Kak Herman di Copy Paste,Begini Rasanya

Keseringan menulis di dunia maya ( Di MP mapun di K), membuat saya jadi terbiasa untuk belajar tertib dan beretika dalam menulis di dunia maya, salah satunya untuk selalu menampilkan link sumber tulisan meskipun cuma mengutip satu kalimat pendukung tulisan saya sendiri, atau untuk gambar kalau bukan gambar milik sendiri saya juga usahakan menuliskan tautan link sumber gambar.

Etikanya kan begitu ya,kulonuwun gitu kalau mau pinjem sesuatu itu. Apalagi di Kompasiana itu ada butir TOC ( Term of Condition) nya, yang melarang copy paste. Tulisan yang dianggap copas pasti langsung di hapus admin, tanpa ampun. Beda dengan di kaskus, di kaskus mah banyak banget tulisan yang entah copas dari mana-mana.

Karena itu saya maklum kalau ada orang yang sebel jika tulisannya di copy paste orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Apalagi di copy plek-plek sama dengan tulisan asli. Tapi gak semua orang juga yang sebel tulisannya di copas, ada malah yang seneng dan legowo aja, ya anggap aja amal jika tulisan dia berguna untuk orang lain.

Saya pernah berpikir begitu juga, ah biar ajalah tulisan gue di copas orang kalau memang tulisannya bermutu dan berguna, tapi ah mana ada tulisan saya yang bermutu, wong kebanyakan tulisan iseng doang, geer bener deh lu Cho !!.


Etapi tadi siang waktu saya iseng berkunjung ke Group FBnya orang Tangerang, eh nemuin tautan tulisan tentang Kak Herman Sosok Pramuka Sejati di Tangerang. Penasaran dengan tulisan itu karena saya pernah posting tulisan sejenis di Multiply dan di Kompasiana. Takutnya nanti malah saya yang dianggap mengcopy tulisan itu, itu blognya kwartir ranting pramuka Kronjo Tangerang lho, ngeri juga sayah hihi..
Eh pas saya buka blog itu ternyata tulisan itu plek sama dengan tulisan saya yang di MP dan di Kompasiana. Dan di blog itu juga tidak linkback ke tulisan asli saya.

Sebetulnya ya saya gak dirugiin sih wong nulis di MP maupun di Kompasiana juga gak dibayar koq hehehe, tapi ya sedikit kesel aja. Mau ngasih tahu etika ke pemilik blog, eh gak ada kolom komentarnya, mau lihat tanggal berapa dia posting , duluan mana sama tulisan saya, juga gak ada. Ngaku deh saya kalah pinter, gaptek deh kalau urusan ngutak ngatik blogspot.

Lalu ketika malam ini saya renungkan kembali ( ciyeeeh…). Sudahlah, artinya tulisan saya tentang Kak Herman itu memang diakui sangat fenomenal bagi gerakan pramuka Tangerang, dan tulisan saya ternyata bukan sekedar tulisan sampah, buktinya ada yang mengcopy paste, iya kan..iya kaann..

Jadi ternyata begini rasanya kalau tulisan di copas tanpa ijin, padahal cuma satu tulisan, teman saya Elok46 malah 90% isi blognya yang puisi-puisi bagus itu di copas orang, nyesek bener.


Btw ada yang punya account copyscape premium gak, pinjem dooong ?


*gambar baby kembar lucu itu punya sini *


Advertisements

30 responses to “Kak Herman di Copy Paste,Begini Rasanya

  1. Punyaku jg ada yg di copas teh. Tp itu, Aku egp aja. Krn yg tau asli tidaknya ya yg penulis asli.

  2. Nah loh…coba di email saja mbak..kan biasanya ada tuh contact us. Minta mencantumin sumbernya gt

  3. bambangpriantono said: Punyaku jg ada yg di copas teh. Tp itu, Aku egp aja. Krn yg tau asli tidaknya ya yg penulis asli.

    Iya, akhirnya biar aja. betul Cak, yg tau asli atau engganya ya penulis asli lah ya

  4. rengganiez said: Nah loh…coba di email saja mbak..kan biasanya ada tuh contact us. Minta mencantumin sumbernya gt

    Gak ada Mbak Niez, heran itu ngumpetnya di mana contact usnya. Blog abal-abal kali nih

  5. tulis aja di komen dia.. masih ada yang ga tahu etika berinternet ya?*termasuk daku yang suka asal embat gambar di google..

  6. tintin1868 said: tulis aja di komen dia.. masih ada yang ga tahu etika berinternet ya?*termasuk daku yang suka asal embat gambar di google..

    hihi, aku aku udah kasih tau di atas, di blog itu gak ada kolom komentar Mbak Tintin, kalau ada pastinya aku udah tulis komen di situ ๐Ÿ™‚ nah ati2 tuh ambil gambar sembarangan Mbak, sebaiknya cantumkan sumber gambarnya

  7. hooo mangkane elok gak mau ngempi neh jangan2 goro2 kuwi bu?

  8. anotherorion said: hooo mangkane elok gak mau ngempi neh jangan2 goro2 kuwi bu?

    hihi bisa jadi tuh Mas Pri, skrng malah lebih rajin beredar di twitter

  9. Pencurinya gak komunikatif, gak ada satu kontak person pun, pengecut!Atau coba mbak Icho, cari tulisan2 di blog tsb yg dibuka komennya, trus komen tentang keberatan dg menunjukkan link yg dimaksud.Kalo gak ketemu cari tahu bagaimana me-report abuse. Biar menjadi pelajaran bagi lainnya agar tidak semena-mena nyontek habis.

  10. fightforfreedom said: Pencurinya gak komunikatif, gak ada satu kontak person pun, pengecut!Atau coba mbak Icho, cari tulisan2 di blog tsb yg dibuka komennya, trus komen tentang keberatan dg menunjukkan link yg dimaksud.Kalo gak ketemu cari tahu bagaimana me-report abuse. Biar menjadi pelajaran bagi lainnya agar tidak semena-mena nyontek habis.

    Mas Iwan sama nih sama saya pikirannya, pengecut juga itu yg bikin blog kwarran, gak ada kolom komentar, saya belum aja cari2 itu tulisan yg lain sprt ttng Pak mashudi rasanya juga saya pernah baca di mana gitu..Sudah saya cari celah supaya saya bisa nulis di blog itu, gak ada Mas, bahkan twitternya juga default hahaha..Ada sih yg ngajarin repoort abuse, katanya dng cara direport as spam or fraud dg login ke dasbor BSspot. saya mesti register dulu dong ya..

  11. … atau numpang report abuse lewat temen MP yg punya akun blogspot. Semoga ada teman di sini yg bisa bantu.

  12. fightforfreedom said: … atau numpang report abuse lewat temen MP yg punya akun blogspot. Semoga ada teman di sini yg bisa bantu.

    boleh-boleh hihi, dengan senang hati, etapi katanya sudah iklhas hehehe, buat pelajaran aja ya Mas Iwan, apalagi dia pasang SEO-SEO gitu ya ?

  13. Klo individu yg model gitu, maksudnya suka nyuri hasil karya oran lain di internet ya selalu aja ada. La tapi ini pelakunya pake nama Kwaran…sejak kapan pramuka diajrin mencuri.Wah ngajari gak bener nih ๐Ÿ˜‰

  14. Tulisan Kak Herman jadi popular post, semoga yang nulis bisa nyangsang kemari karena banyak yang klik dari sini n bisa baca tulisan ini…Profile blognya ditutup

  15. ibuseno said: mau lihat tanggal berapaย  dia posting , duluan mana sama tulisanย  saya, juga gak ada.

    Dia posting bulan september 2011, Bu. Jadi Ibu lebih dulu karena bulan agustus

  16. pernah ngalamin juga teh, beberapa tulisansaya ada yg dicopas… sebagiang ngasih backlink, sebagian lagi tidak. bahkan salah satu puisi saya dimasukin dalam buku yg diakui sebagai best seller dengab mengutip sumber yg salah ๐Ÿ™‚

  17. mmg ga bs dilacak si copycat nya ya ?

  18. kalau perorangan mungkin kita bisa sedikiit maklum tapi ini organisasi lhoo, harus ditegur itu biar ga jadi kebiasaan.

  19. Selamat ya ceu, artinya tulisannya dianggap berarti dan bermakna oleh Kwaran Kronjo ๐Ÿ˜€

  20. Hmmm… tulisan perjalanan saya juga pernah muncul di web lain. Tapi untungnya ada link WP saya. Tapi biar gak ada juga, gak bisa diakuin tulisan orang lain hehehe… soalnya ada foto diri di situ.

  21. duh, ikut prihatin ya, Teh …memang faktanya masih banyak orang dogol diluar sana yang menganggap bahwa apa yang ada di internet artinya menjadi public property. Blah!

  22. bundafayyaz said: Klo individu yg model gitu, maksudnya suka nyuri hasil karya oran lain di internet ya selalu aja ada. La tapi ini pelakunya pake nama Kwaran…sejak kapan pramuka diajrin mencuri.Wah ngajari gak bener nih ๐Ÿ˜‰

    Iya Dyah, kalau individu mungkin enak ya negur langsung dan coba2 cari info, siapa sih ni orangnya. lha kalau pakai atas nama organisasi yg bingung. Iya miris yaaa… itu blog jadinya tidak mengamalkan Dasa Darma Pramuka

  23. anazkia said: Tulisan Kak Herman jadi popular post, semoga yang nulis bisa nyangsang kemari karena banyak yang klik dari sini n bisa baca tulisan ini…Profile blognya ditutup

    Hihi oh gitu ya kalo klik dr MP keliatan ya di sana Naz ? baru tau

  24. anazkia said: Dia posting bulan september 2011, Bu. Jadi Ibu lebih dulu karena bulan agustus

    ngeliatnya di mana Naz ? koq aku cuma bisa lihat dia posting di folder thn 2011 gitu aja

  25. jampang said: pernah ngalamin juga teh, beberapa tulisansaya ada yg dicopas… sebagiang ngasih backlink, sebagian lagi tidak. bahkan salah satu puisi saya dimasukin dalam buku yg diakui sebagai best seller dengab mengutip sumber yg salah ๐Ÿ™‚

    Wah, gile sampe dikutip sama pengarang buku best seller ? gak mau tuh pengarang Mas ?

  26. estiningtyas said: mmg ga bs dilacak si copycat nya ya ?

    Aku gak bisa lacak, siapa2 nya, infonya minim Jeng

  27. mozaikpublishouse said: kalau perorangan mungkin kita bisa sedikiit maklum tapi ini organisasi lhoo, harus ditegur itu biar ga jadi kebiasaan.

    Iya juga ya Wan, ini pake atas nama organisasi ya..kebangetan ya, tadinya aku pikir ya sudahlah sadulur salembur hihi

  28. jandra22 said: Selamat ya ceu, artinya tulisannya dianggap berarti dan bermakna oleh Kwaran Kronjo ๐Ÿ˜€

    hihi.. makasih ya Bun kalo gitu mah

  29. nurusyainie said: Hmmm… tulisan perjalanan saya juga pernah muncul di web lain. Tapi untungnya ada link WP saya. Tapi biar gak ada juga, gak bisa diakuin tulisan orang lain hehehe… soalnya ada foto diri di situ.

    Kalau masih ada foto dan linknya mungkin masih enakan ya Mbak hehe, ini mag boro2

  30. revinaoctavianitadr said: duh, ikut prihatin ya, Teh …memang faktanya masih banyak orang dogol diluar sana yang menganggap bahwa apa yang ada di internet artinya menjadi public property. Blah!

    beuh..enak bener ya kalau semua yg di dunmay dianggap properti public, gak perlu ada gerakan anti plagiat Vin ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s