumayan juga jam 2 siang ketupatnya sudah matang.


Sekarang tinggal sayurnya, yang gampang ajalah, bikin opor ayam, bumbunya apa ? entahlan, saya bilang ke tukang sayur beli bumbu opor untuk 1 ekor ayam, lalu dibungkuskan deh sama si  masnya, isinya apa ? ada kunyit dan bawangnya lah. Santannya pakai kara aja sebungkus.

Jadilah akhirnya semua serba minimalis,  yang pentiing malam takbiran bisa makan ketupat made in sendiri,


Kalau mau makan ketupat lengkap dengan sayur ketupat, sambal goreng ati,rendang dan lainnya, besok ajalah di rumah wak oma di Tigaraksa. tahan dulu air liurnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s