TEMBERENG

Dulu pelajaran matematika itu termasuk salah satu pelajaran yang kurang saya sukai selain kimia. Jadi ketika anak saya sudah kelas 5, tak jarang saya keteteran mengajarkannya. Selain karena beda cara mengajarkan (perasaan saya) juga ada beberapa istilah yang kurang saya pahami, seperti istilah yang baru saya temui malam ini yaitu TEMBERENG.


Seno sempat menanyakan, apa itu tembereng ? waduhh mana saya tahu, saya tahunya Pak TIfatul Sembiring. Dan seingat dan seperasaan saya meski saya gak jago-jago banget matematika, tidak ada istilah TEMBERENG di matemiatika, mulai dari matematika SD-SMA. Dan meskipun mata kuliah matematika di kampus mulai dari Matematika 1-3, Calculus 1-3 sudah berhasil saya lampaui dengan susah payah, juga tidak ditemukan istilah itu.

Enaknya anak jaman sekarang, apa yang tidak diketahui bisa di cari di internet, tapi efeknya ya jadi dikit-dikit ketergantungan sama Om Google, tak apalah memanfaatkan teknologi yang ada.


Apa itu TEMBERENG ?
Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada Gambar 6.3 , tembereng ditunjukkan oleh daerah yang diarsir dan dibatasi oleh busur AC dan tali busur AC.
Kalau Busur dan Tali busur sudah tau dong ya ?
Kalau belum ini saya kasih tahu lagi.

Busur adalah : garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut
Sedangkan Tali Busur Adalah : garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda dengan diameter, tali busur tidak melalui titik pusat lingkaran


Dari gambar ini. Tali busur adalah garis ST, Busurnya adalah garis lengkung QR, RS, ST, TU dan UQ. Jadi Temberengnya yang mana ? Ya itu v, daerah yang dibatasi oleh busur ST dan tali busur ST.
Lha.. ini dulu saya juga belajar, tapi lupa nama istilah daerah V itu, bukan tembereng deh ah.
Ada-ada aja ya istilahnya koq pake istilah Tembereng, dulu namanya apa ya, ada yang inget ?
Heran juga kalau teman SMP masih saya hafal namanya, tapi pelajarang SMP gak ada yg nyangkut di otak deh.



Advertisements

23 responses to “TEMBERENG

  1. waduuuuh… Saya jg udah lupa. Tadi saya mikir tembereng adalah nama lain jajar genjang :D*bener2 lupa*

  2. moiniknok said: waduuuuh… Saya jg udah lupa. Tadi saya mikir tembereng adalah nama lain jajar genjang :D*bener2 lupa*

    Jajar genjang juga nama baru deh Mbak. dulu saya kenalnya jajaran genjang.Makasih sudah mampir dan berkomentar ya Mbak ..salam kenal dr Ibu Seno

  3. sama-sama, Ibu Seno :)slm kenal jg.Btw Bu, matematika katanya pelajaran yg kurang diminati, tp kuliahnya malah matematika 😀

  4. Kayaknya emang tembereng deh mbak.. Tadi pas baca judulnya udah kebayang matematika si.. Cumaaaaa.. Gak kebayang apaan tu kikikikikik.. *maaap cuma komen iseng*

  5. moiniknok said: sama-sama, Ibu Seno :)slm kenal jg.Btw Bu, matematika katanya pelajaran yg kurang diminati, tp kuliahnya malah matematika 😀

    Kalo pas kuliah itu karena mata kuliah wajib Mbak.. jadi meski terseok-seok dan pake usaha keras, kudu diambil, itu aja ada yg ngulang karena ketauan nyontek hahaha..

  6. chieeka said: Kayaknya emang tembereng deh mbak.. Tadi pas baca judulnya udah kebayang matematika si.. Cumaaaaa.. Gak kebayang apaan tu kikikikikik.. *maaap cuma komen iseng*

    Owwwhhh.. emang tembereng ya Mbak ternyata namanya, jangan2 jaman sekolah kita beda hehehe.. aku kan angkatan 80-an 🙂

  7. waduh…gimana nanti saya ngajarin Dzaki yah? *bingung* soalnya bener bener gak suka matematikperasaan saya juga baru denger istilah TEMBERENG. saya mah taunya TEMBELEK…xixixixixi

  8. fadhilaharif said: waduh…gimana nanti saya ngajarin Dzaki yah? *bingung* soalnya bener bener gak suka matematikperasaan saya juga baru denger istilah TEMBERENG. saya mah taunya TEMBELEK…xixixixixi

    Bapaknya Dzaki suka matematika teu , mudah2an suka ya Teh Hahaha.. tadi juga sama saya ingetnya yg itu, cuma jagak sikap aja di depan Seno gak di ceplosin gitu hihihi

  9. baru tau ada istilah tembereng 😀

  10. Sama. Baru tahu. Saya kira nama penyakit tuh!Dulu kayaknya gak dikasih nama tuh, euy!

  11. Sama. Baru tahu. Saya kira nama penyakit tuh!Dulu kayaknya gak dikasih nama tuh, euy!

  12. loh kog pada baru tahu ya.. ku tahunya juga itu tembereng.. elemen lingkaran (L):titik pusat (P) titik ditengah lingkaranjarijari (R) garis dari titik pusat ke lingkarantali busur (TB) digambar atas itu UR dan TSbusur (B) semua garis lengkungdiameter (D) yang membagi lingkaran sama luasapotema (A) garis terpendek antara B & TBjuring (J) daerah antara B dengan 2 R, digambar atas daerah antara QPRtembereng (T) daerah antara B & TB, digambar atas daerah Vcakram (C) semua daerah didalam lingkaran*mantan guru matematika

  13. alikastore said: baru tau ada istilah tembereng 😀

    hehehe..tossss…

  14. ophoeng said: Sama. Baru tahu. Saya kira nama penyakit tuh!Dulu kayaknya gak dikasih nama tuh, euy!

    hehehe.. kirain mikirnya tembereng itu makanan sejenis cireng Phoeng 🙂 iya ya dulu gak di kasih nama ya.. cuma di sebutin daerah yg di arsir aja ya

  15. tintin1868 said: loh kog pada baru tahu ya.. ku tahunya juga itu tembereng.. elemen lingkaran (L):titik pusat (P) titik ditengah lingkaranjarijari (R) garis dari titik pusat ke lingkarantali busur (TB) digambar atas itu UR dan TSbusur (B) semua garis lengkungdiameter (D) yang membagi lingkaran sama luasapotema (A) garis terpendek antara B & TBjuring (J) daerah antara B dengan 2 R, digambar atas daerah antara QPRtembereng (T) daerah antara B & TB, digambar atas daerah Vcakram (C) semua daerah didalam lingkaran*mantan guru matematika

    hahaha.. iya baru tahu, setelah gugling di crayonpedia jug baru dpt info sprt di bawah ini dengan lengkap.. Pantesan aja atuh masih inget Mbak Tintin yang mantan guru matematika 🙂

  16. samar2 sih masih inget istilah tembereng 🙂

  17. sama baru tau juga….ketahuan gak hobi matematik..

  18. bundafayyaz said: samar2 sih masih inget istilah tembereng 🙂

    ih aku sama2 aja gak inget lho Mbak.. gak pernah ada deh dulu mah

  19. dinoflove said: sama baru tau juga….ketahuan gak hobi matematik..

    Horeeee.. lebih banyak yang gak tahu ternyata

  20. sukmakutersenyum said: omigooottjaman SMA hehe

    hah ?? jaman SMA ya.. aduuuh ini anak kelas 5 SD udah di ajarin ginian Mbak

  21. ibuseno said: hah ?? jaman SMA ya.. aduuuh ini anak kelas 5 SD udah di ajarin ginian Mbak

    kayaknya baru kenal kata “tembereng” pas SMA buapa pas dulu saya bolosan waktu SD? hehehe

  22. sukmakutersenyum said: kayaknya baru kenal kata “tembereng” pas SMA buapa pas dulu saya bolosan waktu SD? hehehe

    iya jangan2 pas pelajaran matematika ngabur ke kantin ya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s