Cadel

Baca postingan Dizna tentang Jibran yang sudah bisa mengucapkan namanya dengan benar, saya jadi ingat pengalaman masa kecil saya.

Saya juga pernah cadel. Jibran malah lebih hebat dari saya, Jibran belum SD tapi sudah bisa mengucapkan huruf R, sementara saya baru bisa mengucapkan huruf R kelas 2 SD, itu juga setelah berlatih keras karena sering diledek teman kalau membaca atau berbicara. Belum lagi juga dimarahi ustad saat mengaji karena tidak sesuai lafadz.

Ketiga anak perempuan ibu saya memang cadel , ini agak aneh dan belum saya selidiki, kenapa yang cadel cuma anak perempuannya, sementara anak lelakinya normal-normal saja. Padahal ibu saya juga tidak cadel,lidah anak perempuan dan anak laki-laki ibu saya sama aja panjangnya. Katanya cadel bisa terjadi kalau salah satu atau kedua orang tuanya cadel. Bisa juga terjadi karena faktor lingkungan yang membiasakan dan mengikuti gaya cadel anak, misalnya ketika anak minta susu, bilang “mama minta cucu”, ibunya akan menanggapi dengan cadel juga, “cebental ya cayang,mama ambil cucunya duyu “ Dan saya gak tahu apakah ibu saya duyu itut-itutan gaya cadel anaknya. Tapi toh ibu saya juga yang melatih keras anaknya untuk tidak berbicara cadel, dengan cara sederhana menyebutkan beberapa kata yang mengandung huruf R, yang paling top dan teringat berulang kali kami bertiga mengucapkan kata “ular melingkar dipinggir pagar pak umar”. Selain itu kami juga diminta meniup balon kemudian setelah balon tertiup dikempesin lagi dan mengikuti desis balon rrrrrrrrrrrrrr…

Trik sederhana dari ibu saya berhasil, saya dan Ceu Oma lambat laun tidak cadel lagi sampai sekarang, tapi tidak dengan Ceu Ami. Sampai hari ini Ceu Ami masih cadel meski sama-sama berlatih, entah kenapa.

Kecadelan Ceu Ami, rupanya turun juga ke 4 anaknya ( Oka, Nila, Vina dan Jivi). Oka malah lebih parah cadelnya, saya lupa kelas 6 atau kelas 5 SD waktu Oka pesantren di Bogor, Oka suka berkirim surat ke mamanya, dan saya sempat baca dengan pusing kepala, karena Oka bukan hanya cadel bicara tapi juga cadel menulis . Cadel menulis gimana ? begini contohnya, saya ingat dari sebagian surat oka.

“Mama, Oka engga bisa purang duru ke lumah, kalena Oka besok ada plamuka. tapi pelut Oka sebeturnya sakit, Oka sudah minum pelomah berum sembuh juga, mau ijin pak gulu duru”.

Untunglah lambat laun Oka mulai bisa membedakan penggunaan huruf L dan R dalam tulisan, meskipun sampai hari inipun Oka yang sudah menghadiahi saya 2 orang cucu tetap cadel dan malah sering diledek Zidan anaknya yang tak cadel,tapi Oka nyantai aja, malah gaya koq kalo cadel katanya. Nila dan Vina sudah tak cadel lagi, Jivi (kelas 6 skrng) masih cadel sampai sekarang. Jadi dua anak laki-laki Ceu Ami yang menurunkan cadelnya.

Dari cerita pengalaman saya di atas, saya percaya cadel bisa sembuh, buktinya Jibran semakin besar tak cadel lagi dan saya bisa sembuh juga cadelnya. Kalau sampai gede masih cadel juga, sebetulnya juga masih bisa sembuh dengan cara ke terapi wicara. terapinya bagaimana dan dimana ? tanya Mbah Google aja

Advertisements

24 responses to “Cadel

  1. mengingatkan saya dengan kakak laki2 saya, saat kami masih kecil dulu, hanya kakak saya yg cadel, tapi begitu usia makin besar cadelnya hilang

  2. Di keluarga saya alhamdulillah nggak ada yang cadel. Cuma anak saya yang tua waktu kecil nggak bisa nyebut “K” selalu jadi “T” makanya waktu dia mau cerita bahwa kakinya bude Tati kotor, maka dia bilang : “Tatinya bude Tati totor”. Lucu juga sih, cuma nggak lama, begitu masuk TK semua udah normal.

  3. deikka said: mengingatkan saya dengan kakak laki2 saya, saat kami masih kecil dulu, hanya kakak saya yg cadel, tapi begitu usia makin besar cadelnya hilang

    Kebalikan dr keluarga saya yang cadelnya ya Mbak Dewi, hehehe.. untung ya semakin besar hilang cadelnya

  4. jandra22 said: Di keluarga saya alhamdulillah nggak ada yang cadel. Cuma anak saya yang tua waktu kecil nggak bisa nyebut “K” selalu jadi “T” makanya waktu dia mau cerita bahwa kakinya bude Tati kotor, maka dia bilang : “Tatinya bude Tati totor”. Lucu juga sih, cuma nggak lama, begitu masuk TK semua udah normal.

    hahaha..jadi inget 100 kata T .macam2 aja ya Bud jenis cadelnya gak cuma R jadi L, bisa T jadi K , S jadi C

  5. tapi kalau cadel ngomong enggres malah lebih enak didengar …hehehehe

  6. myshant said: tapi kalau cadel ngomong enggres malah lebih enak didengar …hehehehe

    itu untungnya orng cadel yg jago bhs inggris ya…

  7. sampe sekarang ku masih cadel kog.. 😀

  8. myshant said: tapi kalau cadel ngomong enggres malah lebih enak didengar …hehehehe

    katanya gitu.. tapi spelling ku masih ancur juga kog..

  9. teteh kalo belum bisa ngomong R cadel ya namanya? Hehehe…..teteh baru SD bisa ngomong R, lahh ini, Jibran termasuk ketinggalan, di sekolahnya temen2nya banyak yang udah bisa bilang R, padahal dia baru TK A… wuaa… berarti anak sekarang lebih cepet gede ya teh.. hehe…Ibu ku bilang aku juga dulu pas TK baru bisa ngomong R…. hehehe…Tapi kalo denger orang ga bisa ngomong yang ada huruf R nya emang kayanya gimana… gituu…

  10. aku kok malah suka dengar cadel ngomong, kadang pengin juga, kesane imut he3

  11. tintin1868 said: sampe sekarang ku masih cadel kog.. 😀

    oh iya Mbak Tintin juga msh cadel ya, baru pertama kali denger suara cadel Mbak Tintin 🙂

  12. tintin1868 said: katanya gitu.. tapi spelling ku masih ancur juga kog..

    mesti banyak diasah hihi

  13. littlejibran said: teteh kalo belum bisa ngomong R cadel ya namanya? Hehehe…..teteh baru SD bisa ngomong R, lahh ini, Jibran termasuk ketinggalan, di sekolahnya temen2nya banyak yang udah bisa bilang R, padahal dia baru TK A… wuaa… berarti anak sekarang lebih cepet gede ya teh.. hehe…Ibu ku bilang aku juga dulu pas TK baru bisa ngomong R…. hehehe…Tapi kalo denger orang ga bisa ngomong yang ada huruf R nya emang kayanya gimana… gituu…

    aku nyebutnya gitu Diz, bahasa lain atau bahasa ilmiah mungkin ada heheIya anak skrng cpt gak cadel, krn mungkin makin lama makin banyak info buat para ibu gimana kiat mencegah dan mengurangi cadel anaknya.hahaha..iya kesannya manja ya kalo orng cadel itu 🙂

  14. nawhi said: aku kok malah suka dengar cadel ngomong, kadang pengin juga, kesane imut he3

    naah..iya wan, kesannya imut ya..ih ini mah kalo cewek, tp kalo cowok cadel gak seru ah 🙂

  15. Anak kedua wilda bulan april nanti 3 tahun, tapi masih cadel bicaranya, dan sering ga ngerti orang yang mendengarnya, mudah-mudahan semakin besar, bicaranya bisa semakin jelas.

  16. haha…ceritanya jd lucu kalo diceritain apa adanya…..produktif nih Sis nulisnya….jempol deh.

  17. ibuseno said: oh iya Mbak Tintin juga msh cadel ya, baru pertama kali denger suara cadel Mbak Tintin 🙂

    lucunya kalu ngomong kecepatan suka jelas.. nah loh?

  18. ummizaidina said: Anak kedua wilda bulan april nanti 3 tahun, tapi masih cadel bicaranya, dan sering ga ngerti orang yang mendengarnya, mudah-mudahan semakin besar, bicaranya bisa semakin jelas.

    Eh cepet ya udah mau tiga tahun aja Wil 🙂 Iya masih kecil mah wajar deh masih cadel2 lucu dan susah dimengerti, biasanya ortunya mah paham aja apa maksudnya. Insya Allah makin gede makin jelas koq bicaranya

  19. konefly said: haha…ceritanya jd lucu kalo diceritain apa adanya…..produktif nih Sis nulisnya….jempol deh.

    Ya mo ditulis pake bahasa nyastra gak bisa Om, tulis apa adanya aja. Hihi gak produktif sih, ini mah krn tadi hujan melulu gak kemana2 aja.. Gowes2 gak nih Papanya Inez ?

  20. tintin1868 said: lucunya kalu ngomong kecepatan suka jelas.. nah loh?

    jadi lupa kalo sebetulnya cadel ya… jadi speed ngomongnya mesti dipercepat kali mbak biar gak cadel hihi

  21. Tmn kantor ada yg agak “cadel”. Dipanggilnya Cinta Laura hehe..

  22. debapirez said: Tmn kantor ada yg agak “cadel”. Dipanggilnya Cinta Laura hehe..

    temennya cewek or cowok mas ?

  23. ibuseno said: temennya cewek or cowok mas ?

    cewek Bun. sering qt suruh niruin gayanya CL jg hehe…

  24. Farahku 6 thn cadelnya ga cuma di R teh. Banyak huruf mati yang susah dia sebutkan. Tapi belum dibawa ke terapi wicara sih, insyaAllah bulan depan. Ini aku mau posting di blog tapi belum selesai hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s