Tanda Cinta Buat Guru

Sebetulnya buat para guru,hadiah yang paling indah dan berharga adalah ketika anak didik atau siswa dapat menerima pelajaran yang diberikan dengan baik dan berhasil menjadi anak yang berguna kelak. Kalimat itu saya dapatkan ketika saya bertemu kembali di dunia maya dengan guru SMP saya Pak Sonny. Dan ternyata kalimat itu juga di sebutkan oleh gurunya Seno ketika saya memberikan titipan bingkisan dari Seno untuknya sebagai tanda kasih dan ucapan terima kasih Seno atas bimbingan dan pengajarannya kepada Seno selama di kelas 5.

Tahun-tahun sebelumnya, sebetulnya ada larangan untuk memberikan hadiah/bingkisan kepada guru di akhir tahun pelajaran,namun banyak yang diam-diam tetap memberikannya.
Tahun-tahun sebelumnya, saya yang paling males dan bingung mencari bingkisan untuk para guru, selalu mengambil jalan singkat, menyisipkan amplop ketika mengambil rapot anak. Selain tidak terlihat, juga lebih praktis dan gak bingung untuk memilihkan jenis benda yang akan diberikan.

Tahun ini, jauh-jauh hari sebelum UAS, Seno sudah pesan-pesan ke ibunya begini
“Bu.. ibu kasih apa keq gitu ke Pak Guru ( seno menyebut nama gurunya), Seno sayang sama pak guru, karena pak guru baik sama Seno bu.”

“Oh ya..baiknya gimana Sen ?”

“Dia gak marah kalalu Seno tanya karena Seno gak ngerti, gak suka marah-marah juga sama anak-anak”

“Ya memang tugas guru begitu, kalau muridnya gak ngerti mesti di terangin sampe ngerti”
“Tapi pak guru kelas 4 gak gitu bu, kalau Seno gak ngerti trus Seno nanya ke Pak Guru, pak guru minta Seno tanya ke temen yang ngerti”

“oh… baru tau ibu..koq gitu, pdhal gak boleh gitu jadi guru”

“Trus pak guru sekarang, kalau Seno seseknya kambuh, dia pasti elus-elus punggung Seno, trus tanya-tanya Seno bawa obat gak, trus Seno boleh gak nulis, boleh pulang atau boleh istirahat di UKS”

“hmm..gitu ya, jadi kamu mau kasih apa ke pak guru ?”

“Sepatu aja deh bu, Seno lihat sepatunya pak guru udah jelek bu..gak ganti-ganti”

“ya udah kamu cari tahu pak guru pakai sepatu nomor berapa dan lihat modelnya seperti apa yang biasa di pakai, nanti kita cari”

Ternyata sampai selesai UAS, Seno belum berhasil mencari tahu nomor sepatu pak guru, jadi bingkisan untuk Pak Guru diganti dengan yang lain, yang kata Seno juga terlihat perlu.

Pak Guru yang satu ini memang sudah agak sepuh, sepengalaman saya bertemu Pak Guru setiap kali mengambil rapot semersteran atau rapot bayangan, saya selalu merasa nyaman berbincang dengan Pak Guru ini.
Kalimat pertama ketika saya dan Seno bersalaman dengannya pada saat ngambil rapot adalah ” Sehat Seno ??…. ” dan kalimat terakhir ketika kami berpamitan adalah “jaga kesehatan ya Seno..”

Sekali lagi ini tentang apresiasi, perhatian kecil dari seorang guru pada muridnya yang menurut saya sangat menyentuh. Tapi justru dari hal-hal kecil seperti ini anak merasa di perhatikan,begitu juga orang tua (saya ), merasa anak saya diperhatikan dan di berik kasih sayang layanknya wakil orang tua di sekolah. Jadi saya juga merasa nyaman dan aman menitipkan anak pada pak guru.

Berkenaan dengan sikap pak guru yang demikian juga saya pikir yang mempengaruhi nilai yang diperoleh Seno selama di kelas 5 ini.
Mulai dari semester 1 saya lihat nilai Seno ada kemajuan yang cukup baik dibanding di kelas 4. Semester 2 di kelas 5 juga nilalinya lebih meningkat dari semester 1. Selama kelas 5 saya juga tak pernah mendapat panggilan ke sekolah berkenaan dengan prestasi atau ulahnya Seno, waktu kelas 4, 3x saya harus menghadap wali kelasnya Seno.

Tak perlu berlama-lama saya bercakap-cakap dengan pak guru ketika berbincang tentang nilai dengan pak guru tadi, dan tak ada catatan khusus juga di rapotnya Seno. Perbincangan cukup lama hanya ketika deal kenaikan uang sekolah.

Dan sebagai tanda cinta dari saya buat pak guru, saya rayu pak guru selama kurang lebih 10 menit untuk kenaikan uang sekolah 10% saja kenaikannya.
Terima kasih Pak guru…
Selamat jadi senior ya Mas Seno !!

Advertisements

34 responses to “Tanda Cinta Buat Guru

  1. Ceritanya sangat menarik Mba, Aku sangat suka membacanya. Tfs ya…

  2. Loh, seno dah rapotan teh?

  3. Libur tlah tiba….libur tlah tiba…. Horeeeee…hatiku gembiraaa…*mas senooooo…. Hayuuukkk bilang ibu, liburan wkt ny jalan2…..

  4. disini tanda cinta dikumpulkan dalam 1 amplop, dibagi rata ke guru, OB, kebersihan dan semua karyawan 🙂

  5. tawar menawar…teteup 🙂

  6. ibuseno said: kenaikan uang sekolah 10% saja kenaikannya.

    kasih amplopnya, pentingnya buat ini ya bu..?hehe

  7. oohh pakgurunya dulunya juga kaya seno gitu ya asma.. salam sehat juga buat pakguru sepuhnya, semoga sepatunya ada yang baru..

  8. Suka terharu melihat guru yg berdedikasi pada pekerjaannya, mendidik &mengajar siswa dgn tulus 🙂

  9. wah, rayuannya berhasil 🙂

  10. rudal2008 said: Ceritanya sangat menarik Mba, Aku sangat suka membacanya. Tfs ya…

    terima kasih Bang Rudi, komentarnya selalu menyejukkan :-p

  11. bunda2f said: Loh, seno dah rapotan teh?

    udah May, kan UAS nya juga duluan 😛

  12. littlejibran said: Libur tlah tiba….libur tlah tiba…. Horeeeee…hatiku gembiraaa…*mas senooooo…. Hayuuukkk bilang ibu, liburan wkt ny jalan2…..

    horeeeee…. emaknya tanggung bulan hahaha

  13. miapiyik said: disini tanda cinta dikumpulkan dalam 1 amplop, dibagi rata ke guru, OB, kebersihan dan semua karyawan 🙂

    nah yg gini bagus nih..asas keadilan sosial bagi seluruh karyawan sekolah :-p

  14. mommyverrel said: tawar menawar…teteup 🙂

    teteeeep..kudu eta mah ndah

  15. rawins said: kasih amplopnya, pentingnya buat ini ya bu..?hehe

    hihihi.. yoiii mas

  16. tintin1868 said: oohh pakgurunya dulunya juga kaya seno gitu ya asma.. salam sehat juga buat pakguru sepuhnya, semoga sepatunya ada yang baru..

    Gak tahu Mbak apakah pak guru dulu asma atau engga, sy gak tanya beliau :-p Amiin.. doanya makasih

  17. shesleep said: Suka terharu melihat guru yg berdedikasi pada pekerjaannya, mendidik &mengajar siswa dgn tulus 🙂

    Sama Fit.. jadi inget guru2 kita dulu yaaa, bnyk yg macam gini

  18. fightforfreedom said: wah, rayuannya berhasil 🙂

    ada bakat perayu :-p

  19. ibuseno said: Sama Fit.. jadi inget guru2 kita dulu yaaa, bnyk yg macam gini

    iyaa…bener banget, Teh… petuah2 mereka juga sampai skrg msh dalam ingatan, sederhana tapi sangat berguna

  20. bersyukur seno punya guru yg perhatian gitu ya…

  21. jadi pak guru dikasi apa ?? hahaha malah pengen tau..tp seneng deh klo punya guru yg care dan gak pilih kasih

  22. shesleep said: iyaa…bener banget, Teh… petuah2 mereka juga sampai skrg msh dalam ingatan, sederhana tapi sangat berguna

    kerasa sebagai petuah pas udah gede, udah pisan sama mereka, dulu mah suka sebel kalo terlalu banyak nasehat hehehe

  23. estiningtyas said: bersyukur seno punya guru yg perhatian gitu ya…

    Iya Jeng, pas kelas 5 ini kliatan banget deh baek gurunya, bersyukur benget

  24. dinoflove said: jadi pak guru dikasi apa ?? hahaha malah pengen tau..tp seneng deh klo punya guru yg care dan gak pilih kasih

    hihihi.. ada deeeh.. kecil2 mungil

  25. ibuseno said: hihihi.. ada deeeh.. kecil2 mungil

    cincin emas :))di skul dys jg ada larangan memberikan hadiah pada pendidik tp gimana yaaa.. aku tuh pingin ngasih sesuatu sbg ungkapan syukur krn wali kelasnya ini benar2 perhatian deh sama anak2 trus beliau bkn tipikal judes-marah2 getooo.Baiknya kasi apa dan gimana caranya *ehh malah bertanya*

  26. jarang banget nih nemu guru baik hati seperti guru-nya Mas Seno 😀

  27. sicantikdysca said: cincin emas :))di skul dys jg ada larangan memberikan hadiah pada pendidik tp gimana yaaa.. aku tuh pingin ngasih sesuatu sbg ungkapan syukur krn wali kelasnya ini benar2 perhatian deh sama anak2 trus beliau bkn tipikal judes-marah2 getooo.Baiknya kasi apa dan gimana caranya *ehh malah bertanya*

    engga..bukan, euleuh cincin mah mahal teuing, da ibu seno juga mau hihi.nah sama dng di sekolah Seno dulu juga gitu ada larangan, jd ngasihnya ya diem2, ada yg ngasih lwt anaknya langsung bukan pas pemberian rapot, bisa sebelum atau sesudah pembagian rapot, ada yg ke rumah gurunya.. pinter2 aja lah, yg penting kan tujuan kita mo ngasih tuh tulus ucapan trima kasih kan yaa..gak macem2

  28. fendikristin said: jarang banget nih nemu guru baik hati seperti guru-nya Mas Seno 😀

    udah jarang ya Tin..:(

  29. hiks.. jadi inget blom beliin apa2 buat guru2nya triple9… apaan ya kali ini?

  30. qqrizqi said: hiks.. jadi inget blom beliin apa2 buat guru2nya triple9… apaan ya kali ini?

    gurunya ce or co ? kalo ce banyak pilihan ya.. coba deh googling, hadian untuk wanita..uh banyak

  31. dapet disini neh: http://www.dunia-ibu.org/html/hadiah_guru.html td siang langsung meluncur ke Ambasador hehehehhh

  32. jadi apa donk kadonya Da?

  33. qqrizqi said: dapet disini neh: http://www.dunia-ibu.org/html/hadiah_guru.html td siang langsung meluncur ke Ambasador hehehehhh

    wah mantaap. maksih juga linknya Q.. buat taon depan hihi

  34. rosshy77 said: jadi apa donk kadonya Da?

    ada deeeh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s