Menggoda Mbak Guardian

Ini kali pertama lho sebetulnya saya mencoba iseng begini, kepengen tahu aja apa bener seperti yang pernah dialami teman saya, kita akan mendapat perlakuan berbeda maupun pandangan yang aneh kalau kita berbeda.

Kan Hero, Guardian, Giant sejak tahun 2010 itu mulai tidak menggunakanlagi permen sebagai uang kembalian, gantinya mereka mendonasiakn uang kembalian dibawah Rp.500 untuk di sumbangkan. Biasanya kita pembeli akan ditawarkan apakah uang kembaliannya akan di donasikan ?
Saya juga biasanya ya sudah lah, 100-300 rupiah dibulatkan saja dan di hitung untuk sumbangan, maka nanti di struknya akan tertera sumbangan sebesar sekian , saya tak lagi menyimpan struk, jadi gak bisa upload contohnya di sini.

Lalu, pengalaman teman saya ketika berbelanja dan ditawarkan apakah sisa pembulatan akan disumbangkan dan teman saya menolak, dia mendapat tatapan aneh dari pengantri lainnya, dan si kasir juga langsung berubah ekspresi. Begitukah ??

kemarin malam saya iseng, waktu beli obat di Guardian, saya melakukan hal yang sama seperti teman saya, saya menolak ketika ditawarkan apakah rp. 2300 kembalian saya , rp.300 nya akan di sumbangkan ?
Dan bener lho, si Mbak Guardian langsung pergi meninggalkan mesin kasir dan kasak-kusuk dengan temannya, kemudian dengan suara agak keras bertanya ke temannya “elo punya duit recehan 300 gak, sini pinjem dulu buat kembalian”
Dan temannya itu buka-buka dompet di depan mesin kasir, cari-cari uang receh yang tak ada, kemudian di kotak uang mesin kasirpun tak terlihat uang receh satupun.
Saya tetap menunggu..
Si Mbak kasir masih terus mencari sampai kemudian akhirnya dapat juga uang receh rp.300. Dan saya mendapat kembalian Rp.2300 pas, tapi si Mbak Guardian memberikannya tanpa senyum.
Jadi nilai senyumnya sebesar uang sumbangan hehehe.

Lagian ini saya iseng bener ya, pake coba-coba, saya nyoba karena gak ada antrian di belakang saya, kalau ada antrian di belakang saya dan terlihat si Mbak Guardian sibuk mencari uang kembali,saya juga pasti gak jadi ngetest si Mbak, kasian pengantri lainnya.

Dari kejadian itu saya cuma mikir jadinya, apa sejak ada program ini Hero, Giant atau supermarket lain yg ikut mengadakan program sumbangan uang kembalian kemudian jadi sama sekali tak lagi menyediakan uang receh, lalu konsumen dipaksa menyumbang ?
Semoga aja memang kejadian tadi karena persediaan uang recehnya kehabisan.
Dan ngomong-ngomong, eh nulis-nulis, saya search di google memang ada ya pemberian bantuan pelangan ke PMI atau ke tempat lain dari Hero, Giant dan groupnya. Pertanyaannya, adakah audit untuk penerimaan ini ?
Bagaimana pertanggung jawabannya ke pelanggan ? di umumin di koran gak ya hasil pendapatan dan pengeluaran dari sumbangan uang kembalian ini ?
Ada yang tahu ?

ah bawel nih Ibu Seno, nyumbang cuma cepek doang aja jadi ribet gini…:-)

Advertisements

51 responses to “Menggoda Mbak Guardian

  1. deikka said: oh baru tahu nih saya, gak pernah belanja di situ Mbak

    Kapan2 kalo belanja ke situ pake cash kembalian recehan pasti di tawarin untuk nyumbang koq Mbak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s