Semangkuk Bakso Kejujuran

Malam ini oleh-oleh dari Della buat ibunya yang capek karena pulang telat sampai rumah akibat si babe telat jemput membuat rasa capek hilang berbaur dengan rasa haru dan senang.

Della tadi cerita tiba-tiba di sekolah nemu uang Rp.50.000 di lorong sekolah, saat itu Della berdua teman sekelasnya.
Dasar bocah ya, seneng dong nemu uang segitu, kasak kusuk mereka berdua, ini uang siapa nih ya banyak banget nih, masa ada anak SD bawa uangnya banyak gini. Dengan masih bisik-bisik Della dan Vanesa temannya mulai mikir, enaknya kita jajanin nih biar kenyang sepuasnya, ajak teman-teman yang lain juga, kita traktir aja yuk, rejeki nih.

Tapi untunglah anak-anak kecil itu masih memegang teguh kejujuran yang selalu diajarkan orang tua dan guru mereka bahwa itu bukan hak mereka. Setelah kasak kusuk, akhirnya mereka sepakat untuk memberikan uang yang ditemukan itu ke guru kelasnya yang sedang beristirahat di ruang guru. Jadi, Della dan Vanesa pergi ke ruang guru, sayangnya guru kelas yg dicari tak ada di tempat. Ada guru lain di sana dan dua anak itu menyerahkan uang yang ditemukannya ke ibu guru kelas 1.
“Selamat siang bu.. permisi “
“Bu Lesni gak ada” ( bu guru sudah hafal Della itu muridnya bu Lesni)
” Oh, ini Bu, saya nemuin uang 50.000 nih bu di lorong kelas , kayaknya ini bukan uang anak2 deh mngkin uang bu guru jatuh.”
“Oh uang ibu gak jatuh, mungkin guru yang lain, nanti ibu tanya guru yang lain”
“ya udah bu, permisi..”
” eh ini buat kamu berdua ” ( bu guru ngeluarin uang 10.000)
“gak usah bu”
“ini buat jajan berdua ya”
“ya udah makasih bu”

Trus akhirnya Della dan Vanesa masing2 menikmati semangkuk bakso, pedeeeess banget bu katanya, uang yang dari ibu dibeliin teh botol deh.

foto dari sini

Ah ibunya seneng denger ceritanya… jujur terus sampe gede ya De.

Advertisements

16 responses to “Semangkuk Bakso Kejujuran

  1. lebih seneng lagi kalo pulangnya ngebungkus ya..?hehe

  2. rawins said: lebih seneng lagi kalo pulangnya ngebungkus ya..?hehe

    naah seneng buangeeeettt itu

  3. anak-anak tuh keliatannya gampang tergoda materi, tapi sebenarnya hati nuraninya jauh lebih bersih πŸ™‚

  4. myshant said: anak-anak tuh keliatannya gampang tergoda materi, tapi sebenarnya hati nuraninya jauh lebih bersih πŸ™‚

    Bener Shan, lha buktinya itu awalnya gak langsung jujur kan, tergoda dulu..tp ya bener kata Shanti juga, hati nuraninya lebih bersih

  5. bakso pedes. slruppp

  6. terus yang 50ribu diapain tuh sama gurunya?asik jujur dapat bakso.. daripada 50ribu diembat dengan rasa bersalah kan..

  7. Ngiler liat baksonya

  8. wah hadiah kejujuran sangat menggoda, baksonya gde bangets πŸ™‚

  9. Wah…Dela hebat, udah jadi anak jujur *ikon jempol

  10. tintin1868 said: terus yang 50ribu diapain tuh sama gurunya?asik jujur dapat bakso.. daripada 50ribu diembat dengan rasa bersalah kan..

    udah gak di ceritain sama Della,mrk dpt 10rb aja udah seneng tuh bisa makan bakso.

  11. rirhikyu said: Ngiler liat baksonya

    hyaaa.. bumil awas ngeces, beli giiih

  12. eddyjp said: wah hadiah kejujuran sangat menggoda, baksonya gde bangets πŸ™‚

    Anak2 doyannya bakso, di kantin juga yg paling laku bakso, jd pas dpt uang segitu pilihan pertama bakso. di Jl. H. Mochtar Petukangan ada lagi Ed bakso yg gede banget lbh gede dr bola tenis..blenger liatnya

  13. bundafayyaz said: Wah…Dela hebat, udah jadi anak jujur *ikon jempol

    Jujur ragu2 tp akhirnya jujur beneran Tante Dyah.. moga2 seterusnya ya

  14. semoga tetap jujur sampai besar πŸ™‚

  15. semangkok bakso kejujuran berarti tidak pake sayur tidak pake kecap tidak pake saos juga tidak pake sambel.. Kidding2 bu.. Apa kbr? Salam dr bali, bu icho

  16. someonein said: semangkok bakso kejujuran berarti tidak pake sayur tidak pake kecap tidak pake saos juga tidak pake sambel.. Kidding2 bu.. Apa kbr? Salam dr bali, bu icho

    Gak pake mangkok juga dong Ve hehehe… kabar baik Ve, senangnya bisa ketemu Ve lagi di MP, baik2 aja di Bali yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s