Rejeki & Pohon Pucuk Merah

Yang dimaksud pohon pucuk merah itu pohon yang punya dua warna daun hijau dan merah, nah pucuknya yang muda-muda itu yang warnanya kemerahan. Karena bagus ngeliatnya, pohon ini saya beli dari penjual tanaman yang lewat untuk dijadikan salah satu koleksi tanaman saya. Ini contoh Pohon Pucuk Merah fotonya saya ambil dari sini

Saya lupa sudah berapa lama membeli pohon ini, rasanya sudah setahunan lebih, tapi pucuk merahnya cuma sesekali muncul. Sempet bingung juga ( tapi gak cari tau di google atau tanya orang lain, kenapa pucuk merahnya sedikit padahal pohon pucuk merah orang lain koq banyak. )

Nah suatu hari, di awal tahun baru, tiba-tiba adeknya Eyang Seno yang bertahun baru di rumah saya berkata ” lumayan nih pucuk merahnya sudah mulai banyak,terakhir aku ke sini pucuk merahnya cuma sedikit, artine rejekimu sudah semakin banyak, makin banyak pucuk merahnya rejekimu makin banyak Ce ”

Saya bengong dengernya dan langsung saya lihat pucuk merahnya memang sudah ada 4 pucuk, biasanya cuma 1-2 pucuk.. tapi alhamdulillah.. kalo emang rejekinya makin banyak, awal tahun baru ya memang lagi banyak rejeki, kan baru terima bonus ( *sekarang udah habis bonusnya, jangan pada minta traktir πŸ™‚ *).
Namanya juga orang tua yang bicara ya, saya ya gak boleh langsung gak percaya gitu, dan gak boleh juga langsung percaya, cukup dengarkan aja.

Buktinya nih… tadi pagi saya lihat pucuk merahnya makin banyak. sudah lebih dari 4 pucuk.

Padahal uang di ATM saya makin menipis, yang bayar utang juga belum ada hahaha..
Jadi terbukti kan, gak ada hubungannya antara rejeki dan daun pucuk merah. ?

Lalu dari kenapa kemarin-kemarin ini daun pucuk merah saya kurang banyak pucuk merahnya ?

Ternyata selama ini saya salah dalam pemeliharaan tanaman ini. Pohon Pucuk Merah yang nama latinnya Syzigium Oleina ( *bagus banget ya namanya, boleh dijadiin nama anak nih, heheh dulu waktu SMA saya pengen namain anak saya kelak dengan nama Oryza Sativa , eh ternyata gak disangka mantan pacar saya menamakan anaknya itu, pdhal dulu saya gak pernah cerita lho wong itu bukan mantan pacar saya di SMA, gak jodoh ya.*.) , eitt.. makin ngawur critanya, kembali ke iPad !!

Jadi sebaiknya Pohon Pucuk Merah memang tidak di tanam di pot , tapi langsung di tanam di tanah ( lihat foto pertama ). Lha saya tanam pohon pucuk merah ini di pot. Selain itu mesti rajin juga memangkas daunnya 1 bulan sekali deh minimal supaya tanamannya rapi, daun yang sudah tua juga di gunting atau dipotes dua minggu sekali, jadi nanti akan tumbuh daun baru pengganti dan ini yang akan berwarna merah. Dan yang rutin harus selalu diberi pupuk, anak TK juga tahu kan tanaman itu harus di beri pupuk supaya subur ( *masih inget lagu menanam jagung kan ? * )

Adalagi perlakuan salah saya terhadap pohon pucuk merah saya, jadi ceritanya waktu musim panas panjang kemarin, saking panasnya beberapa tanaman saya mati, saking sayangnya saya sama si pohon pucuk merah, saya pindahkan si pucuk merah agak ke pojok yang tidak kena matahari langsung. Rupanya perlakuan inipun salah karena tanaman pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari supaya dapat terus bertunas dan menghasilkan daun berwarna merah, justru pohon pucuk merah harus kena matahari langsung.

Jadi eyaaang..saya kasih tahu ya, saya baru dapat ilmu perawatan pucuk merah itu belum lama dan saya baru saya praktekkan bulan desember kemarin, coba deh nanti bulan April kita lihat lagi hasilnya, kalau saya males merawat pohon ini, pucuk merahnya akan berkurang lagi, padahal bulan April pas rejeki saya juga banyak tuh , dapet bonus lagi… ( *huuu pameerrrr *)

Advertisements

50 responses to “Rejeki & Pohon Pucuk Merah

  1. aiih enak banget sih..dapet bonus emang setahun berapa kali Mbak? :p

  2. Tag dulu..Udah mau off

  3. teteh aku punyaaa…. beli 3 biji, tapi yg jadi dan pucuknya lumayan banyak 1 doank tapi meski hanya 1 yg jadi pucuk merahnya banyak loh… hihi apa artinya rejekiku banyak?? aminnnn…, aku juga nanemnya di pot, belum kepikiran mau mindahin ke tanaj…

  4. kalo ditanam ditanah jadi pohon gede banget lho Cho.

  5. fendikristin said: aiih enak banget sih..dapet bonus emang setahun berapa kali Mbak? :p

    jiaaah.dia komentarin bonus, bukan pohon pucuk merahnya, mentang2 tadi siang diajakin maksi bareng hahaha.

  6. anazkia said: Tag dulu..Udah mau off

    siaaapp…balik lagi bawa oleh2 Naz πŸ™‚

  7. littlejibran said: teteh aku punyaaa…. beli 3 biji, tapi yg jadi dan pucuknya lumayan banyak 1 doank tapi meski hanya 1 yg jadi pucuk merahnya banyak loh… hihi apa artinya rejekiku banyak?? aminnnn…, aku juga nanemnya di pot, belum kepikiran mau mindahin ke tanaj…

    coba rawat dengan benar semuanya sesuai teoriku di atas Diz hahaha.. Rejeki banyak dari warnet yg rame Diz hihihi

  8. eddyjp said: kalo ditanam ditanah jadi pohon gede banget lho Cho.

    Iya aku pengennya gede gitu sprt yg foto pertama itu Ed, di rumah dikau juga ada ya pohon ini ?

  9. ibuseno said: jiaaah.dia komentarin bonus, bukan pohon pucuk merahnya, mentang2 tadi siang diajakin maksi bareng hahaha.

    huahahhahaha ngarep diajakin makan malem bareng sama Mbak Icho πŸ˜€

  10. April ya dapat bonus ? *catet*

  11. fendikristin said: huahahhahaha ngarep diajakin makan malem bareng sama Mbak Icho πŸ˜€

    itirahatnya jangan 45 menit doong, mana cukup ngegosipnyaaa hahah eh mo makan or ngegossip nih πŸ™‚

  12. siantiek said: April ya dapat bonus ? *catet*

    wakakakakk.. dicatet mo nagih utang ya

  13. ibuseno said: wakakakakk.. dicatet mo nagih utang ya

    mang tampangku debt collector ya ? hahahaha

  14. wah dapat bonmus muluq niiih… cipratin sini yak? πŸ˜‰

  15. ibuseno said: Iya aku pengennya gede gitu sprt yg foto pertama itu Ed, di rumah dikau juga ada ya pohon ini ?

    PIndahin aja ke pot gede, kasih pupuk kandang, jamin deh bentar juga gede, daku tak tanam ginian tak tertarik, pucuk merah masak kudu dipangkas melulu, males.

  16. siantiek said: mang tampangku debt collector ya ? hahahaha

    engga siiih.. cuma tampak kang kridit hihihi..*langsung kabur ke jogja ah hahahaha*

  17. sicantikdysca said: wah dapat bonmus muluq niiih… cipratin sini yak? πŸ˜‰

    sengaja bonusnya di pecah2.. supaya gak cpt habis Eda… nanti kalo ujan kecipratan ya hahaha

  18. eddyjp said: PIndahin aja ke pot gede, kasih pupuk kandang, jamin deh bentar juga gede, daku tak tanam ginian tak tertarik, pucuk merah masak kudu dipangkas melulu, males.

    yang ini udah cukup gede potnya sih Ed.. tp blm yg paling gede sih, siiip deh nanti di pindahin, emang malesin Ed mangkasnya hehehe

  19. ibuseno said: engga siiih.. cuma tampak kang kridit hihihi..*langsung kabur ke jogja ah hahahaha*

    waaah kabur ke sana *tlp Priyo en de gank πŸ˜€

  20. Mungkin karena pupuknya kurang mba, sehingga pucuk merahnya tdk terlalu banyak, coba dikasih pupuk lagi dan tambah tanah yg baru dibawahnya.

  21. Kalo pucuk biru ada ga Teh? He3

  22. siantiek said: waaah kabur ke sana *tlp Priyo en de gank πŸ˜€

    gak jadi aaah..kabur ke Batam aja hahahaha

  23. nawhi said: Kalo pucuk biru ada ga Teh? He3

    pucuk biru ? blm pernah liat, pucuk ungu kayaknya ada wan..udah lah ganti kostum jangan biru mulu hihihi

  24. rudal2008 said: Mungkin karena pupuknya kurang mba, sehingga pucuk merahnya tdk terlalu banyak, coba dikasih pupuk lagi dan tambah tanah yg baru dibawahnya.

    Iya bener Bang Rudi, kemaren ini juga karena pupuknya kurang, skrng lumayan

  25. Mbak Icho mengingatkan saya pada bulan Juli lalu saat anak saya diminta bawa pohon pucuk merah oleh sekolahnya, wah cari yg jual ke sono sini akhirnya dapet juga, beli di depan taman ria senayan (*sekarang sudah bukan taman ria*)

  26. deikka said: Mbak Icho mengingatkan saya pada bulan Juli lalu saat anak saya diminta bawa pohon pucuk merah oleh sekolahnya, wah cari yg jual ke sono sini akhirnya dapet juga, beli di depan taman ria senayan (*sekarang sudah bukan taman ria*)

    Wah jauh juga beli ppohonnya sampe sana Mbak Dewi, rumah dimana gitu ? iya sekolah kadang suka minta anak bawa pohon anu dan anu.. untuk mempercantik sekolahnya yaHmm taman ria senayan apa namanya skrng ?

  27. ibuseno said: gak jadi aaah..kabur ke Batam aja hahahaha

    hmmmm ujung2nya ke sono deeh πŸ˜›

  28. nawhi said: Kalo pucuk biru ada ga Teh? He3

    dasaarrr :Pkamu aja Wan yg bikin πŸ˜€

  29. ibuseno said: Wah jauh juga beli ppohonnya sampe sana Mbak Dewi, rumah dimana gitu ? iya sekolah kadang suka minta anak bawa pohon anu dan anu.. untuk mempercantik sekolahnya yaHmm taman ria senayan apa namanya skrng ?

    Mbak rumah ku Tangerang, tapi berhubung kerja di daerah Thamrin jadi cari ke situ Mbak, sekarang taman ria senayan kosong melompong Mbak, lahan tak berpenghuni

  30. pucuk dicinta merah tak tiba πŸ˜€

  31. itung2 warna merahnya gantinya kembang x yah bu? eh itu ada kembangnya enggak sih?

  32. hahahha aku nunggu april aja dehhhhh buat ditraktir basooooo

  33. siantiek said: hmmmm ujung2nya ke sono deeh πŸ˜›

    abis belom pernah ke sana sih :-p

  34. deikka said: Mbak rumah ku Tangerang, tapi berhubung kerja di daerah Thamrin jadi cari ke situ Mbak, sekarang taman ria senayan kosong melompong Mbak, lahan tak berpenghuni

    Waah..jauh juga bawa pohonnya, pdhal di Tangerang di pinggir2 bantaran kali cisadane arah ke karawaci/perum juga banyak yg jual. Ohh konon mau dijadiin mall ya itu tanah, tp blm tahu pasti, makin macetlah yg pastinya πŸ™‚

  35. fadhilaharif said: pucuk dicinta merah tak tiba πŸ˜€

    menati duit merah πŸ™‚

  36. anotherorion said: itung2 warna merahnya gantinya kembang x yah bu? eh itu ada kembangnya enggak sih?

    Gak ada kembangnya Mas Pri.. daun dua warna gitu aja yg bkin bagus

  37. srisariningdiyah said: hahahha aku nunggu april aja dehhhhh buat ditraktir basooooo

    Bulan april Tije masih ASI, gak boleh makan bakso dulu hahahaha

  38. ibuseno said: abis belom pernah ke sana sih :-p

    nani udah sih , tp cuma numpang lewat trus nyebrang deh πŸ˜€

  39. siantiek said: nani udah sih , tp cuma numpang lewat trus nyebrang deh πŸ˜€

    Nanti aku nunggu yg di Batam ngajak maen aja deh.. πŸ™‚

  40. ibuseno said: Bulan april Tije masih ASI, gak boleh makan bakso dulu hahahaha

    *langsung mencep*

  41. srisariningdiyah said: *langsung mencep*

    mak jleb hihi

  42. ibuseno said: Nanti aku nunggu yg di Batam ngajak maen aja deh.. πŸ™‚

    sila…. πŸ™‚

  43. baru tau nih pohon ini…bagus ya klo dah rimbun gitu. Eh btw, jd sekarang Teh Icho pake ipad ya hihihi

  44. april tgl brp jeng dpt bonusnya biar kutandain kalenderku ni

  45. kalo masih belum banyak pucuk merahnya, di air brush ajeeeeeee huahuahauhauau

  46. icetart said: kalo masih belum banyak pucuk merahnya, di air brush ajeeeeeee huahuahauhauau

    huaaaa..pinterrr..biar dibilang rejekinya banyak ya Shir πŸ™‚

  47. bundafayyaz said: baru tau nih pohon ini…bagus ya klo dah rimbun gitu. Eh btw, jd sekarang Teh Icho pake ipad ya hihihi

    masa sih baru tahu Dy..udah lama lho ini. hahaha.. iPad pinjeman punya si babeh dy, punya kantor lagiih πŸ™‚

  48. estiningtyas said: april tgl brp jeng dpt bonusnya biar kutandain kalenderku ni

    wekekekek..akhir april Jeng,tandain lingkarin merah ya

  49. akhirnya saya punya juga 2 koleksi pucuk merah dirumah, hasil nabung selama 2 bulan uang belanja. walaupun boleh dibilang masih pendek pohonnya, tapi hati senangggggggg πŸ™‚

  50. naurazain said: akhirnya saya punya juga 2 koleksi pucuk merah dirumah, hasil nabung selama 2 bulan uang belanja. walaupun boleh dibilang masih pendek pohonnya, tapi hati senangggggggg πŸ™‚

    ikut seneng..mudah2n pohon pucuk merahnya banyak pucuk yg warnanya merah, biar banyak juga rejekinya Mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s