Arisan Kambing

Sudah setahun ini keluarga besar ibu saya ternyata melakukan arisan kambing qurban. Awal pembentukan arisan qurban di keluarga saya, masih ada pertentangan di sana sini, termasuk saya yg ‘agak’ menentang. Agak njlimet buat pemikiran saya, karena saya sendiri kurang sreg dengan arisan qurban ini. Saya pribadi punya pendapat, orang yang sudah mampu/merasa mampu lah yang seharusnya berqurban,jadi tidak ada berqurban dengan cara berhutang. Arisan kan sama aja dengan utang kan ? ( dan saya juga paling gak demen arisan uang )
Kenapa gak nabung aja sampai jumlah uangnya cukup, barulah berqurban, mungkin itu sebabnya saya tidak di beritahukan informasi lanjutan mengenai arisan qurban ini.

Tapi arisan qurban terus berlanjut. karena ternyata masih lebih lebih banyak anggota keluarga lain yang antusias untuk ikut arisan demi keinginannya melakukan qurban seumur hidup sekali, akhirnya arisan terus dilakukan.


Besarannya nilai arisan perbulan memang tidak banyak, keluarga di kampung ibu saya yang mayoritas kurang mampu hanya mampu membayar Rp.20.000-Rp.50.000 per bulan,untuk yang mau kasih lebih dari segitu juga di perbolehkan.
Kambing juga di beli dari salah seorang peserta arisan juga yang sehari-harinya memelihara kambing. Jadi bisa di dapatkan harga saudara dan kualitas kambing yang cukup bagus

Dengan peserta arisan yang kurang lebih 20 orang itu, Dari uang yang terkumpul tahun ini bisa di beli 4 ekor kambing.
untuk 4 orang yg namanya keluar pemenang arisan ( di kocok pd saat pembentukan arisan). Jadi kira-kira baru 3 tahun yang akan datang arisan ini akan berakhir.
Dan saya baru tahu kalau saya juga ternyata di ikutkan sebagai peserta arisan qurban oleh ibu saya dengan nama Della, dengan menggunakan uang yang selama ini rutin saya kirimkan untuk beliau tiap bulannya. Jadi agak kaget juga ketika sebelum Iedul Adha kemarin ibu saya bilang, tahun ini Della ikut Qurban 1 kambing.
Della yang gak ngerti ya cuma seneng-seneng aja dan antusias ingin melihat proses pemotongan kambingnya. Sayangnya kita telat datang di rumah nenek, kambing sudah terpotong. tapi Della masih semangat untuk ikut mencuci daging yang sudah di potong2. Sementara ibunya Della lebih memilih nongkrong di kamar saja dari pada bau prengus !!

Advertisements

17 responses to “Arisan Kambing

  1. boleh juga tuh idenya, kalo menurut saya nggak apa-apa malah salut dengan gigihnya keinginan para ibu2 itu.moga taun depan saya dikasih rejeki yang berlimpah supaya bisa qurban.

  2. ha..ha.ha.anak daku tahun ini skip nggak liat kambing disembelih, biasanya rajin nongkrong dirumah tetangga sebrang.

  3. ku dah lama arisan kambing dan sapi.. bukan soal berhutangnya dalam arisan, tapi niatnya berqurban.. kalu dianggap buseno arisan = hutang ya wis sudah lain niatnya..

  4. alhamd. della dah punya kendaraan…^^

  5. nawhi said: boleh juga tuh idenya, kalo menurut saya nggak apa-apa malah salut dengan gigihnya keinginan para ibu2 itu.moga taun depan saya dikasih rejeki yang berlimpah supaya bisa qurban.

    Gak papa ya Mas.. ya lah banyak pendapat. aku sih monggo aja kalo ada yg mau begituAmiiin.. ta doain mas Ihwan rejeki ne sing akeh

  6. eddyjp said: ha..ha.ha.anak daku tahun ini skip nggak liat kambing disembelih, biasanya rajin nongkrong dirumah tetangga sebrang.

    kambingnya yg ngumpet atau dikaunya yg ngumpet Ed ?

  7. tintin1868 said: ku dah lama arisan kambing dan sapi.. bukan soal berhutangnya dalam arisan, tapi niatnya berqurban.. kalu dianggap buseno arisan = hutang ya wis sudah lain niatnya..

    Iya Mbak Tintin. monggo aja silahkan berkurban sesuai dengan niat dan caranya masing2

  8. dinoflove said: alhamd. della dah punya kendaraan…^^

    Insya Allah…

  9. kalo di tmptku arisannya sapi,7 org,@100rb per bln

  10. ibuseno said: kambingnya yg ngumpet atau dikaunya yg ngumpet Ed ?

    si triplets ingatnya udah sore..he.he.he.

  11. kalo ditmpku arisannya sapi, 7org,@100rb per bulan

  12. eddyjp said: si triplets ingatnya udah sore..he.he.he.

    hahhaa.. payah nih triplets. Seno nongkrongin Mesjid Depan rumah sejak malem, bolak balik liatin sapi

  13. apriadina said: kalo ditmpku arisannya sapi, 7org,@100rb per bulan

    Oh.. ya makin besar nominal per bulan makin bisa meningkat ya hewan yg di beli

  14. di komplek rumah saya yang sekarang, hewan kurban sapi ada 2, kambing ada 34. Si Dzaki nongkrongin mulai dari pertama sampe siang…ckckck hebat tuh anak nggak pusing apa liat darah bercucuran

  15. fadhilaharif said: di komplek rumah saya yang sekarang, hewan kurban sapi ada 2, kambing ada 34. Si Dzaki nongkrongin mulai dari pertama sampe siang…ckckck hebat tuh anak nggak pusing apa liat darah bercucuran

    Iya sama tuh Seno juga ( kata si babeh) nongkrongin orng motong sapi sampi selesai..pdhal sy mah suka gak tega liat sapi or kerbau di potong teh gitu kali teh anak laki mah

  16. orang seringnya lebih seneng “dipaksa” bayar arisan dibanding nabung ya Teh Icho ..saya pake’ cara konvensional, nabung 100rb/bln, saya pikir mampu nge-mall ya mestinya mampu ber-qurban …hihihi

  17. myshant said: saya pake’ cara konvensional, nabung 100rb/bln, saya pikir mampu nge-mall ya mestinya mampu ber-qurban …hihihi

    Nah, saya lebih yakin dng cara yg begini, nabung dulu sampai cukup uangnya baru berqurban.. jadi gak ada kesan ngutang untuk berqurban. tp gak papa lah kalo ada yg berpandangan beda, toh sama aja untuk sebuah kebajikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s