Keramas Bareng di Cisadane

Menyambut bulan suci Ramadhan, kalau dalam adat Minang punya tradisi Balimau, yaitu tradisi turun temurun dalam menyambut puasa dengan membersihkan diri ,membasuh seluruh tubuhnya menggunakan air bersih yang dicampur dengan jeruk atau limau, maka di Tangerang kota tempat saya tinggal semasa kecil hingga remaja juga punya tradisi menyambut bulan Ramdhan dengan cara keramas bareng di kali Cisadane.



Dulu, waktu saya masih kecil saya bersama sepupu saya yang rumahnya di daerah Babakan Sukasari dan tak jauh dari tepi Cisadene ikut berbondong-bondong mandi di tepi sungai Cisadane, laki-laki dan perempuan ditempat yang terpisah meskipun mandinya dan keramas di tempat terbuka namun tetap menggunakan baju atau penutup badan. Keramasnya dulu itu tidak menggunakan shampo, tapi menggunakan merang ( bekas padi ) yang dibakar, air merangnya digunakan untuk keramas. Sayangnya kegiatan itu kemudian tak pernah lagi dilakukan oleh warga setempat hingga saya tak tinggal lagi di Tangerang Kota di tahun 90-an.

Tapi hari ini saya senang sekali ketika teman saya mengirimkan foto-foto kegiatan keramas bareng di tepi sungai Cisadane yang sudah mulai digelar lagi sejak tahun 2004. Kegiatan keramas bareng warga Babakan Sukasari Tangerang yang di buka oleh Lurah Sukasari . Puluhan orang bergantian berdatangan, ada yang membawa gayung untuk menyiramkan air ke kepala dan badan mereka, ada juga yang langsung nyebur ke sungai. Beberapa perahu karet petugas terlihat bersiaga di tengan sungai ikut mengamankan situasi di sekitar Sungai Cisadane agar tidak menelan korban tenggelam.

Kegiatan ini juga cukup menarik warga yang melintas bahkan beberapa media juga ikut meliput kegiatan ini. Teman saya yang sudah beberapa kali ikut melihat (saja) kegiatan ini bercerita pada saya acara ini cukup ramai, bahkan ada artis juga yang ikut meramaikan acara ini. Beberapa tahun lalu Syahrul Gunawan pernah datang di acara ini, maka sore tadi yang datang adalah 2 orang anggota Trio Macan, tapi sayangnya mereka gak ikutan keramas hehehe..


Bagi saya mempertahankan tradisi seperti ini selama pelaksanaannya masih terpantau oleh masyarakat dan aparat berwenang agak tidak disalah gunakan menjadi ajang hura-hura belaka namun menjadi ajang untuk bersama-sama mensucikan dan membersihkan diri sambil mempertahankan tradisi rasanya sih oke-oke aja lah, semoga sih tak ada kontroversi, gimana kita menyikapinya aja lah.

Note : Foto2 ini dikirim oleh Mas Eko P. Adik kelas saya di SMP dan SMA

Advertisements

41 responses to “Keramas Bareng di Cisadane

  1. Aku suka foto yg terakhir,Hehehe…Aku mengerti keramas bareng, kirain di Salon, eh ternyata jebur di sungai, hehehe….Ritual khusus setiap tahun ya mba? Salam buat Trio Musang Hehehe…..

  2. kaklist said: weleh..

    Kenapa Kak List ?

  3. Di Bogor, walau Cisadane berawal di sini, kami nggak pernah ada ritual keramas bareng. TFS jadi tahu di daerah hilirnya dipake keramas.

  4. kali cisadane emang airnya masih bagus ya buat dipake mandi ?

  5. rudal2008 said: Aku suka foto yg terakhir,Hehehe…Aku mengerti keramas bareng, kirain di Salon, eh ternyata jebur di sungai, hehehe….Ritual khusus setiap tahun ya mba? Salam buat Trio Musang Hehehe…..

    Pasti suka Trio Macannya ya hahaha..saya gak hapal itu namanya siapa aja. Iya ini kegiatan menyambut bulan ramadhan aja Bang Rudi Musang berbulu domba ?? 🙂

  6. di jawa namanya padusan ya.. waduh airnya coklat susu..berapa orang yang nyemplung gitu?

  7. bundel said: Di Bogor, walau Cisadane berawal di sini, kami nggak pernah ada ritual keramas bareng. TFS jadi tahu di daerah hilirnya dipake keramas.

    Padahal yg jernih itu ada di hulu ya Bun.. di hilir mah sudah kebagian coklatnya, campur limbah pabrik pula 🙂

  8. siantiek said: kali cisadane emang airnya masih bagus ya buat dipake mandi ?

    Engga banget lah sekarang mah mandi di Cisadane, meskipun dulu sering berenang di Cisadane hihi..tuh liat aja coklat gt

  9. tintin1868 said: di jawa namanya padusan ya.. waduh airnya coklat susu..berapa orang yang nyemplung gitu?

    Iya Mbak Tintin, kalo di Kalimantan namanya Balangir. Gak ngerti berapa orang, kata Eko sih banyak lah, wong rame dan berganti-ganti gitu

  10. jampang said: wow….:D

    waw 😀

  11. ibuseno said: Engga banget lah sekarang mah mandi di Cisadane, meskipun dulu sering berenang di Cisadane hihi..tuh liat aja coklat gt

    trus orang2 itu keramas dgn air apa ? :Ddr kran dalam rumah yah yg disambung2 sampe kali :D*inget selama perjalanan cibitung & karawang liat orang2 nyuci & buang hajat di kali . Hadeeeuuh.

  12. ibuseno said: Pasti suka Trio Macannya ya hahaha..saya gak hapal itu namanya siapa aja. Iya ini kegiatan menyambut bulan ramadhan aja Bang Rudi Musang berbulu domba ?? 🙂

    Aku suka mereka, hanya nggak kenal namanya, video klipnya keren banget. Mirip Lady gagal….:)

  13. siantiek said: trus orang2 itu keramas dgn air apa ? :Ddr kran dalam rumah yah yg disambung2 sampe kali :D*inget selama perjalanan cibitung & karawang liat orang2 nyuci & buang hajat di kali . Hadeeeuuh.

    Ya pake air sungai cisadane lah Nan.. rajin amat nyambung2in selang, tuh kan bawa gayung :-)Hahaha..beda atuh sama kali yg di cibitung mah, etapi dulu waktu masih di Lengkong juga biasa ah, mandi..trus gak lamanya liat ada si kuning berlalu..tp sekarang mah huex juga sih

  14. rudal2008 said: Aku suka mereka, hanya nggak kenal namanya, video klipnya keren banget. Mirip Lady gagal….:)

    hahaha..Iwak Peyek …iwak peyek nasi jagung, emang asik Bang

  15. ibuseno said: hahaha..Iwak Peyek …iwak peyek nasi jagung, emang asik Bang

    Hahahaha…….:)

  16. ibuseno said: Padahal yg jernih itu ada di hulu ya Bun.. di hilir mah sudah kebagian coklatnya, campur limbah pabrik pula 🙂

    Iya tapi kami nggak mengenal kebiasaan itu lho. Cisadane dulunya cuma dipake nyuci dan mandi, tapi ritual menjelang Ramadhan begituan nggak ada. Sekarang di sini Cisadanenya juga udah butek kok.

  17. emang pernah ada kejadian tenggelam disana saat balimau?*edited..mo bilang warga minang disana banyak ga? jadi keramas bareng ini budaya mana?

  18. bundel said: Iya tapi kami nggak mengenal kebiasaan itu lho. Cisadane dulunya cuma dipake nyuci dan mandi, tapi ritual menjelang Ramadhan begituan nggak ada. Sekarang di sini Cisadanenya juga udah butek kok.

    Oh sama ya Bun, di hulunya juga sudah butek ya.. oh iya pernah lihat juga foto2 hasil susur sungai cisadane, di hulu juga sudah banyak sampahnya

  19. tintin1868 said: emang pernah ada kejadian tenggelam disana saat balimau?*edited..mo bilang warga minang disana banyak ga? jadi keramas bareng ini budaya mana?

    Gak nyeritain Balimau di Minangnya Mbak Tintin, cuma nyeritain tradisi keramas yg mirip dng tradisi Balimau di Minang sana.. jd kayaknya gak ada yg tenggelam di acara balimau..entahlah..Kalau yg di Tangerang, petugas antisipasi aja, kan Cisadane dalem juga .Keramas Bareng yg di Tangerang ya tradisinya orng Babakan Tangerang.

  20. ibuseno said: Kalau yg di Tangerang, petugas antisipasi aja, kan Cisadane dalem juga .

    Betul dalam dan airnya deras. Sering ada orang tergelincir terus hanyut sampai jauh sekali. Teman SMP saya ada yang meninggal karena hanyut di Cisadane tahun 1971.

  21. bundel said: Betul dalam dan airnya deras. Sering ada orang tergelincir terus hanyut sampai jauh sekali. Teman SMP saya ada yang meninggal karena hanyut di Cisadane tahun 1971.

    Yg di hulu agak deras Bun, tapi yg di Tangerang itu tenaaaang..tp dalam, bisa jadi di dalamnya juga deras. Wah.. ngeri ya Bun. Sama aja sih di Tangerang juga suka ada aja yg hanyut di Cisadane

  22. keramasnya pake baju lengkap ya, apa ga masuk angin kedinginan ntar tu xixixix

  23. haiyaaa, kali sekarang udah ga bening lagi sih ya, mikir2 deh keramas disitu, hihihi

  24. kalo di tempetku padusan neng kali, tapi kaline saiki wis asat alias udah mengeringg..jadi ritual padusan bareng udah lenyappp 😦

  25. uhuy…Teh Icho ganti hetsot 🙂

  26. ngomongin keramas di kali, Iyog waktu masih tinggal di Depok ngerasain juga cibang-cibung di kali Ciliwung, pas kemarau gini, airnya mayan bening dengan batu2 besar gitu.tapi itu liat warna air di poto kiriman temannya Teh Icho, kok gimana gitu liat coklatnya :)harus bawa sabu antiseptik niy 😀

  27. ibuseno said: Ya pake air sungai cisadane lah Nan.. rajin amat nyambung2in selang, tuh kan bawa gayung 🙂

    gw liat aernya coklat itu geli :S. tapi orang sana mah cuek yah, udah biasa lah mandi pake air kali itu jd ga da geli2nya

  28. kalo yang mandi kaya yang di foto itu sih emang bener ada alesan buat kramas..

  29. srisariningdiyah said: keramasnya pake baju lengkap ya, apa ga masuk angin kedinginan ntar tu xixixix

    iya tuh Mbak, masa mau telanjang hahaha.. gak tau juga mungkin langsung bawa baju ganti

  30. bunda2f said: haiyaaa, kali sekarang udah ga bening lagi sih ya, mikir2 deh keramas disitu, hihihi

    sama sih May.. aku juga mikir2 sekarang mah

  31. rengganiez said: kalo di tempetku padusan neng kali, tapi kaline saiki wis asat alias udah mengeringg..jadi ritual padusan bareng udah lenyappp 😦

    Iya orang jateng sana bilangnya padusan ya Mbak Niez, jadi inget film Sang Pencerah

  32. myshant said: uhuy…Teh Icho ganti hetsot 🙂

    jiaaahh liat aja dia

  33. myshant said: ngomongin keramas di kali, Iyog waktu masih tinggal di Depok ngerasain juga cibang-cibung di kali Ciliwung, pas kemarau gini, airnya mayan bening dengan batu2 besar gitu.tapi itu liat warna air di poto kiriman temannya Teh Icho, kok gimana gitu liat coklatnya :)harus bawa sabu antiseptik niy 😀

    Oh ya..masa sih Shan, emang kali ciliwung yg di depok bening juga ya, blm pernah liat sih.. yg Cisadane agak bening itu ada di daerah yg dkt bandara itu, kampung bayur masih bening lah, tp kalo yg di Tangerang kota sdh coklat gitu

  34. siantiek said: gw liat aernya coklat itu geli :S. tapi orang sana mah cuek yah, udah biasa lah mandi pake air kali itu jd ga da geli2nya

    Iyakalo yg gak biasa mah geli kali ya.. gw mah biasa aja sih nan liatnya, apalagi orng sana yg sering mandi di cisadane 🙂

  35. rawins said: kalo yang mandi kaya yang di foto itu sih emang bener ada alesan buat kramas..

    bwahahaha… ajak keramas bareng yo mas

  36. larass said: air nya coklat

    kopi susu 🙂

  37. judule kek pelm horor deh ah 😛

  38. ummuauliya said: judule kek pelm horor deh ah 😛

    masaaa ? pemaennya Dewi Persik sama Jupe ya hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s