Makan Laksa di Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

Makanan khas kota Tangerang yang paling saya suka adalah laksa. itu sebabnya setelah tidak lagi tinggal di Tangerang kota, setiap kali ke Tangerang saya selalu menyempatkan makan laksa dulu.

Laksa Tangerang itu beda lho dengan Laksa Betawi atau Laksa Cibinong/Bogor.
Laksa bogor kuah kentalnya berasal dari potongan oncom. Lalu dalam campurannya ada ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang dan telur rebus. Biasanya dimakan dengan sambal cuka.
Laksa betawi biasanya berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi, dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel.
Laksa Tangerang itu terbuat dari me tepung beras putih yang telah direbus, lalu ditaburi daun seledri, setelah itu mie itupun diberi kuah kuning kental Pelengkapnya bisa opor ayam , telur rebus atau tahu.
Mungkin karena sudah terbiasa, ternyata lidah saya lebih cocok dengan Laksa Tangerang.


Dulu waktu masih tinggal di Tangerang kota, saya punya langganan tetap si emang2 tukang laksa yang di pikul yang lewat depan rumah.

Kemudian setelah saya tidak tinggal lagi bersama orang tua, saya hanya makan laksa jika ke Tangerang, di mamang2 tukang laksa yang lewat depan rumahpun sudah tidak ada lagi karena sudah mangkal di sepanjang jalan di depan STM dekat LP Tangerang.

Beberapa waktu yang lalu ( terkahir saya makan laksa Tangerang), saya sempat kehilangan, tenda2 si mamang laksa yang di bongkar oleh PemKot Tangerang konon katanya demi Adipura. Agak sedih juga saya ketika itu makan laksa hanya beratapkan pohon rindang. kebetulan haru baru selesai hujan, saya membayangkan kalau hujan tiba-tiba datang.

Kemarin, saya ke Tangerang lagi dan niat mau mamir ke Mang Kumis tukang laksa langganan saya, saya ingat, lokasi Mang Kumis ini di sebelah penjual tanaman hias di sebrang SMP. Tapi koq sekarang gak ada..
Ternyata Seluruh tukang Laksa sudah di satukan di area yang bernama Kawasan Kuliner Laksa Tangerang.


Agak bingung juga saya cari-cari, mana Mang Kumis.. untungnya di setiap tukang laksa pasang plang nama, Mang Kumis yang ketika saya datang sedang ke belakang, akhirnya bisa saya temukan berkat palng nama di samping pikulannya.

Di satukannya para tukang laksa ini, saya lihat juga memudahkan supplier lain untuk saling berhubungan dengan para tukang laksa, seperti tukang kerupuk yang memasok kerupuk, ada juga yang memasok rebus telur, juga tukang otak2 yang mengirim otak-otak. sekali jalan bisa memasok ke beberapa tukang laksa.

Yang pasti,meskipun para tukang laksa sudah memiliki tempat yang nyaman dan lebih bersih dan rapi, harga laksanya tidak naik dan masih relatif murah.
Sepiring Laksa + telur + 1 buah kelapa muda bulat + Es dan kerupuk, di bandrol Rp.14.000 saja.


Mau resep Laksa Tangerang ? silahkan di coba di sini.

Advertisements

16 responses to “Makan Laksa di Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

  1. waaah jadi pingin makan laksa bogor =P~

  2. ummuauliya said: waaah jadi pingin makan laksa bogor =P~

    Pasti kata orang Bogor mah, enakan laksa Bogor yaa.. di mana yg enak laksa Bogor Mi ?

  3. dulu mah ngelewat depan rumah di menteng, skarang rada susah tuh, palingan ke surken ato di tanah sareal 😀

  4. Lokasi persisnya di mana ya?Saya sering lewat waktu mereka dulu berjejer di sepanjang jalan sisi LP itu, tapi gak sempet-2. Pengen juga coba sesekali nih.Pernah coba makan laksa medan – pake ikan dan kecombrang itu?

  5. ummuauliya said: dulu mah ngelewat depan rumah di menteng, skarang rada susah tuh, palingan ke surken ato di tanah sareal 😀

    katanya di Gang Aut enak.. tp gang Aut itu di mana teuing hihi

  6. ophoeng said: Lokasi persisnya di mana ya?Saya sering lewat waktu mereka dulu berjejer di sepanjang jalan sisi LP itu, tapi gak sempet-2. Pengen juga coba sesekali nih.Pernah coba makan laksa medan – pake ikan dan kecombrang itu?

    Masih sama Phoeng.. masih di area situ juga, tp skrng pindah di ujungnya. Kalo dr BSD masuk ke bypass arah kehakiman, dr jl layang cikokol di belokan pertama, persis sebrang pom bensinnya. Laksa Medan ?? lupa2 inget, perasaan belom pernah makan deh..di mana yg jual Laksa Medan ?

  7. ibuseno said: katanya di Gang Aut enak.. tp gang Aut itu di mana teuing hihi

    gang aut itu keknya masih daerah surken deh 😀 *surya kencana :P*

  8. cn ke link resep ah, thanks ya mba..

  9. ummuauliya said: gang aut itu keknya masih daerah surken deh 😀 *surya kencana :P*

    Oh… seputaran situ ya, *pengen ngayap ke bogor deh *

  10. apriadina said: cn ke link resep ah, thanks ya mba..

    Monggo Din.. kalo bikin aku mau dong nyicipin 🙂

  11. enak sekarang tempatnya ya Mbak dan muraaahh buangeettt!

  12. fendikristin said: enak sekarang tempatnya ya Mbak dan muraaahh buangeettt!

    iyaa Kris, aku sempet punya foto pas tkng laksa di bawah pohon rindang itu, tp entah di mana. yg pasti enakan yg sekarang tempatnya.

  13. Heran yah, daku doyan soto santen, lontong cap gomeh, tapi daku nggak doyan laksa dan opor ayam Cho..he.he.he.daku anggap keduanya sodaraan :))

  14. eddyjp said: Heran yah, daku doyan soto santen, lontong cap gomeh, tapi daku nggak doyan laksa dan opor ayam Cho..he.he.he.daku anggap keduanya sodaraan :))

    lontong cap go meh enaaak.. Ed kita gak jadi2 nih janjian makan di grogol nya hihiLaksa dan Opor sodaraan karena sama2 pake santen kali ya..

  15. He..he.he. skedul daku belakangan ini kacau banget Cho, mobil dipake terus daku tinggal bengong aja tak punya kaki :))

  16. eddyjp said: He..he.he. skedul daku belakangan ini kacau banget Cho, mobil dipake terus daku tinggal bengong aja tak punya kaki :))

    hahaha.. ya sudah gak papa. kapan2 aja Ed, daku juga kadang bingung kalo mo janjian, gak bisa kelamaan, di telponin boss mulu.kalo mo beli mobil baru produk Toyota, Daihatsu or Isuzu aja ya Ed.. dan belinya di astrido hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s