Sayur Kembang Duren

Gara2 di milis ngomongin masakan aneh2, jadi inget masa masih baru2 kost. Kali ini cerita waktu saya masih kost di rumah Pak Haji, masih di seputaran Gaim juga.

Jadi dulu itu saya kost di rumah pak haji orang betawi asli yang punya banyak kontrakan dan kebun yang lumayan luas.
Di kebunnya ada pohon jambu air, jambu monyet, kelapa, duren dan macem2 deh..

Enaknya kost di pak haji, selain rumahnya suasananya adem, dan sangat dekat ke kampus ( saking deketnya, saya baru mandi kilat kalau bel tanda masuk di kampus sudah berbunyi)

Selain deket dan nyaman suasanya, juga karena pak haji dan bu hajinya meskipun mukanya terlihat sangar namun baik hatinya.
Waktu kita kesulitan cari makan di bulan puasa, dia menawarkan kita untuk makan sahur di rumahnya saja dengan menu ala kadarnya ( kata dia )

Sekali, dua kali makan sahur gratis boleh lah.. tapi lama gw malu lah makan gratis mulu. Akhirnya kita sepakat bayar kost + makan.
Waktu itu bayar kost + makan cuma Rp 30.000
Dengan menu makan standar tapi layak lah, nasi , ikan, sayur, tempe/tahu sambel.
Sehari makan 2x siang dan malam aja eh tapi temen saya Nina gw liat makannya bisa lebih dr 3x lho.. cuek aja dan bu haji juga gak marah.

Karena makan di dalam rumah bu Haji itu lah gw mengenal aneka masakan betawi yang selama ini belum pernah gw makan. Saya jadi kenal masakan sayur asem kuning..
Selama ini yg saya kenal masakan sayur asem itu ya berwarna agak kemerahan krn ulekan kacang tanah atau kemiri. tapi yang ini berwarna kuning bening..
Jangan tanya rasanya.. segerrrrr lebih enak dari sayur asem buatan nyokap hahahaha ( maaf ya Bunda..).

Dan yang serunya nih, kalo makan kita bukan makan di meja makan, tapi makan di bale2 persis seperti makan di rumah nenek saya di kampung.

Temen saya yang anak seorang anggota DPR ( dulu keren kan anak anggota dewan ) yang pernah merasakan ikut juga makan di dalam rumah bu haji sempat agak bingung2 gitu makan di bale.
Dan gw pikir dia gak terlalu suka dengan masakan bu Haji. tapi ternyata dia juga sangat menikmati masakan bu haji.

Ada salah satu masakan Bu Haji yang sangat dia suka yaitu sayur kembang duren.
Sebetulnya saya pernah denger kembang duren bisa di buat sayur, tapi merasakannya ya baru di rumah bu haji ini.
Jadi si kembang duren ini di masak di tumis, di kasih bawang merah bawang putih dan irisan cabe merah dan bumbu lainnya ( jangan tanya apa bumbu lainnya ya, yg gw lihat ya cuma 3 bumbu diatas itu)
Hasil olahan sayur kembang duren rasanya kenyal2 seperti daging ayam di suir-suir.
Mulanya malah di kira daging ayam di suwir2.

Satu kali mencoba, akhirnya bukan cuma teman gw itu aja yang ketagihan, saya juga ikut ketagihan. Hampir setiap hari kita pesan ke bu haji supaya masak kembang duren.
Bu Haji bilang, iya nanti Ibu bangun pagi deh biar keduman kembang durennya.
(Keduman=kebagian)

Saya bingung, lho emang beli atau ngambil bu kembang durennya ?

ngambil di kebon
kata bu haji.

Ya udah, kita aja yang ngambi bu nanti siang.


Gak bisa neng.. ngambil kembang durennya mesti subuh2.

O.. jadi selama ini Bu haji pagi2 selalu ngambil kembang duren pagi2 ?
Kenapa mesti subuh2 bu ?

ya iya nanti gak keduman sama orang laen keburu di ambil

Ya udah nanti kita bantuin deh Bu pagi2 habis subuh ke kebon metik kembang duren.

Besoknya, setelah subuh dengan semangat 45 saya dan temen saya ikut bu Haji ke kebon untuk metik kembang duren. saya lihat pohonnya koq tinggi bener. gimana metiknya, galahnya mana ?
Sambil mikir gitu, saya lihat bu haji terbungkuk2 gitu memungut sesuatu dan memasukkan nya ke dalam wadah plastik yang sudah di siapkan.

saya tanya, itu apaan Bu ?

Ya ini kembang duren.

Lha, kembang durennya gak di petik ?

Engga, kan udah mlorot dari poon nya neng.
( sudah rontok maksudnya )

jadi ini ibu ambil dari bawah.

Ya iya.. tapi nanti ibu cuci lagi bersih2.

Akhirnya.. sambil meringis saya dan temen saya ikutan juga memungut kembang duren itu.
Sambil melirik ke kandang ayam di sebelah pohon duren.

Sejak itu saya lihat teman saya itu sudah tidak bisa menikmati lagi enaknya sayur kembang duren. Sementara, saya mah cuek aja.. tetep makan sayur kembang duren buatan bu haji dengan lahapnya, gak pernah mikirin kandang ayamnya lagi.. habis enak siih

Sekarang kebon bu haji sudah berubah menjadi kontrakan dan pohon durenpun sudah di tebang. Entah kapan saya bisa menikmati lagi sayur kembang duren.

Ini gambar kembang duren.

Advertisements

26 responses to “Sayur Kembang Duren

  1. baru denger nih mba ada sayur kembang duren…hehe td pas baca kalo mau metik kembang durennya aku jg mbayangin duuh itu metiknya gmn kan biasanya pohon duren tinggi2 yaa hehehe..ternyata oh ternyata…

  2. zahratefiani said: baru denger nih mba ada sayur kembang duren…hehe td pas baca kalo mau metik kembang durennya aku jg mbayangin duuh itu metiknya gmn kan biasanya pohon duren tinggi2 yaa hehehe..ternyata oh ternyata…

    Aku juga baru tahu ya pas di betawi situ Fit.ternyata jangan2 kembang duren yg di pungut sudah terinjak sendal ku hehehe

  3. weh bener.. masakan yang baru pertamakali nita denger…. di pasar ga ada kali ya, yang jualan ini?

  4. temennya pas liat tuh sayur langsung keinget kandang ayam ya 😀

  5. bininiet said: weh bener.. masakan yang baru pertamakali nita denger…. di pasar ga ada kali ya, yang jualan ini?

    gak ada Nit, kalo di pasar ada, aku pasti beli deeeh

  6. bundafayyaz said: temennya pas liat tuh sayur langsung keinget kandang ayam ya 😀

    Iya hihi..

  7. ke rumah mama dan babeku aja bu di semarang kalu kangen tumis kembang duren.. mamaku suka tuh bikin tumisan blongop.. tuh namanya, lucu ya..

  8. tintin1868 said: ke rumah mama dan babeku aja bu di semarang kalu kangen tumis kembang duren.. mamaku suka tuh bikin tumisan blongop.. tuh namanya, lucu ya..

    Di Semarang masih ada ya Mbak Tintin .. hiks. aku pesen Mbak Tintin aja deh kalo pulang ke semarang oleh2nya sayur kembang duren atau kembang duren mentahannyaBlongop ? hihi iya lucu, kenapa di namain gitu ya ?

  9. baru denger namanya & liat kembangnya

  10. baru liat nih kembang duren kayak gini toh…untung kembang-nya nga berduri-duri seperti buahnya 😀

  11. siantiek said: baru denger namanya & liat kembangnya

    Di Padang gak ada gitu Nan ? atau jangan2 gak pernah merhatiin kali ya.. aku juga baru tau ya pas udah gede gitu koq

  12. fendikristin said: baru liat nih kembang duren kayak gini toh…untung kembang-nya nga berduri-duri seperti buahnya 😀

    wkakakakak kalo kembangnya berduri2 gitu gak enak di bikin sayur dong Kris..

  13. aku belum pernah maem, enak ya rasanya? jd ngiler baca ky daging ayam

  14. miapiyik said: aku belum pernah maem, enak ya rasanya? jd ngiler baca ky daging ayam

    Iya enak… aku kalo makan daging ayam cah di suwir2 gitu malah inget maem sayur kembang duren :-p

  15. dulu di depan rumah ortu ada pohon duren. saya tau dari dulu sih kembang duren katanya bisa disayur, tapi dari dulu juga gak begitu penasaran karena waktu saya amati kok itu kembang duren ada yang berlendir gitu…ih, asa geuleuh..hihihi..kadang tetangga ada yang mungut, biar ajah, lumayan mengurangi tenaga buat nyapu..heuheusampe pohonnya ditebang, saya belum pernah merasakan sayur kembang duren, eleh ku Teh Icho..hehehe

  16. woaaaaaaaaaaaaaah belum pernah denger. yang pernah kembang pisang.

  17. ibuseno said: Di Semarang masih ada ya Mbak Tintin .. hiks. aku pesen Mbak Tintin aja deh kalo pulang ke semarang oleh2nya sayur kembang duren atau kembang duren mentahannyaBlongop ? hihi iya lucu, kenapa di namain gitu ya ?

    kata mbah, kalu ditanya ini bihun apa ayam suwir sih? emang mirip2 kan? malah ada yang sangka itu toge.. jadi mbah bilang namanya blongop.. orang2 kan pada nge-oooooooo gitu loh kaya orang baru tuing.. nge-ooooo-nya itu lucu mirip orang melongo, ya ngeblongop gitu deh orang jawa bilang sih..lagi ga musim duren nih, jadi blongopnya ga ada, ntar kalu ada ku kirimin deh.. ingetin ya..

  18. kira2 rasanya apa kayak jamur gitu mbak Icho…belum pernah merasakan sih…kalau sayur batang talas (bentoel) aku ngidam pas hamilnya si restu .untung kesampaian,,jadi gak ngiler deh..ibuknya restu

  19. tintin1868 said: blongop..

    dlonggop mungkin mbak…orang2 menamai kembang duren ini dlonggop

  20. fadhilaharif said: dulu di depan rumah ortu ada pohon duren. saya tau dari dulu sih kembang duren katanya bisa disayur, tapi dari dulu juga gak begitu penasaran karena waktu saya amati kok itu kembang duren ada yang berlendir gitu…ih, asa geuleuh..hihihi..kadang tetangga ada yang mungut, biar ajah, lumayan mengurangi tenaga buat nyapu..heuheusampe pohonnya ditebang, saya belum pernah merasakan sayur kembang duren, eleh ku Teh Icho..hehehe

    iya emang ada kembang duren yg berlendir gitu, aku juga males megangnya, tp kata bu haji meski berlendir di ambil aja, nanti kalo di cuci gak berlendir lagi.hehehe.. dasar pamalesan.. sok atuh cobian kapan2

  21. tintin1868 said: orang2 kan pada nge-oooooooo gitu loh kaya orang baru tuing.. nge-ooooo-nya itu lucu mirip orang melongo, ya ngeblongop gitu deh orang jawa bilang sih..lagi ga musim duren nih, jadi blongopnya ga ada, ntar kalu ada ku kirimin deh.. ingetin ya..

    Oh… dr asal kata blongong melongo gitu ternyata nama sayurnya hihiiya mirip bihun juga.. tapi kurang panjang.siiipp.. asiiik nantita ingetin Mbak Tintin kalo udah musim duren

  22. imammahdi said: woaaaaaaaaaaaaaah belum pernah denger. yang pernah kembang pisang.

    Sayur kembang pisang ??? sayur jantungnya kali …kalo kembang pisanngnya di sayur malah belom denger

  23. 25102004 said: kira2 rasanya apa kayak jamur gitu mbak Icho…belum pernah merasakan sih…kalau sayur batang talas (bentoel) aku ngidam pas hamilnya si restu .untung kesampaian,,jadi gak ngiler deh..ibuknya restu

    yaaa.. mirip2 dikit juga dengan rasa jamur suwir2 ituSayur batang talas. duluuuu juga aku pernah rasain, mirip2 terong ya ?Untung kesampean deh tuh sayur batang talas.. kalo gak Restu ngiler terus hihi

  24. 25102004 said: dlonggop mungkin mbak…orang2 menamai kembang duren ini dlonggop

    pernah ke banyuwangi, ada sayur bunga duren, namanya dlonggop.. lain sama versi semarang ya? blongop dan dlonggop..

  25. tumis kembang duren (bukan sayur kembang duren namanya) hihi.. enak banget.. dulu waktu kecil suka makan ini, suka nyari juga..dan kalau kita cari2 pas subuh2.. suka ada madunya di kembang itu.. waaa enakk.. di seluruput.. yummykapan ya.. bisa makan tumis ini..

  26. ariswb said: tumis kembang duren (bukan sayur kembang duren namanya) hihi.. enak banget.. dulu waktu kecil suka makan ini, suka nyari juga..dan kalau kita cari2 pas subuh2.. suka ada madunya di kembang itu.. waaa enakk.. di seluruput.. yummykapan ya.. bisa makan tumis ini..

    Sayur sama tumis beda tho mas hehehe.. Wah ternyata dirimu juga pemakan kembangduren. Oh..ada madunya gitu, aiiiih gak itu dr bawah lho, langsung di slurup gitu wow !!pokoknya kalo aku dpt tumis kembang duren lagi ta kirim ke aris deh :-p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s