Jangan Naik Metromini Mini atau Kopaja yang lewat Melawai

Sudah lama sekali saya tidak naik kopaja/metromini dari Blok M menuju rumah. Biasanya saya naik metromini No. 71 atau 69 dari rumah ke Blok M bukan sebaliknya.
Sabtu kemarin, selain karena iseng sekaligus ngirit, saya juga ketiduran/tertidur di busway jurusan kota-blok M, jadi ketika bangun sudah lewat dari Ratu Plaza. Padahal biasanya kalau naik busway Kota – Blok M, saya akan turun di ratu plaza dan dilanjutkan naik taxi atau bus bianglala arah ciledug.

Dari terminal blok M akhirnya saya dan Della coba naik metro mini no 71, ngetemnya di terminal tidak lama, selain karena penumpang metromini sudah agak penuh, petugas juga sudah meminta metromini segera keluar dari jalur 5.

Nah pas di jalan Melawai mulai deh metromini jalannya tersendat bahkan ngetem lama di depan Bank Permata / Pom Bensin.
Gak lama ngetem di situ langsung naik dua orang pemuda matanya di sayu2in seperti orang mabok dan satunya lagi ngamen baca puisi gak jelas dengan nada berteriak-teriak bahkan mengancam penumpang supaya memberikan uang kepada mereka, alasanya dari pada saya nyilet tas ibu atau nyopet, nyolong dan masuk penjara lebih baik saya nyilet badan saya sendiri ..lalu sreeeettt…sreeettt.. tangannya di silet2 pakai silet yang di bawa.

Saya tutup mata Della supaya gak lihat, jangankan Della, saya juga ngeri lihatnya. Dan saya dengan sangat terpaksa lebih merelakan uang seribu rupiah demi keselamatan saya dan Della. Mungkin itu juga yang di rasakan ibu-ibu yang tak terbiasa melihat adegan itu.
Sementara ada bapak-bapak yang tidak mau memberi uang, pengamen itu menakut-nakuti dengan mendekatkan siletnya ke muka bapak-bapak itu.
Ada ibu-ibu berkerudung yang tak memberi uang, di hina-hinanya ibu-ibu itu dengan perkataan yang sungguh sangat tidak sopan.

Tak lama setelah pengamen itu turun, sayapun turun dari metromini dan langsung ganti naik taxi.
Ampun deh.. gak lagi-lagi saya naik metromini lewat melawai.
Melawai kini tak seindah melawai di tahun 80-an, tempat Mang Harry Mukti dan Om Denny Malik Jalan Jalan Sore..

Di Taxi, saya tengok-tengok, Pak Polisi kemana ya ? koq yang begini ini tidak ditertibkan ya.
Pak Dishub, semoga nanti-nanti feeder busway bersih juga dari pengamen meresahkan macam ini.

.

Advertisements

46 responses to “Jangan Naik Metromini Mini atau Kopaja yang lewat Melawai

  1. Wah… gawat, kok sudah mempraktekkan sadisme di muka umum ya.Harus dilaporkan ke pihak yg berwajib tuh, mbak, atau kirim surat pengaduan masyarakat (ke dinas perhubungan)

  2. merinding bacanya, segitunya ya..untung della ga sendirian

  3. wah gawat tuh bu jangan2 sakau

  4. Wah.. Serem banget denger ceritanya..Dulu saya pernah naik bus 43 pernah ada pengamen yang nyalain korek api dan ngebakar kertas puisinya di depan bis..

  5. serem bgt ya mbak… ak jg paling takut sama daerah melawai..

  6. jakarta…makanya saya paling malas kalo ke jakarta teh. Pernah ngalamin hal yang sama, 2 pemuda juga…kelakuannya persis juga begitu. Pengen deh ngelawan, tapi mereka bawa pisau bukan silet!

  7. Indahnya jakarta multikulture, di eropa ada juga melakukan hal seperti itu, bukan hanya di jakarta tapi masih banyak ditempat lain didunia ini melakukan hal yg tidak disukai oleh kita.

  8. Ih samaan teh, padahal kejadiannya dah bertahun2 lalu. Akhirnya kepaksa ngasih juga ketimbang resiko terjadi kekerasan. Hiyyy..

  9. yaolloh moga2 della ga trauma aja ya. dan sopir kondektur cuek gitu? sekongkolan tuh..

  10. haiyaahh, aku pernah juga teh, tapi pas di csw situ, bis arah blok m2 org pemuda gitu, pas mereka mo nyilet2, aku buru2 turun, jd ga sempet lihat adegan apa yg mereka peragain, aku dah keburu merinding, jd buru2 turun aja, untung lagi di lampu merah, jd bisa turun, kalo ga, doohh, ngeri banget deh

  11. fightforfreedom said: Wah… gawat, kok sudah mempraktekkan sadisme di muka umum ya.Harus dilaporkan ke pihak yg berwajib tuh, mbak, atau kirim surat pengaduan masyarakat (ke dinas perhubungan)

    Apalagi mereka gak peduli ada penumpang anak-anak. boro2 peduli ya, yg penting dp duit gitu kali pikirannya. Hmm lapor kedishub ? emang mrk bisa menindak gitu ? Polisi aja diem aja.. smoga polisi cepat bertindak deh

  12. ya ampun aku kira cuma ngomong aja, taunya beneran bawa silet ya …. astaghfirullah.. aduuhh anak2 gadis SMP SMA jangan naek itu deh .. serem bayanginnya

  13. agneswollny said: merinding bacanya, segitunya ya..untung della ga sendirian

    Gak… Della gak pernah pergi jauh sendirian Mbak 🙂

  14. kalo lewat banjarmasin man gak bu..?

  15. anotherorion said: wah gawat tuh bu jangan2 sakau

    Masa sakaw sepanjang masa Mas hihi..eh apa iya begitu ?

  16. hadainasadida said: Wah.. Serem banget denger ceritanya..Dulu saya pernah naik bus 43 pernah ada pengamen yang nyalain korek api dan ngebakar kertas puisinya di depan bis..

    43 ? asa2 kenal, Priok – Cililitan ya hehehe..macem2 aja gaya pengamen mah ya,coba kalo itu kebakaran di bis, gawat kan

  17. w4t1 said: serem bgt ya mbak… ak jg paling takut sama daerah melawai..

    Dulu aku suka jalan melawai, krn di sana ada lipstick ada aldiron, ada lesehan hehehe..skrng menakutkaaan

  18. denysuwarja said: jakarta…makanya saya paling malas kalo ke jakarta teh. Pernah ngalamin hal yang sama, 2 pemuda juga…kelakuannya persis juga begitu. Pengen deh ngelawan, tapi mereka bawa pisau bukan silet!

    euleeuuh bawa pisau ih kriminal pisan itu mah, di daerah mana tuh kang. Sy mah sejak punya anak malah suka dag dig dug kalau naek angkutan umum .. eeeh kemaren gaya2an wee pengen ngajarin anak maksudnya mah

  19. rudal2008 said: Indahnya jakarta multikulture, di eropa ada juga melakukan hal seperti itu, bukan hanya di jakarta tapi masih banyak ditempat lain didunia ini melakukan hal yg tidak disukai oleh kita.

    Owh..di Eropa juga ada yg gini Bang, jadi inget novelnya Andrea Hirata yg di jahatin orang jahat waktu melancong ke Eropa ya .

  20. akuhanif said: Ih samaan teh, padahal kejadiannya dah bertahun2 lalu. Akhirnya kepaksa ngasih juga ketimbang resiko terjadi kekerasan. Hiyyy..

    Oh.jadi ini teh kegiatannya udah berlangsung lama Rul ? duuh pak Pol kenapa sihh gak di tertibkan dari dulu ?

  21. tintin1868 said: yaolloh moga2 della ga trauma aja ya. dan sopir kondektur cuek gitu? sekongkolan tuh..

    Mudah2an engga sih.. aku tanya Della, tadi liat gak orang ngamen itu ngapain ? Kata Della sih della udah ngantuk2 eh matanya di tutup ibu :-)Tau tuh Mbak Tintin,sopir dan keneknya koq diem aja ya,kan jadi bikin curiga penumpang

  22. bunda2f said: haiyaahh, aku pernah juga teh, tapi pas di csw situ, bis arah blok m2 org pemuda gitu, pas mereka mo nyilet2, aku buru2 turun, jd ga sempet lihat adegan apa yg mereka peragain, aku dah keburu merinding, jd buru2 turun aja, untung lagi di lampu merah, jd bisa turun, kalo ga, doohh, ngeri banget deh

    oh..jangan2 mrk berpindah tempat gak di melawai aja ya may. duh csw bulungan, blok m plaza juga jangan2 gak aman nyetop bis di situ, mending naek ojek aja kali ya may

  23. evanda2 said: ya ampun aku kira cuma ngomong aja, taunya beneran bawa silet ya …. astaghfirullah.. aduuhh anak2 gadis SMP SMA jangan naek itu deh .. serem bayanginnya

    Iya ya..smoga anak2 gadis smp-sma yg naik mm di situ sdh ngerti mrk dsn menghindarinya Mbak Eva.

  24. rawins said: kalo lewat banjarmasin man gak bu..?

    selama di banjar aku gak pernah naek taksi / angkot euy, smoga aman lah mas..kan baek2 orng sana mah

  25. hehehe baek kok bu. orang jakarta memang suka aneh aneh yo kalo cari duit..

  26. nggak dipoto, Teh? 😀

  27. seremmm ya mbak, orang2 banyak yang gila di jakarta

  28. rawins said: hehehe baek kok bu. orang jakarta memang suka aneh aneh yo kalo cari duit..

    kreatif ya orng jakarta hihihi

  29. fadhilaharif said: nggak dipoto, Teh? 😀

    nekad bener ngeluarin kamera or HP dan foto2 mereka iiih

  30. kuesyafina said: seremmm ya mbak, orang2 banyak yang gila di jakarta

    Begitulah ibukota…. segala ada

  31. Waaaks, aku tinggal d ciledug n kadang naik 69. Serem bgt sis. Tp dr dulu aku kuliah udah bnyk kej pemalakan, dll d bus, dulu bahkan pelakunya anak2 smu gerombolan tawuran trus yg dipalakin kt2 anak2 kuliah, krg ajar kan. Kalo bis gak brenti pas mrk nyetop kt yg di bis ditimpukin batu. Yach, untung skrg gak ada yg bgt dh.

  32. banyak yg kayak gitu sekarang kok, pura2 barukeluar dr penjara, atau keluarganya di rawat di RS, macem2 deh. Mereka bilang : “kami tidakmenipu, kami tidak memaksa, drpd kami me.lakukan kejahatan, menodong, menjambret, lebh baik kami begini..bla..bla…bla..” Laaah apa yg mereka lakukan itu bukannya kejahatan ??Polisi sebenarnya dah tahu lah hal2 spt ini, percuma jg dilaporin. Kalau kita semua pengguna kendaraan umum, sopir, & polisi mau kompak baru bisa deh diatasi.

  33. dahlisyahrir said: Waaaks, aku tinggal d ciledug n kadang naik 69. Serem bgt sis. Tp dr dulu aku kuliah udah bnyk kej pemalakan, dll d bus, dulu bahkan pelakunya anak2 smu gerombolan tawuran trus yg dipalakin kt2 anak2 kuliah, krg ajar kan. Kalo bis gak brenti pas mrk nyetop kt yg di bis ditimpukin batu. Yach, untung skrg gak ada yg bgt dh.

    Seingetku dulu ngamen gak gini2 amat ya.. apa krn aku dulu naek bisnya yg penuh2 gitu jadi pengamen juga rada takut kalo bisnya penuh heheh.. eh naek 69 juga sih dulu. skrng naik 71 memang gak sepenuh 69. kalo anak sekolah tawuran.. nah itu jg paling serem

  34. siantiek said: banyak yg kayak gitu sekarang kok, pura2 barukeluar dr penjara, atau keluarganya di rawat di RS, macem2 deh. Mereka bilang : “kami tidakmenipu, kami tidak memaksa, drpd kami me.lakukan kejahatan, menodong, menjambret, lebh baik kami begini..bla..bla…bla..” Laaah apa yg mereka lakukan itu bukannya kejahatan ??Polisi sebenarnya dah tahu lah hal2 spt ini, percuma jg dilaporin. Kalau kita semua pengguna kendaraan umum, sopir, & polisi mau kompak baru bisa deh diatasi.

    Oh !! banyak ya Nan, aduuh jadi sebtulnya polisi udah tau ya, tp susah ngeberantas mereka ya.. kalo gitu wassalam aja deh, yg penting kitanya aja ati2.kalo naek bis gak usah gaya2 deh..

  35. ibuseno said: Oh !! banyak ya Nan, aduuh jadi sebtulnya polisi udah tau ya, tp susah ngeberantas mereka ya.. kalo gitu wassalam aja deh, yg penting kitanya aja ati2.kalo naek bis gak usah gaya2 deh..

    Kalo perkiraan Nani sih udah tahu teh, krn kan di kendaraan mana aja ada yg kek gini, masa sih polisi ga lihat? Mudah2an kita selalu dilindungi dr kejahatan. Nani ngasi org2 spt itu jg krn takut sih, bukannya kasihan.

  36. siantiek said: Kalo perkiraan Nani sih udah tahu teh, krn kan di kendaraan mana aja ada yg kek gini, masa sih polisi ga lihat? Mudah2an kita selalu dilindungi dr kejahatan. Nani ngasi org2 spt itu jg krn takut sih, bukannya kasihan.

    Amiiin.. iya lah Nan mending hilang uang seribu dr pada mereka macem2 ya..

  37. ga waras itu, minta sih maksa……tapi serba salah emang mba sbg penumpang, mau naik umum ya kondisinya begitu mau naik taxi mihil….. dooohh…

  38. kalo pengamen yang suka mengancam itu memang sudah sering ada loh bu, bahkan di kopaja yg jurusan tanah abang-blok m juga sering.. dimana- mana loh bu mereka itu… saya juga pulang kerja tiap hari pasti lewat blok m dan naek metromini2 itu kearah rempoa (74) dan pasti lewat depan melawai situ… ngetemnya lamaaaa banged.. ini sih udah lama kejadiannya dan orang2 yg sering lewat situ dah pada tau… polisi ada tapi mereka nggak setiap saat membenahi metromini2 yang kurang ajar itu….sebenernya itu jalur metromini 610 sejak semua jalur metromini (yg tadinya lewat CSW) dipindah melewati depan melawai itu.. sepertinya metromini 610 tidak terima dan menghalang2i metromini lainnya yg ingin lewat jalur itu yang “memang cuma satu2nya”… makanya kalo lewat situ pasti ngetem lamaaaaaaaaaaaa…. sekarang memang harus dihindari lah lewat situ….yang namanya angkutan umum yang dikelola swasta memang perlu dibenahi deh di jakarta ini… entah bagaimana caranya… saya pikir memang sudah tidak layak lagi deh naek angkutan umum di jakarta… bobrok, jelek, pengamennya preman, yang naek juga sering orang kampung, kaki naek keatas, merokok sembarangan dsb dsb… parahh sekali kondisinya… beda dengan busway yang lumayanan..sejak kejadian metromini lama ngetem di melawai ini saya sekarang ganti transportasi naek kereta yang tujuan serpong dari stasiun sudirman… lebih enak dan cepet… setengah jam aja sudah sampe rumah… lain halnya kalo naek metromini yang bisa 2 jam sendiri di jalan… 🙂

  39. littlejibran said: ga waras itu, minta sih maksa……tapi serba salah emang mba sbg penumpang, mau naik umum ya kondisinya begitu mau naik taxi mihil….. dooohh…

    Enak naek busway bebeas pengamen, sayangnya feedernya ya metromini gitu tetep aja rawan pengamen macam ini.

  40. andywirawan said: kalo pengamen yang suka mengancam itu memang sudah sering ada loh bu, bahkan di kopaja yg jurusan tanah abang-blok m juga sering.. dimana- mana loh bu mereka itu… saya juga pulang kerja tiap hari pasti lewat blok m dan naek metromini2 itu kearah rempoa (74) dan pasti lewat depan melawai situ… ngetemnya lamaaaa banged.. ini sih udah lama kejadiannya dan orang2 yg sering lewat situ dah pada tau… polisi ada tapi mereka nggak setiap saat membenahi metromini2 yang kurang ajar itu….sebenernya itu jalur metromini 610 sejak semua jalur metromini (yg tadinya lewat CSW) dipindah melewati depan melawai itu.. sepertinya metromini 610 tidak terima dan menghalang2i metromini lainnya yg ingin lewat jalur itu yang “memang cuma satu2nya”… makanya kalo lewat situ pasti ngetem lamaaaaaaaaaaaa…. sekarang memang harus dihindari lah lewat situ….yang namanya angkutan umum yang dikelola swasta memang perlu dibenahi deh di jakarta ini… entah bagaimana caranya… saya pikir memang sudah tidak layak lagi deh naek angkutan umum di jakarta… bobrok, jelek, pengamennya preman, yang naek juga sering orang kampung, kaki naek keatas, merokok sembarangan dsb dsb… parahh sekali kondisinya… beda dengan busway yang lumayanan..sejak kejadian metromini lama ngetem di melawai ini saya sekarang ganti transportasi naek kereta yang tujuan serpong dari stasiun sudirman… lebih enak dan cepet… setengah jam aja sudah sampe rumah… lain halnya kalo naek metromini yang bisa 2 jam sendiri di jalan… 🙂

    Iya ternyata saya yg baru tahu Mas Andy, sdh hampir 10 tahun gak naik bis lewat melawai situ ternyata kalau dihitung2 sejak pindah kerja dr jaksel ke jak-ut. Dan ternyata ada di mana-mana… miris meresahkan. Ya, 74 jurusan rempoa ya, skrng naik kereta turun Pd ranji tinggal nyambung angkot hehehe.610 paling leleeet.. penumpangnya juga dikit.Trima kasih sudah mampir ya Mas Andy..

  41. ngeriii ya jeng..untung didaerah blm ada “aksi” pengamen menakutkan seperti ini..

  42. ya ampuunn modus operandi-nya sekarang makin macem2 aja ya..dulu jaman-nya aku masih “preman pulogadung – grogol” *hahahaha maksudnya biasa nge-bis jurusan pulogadung – grogol* modus-nya ‘baru’ yang pake muka beler trus bilang baru keluar dari penjara daripada nyopet, ngerampok lebih baik saya minta baik-baik…buset daaahhhh

  43. ibuseno said: Ya, 74 jurusan rempoa ya, skrng naik kereta turun Pd ranji tinggal nyambung angkot hehehe.

    wah tau aja.. :)naek angkot is the best deh dibanding metro… 🙂

  44. estiningtyas said: ngeriii ya jeng..untung didaerah blm ada “aksi” pengamen menakutkan seperti ini..

    Bersukur ya Jeng Esti untuk yg tinggaldi daerah krn orang2nya jg gak terlalu inividual sprt di ibukota. moga2 gak menyebar ke daerah deh pengamen macam ini

  45. fendikristin said: ya ampuunn modus operandi-nya sekarang makin macem2 aja ya..dulu jaman-nya aku masih “preman pulogadung – grogol” *hahahaha maksudnya biasa nge-bis jurusan pulogadung – grogol* modus-nya ‘baru’ yang pake muka beler trus bilang baru keluar dari penjara daripada nyopet, ngerampok lebih baik saya minta baik-baik…buset daaahhhh

    Hahaha.. Premannya Patas 7A yaaa, ketauan deeeh. Iya dulu juga paling ngeri tuh lewat grogol, pernah nyaris jadi korban penodongan di lampu merah citraland…ngeriii

  46. andywirawan said: wah tau aja.. :)naek angkot is the best deh dibanding metro… 🙂

    Yapsss.. enakan naek angkot deh, makanya angkot tumbuh subur di pinggiran kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s