Teganya Bule Itu Menipu Janda

Kejadiannya sudah beberapa hari lalu, ceritanya saya punya teman yang statusnya janda dengan 3 orang anak, suaminya meninggal karena sakit. Sementara teman saya ibu rumah tangga biasa, dengan sedikit keahlian membuat baju-baju dan bisnis sampingan lainnya.

Namun kondisi bisnisnya sekarang sedikit agak kendor, sementara kebutuhan rumah tangga dan anak-anaknya yang sudah mulai menanjak remaja membuat teman saya harus banting tulang lebih giat lagi.

Hampir tiap hari saya ngorol lewat whatssapp atau chatting dengan teman saya ini ( ketauan kan kerjanya chatting melulu hahaha..smoga gak ketauan boss). Suatu hari teman saya minta bantuan saya untuk mentranslete percakapan dia dengan salah seorang teman almarhum suaminya. Katanya ini teman alm suaminya semasa di kantornya dulu. Oh ya suaminya ini dulu kerja di salah satu perusahaan eksplorsai migas asing yang cukup terkenal. Teman suaminya ini bule, kebetulan dulu pernah ditempatkan di Indonesia sini dan cukup akrab juga,namun kemudian kembali ke negaranya.

Nah teman saya ini minta bantuan saya untuk mentranslete pertanyaan maupun jawaban di chattingan dia dan teman suaminya itu. Saya ya bantu aja, tapi tetep pakai google translete hehehe..
Percakapan lancar, mulai dari tanya kabar keluarga teman saya, anak-anak giman akabarnya dan sebagainya. Itu introduction percakapan masih bisa dijawab oleh teman saya. Sampai kemudian teman saya agak kesulitan ketika menjawab beberapa pertanyaan, karena rencananya si teman suaminya itu mau kirim uang sebanyak 5000 USD. Mau dikirim lewat mana katanya, mana yang cepat dan bagaimana prosesnya.

Saya bantu teman saya mencari solusi pengiriman uang, baik lwt western union maupun lwt BNI, soal caranya saya kasih tahu linknya juga supaya si bule baca sendiri.
Teman saya sangat bersyukur, disaat dia butuh uang untuk anaknya yang mau masuk SMP dan mau kuliah ada bantuan tak terduga dari teman almarhum suaminya.

Tapi melihat kelanjutan percakapannya saya jadi curiga,koq si bule ini keukeuh nanya apakah teman saya punya credit card dsb. Kemudian saya juga tambah curiga ketika si bule minta teman saya mengirimkan lebih dulu 500 USD untuk biaya transfer uangnya. ih apa2an, dia mau ngasih uang koq malah minta uang.
Saya curiga ini penipuan, saya minta teman saya untuk tanya lebih dalam coba dia kenal siapa aja teman suamimu, tanyakan juga dia kerja di mana sekarang dan tanya juga noor kontaknya.

Tapi si bule ini aneh juga, ditanya beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teman lainnya, dia banyak gak bisa jawab, malah jawabannya larinya ke soal uang transfer aja, pake maksa supaya lebih cepat kirim biaya transfer, karena dia harus melakukan perjalanan jauh lagi dan tak ada waktu lagi, dan berbagai alasan.

Saya minta juga teman saya itu untuk menyelidiki account ini apakah benar masih dipakai teman alm suaminya atau jangan-jangan sudah di hack, tanyakan ke teman suaminya yang lain yang juga mengenal account ini.
Teman saya alasan minta waktu 1-2 hari untuk ngirim biaya transfer (alesan) sambil mau tanya2 ke teman lainya. si agak kurang setuju, minta hari ini juga ditransfer. Sambil chatting teman saya menghubungi teman suaminya yg lain. Ternyata di dapat informasi, account teman suaminya ini memang sudah di bajak orang dan sudah dilaporkan ke admin facebook, jadi supaya berhati-hati. Untunglah teman saya waspada dan belum sempat tertipu si bule itu.. Alhamdulillah Allah masih melindunginya

80 responses to “Teganya Bule Itu Menipu Janda

  1. enkoos said: Weleh mbak Niez, modusnya persis plek ketiplek dengan yang dialami temenku. Temenku chatting ama orang *yang ngakunya* dari Inggris. Udah berencana mau datang ke Indonesia dan temenku udah siap mau cuti buat nganterin si *katanya* calon suaminya itu buat keliling Sumbar buat investasi katanya. Terus si orang Inggris ini tertahan di Malaysia, minta duit apalah segala macemlah. Aku waktu diceritain, yo gak percoyo, itu penipuanlah pastinya. Udah keliatan banget. Nih temen juga masih gak percaya waktu aku paparkan dengan segala logika. Temenku itu udah desperate banget pengen kawin, jadi logikanya udah gak dipake lagi. Ada yang naksir disamber aja. Sering banget dia dapet temen chatting yang aneh2. Dulu yah, kalau chatting ama aku, sering ngeluh dan minta cariin suami bule. Lha mosok aku mak comblang rek. Lama lama capek ngadepinnya, status YM aku invisible aja ketimbang tiap chatting disodorin pertanyaan yang sama.

    tuh nambah lagi ternyata banyak yg tipuan macam gini..

  2. enkoos said: boanyakkkkk penipuan kayak gini.Mau bule mau item, mau afrika, mau Indonesia, dari internet enggak keliatan karena nama dan foto bisa nemu dimana saja.

    Bener Mbok Kus, mau bule, mau Indo, mau temen sendiri tetep aja kalau niatnay nipu mah bisa aja ya…

  3. puji tuhan ya, temen teteh ga ketipu, kasian banget kalo sampe kena.wong lg butuh biaya besar

  4. deikka said: duh Mbak Icho, untung banget temennya belum sampai ketipu

    Iya Whie.. untung deh belum sampai kena, makanya aku share di sini, supaya gak ada korban lain..

  5. lusianahartono said: puji tuhan ya, temen teteh ga ketipu, kasian banget kalo sampe kena.wong lg butuh biaya besar

    Itu yg aku syukuri juga Lus.. untung deh uang yg ada gak ketipu, wong dia lagi butuh duit banget.. kalo sampai ketipu lagi, kasian bener

  6. enkoos said: Weleh mbak Niez, modusnya persis plek ketiplek dengan yang dialami temenku. Temenku chatting ama orang *yang ngakunya* dari Inggris. Udah berencana mau datang ke Indonesia dan temenku udah siap mau cuti buat nganterin si *katanya* calon suaminya itu buat keliling Sumbar buat investasi katanya. Terus si orang Inggris ini tertahan di Malaysia, minta duit apalah segala macemlah. Aku waktu diceritain, yo gak percoyo, itu penipuanlah pastinya. Udah keliatan banget. Nih temen juga masih gak percaya waktu aku paparkan dengan segala logika. Temenku itu udah desperate banget pengen kawin, jadi logikanya udah gak dipake lagi. Ada yang naksir disamber aja. Sering banget dia dapet temen chatting yang aneh2. Dulu yah, kalau chatting ama aku, sering ngeluh dan minta cariin suami bule. Lha mosok aku mak comblang rek. Lama lama capek ngadepinnya, status YM aku invisible aja ketimbang tiap chatting disodorin pertanyaan yang sama.

    nahh khan emang banyak mbak, lha wong ak sampe gugling dan kemudian kopas n kirim link2nya ke temenku itu. Modus2 serupa dan sama….jiblek mirip banget. Bener2 gak logis banget deh, mosok kirim uang di koper nilainya milyaran, trus katanya ada permata atau apalah…ak malah bilangnya ke temenku buat lega2in dia, kalopun bener itu dikirim uang di koper, ntar jangan2 pencucian uang. Itu si orang Inggris mafia…Akhirnya yahh percaya juga sih, mbak….sambil nangis2 tentunyaaa

  7. ibuseno said: Ohh.. jangan2 komen panjang sprt di sini juga Mbak Niez hihi tak apa, yg penting sama2 sudah shareWaah..temenku aja ini udah sampe sujud syukur gitu Mbak Niez, dan berakhir dengan kata sialaaaan nyaris gw ketipu hehehe..

    jangan2 juga demikian, mba…tapi pada inti dan ringkasnya sperti itu dah.. ak cuman bilang hati2 saja..pokoknya hati2, penipuan mah bisa terjadi dimana saja, gak hanya maya tapi juga nyata.

  8. rengganiez said: nahh khan emang banyak mbak, lha wong ak sampe gugling dan kemudian kopas n kirim link2nya ke temenku itu. Modus2 serupa dan sama….jiblek mirip banget. Bener2 gak logis banget deh, mosok kirim uang di koper nilainya milyaran, trus katanya ada permata atau apalah…ak malah bilangnya ke temenku buat lega2in dia, kalopun bener itu dikirim uang di koper, ntar jangan2 pencucian uang. Itu si orang Inggris mafia…Akhirnya yahh percaya juga sih, mbak….sambil nangis2 tentunyaaa

    weleh weleh…ngirim duit pake koper?kok kayak di film2, keliatan sekali tipuannya. Temennya mbak Niez, polos banget ya.

  9. rengganiez said: nahh khan emang banyak mbak, lha wong ak sampe gugling dan kemudian kopas n kirim link2nya ke temenku itu. Modus2 serupa dan sama….jiblek mirip banget. Bener2 gak logis banget deh, mosok kirim uang di koper nilainya milyaran, trus katanya ada permata atau apalah…ak malah bilangnya ke temenku buat lega2in dia, kalopun bener itu dikirim uang di koper, ntar jangan2 pencucian uang. Itu si orang Inggris mafia…Akhirnya yahh percaya juga sih, mbak….sambil nangis2 tentunyaaa

    Mbak Niez googling pake key word apa ? nanti aku cari2 juga dan linknya aku kasih temenku.. biar dia percaya 100% ini penipuan, soalnya itu pertemanan dia dng accoutn itu masih dipertahankan aja deh

  10. rengganiez said: jangan2 juga demikian, mba…tapi pada inti dan ringkasnya sperti itu dah.. ak cuman bilang hati2 saja..pokoknya hati2, penipuan mah bisa terjadi dimana saja, gak hanya maya tapi juga nyata.

    Tipuan di dunia nyata iya banyak Mbak, mulai dr yg kecil sprt nipu galon kosong yg aku alami itu nyata hahaha

  11. enkoos said: weleh weleh…ngirim duit pake koper?kok kayak di film2, keliatan sekali tipuannya. Temennya mbak Niez, polos banget ya.

    hihihihi…ak juga herannnnnnnnn….

  12. ibuseno said: Mbak Niez googling pake key word apa ? nanti aku cari2 juga dan linknya aku kasih temenku.. biar dia percaya 100% ini penipuan, soalnya itu pertemanan dia dng accoutn itu masih dipertahankan aja deh

    kalo gak salah2..pake modus*penipuan*internet*malaysia

  13. enkoos said: Temenku itu udah desperate banget pengen kawin, jadi logikanya udah gak dipake lagi. Ada yang naksir disamber aja. Sering banget dia dapet temen chatting yang aneh2.

    Daripada gitu mending suruh doi didadanya pasang plank “GRATIS” berdiri di jalan, jamin 5 menit kemudian udah laku…wakakakakak

  14. rengganiez said: kalo gak salah2..pake modus*penipuan*internet*malaysia

    Owhh.. jd biangnya ada di negeri jiran sana :-

  15. eddyjp said: Daripada gitu mending suruh doi didadanya pasang plank “GRATIS” berdiri di jalan, jamin 5 menit kemudian udah laku…wakakakakak

    wakakaka.. Sadis Ed itumah, pencitraan tetep dong ah :-p

  16. ibuseno said: temanku ini sering ketipu..

    ??? kok bisa teh?

  17. littlejibran said: ??? kok bisa teh?

    Iya.. dia agak labil dan mudah percaya sama orang Diz..apalagi dia tanpa pendamping gitu, makanya apa2 mesti sering sharing sm temen lain

  18. masih ada yg modus penipuan model begini?Untung temen Teh Icho mau cerita ya, jd gak percaya gitu aja.

  19. bundafayyaz said: masih ada yg modus penipuan model begini?Untung temen Teh Icho mau cerita ya, jd gak percaya gitu aja.

    Masih ternyata Dy.. mungkin kalau gak terkendala bahasa blm tentu juga temenku mau cerita, kan ini masalah finansial agak sensitif juga ya Dy

  20. Banyaaaak modus kayak gini. Pake email juga banyak. Belum tentu “bule” sih orangnya, bisa aja orang Nigeria, katanya sih penipu2 banyak yg dari situ. Udah jadi semacam mafia gitu.

  21. dan itu lho….”bule” yang ngobral janji via chat ini kok ya tau banyak wanita Indonesia yang pengen punya suami bule 😀 Jadinya gampang banget dikadalin….

  22. darnia said: dan itu lho….”bule” yang ngobral janji via chat ini kok ya tau banyak wanita Indonesia yang pengen punya suami bule 😀 Jadinya gampang banget dikadalin….

    Nah… makanya, mau sama bangsa manapun wanita harus selalu waspadaaa…waspadalaaahhh! Tahu kok. Aku pernah baca artikel mengenai para “bule” yang merasa banget kalau diidam-idamkan oleh wanita Asia, bukan Indonesia aja lo ya. Mereka bilang kalau di negerinya mereka tuh gak selaku itu, tapi begitu ke Asia, wow… langsung gampang banget dapet pasangan.

  23. penuhcinta said: Nah… makanya, mau sama bangsa manapun wanita harus selalu waspadaaa…waspadalaaahhh! Tahu kok. Aku pernah baca artikel mengenai para “bule” yang merasa banget kalau diidam-idamkan oleh wanita Asia, bukan Indonesia aja lo ya. Mereka bilang kalau di negerinya mereka tuh gak selaku itu, tapi begitu ke Asia, wow… langsung gampang banget dapet pasangan.

    Mbak Irma…aku kadang itu jadi kepikiran gini ya (entah ini karena kepengaruh baca novel sejarah). Jaman dulu, pas negeri ini masih dijajah Belanda, kan wanita pribumi yang diambil istri sama Kompeni jadi naik derajatnya (meski gundik doang statusnya). Apakah mungkin, “prestise” yang dicari yang semacam itu? Ini buat yang NGEBET pengen dapet suami bule ya. Soalnya dulu pernah liat temen di kantor lama, kakak beradik. Yang kakaknya pengen punya suami bule sampe mati-matian belajar bahasa Inggris 😀 Lha kok yang dapet suami bule malah adiknya *ngikik* kayaknya (semoga dugaanku aja) si kakak kalo cerita tentang adiknya kayak orang ngiri gitu hahhahaha

  24. darnia said: Mbak Irma…aku kadang itu jadi kepikiran gini ya (entah ini karena kepengaruh baca novel sejarah). Jaman dulu, pas negeri ini masih dijajah Belanda, kan wanita pribumi yang diambil istri sama Kompeni jadi naik derajatnya (meski gundik doang statusnya). Apakah mungkin, “prestise” yang dicari yang semacam itu? Ini buat yang NGEBET pengen dapet suami bule ya. Soalnya dulu pernah liat temen di kantor lama, kakak beradik. Yang kakaknya pengen punya suami bule sampe mati-matian belajar bahasa Inggris 😀 Lha kok yang dapet suami bule malah adiknya *ngikik* kayaknya (semoga dugaanku aja) si kakak kalo cerita tentang adiknya kayak orang ngiri gitu hahhahaha

    Aku pun punya sepupu yang begitu kok. Dari jaman masih SMA sudah ngefans berat sama kaukasian. Kalau ke mall ada bule lewat, waduh, bisa diikutin…ha…ha..ha. Buat mereka-mereka yang seperti ini kalau aku rasa ada krisis percaya diri, terutama pada bangsanya sendiri. Yah gimana enggak krisis, lah sehari2 dibombardir sama artis tampang blasteran atau kebule2an, iklan di majalah yg bintang iklannya kebule2an. Jadinya yang dianggap “paling bagus” itu ya fisiknya semacam ras kaukasian gitu. Perkara dalam sejarah ada Nyai Dasima misalnya, ya bisa juga tuh, meningkatkan gengsi dan tingkat ekonomi tentunya. Sampai sekarang pun mungkin ya seperti itu. Kebanyakan memang expat digaji lebih tinggi bukan di kantor2 di Indonesia?Tapi tentu saja kita tidak bisa menafikan bahwa ada yang sebenarnya gak begitu minat sama/gak ngejar2 bule tapi kebetulan kok ya jodohnya bule, seperti kasus si adik yg Dani sebutkan itu. Namanya jodoh ya, cinta gak kenal warna kulit katanya. Kalau kita senada dengan si kakak atau sepupuku itu, maka kita akan terkagum2 menganggap si adik itu dapat jackpot. Tapi kalau kita biasa aja, ya akan menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa saja. Memang jodohnya, gitu aja.

  25. penuhcinta said: Banyaaaak modus kayak gini. Pake email juga banyak. Belum tentu “bule” sih orangnya, bisa aja orang Nigeria, katanya sih penipu2 banyak yg dari situ. Udah jadi semacam mafia gitu.

    Iya Mbak Irma.. blm tentu bule hehehe.. wong banyak ya yg imelnya modal google translete pk bhs Indo dan aneh2..

  26. darnia said: dan itu lho….”bule” yang ngobral janji via chat ini kok ya tau banyak wanita Indonesia yang pengen punya suami bule 😀 Jadinya gampang banget dikadalin….

    hihihi.. udah bukan rahasia lagi kali Dan.. banyak cewek Indo seneng and bangga dpt suami bule.. etapi aku gak termasuk yaaa.. aku masih cinta made in Indonesia

  27. darnia said: Mbak Irma…aku kadang itu jadi kepikiran gini ya (entah ini karena kepengaruh baca novel sejarah). Jaman dulu, pas negeri ini masih dijajah Belanda, kan wanita pribumi yang diambil istri sama Kompeni jadi naik derajatnya (meski gundik doang statusnya). Apakah mungkin, “prestise” yang dicari yang semacam itu? Ini buat yang NGEBET pengen dapet suami bule ya. Soalnya dulu pernah liat temen di kantor lama, kakak beradik. Yang kakaknya pengen punya suami bule sampe mati-matian belajar bahasa Inggris 😀 Lha kok yang dapet suami bule malah adiknya *ngikik* kayaknya (semoga dugaanku aja) si kakak kalo cerita tentang adiknya kayak orang ngiri gitu hahhahaha

    Hihihi.. Dani jadi inget cerita Nyai Dasima dan Nyai Ontosoroh deh.. Kalo dulu iya rasanya gitu, pengen naik derajat dng di kawin orang belanda.Tapi kalau ke sini sininya, aku pernah tanya sama 3 tanteku yg kawin sama Bule, alesannya sama, suami bule itu romantis dan setia… terbukti sih suami2 mereka meski udah tua gitu romantisnya gak abis2 dan setia.. tp ya soal setia tergantung orangnya ya Dan :-p

  28. Biasanya yg doyan nipu itu orang2 asal Nigeria

  29. bambangpriantono said: Biasanya yg doyan nipu itu orang2 asal Nigeria

    Oh gitu.. jd bukan bule malah item ya cak :-p

  30. ibuseno said: Oh gitu.. jd bukan bule malah item ya cak :-p

    Iya, penipu2 alam maya dari Nigeria dan India terkenal banget lho.

Leave a Reply

