Melanggar Privacy Anak

Terpaksa ini saya lakukan sewaktu saya melihat ada gelagat yang kurang baik gadis kecil saya. Kelihatannya belakangan ini Della sudah mulai ber-rahasia dengan saya, pernah suatu ketika telpon di HP nya berbunyi, lalu Della mengangkat telpon dan langsung masuk ke kamarnya. Mulanya saya masih mendiamkan, saya pikir ini telpon teman sekolahnya yang biasa tanya-tanya PR.

Kali lain begitu lagi, telpon berbunyi sekitar jam 8 malam, Della sedang belajar, kemudian mengangkat telpon dan masuk kamar. Tentu saja saya menegur Della, minta supaya telponnya jangan lama-lama, karena sedang belajar. Kemudian saya tanya telpon dari siapa, Della tak mau menjawab. Saya minta HPnya, tak diberikan.. (*haduh anak ini !!*)

Saya mulai curiga dan berniat memeriksa HP Della, saya cek semua sms yang masuk/keluar, telpon masuk/keluar. Banyak telpon dan sms dari satu nama pria, kemudian miscalled dari nama itu di jam-jam sekolah juga banyak. duh ini anak sekolah apa engga ya, saya curiga ini anak dewasa yg sudah tak bersekolah lagi. Apalagi kemudian ada kata-kata “ I love you Della” di smsnya. dan balasan Della ke nomor itu “alfi jelek !!” , sampai lebih dari 10x send. (*maksudnya apa ini berenyit ? !! *)

Maka, Investigasi saya mulai, saya telpon nomor itu, yang angkat suara anak kecil, saya tanya namanya dan di jawab jujur, namanya Alfi, rumahnya di Lubuk linggau, kelas 4 SD di Lubuk Linggau, anak pertama, tinggal bersama ayah dan mama.

Saya tanya lagi, apakah telpon ini suka dipakai kakak/om/tetangga cowok lain ?
engga cuma Alfi yang pakai telpon ini

Alfi kenal sama Della di mana ?
di telepon
.

Koq tau ini nomor Della, dari mana taunya ?
Kan kenalan

Alfi kenapa suka telpon Della di jam sekolah, emang Alfi gak sekolah ?
di sekolah, kan jam istirahat jadi bisa telpon
( *oooh SD ini bolehin anak kelas 4 bawa HP ?*)

Hmm. investigasi rasanya cukup dulu, untuk sementara ini dengan terpaksa saya menghapus nomor telepon itu dari Phonebook dan mengganti simcard Della dengan alasan kartunya sudah expired.

Ibu yang kejam ya, tak apa sementara ini memang harus dikejamkan, karena anak ini belum mengerti banyak bahaya yang mengintai di luar melalui dunia maya baik itu telepon, sms, FB dan socmed lainnya yg semestinya belum diperbolehkan untuk anak semumuran dia (namun terpaksa dibolehkan).

Jadi buat saya, melanggar privacy anak demi kebaikan itu sah-sah saja. Kapan2 giliran anak lanang ini yang saya investigasi, karena yang ini juga sudah keasikan maen gadget.

62 responses to “Melanggar Privacy Anak

  1. tintin1868 said: ohmama.. tadinya ku mo protes kalu melanggar privasi anak.. eh ternyata ada alasannya.. ini malah harus ditindaklanjutkan.. mending bilang sama della hatihati.. anak seumur della blom bisa bertanggungjawab dengan hapenya kan.. serem juga kalu ternyata om-om senang yang mengincar anak2.. haduh yang namanya telpon nyasar itu ya.. aarrgghh..semoga seno dan della dijauhkan dari halhal negatif..

    Kalo udah agak gedean, sbg anak aku juga protes kalo privacy dilanggar šŸ™‚ udah nih, tadi malem akhirnya pelan2 bilang ke Della, itu temennya gak bener, ngaku ke della temen TK, della di TK A dia di TK B, ngaku2nya gitu, bener sh kalo misal itu temen TK, berarti dia kakak kelas Della, tp tetep lah lbh baik di hapuskawatir iya bukan anak2 tp om2.Aamiin, makasih doa Tanten Tintin šŸ™‚

  2. sicantikdysca said: hadeuuuh anak skrg bikin emaknya kebat-kebit ya teh.Tp pelanggaran ini kudukung utk kebaikan anak kita jg šŸ˜€

    Sengaja kushare Eda, sama2 ya hati2 juga buat anak2 Eda yg cantik itu šŸ™‚

  3. 25102004 said: begitu ya mbak Icho…sama kayak cucu keponakanku sekarang klas v juga sering ditep. sama teman lesnya laki2…pernah sampai2 ibunya ngamuk juga

    Kelas 5, hmmm masih tetep pengawasan ortu juga deh Mama Restu, wajar kali ya ibunya ngamuk kalau teteleponan terus, meski cuma terima šŸ™‚

  4. debapirez said: Saya dukung aksinya dan kudu dibarengi dgn pengerti kpd sang anak,Bun…

    Sebisa mungkin saya usahain kasih penjelasan yg bisa dimengerti Della dan mas Dedy, meski emang Della rada susah, krn ini demi kebaikannya kan.

  5. melisaoktavia said: Kalo gw,….gw ga tau harus gimanaaaa! Ntar aja deh pusingnya

    hehehe.. Menee cantiik, masih kecil, tunggu bentar lagi emaknya pusing, pasti Menee banyak fansnya tuh

  6. bundel said: Iya saya setuju. Saya juga membicarakan masalah sex dengan anak-anak dan cucu saya sejak dini, jadi alhamdulillah mereka yang sekarang sudah dewasa tahu bahaya dari kenikmatan itu.

    Bun..ajarin saya ilmu ngasih pengertian/pengetahuan ttng sex ke anak2 ya Bun

  7. rosshy77 said: Lubuk linggau?Jauh amir daTrus, della ga marah2 wkt diganti chipnya?#jaman abang sd gimana lg ya?Syukur eda alert

    Jauh ya Eda, itu masuk kabupaten mana sih Da hihiEngga marah koq, cuma minta pulsa yg banyakan, alesan mesti kasih pengumuman ke temen2nya kalo no hpnya ganti , baik laaaah pulsa di ganti heheheJaman abang SD, moga2 tetp masih bisa kita kontrol ya Eda. abang pasti anak yg baik lah..

  8. fadhilaharif said: waduh…. *saya punya bocah cewek juga nih!*

    Hai..Teh Ipad, gimana itu si Dora, hahah koq jadi Dora, udah kelas brp, iya tuh sama2 mesti ttp waspada ya Teh

  9. penuhcinta said: Sangat dimaklumi, teh Icho. Namanya juga anak di bawah umur, harus ketat pengawasannya.

    Siip Mbak Irma, yg masih dibawah umur, belum dewasa masih perlu pengawasan ortu ya, tinggal tingkat pengawasannya aja di sesuaikan ya

  10. bundafayyaz said: waduh…aku jadi deg2an nih gimana nanti klo anak2 udah pada SD ke sono ya *emak parno*

    Tetap waspada dan kontrol ya Dyah, gitu2 aja sih. smoga anak2 kita terhindar dari bahaya dunia maya dan dunia nyata

  11. aku setuju dgn tindakanmu teh. apalagi anak cewek harus kudu ketat pengawasannya.

  12. estiningtyas said: aku setuju dgn tindakanmu teh. apalagi anak cewek harus kudu ketat pengawasannya.

    Thanks Jeng Esti, bener banget, anak perempuan hrs lebih ketat pengawasannya ya, pengalaman pribadi saya nih

Leave a Reply

