Ketika Dikepung Banjir

Perjalanan berangkat dan pulang kerja kemaren Selasa 3 April 2012 itu luar biasa deh, udah mah pas kebetulan hari ini si suami saya tak bisa berangkat bareng ke kantor krn beliau harus ke clientnya yang di Bintaro. Jadi hari ini saya berangkat kantor sendiri eh diantar Bang Idi tukang Ojek.

Baru aja ke lepas dari lampu merah unilever sudah macet ( sebetulnya macet macam ini sudah biasa sih), Sebagai pengemudi Ojek yang sudah terlatih dan berpengalaman, Bang Idi sudah tahu jalan tikus untuk menghindari macet Jl. Ciledug Raya, jadi Bang Idi memotong jalan lewat gang kecil yang nantinya tembus di Jl. Swadarma Raya, sekalian juga untuk mengecek apakah kali Pesanggrahan di Jl. Swadarma melimpah akibat banjir tadi malam ? . Eh ternyata meskipun debit airnya lebih tinggi dari biasanya, Sepertinya Jl. Swadharma aman dilintasi, jadi ojekpun jalan terus. Sampai Pekuburan Swardarma, semua kendaraan berhenti total. Saya sudah males berangkat kerja, tapi Bang Idi masih semangat, “tanggung bu, bentar lagi nyampe lampu merah” katanya. Okelah Bang, saya juga smangat !!

Macet di Lampu Merah Joglo

Tapi.. ternyata , biasanya dari Jl. Swadharma menuju lampu merah joglo itu cuma 5-10 menit, kemarin itu nyaris 40 menit lebih rasanya. Saya lihat ada 3 orang Polisi di depan lampu merah yang sibuk mengatur lalu-lintas yang sangat padat. Lega rasanya ketika melewati lampu merah itu. Saya minta ke Bang Idi untuk lurus saja, nanti kita potong jalur lagi lewat Hutan Srengseng, jadi kita tak terjebak banjir yang biasa terjadi di dekat apartemen Joglo atau di depan perumahan villa kelapa dua.

Sebetulnya ini pilihan jalan yang paling tepat, tapi ternyata pikiran pengendara yang lainpun sama, macet lagi deh di dekat taman hutan itu, nasiib. Tapi untunglah selepas dari situ, Jalan panjang menuju daan mogot, perumahan taman ratu yang biasanya banjir kali ini tidak banjir.
Perjalanan berangkat kantor hari ini yang biasanya paling lambat 45 menit, kali ini hampir 2 jam, dan tentu saja ongkos ojek Pak Idi juga harus di sesuaikan, kasian dia juga cape main rem. Ternyata di hari Selasa pagi itu wilayah Selatan memang dikepung banjir, Cipulir, Tanah Kusir, Joglo Raya, Pos Pengumben termasuk juga Ciledug meskipun saya tak melewatinya.

Pulangnya juga ternyata lebih menyedihkan dari berangkat kerja, hujan lebat di sore hari, membuat saya dan Olive ( yg saya tebengi pulang) sepakat menerobos hujan menerjang banjir di jalan depan Indosiar, kawatir kalau nunggu hujan malah kena banjir lebih banyak lagi. Jadi kami berdua hujan-hujanan, yang penting jalanan lancar, seneng rasanya liat jalanan lancar dan kami menikmati perjalanan hujan sambil ketawa-ketawa karena ternyata kesenangan kita sama, seneng main hujan-hujanan.

Sayangnya, perjalanan lancar cuma sebentar, pas dekat gedung metrotv ada genangan banjir, entah kenapa Olive memilih jalan lain, motong jalan bu katanya, saya ikut aja, karena saya kurang paham jalur Jl puri kembangan. Ternyata jalan memotong Olive pun ada genangan air yang cukup banyak, alias banjir sodareeee !!

Olive nanya ke saya “gimana kalau kita nekad bu ? “
“Ya terserah aja, tp liat2 dulu, di depan banyak motor lewat ga ?”
“tuuuh banyak bu.. nekad ya bu”
“okeee…jalan”

Dan, Olive yang bawa scoopy memilih jalan dibelakang mobil, alasannya supaya gak terlalu dalam airnya, brrrrr… si bebek scoopy berenang, asiiiikkk… dan brrrr…rrrr… zepppp.. si scoopy langsung mogok di depan kampus Mpu Tantular, horeee..!! ayo oibu dorooong.!!, untung banyak temennya sama2 ngedorong motor.

Olive ngedorong scoopy

Perkiraan dorong cuma sebentar ternyata gempor juga, panjang euy banjirnya, lumayan hampir sepaha.

Eh pas lagi dorong2 motor itu, suami saya nelpon ( *masih inget juga sama istrinya aiih*) menanyakan keberadaan saya. Saya kabarkan keberadaan saya di Puri Kembangan, dengan kondisi motor tebengan saya (* seorang cewek cantik, masih single*) mogok akibat menerjang banjir. Saat ini motor sudah masuk bengkel, sementara saya dan Olive sedang bengong kelaperan.

Suami saya langsung berinisiatif menjemput saya ( *thanks ya beib eh beh ! * ) . Saya minta suami saya untuk menjemput saya di daerah

Hujan, dingin, laper, mana halte tempat neduh juga bocor, membuat saya merenung, duh ini cari duit aja penuh perjuangan giniiih, enak bener ya kalau jadi FTM, jadi gak perlu cape2 pulang kerja, kehujanan, kebanjiran di jalan.

Arggghh.. ngelamun yang enak2 aja lah, saya dan Olive ketawa2 aja lah sambil nunggu penjemput saya dan penjemput Olive datang , beginilah lady biker pasrah, motor mogok minta jemput dan motor ditinggal di bengkel. Senang rasanya melihat mantan pacar saya muncul dengan maung beureumnya. Maaf ya Olive saya tinggal duluan, ada satu anak ganteng yang sedang ultah nunggu kedatangan ibunya di rumah untuk makan nasi kuning bersama dan ada satu anak cantik yang juga nunggu ibunya untuk belajar karena besok ulangan.

Beginilah orang nasib orang pinggiran Jakarta yang mencari nafkah di Jakarta, jadi sebelum berangkat kerja, rajin-rajinlah memantau kondisi jalanan supaya tak terjebak macet dan banjir lagi. Lewat account twitter @lewatmana , @KabarBintaro juga baca TL teman2 saya bisa dapat update info kondisi banjir terkini.

Pagi ini, Rabu 4 April, Joglo Raya-Cipulir aman katanya, dan benar saya Rabu pagi ini jalanan lancar jaya sampai jembatan tol Kb. Jeruk Eh.. pas masuk ke Greenville dan Taman Ratu, banjir menghadang. Tak mau repot dan merepotkan suami saya, saya pilih naik angkot 45, bebas banjir sampai depan kantor, dan suami saya entah memilih jalan lewat mana menuju kantornya.. sorry ya beh !!

Advertisements

60 responses to “Ketika Dikepung Banjir

  1. lehistoire said: betulan jadi homesick nich mbak..homesick ama macetnya Jakarta, suara metromini, teriakan kondektur dsb… ^_^BTW – happy birthday buat Seno yach..

    Hihi, masih inget sama teriakan kondekturnya ya Von, kapan rencana balik ?Terima kasih ucapan ultahnya Tante Vonny πŸ™‚

  2. Turut prihatin, saya juga pernah merasakan kena banjir di Jalan Tanjung Duren Raya, mobil tidak bisa lewat maka terpaksa jalan kaki.

  3. Kemaren2 nyimak Tl tehIcho di twitter, ikut tegang baca banjir dimana2

  4. bg440507 said: Turut prihatin, saya juga pernah merasakan kena banjir di Jalan Tanjung Duren Raya, mobil tidak bisa lewat maka terpaksa jalan kaki.

    Wah, Om Bambang jalan kaki sampai mana Om ? jadi mobil ditinggal sama sopir aja. lumayan pegel ya Om

  5. miapiyik said: Kemaren2 nyimak Tl tehIcho di twitter, ikut tegang baca banjir dimana2

    hihi.. pdhal depok aman2 aja ya Mia πŸ™‚

  6. inditna kajebak banjir, sabot di kantor mantau TV jeung internet kondisi banjir…heuheu, lumayan perlu usaha ekstra cari jalan pintas minim banjir teh… wajib untuk pemukim luar Jakarta (kalebet abdi πŸ™‚ )

  7. kawandee said: inditna kajebak banjir, sabot di kantor mantau TV jeung internet kondisi banjir…heuheu, lumayan perlu usaha ekstra cari jalan pintas minim banjir teh… wajib untuk pemukim luar Jakarta (kalebet abdi πŸ™‚ )

    Trus masih bisa pulang teu Kang Adi, parah pan itu banjir ciledug mahIya.. mesti banyak tahu jalan pintas untuk wilayah yg sering kena banjir mah

  8. masih bisa pulang,ceu…nyemplung2 banjir dah di komplek Pondok Bahar, mantap jaya πŸ˜€ entah sebetis apa sepaha ya, soalnya dah lewat puskesmas Pondok Bahar saat mo masuk pertigaan dijaga warga, diarahkan ke jalan pintas dekat underpass jalan tol (malam-malam juga, entah lewat mana, wis manut sama yang di depan saya deh…ujung2nya yang di depan keder juga setelah nanya ma warga, ketemu jalan pintasnya sama yang banjir itu, dah ditrobos saja masuk gigi 1 tanpa henti bari tagiwur sieun snalpot keselek aer… sihoreng snalpot Honda Supra mah aya lobang untuk buang airnya ya, nembe terang abdi…)lumayan dah keluar komplek mah sematakaki, angger banjir…tapi saat lewat jembatan pondok bahar itu airnya deras minta ampun, kiriman ti Bogor ceunah)besoknya muter deh lewat pondok kacang memburu ke jalan swadarma atau jalan dekat kampus UBL (tembus ke joglo)…mantap jaya…keliling2nya πŸ™‚

  9. kawandee said: masih bisa pulang,ceu…nyemplung2 banjir dah di komplek Pondok Bahar, mantap jaya πŸ˜€ entah sebetis apa sepaha ya, soalnya dah lewat puskesmas Pondok Bahar saat mo masuk pertigaan dijaga warga, diarahkan ke jalan pintas dekat underpass jalan tol (malam-malam juga, entah lewat mana, wis manut sama yang di depan saya deh…ujung2nya yang di depan keder juga setelah nanya ma warga, ketemu jalan pintasnya sama yang banjir itu, dah ditrobos saja masuk gigi 1 tanpa henti bari tagiwur sieun snalpot keselek aer… sihoreng snalpot Honda Supra mah aya lobang untuk buang airnya ya, nembe terang abdi…)lumayan dah keluar komplek mah sematakaki, angger banjir…tapi saat lewat jembatan pondok bahar itu airnya deras minta ampun, kiriman ti Bogor ceunah)besoknya muter deh lewat pondok kacang memburu ke jalan swadarma atau jalan dekat kampus UBL (tembus ke joglo)…mantap jaya…keliling2nya πŸ™‚

    tah eta kalau yg di belakang ciledug perjuangannya banyak pisan.. dijegat banjirnya dibeberapa titik, kalo saya lumayanlah cuma di 2 titik aja banjirnya mah heheh, tp anger wae ya betah keneh, keun wae lah gak setahun sekali ini lah ya. mau gimana lagi atuh ya Kang

  10. Pingback: Kebanjiran Enggak ? | Jejak Langkah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s