Redenominasi

Kejawab juga pertanyaan saya sejak beberapa hari terakhir ini yang kebingungan tentang apa sih itu Redenominasi.
Kemaren masih agak bengong, skrng mulai ke buka dikit lah, secara saya kan bukan orang Ekonomi atau pemerhati Ekonomi. terbuka karena baca twitannya Safir Senduk lagi..

Ini dia kesimpulannya kuliah singkat Safir Senduk di Twitter:
(1) Redenominasi cuma mengurangi Jml Digit Uang, sementara Sanering mengurangi Nilai Uang.
(2) Kalau Redenominasi terjadi, gak usah khawatir, toh Nilai Uang kita gak berkurang
(3) Redenominasi ini masih wacana. Masih ide. Jadi belum tau kapan diberlakukan (kalau jadi)

Bedanya Redenominasi dengan Sanering , Redenominasi: Pengurangan Nominal Angka pada Mata Uang. Sanering: Pengurangan Nilai Mata Uang.
Jadi pd Redenominasi, Jml Digit Uang dikurangi, dan Jml Digit Harga Barang jg dikurangi. Jd Nilai ttp sama
Contoh Sanering: Rp 100.000 dipotong menjadi Rp 100,-, tapi Harga Barang diluaran TIDAK TURUN menjadi Rp 100,-

Redenominasi menurut Bank Indonesia :
Redenominasi hanyalah penyederhanaan penyebutan mata uang dengan memotong jumlah nol yang ada di nilai nominal mata uang saa negara dalam kondisi perekonomian yang stabil

apa perlunya redenominasi rupiah untuk Indonesia?
redenominasi diperlukan untuk memperbaiki atau mengatasi inefisiensi yang bisa terjadi akibat makin tingginya waktu dan biaya transaksi yang diperlukan karena nilai transaksi di tengah masyarakat semakin lama semakin besar.
Contohnya pembayaran tunai pembelian motor misalnya, kan perlu bawa uang sekantong keresek kalo mau beli cash.

Manfaat lainnya
mengatasi inefisiensi pembangunan infrastruktur untuk sistem pembayaran nontunai yang biasanya memakan biaya yang cukup signifikan. Menurut Darmin, digit transaksi yang berlangsung makin hari makin besar dan makin merepotkan. Akibatnya, ditemukan pula kendala dalam pencatatan uang.
Jadi keinget nih, pernah kejadian kurangnya digit di aplikasi penjualan mobil dulu, mungkin ini salah satu manfaat Redenominasi.

Kenapa perlu di lakukan redenominasi . ?
Bank sentral merasa perlu melakukan redenominasi karena seperti kita ketahui uang pecahan Indonesia yang terbesar saat ini Rp 100.000. Uang rupiah tersebut mempunyai pecahan terbesar kedua di dunia, terbesar pertama adalah mata uang Vietnam yang mencetak 500.000 Dong. Namun tidak memperhitungkan negara Zimbabwe, negara tersebut pernah mencetak 100 miliar dolar Zimbabwe dalam satu lembar mata uang.

Tapi saya jadi ngebayang juga, kalah wacana ini jadi di realisasikan, dampak psikologisnya gimana ya ?
Kebayang aja yg dulu punya gaji 5 juta, sekarang gajinya gak lebih dari semangkok harga bakso misalnya.. alamak !!


Tapi sekali lagi ini masih wacana, dan Pemerintah juga gak akan gegabah merealisasikan wacana ini. Beberapa mentri kabinet koalisi juga kurang mendukung wacana ini. salah satu alasannya redenominasi bukan sesuatu yang mendesak untuk mengatasi kondisi ekonomi saat ini.
Lagi pula Kalau redenominasi ini dilakukan, itu malah bisa membuat kepercayaan masyarakat dan dunia terhadap rupiah turun,” Kata Mentri UKM Syarief Hasan ke wartawan

saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia dan dunia internasional terhadap rupiah sangat bagus. Buktinya, sebut dia, nilai tukar rupiah terus diapresiasi dan relatif stabil bahkan menguat terhadap dolar Amerika Serikat.

So.. saya juga berharap, wacana tinggal wacana.. yang sudah biasa itu enak sekali.

Advertisements

29 responses to “Redenominasi

  1. ibuseno said: negara Zimbabwe, negara tersebut pernah mencetak 100 miliar dolar Zimbabwe dalam satu lembar mata uang.

    kalo hilang selembar…nangis Bombay

  2. ibuseno said: dampak psikologisnya gimana ya ?

    yang pasti RAME…penuh demonstrasi, karena orang Indoneisa mah banyak yang lebay dalam menyikapi sesuatu.

  3. Tp bukannya skrg klo kita jln2 di mol kadang2 resto masang harganya udah dihilangkan 3 nol-nya yak? Hmmm kaya’nya mah wacana ini msh jangka pjg bgt deh. Th 2022 ceunah?We’ll see

  4. masih puyeng teh..^^

  5. intinya, gak perlu khawatir. enakan juga kali ya bisa gampang ngitungnya (kayak di jerman – bawa uang 100 aja dah dapat banyak hal)

  6. iya jg sih lebih efiesien dalam pnyebutan, kl jualan jg gitu tiap ditnya hrgnya brp nih? 100 udah pasti maksudnya 100rebo. tp jadinya kudu ati2 bawa duit nih, ilang selembar 1000 = ilang sejuta!. Kalo dampaknya di nilai investasi rumah dan tanah gmn tuh ceu?

  7. Memang bikin bingung Pemerintah ini ya bu… suka bikin resah masyarakayt… yg ide ini mungkin pengen seperti Dollar Amerika kali ya bu… kan mereka dr 1 dollar 10, 100, 1000Tapi kita kan dah nyaman seperti ini… hiks…

  8. fadhilaharif said: kalo hilang selembar…nangis Bombay

    samaa.. copet2 pada keenakan kalo nemu selembar

  9. fadhilaharif said: yang pasti RAME…penuh demonstrasi, karena orang Indoneisa mah banyak yang lebay dalam menyikapi sesuatu.

    belom apa2, belom denger dari para pakar udah lebay duluan bari sok teu tea nya.

  10. qqrizqi said: Tp bukannya skrg klo kita jln2 di mol kadang2 resto masang harganya udah dihilangkan 3 nol-nya yak? Hmmm kaya’nya mah wacana ini msh jangka pjg bgt deh. Th 2022 ceunah?We’ll see

    iya Q.. tp itu mah biasanya krn menghemat space. eh tp ya itu tadi krn kebutuhan space maka redenominasi di wacanakan

  11. dinoflove said: masih puyeng teh..^^

    *minum panadol gih :-p

  12. imammahdi said: intinya, gak perlu khawatir. enakan juga kali ya bisa gampang ngitungnya (kayak di jerman – bawa uang 100 aja dah dapat banyak hal)

    Tul..biar gampang ngitungnya, terutama buat anak gw yg masih SD hehehe

  13. hannyks said: iya jg sih lebih efiesien dalam pnyebutan, kl jualan jg gitu tiap ditnya hrgnya brp nih? 100 udah pasti maksudnya 100rebo. tp jadinya kudu ati2 bawa duit nih, ilang selembar 1000 = ilang sejuta!. Kalo dampaknya di nilai investasi rumah dan tanah gmn tuh ceu?

    hemat tempat nulis, hemat nyebut juga Han..atuh pastina nanti uang di dompet jangan bawa banyak2 . anggap aja bawa dolar gitu Han.Nilai investasi rumah hmm..di sesuaikan oge jigana mah. kalo misalnya mestinya jangka 10 thn yad harga rumah itu 500jt.mungkin nantinya jadi 500rb.yg enak kuliah anak nih, jadi lebih murah secara nominal hehehe.. nilai na mah angger we naeeeek

  14. keluargarenaldo said: Memang bikin bingung Pemerintah ini ya bu… suka bikin resah masyarakayt… yg ide ini mungkin pengen seperti Dollar Amerika kali ya bu… kan mereka dr 1 dollar 10, 100, 1000Tapi kita kan dah nyaman seperti ini… hiks…

    Iya Deb, akibat kebingungan masyarakat kan jadi bingung apalgi sejarah kan dulu pernah terjadi pemotongan uang. Maka nya mulai dr skrng para pakar terutama yg berencana ngelakuin ini mesti jauh2 taun ( b ukan hari lagi) sosialisasiin inidan memang prosesnya gak cepet lah..Iya sprt dolar gitu lah Deb.. kita udah kebiasaan gini aja jd blm kebayang gimana misalnya punya uang 1 jt udah bisa beli mobil hihi

  15. Tapi saya jadi ngebayang juga, kalah wacana ini jadi di realisasikan, dampak psikologisnya gimana ya ?Kebayang aja yg dulu punya gaji 5 juta, sekarang gajinya gak lebih dari semangkok harga bakso misalnya.. alamak !!>> ga bakalan bu.. kecuali kita inflasi gede2an.. biasanya kalu perang semua negara juga gitu kog.. kita waktu jaman sukarno juga pernah tuh dipangkas.. pernah ku bahas juga di blog..

  16. tintin1868 said: ga bakalan bu.. kecuali kita inflasi gede2an.. biasanya kalu perang semua negara juga gitu kog.. kita waktu jaman sukarno juga pernah tuh dipangkas.. pernah ku bahas juga di blog..

    Maksudnya gak bakalan apa terjadi wacana ini ?Oh.. gitu ya…

  17. kalu perang selalu terjadi.. kecuali emang negara ini pengen bangkrut.. πŸ˜€

  18. Gw sih setuju,..toh sekarang 100 udah gak ada nilainya,..mengurangi jumlah pecahan, itu penghematan jangka panjang (tumben gw serius hueheheh)

  19. Nonton semalem deh klo gak salah, katanya juga buat menyederhanakan dalam menghitung di kalkulator dsb. Ntar bakalan muncul lagi pecahan sen. gitu kali ya hehehe

  20. tintin1868 said: kalu perang selalu terjadi.. kecuali emang negara ini pengen bangkrut.. πŸ˜€

    Gak ngerti deh… aku

  21. melisaoktavia said: Gw sih setuju,..toh sekarang 100 udah gak ada nilainya,..mengurangi jumlah pecahan, itu penghematan jangka panjang (tumben gw serius hueheheh)

    emang tuh uang 100 suka banyak yg gak ngeharagi, di geletakin sembarangan, giliran di kasih kembalian permen dr supermarket yg kekurangan uang receh pd komplen. Mending di redenominasi.. ngilangin uang 100 pecahan. jadi rp 100 nantinya akan sangat di hargai

  22. bundafayyaz said: Nonton semalem deh klo gak salah, katanya juga buat menyederhanakan dalam menghitung di kalkulator dsb. Ntar bakalan muncul lagi pecahan sen. gitu kali ya hehehe

    banyak sebetulnya yg di sederhanakan..calculator juga. semoga aja pecahan Sen gak ada lagi lah.. malah jadi nambah ribet, sama aja itu mah

  23. mmmhhh intinya gini.. kalupun terjadi redenominasi, walupun pengurangan tanpa mengurangi nilai nominalnya.. pasti masyarakat kita yang blom “ngeh” bakalan ditipu sama yang “ngeh”.. psikologis saja bu.. itulah kenapa ku bilang ga bakalan cepat terjadi di indonesia.. populasi 235juta gitu dan yang hidup dibawah standar 60%nya.. artinya apa?contohnya.. harga aqua 600ml.. 1500 kan ya? jadinya 1,5rupiah.. tapi produsen bisa aja pembulatan keatas (mana mau sih pembulatan kebawah) jadinya dihargai 2rupiah.. nah yang ini nih yang bakalan jor2an.. kecuali pemerintah konsisten dengan mata uang kecil, kaya kalu dolar ada sen-nya..contoh paling gampang mah, kaya turki yang penduduknya berapa juta sih, dan masuk euro.. jadi mata uang turki bisa gampang disamain dengan euro..niatnya pemerintah kita cuma pemerataan mata uang asia.. paling tidak sama dengan bath, dolar sing, ringgit malay, dolar hongkong deh.. 1 dolar = 9 rupiah.. (pembulatan keatas kan?)

  24. melisaoktavia said: Gw sih setuju,..toh sekarang 100 udah gak ada nilainya,..mengurangi jumlah pecahan, itu penghematan jangka panjang (tumben gw serius hueheheh)

    bukan cuma hemat doang loh mbak.. kan bisa juga meminimalis nominal..

  25. Thanks tambahan info nya Mbak Tintin.. semakin di cerahkan

  26. itu kenapa bu ga sukses di zimbabwe, malah bikin inflasi dinegaranya model redenominasi ini.. kalu indonesia stabil dan inflasi terjaga, layak deh redenominasi.. nah baru isu aja eh udah efek jelek di bej..

  27. tintin1868 said: itu kenapa bu ga sukses di zimbabwe, malah bikin inflasi dinegaranya model redenominasi ini.. kalu indonesia stabil dan inflasi terjaga, layak deh redenominasi.. nah baru isu aja eh udah efek jelek di bej..

    mudah2an gak sampe inflasi gede deh di Indo, yg normal2 aja. gak masalah saya mah mo jadi redenominasi atau engga. yg penting orang kampung pd di kasih tau, jangan di bodoh2i.

  28. baru wacana aja uda bikin BEJ melorot IHSG-nya :p

  29. fendikristin said: baru wacana aja uda bikin BEJ melorot IHSG-nya :p

    Emang.. apalagi kalo jadi.. lansung ambles deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s