Cobek Kenangan

Ini cobek sudah nemani saya sejak saya masih SMP lho, Jadi umurnya tuaan cobek ini dibanding Seno, mestinya Seno manggilnya Tante Cobek hehe.

Percaya gak, mulai saya belajar nyambel sudah pakai cobek ini. Dulunya cobek ini belum setipis sekarang, berartnya minta ampun, itu sebabnya kakak saya Ceu Oma yang bertugas masak di rumah lebih sering nyambel pakai cobek yang lebih kecil. Cobek ini biasanya dipakai ibu saya untuk giling cabe or bumbu lain dalam porsi yang lebih banyak.
Saya lupa cobek ini dibeli oleh ibu saya di mana.


Tapi saya koq lebih suka pakai cobek ini, selalin lebih besar dari cobek satunya lagi, cobek ini juga tak mesti pakai ganjelan di bawahnya supaya gak gerak-gerak gitu ketika ngulek bumbu maka kedua tangan bisa difungsikan ngulek bareng ( ngulek ala orang Minang). beda dengan cobek satunya lagi, ketika nyambel tangan kiri megangi cobeknya tangan kanan ngulek bumbu.

Ketika kemudian saya kuliah dan mulai kost, mulai belajar sendiri, cobek inipun saya bawa ke kost saya,sampai kemudian saya nikah, cobek ini tetap setia menemani saya,meskipun muntu pasangannya sudah berganti-ganti, dan makin hari cobek ini makin menipis, sampai akhirnya menjelang makan malam hari ini cobek inipun tamat riwayatnya, kesenggol tangan saya ketika memimindahkan benda lain yang ada di sebelahnya.

Sedikit sedih juga saya lihat cobek ini, koq ya cobek inipun harus berpisah dengan saya tak lama setelah sipemberi dan siempunya cobek aslinya yaitu ibu saya berpisah juga dengan saya untuk selama-lamanya. ( dihubung-hubungin deeeh..)

Langsung cari2 teman Wong Klaten or Wong Gn Kidul yang sering bolak balik Jakarta yg suka bawa cobek, atau nanti tanya Heni ah, masih ada sisa cobek yang dibawa Bapaknya dulu gak ya, konon cobek made in sana itu bagus dan gak luntur.

Kalau di Jakarta, teman-teman tau gak beli cobek yang bagus, awet dan gak luntur di mana ?

60 responses to “Cobek Kenangan

  1. Iya bunda, sekarang cari cobek yang bagus begitu, susah..Gak cuma cobek, cari wajan tanpa anti lengket yang bagus dan gak gampang bikin masakan angus pun sulit..eniwei, itu pasti cobek suka buat hasil ulekan enak banget ya, bunda?

  2. ayyeshakn said: Iya bunda, sekarang cari cobek yang bagus begitu, susah..Gak cuma cobek, cari wajan tanpa anti lengket yang bagus dan gak gampang bikin masakan angus pun sulit..eniwei, itu pasti cobek suka buat hasil ulekan enak banget ya, bunda?

    Bener juga Mbak Ega, cari wajan yg tanpa anti lengket yg bagus emang susah,tp untungnya nih, saya dapat 3 wajan warisan dari mertua, made in cibatu sukabumi lagi, ini bener2 bagus dehhasilnya ulekannya kayaknya sih enak hehehe

  3. wah, masih ada gak itu, Bu..wajan model begituan sekarang? Harus di sukabumi sepertinya, ya?

  4. ayyeshakn said: wah, masih ada gak itu, Bu..wajan model begituan sekarang? Harus di sukabumi sepertinya, ya?

    Masih Mbak. banyak koq di sana

  5. wah, berarti nanti saya nyoba nitip temen yang dari sukabumi deh, Bu..hehe*semoga ada yang mau dititipin* hehe..terima kasih ya, Bu buat sharingnya.. 🙂

  6. ayyeshakn said: wah, berarti nanti saya nyoba nitip temen yang dari sukabumi deh, Bu..hehe*semoga ada yang mau dititipin* hehe..terima kasih ya, Bu buat sharingnya.. 🙂

    Iya Mbak.. mudah2an dpt, di sana sentra pandai besi, jadi beli wajan, golok,. cangkul dll kualitasnya bagusSama2 Mbak Ega, thx sudah mampir ya

  7. ngacungggg…deket rumahku ada toko perabotan lengkuaapppp…doi jual cobek asli batu murmer loh teh, muali 15rb ukuran kecil… asli batu dan awet *pengalaman pribadi

  8. littlejibran said: ngacungggg…deket rumahku ada toko perabotan lengkuaapppp…doi jual cobek asli batu murmer loh teh, muali 15rb ukuran kecil… asli batu dan awet *pengalaman pribadi

    di depok ya Diz ?? alamat lengkapnya dong pleaseee… kali2 aja bisa ada yg dititipin hehehe

  9. cobek yang setia….kalo punya mami-ku beli-nya di daerah borobudur Mbak Icho..tahan lama tapi nga tahan banting juga sih hahahahha *jadi kalo marah2 jangan banting2 cobek ya Mbak* :p

  10. fendikristin said: cobek yang setia….kalo punya mami-ku beli-nya di daerah borobudur Mbak Icho..tahan lama tapi nga tahan banting juga sih hahahahha *jadi kalo marah2 jangan banting2 cobek ya Mbak* :p

    cobek dan pemiliknya sama2 setia.. #eaaaa borobudur di mana Tin ? di Jogja ? waaah.. jauh juga heheheini sebtulnya mau banting yg dimarahin.. tp gak tega kalau belah dua macam cobek gini hahaha

Leave a Reply

