Melihat Keramaian Pasar Kaget Malam Jumat

Pasar malam keliling, atau pasar kaget itulah sebutan bagi sekumpulan pedagang atau pencari nafkah dimalam hari. Pedagang-pedagang ini biasanya keliling dari kampung ke kampung sesuai jadwal yang sudah ada. Seperti yang saya ketahui, Minggu malam mereka ada di lapangan di Gg Sate, Rabu Malam ada di sepotong jalan H. Gaim Petukangan,Kamis Malam ada di sebelah lapangan futsal kompleks dekat rumah saya.

Sebetulnya sudah lama saya pengen juga sesekali mampir ke lapangan futsal ini di kamis malam, apalagi kalau saya pulang kerja malam hari saya lihat pedagang-pedagang sudah ramai menggelar lapaknya di sana. Suami saya biasanya males kalau saya minta mampir ke sini, saya cuma pengen lihat-lihat ada jualan apa saja di sana, karena koq yang datang ke situ banyak sekali, ada keluarga yang datang bawa anak-anak juga karena didalamnya terlihat ada beberapa arena permainan anak.

Penasaran, akhirnya malam jumat ini setelah istirahat sebentar di rumah, saya ajak si mbak dan anak-anak untuk ke sana. Cukup jalan kaki dan anak-anak naik sepeda ke sana. Sepeda di titipkan di tempat parkir, kemudian kitapun melihat-lihat keramaian di pasar malam .

Ternyata bener lho, ramai juga di dalamnya, mulai dari penjual pakaian dalam, pakaian luar, perlengkapan dari ujung kaki sampai ujung rambut, asesories, kacamata, dompet, minyak wangi, buku-buku, bahkan penjual sayur mayur pun ikut meramaikan pasar malam.

Anak-anak di manjakan dengan permainan korsel ( apa ya ini namanya kemedi putar gitu ? ), trek mobil-mobilan, memancing mainan dan penjual balon terbang, pesawat terbang dari kayu dan lain-lain, rupanya itulah yang membuat anak-anak betah ikut berkeliling di pasar malam.


Yang saya cari sebetulnya penjual makanan,sayangnya di pasar malam ini tak banyak penjual makanan,yang saya lihat cuma tukang sate sosis, kue pukis dan katupe padang, sayang saya sudah kenyang, minggu depan saya ke sana cuma mau beli katupe padang aja deh, hari ini saya beli kue pukis aja.


Oh ya waktu saya foto-foto suasana pasar malam ( dengan diam-diam tanpa blitz), sempat di datangi bapak-bapak yang sepertinya keamanan di situ, mendekati saya dan tanya-tanya, kenapa saya foto2 di sini, untuk apa foto2nya dan sebagainya. Saya bilang ini cuma untuk dokumentasi saya aja koq, saya seneng aja lihat suasana pasar malam ini. Si bapakpun tak melanjutkan pertanyaannya. Dan ketika saya memotret salah satu pedagang makanan, si penjual langsung menanyakan saya juga, ini foto-foto tujuannya apa ? mau di masukin ke koran atau mau diapain ? saya jawab hal yang sama seperti ke bapak-bapak sebelumnya bahwa ini cuma untuk dokumentasi saya. Si pedagang makanan meminta saya untuk tidak menyebarkan fotonya, tolonglah saya orang kecil, cari makan cuma dari sini, saya tak pakai pengawet, tak pakai bahan baku terlarang, saya gak mau nanti tiba-tiba saya masuk TV dibilang makanan saya berbahaya..bla bla bla.. Waduh, saya jadi ngeri juga foto-foto sembarangan tanpa ijin, maaf ya paaak, saya ternyata belum tahu etika dalam fotografi .

Capek satu kali berkeliling, saya istirahat di kursi di depan lapangan futsal yang bersebalahan dengan pasar malam, sambil menanti si Mbak yang terus berkeliling lama bener..


ah saya betahan di sini deh dari pada jalan-jalan muter pasar malam…cape !

Advertisements

28 responses to “Melihat Keramaian Pasar Kaget Malam Jumat

  1. Seru ni ceritanya, suka banget, hebat ya mereka yg jualan sudah ada jadwalnya, pasar seperti ini ada juga di jerman kalau musim panas. Thanks ya Ibunya seno infonya.

  2. ada arum manis gakkkkk?????

  3. kalo disini kirmes… šŸ™‚

  4. ibuseno said: Dan ketika saya memotret salah satu pedagang makanan, si penjual langsung menanyakan saya juga, ini foto-foto tujuannya apa ? mau di masukin ke koran atau mau diapain ? saya jawab hal yang sama seperti ke bapak-bapak sebelumnya bahwa ini cuma untuk dokumentasi saya. Si pedagang makanan meminta saya untuk tidak menyebarkan fotonya, tolonglah saya orang kecil, cari makan cuma dari sini, saya tak pakai pengawet, tak pakai bahan baku terlarang, saya gak mau nanti tiba-tiba saya masuk TV dibilang makanan saya berbahaya..bla bla bl

    ini efek dari banyaknya liputan tentang makanan yg berbahaya ya ?mereka takut gara2 diliput trus jd kehilangan pembeli ?

  5. ya ampun ribet amat mo moto dowang dicurigain.. tampang ibuseno kaya detektif kali ya..

  6. di daerah saya ada tuh, tiap malam minggu…. jalan ditutup

  7. poto sy jgn diaplod yah, nanti disangka rekayasa sotosop xixixixi

  8. kalo dulu di semarang biasanya setiap sabtu sore sampe minggu siang di alun2 kota simpang lima biasanya ada pasar kaget macam gini.tapi kalo pasar kaget yang khusus sayur mayur ada di pasar peterongan, hingga ruas jalan macet tapi cuman sampai jam 6 pagi aja pedagang boleh gelar dagangannya. asyik banget kalo sayuran masih seger2 dan murah.nah kalo di palembang sekitar pukul 15.00 dibawah jembatan ampera dan sekitar pasar 16 *pasar besar yang terkenal di Palembang* harga juga murah meriah, pokoke merakyat banget

  9. Pasar kaget yaaaaaaWah pengen lagi ngelihat kek gini tapi harus ke kediri lumayan jauh jadi sudah malaaaas level 9 duluan hahahahahahahaKalo kek gini biasanya beli arum manis trus besoknya batuk wakakakaka

  10. rudal2008 said: Seru ni ceritanya, suka banget, hebat ya mereka yg jualan sudah ada jadwalnya, pasar seperti ini ada juga di jerman kalau musim panas. Thanks ya Ibunya seno infonya.

    Ini jadwal yg saya tahu aja, hehehe.. Oh.. ternyata di Jermanpun ada, pasti harga2nya juga miring ya..thx Bang Rudi

  11. rengganiez said: ada arum manis gakkkkk?????

    Gak adaaaaa… aku juga nyari ini ni

  12. agneswollny said: kalo disini kirmes… šŸ™‚

    Namanya Kirmes ?? lucu ya hihi

  13. rirhikyu said: Pengen serabi

    enakan serabi yg di tungku deh feb

  14. myshant said: ini efek dari banyaknya liputan tentang makanan yg berbahaya ya ?mereka takut gara2 diliput trus jd kehilangan pembeli ?

    Sepertinya begitu Shan..selain takut kehilangan pembeli, mrk juga takut masuk TV dan diciduk aparat

  15. tintin1868 said: ya ampun ribet amat mo moto dowang dicurigain.. tampang ibuseno kaya detektif kali ya..

    hahaha..jadi ngaca deh, emang tampang detektif gini ya Mbak ? belom pernah ketemu detektif cewek nih šŸ™‚

  16. jampang said: di daerah saya ada tuh, tiap malam minggu…. jalan ditutup

    waaah..sampe nutup jalan ya, persis yg di H. Gaim ni, enaknya mah di lapangan jd gak perlu nutup jalan ya Mas.. kasian yg lewat keganggu jadinya

  17. jamesdoel said: poto sy jgn diaplod yah, nanti disangka rekayasa sotosop xixixixi

    defaultnya kan emang rekayasa sotosop foto elo mah doel hahahaha

  18. rembulanku said: kalo dulu di semarang biasanya setiap sabtu sore sampe minggu siang di alun2 kota simpang lima biasanya ada pasar kaget macam gini.tapi kalo pasar kaget yang khusus sayur mayur ada di pasar peterongan, hingga ruas jalan macet tapi cuman sampai jam 6 pagi aja pedagang boleh gelar dagangannya. asyik banget kalo sayuran masih seger2 dan murah.nah kalo di palembang sekitar pukul 15.00 dibawah jembatan ampera dan sekitar pasar 16 *pasar besar yang terkenal di Palembang* harga juga murah meriah, pokoke merakyat banget

    Sama deh ya Mbak Lala, di pasar malam sini juga harga miring, kualitas ya sama sprt pasar2 inpres lain kali ya..yg penting murmer.. rame dan merakyat šŸ™‚

  19. elok46 said: Pasar kaget yaaaaaaWah pengen lagi ngelihat kek gini tapi harus ke kediri lumayan jauh jadi sudah malaaaas level 9 duluan hahahahahahahaKalo kek gini biasanya beli arum manis trus besoknya batuk wakakakaka

    Iya Mbak Elok… emang di Pare gak ada ya ?? hihi. Jarak Pare – Kediri itu brp KM dan brp lama sih Mbak ? koq males hehehenaaah itu.. sama sprt Della, tiap habis makan arum manis besoknya batuk šŸ™‚

  20. Lumayan sih mbak 32km sekitar setengah sampai 45 menit seh, hehehehehehe :)Kalo deket kan enaaaaaak mbaaaakIy tenggorokanku sensitif mbak

  21. mirip sama yang deket rumah nihtiap rabu malam, udah rame deh yang juwalan

  22. ibuseno said: Oh ya waktu saya foto-foto suasana pasar malam ( dengan diam-diam tanpa blitz), sempat di datangi bapak-bapak yang sepertinya keamanan di situ, mendekati saya dan tanya-tanya, kenapa saya foto2 di sini, untuk apa foto2nya dan sebagainya. Saya bilang ini cuma untuk dokumentasi saya aja koq, saya seneng aja lihat suasana pasar malam ini. Si bapakpun tak melanjutkan pertanyaannya. Dan ketika saya memotret salah satu pedagang makanan, si penjual langsung menanyakan saya juga, ini foto-foto tujuannya apa ? mau di masukin ke koran atau mau diapain ? saya jawab hal yang sama seperti ke bapak-bapak sebelumnya bahwa ini cuma untuk dokumentasi saya. Si pedagang makanan meminta saya untuk tidak menyebarkan fotonya, tolonglah saya orang kecil, cari makan cuma dari sini, saya tak pakai pengawet, tak pakai bahan baku terlarang, saya gak mau nanti tiba-tiba saya masuk TV dibilang makanan saya berbahaya..bla bla bla.. Waduh, saya jadi ngeri juga foto-foto sembarangan tanpa ijin, maaf ya paaak, saya ternyata belum tahu etika dalam fotografi .

    yang ini pasti bikin deg-degan yah, Teh?

  23. elok46 said: Lumayan sih mbak 32km sekitar setengah sampai 45 menit seh, hehehehehehe :)Kalo deket kan enaaaaaak mbaaaakIy tenggorokanku sensitif mbak

    Ohh mayan jauh lah 45 menit mah Mbak :-d

  24. itsmearni said: mirip sama yang deket rumah nihtiap rabu malam, udah rame deh yang juwalan

    Iya Mbak Arni, di beberapa tempat di jakarta pinggiran sdh banyak pasar malem gini

  25. darnia said: yang ini pasti bikin deg-degan yah, Teh?

    hahaha iya, Dani tau aja dan :p

  26. ada komedi puter ga,Bun?

  27. debapirez said: ada komedi puter ga,Bun?

    ada itu, tp yg versi baru gitu Mas bukan yg jadul..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s