Tanah Air Beta

Sebelumnya saya tidak sempat baca-baca sinopsis atau cerita mengenai isi film Tanah Air Beta ini. saya cuma tau sedikit bahwa film ini mengenai pengungsi dari Timor Timur ke Timor Barat. Jadi ketika saya dan keluarga ( tumben lengkap, Bapa Seno ikut nonton juga) saya punya bayangan film ini akan penuh adegan pengungsian atau ada sedikit keributan ( berantem2an) ala perang di Timor Leste waktu itu. Ternyata tidak ada adegan berdarah sama sekali.
Film ini lebih banyak bercerita tentang keluarga, persahabatan, persaudaraan malah juga pendidikan dan kebersihan.

Isi cerita film ini kira-kira begini.

Tatiana ( Alexandra Guttardo ) punya anak 2 orang ( Mauro dan Merry). Pada saat referandum dulu terpaksa harus berpisah dengan Mauro karena saat akan mengungsi ke Timor Barat Mauro baru sembuh dari sakit tipus. Dia tidak mengajak serta Mauro dengan pertimbangan takut capek , jadi untuk sementara Mauro di titipkan di saudaranya yang lain yang tetap berada di Timor Leste dengan harapan nanti apabila kondisinya membaik akan di ajak serta ke Timor Barat.

Di Pengungsian ini diceritakan Tatiana mengajar di sekolah darurat di kamp tersebut. Merry juga bersekolah di tempat itu bersama Carlo seorang anak laki-laki yang sangat jail dan suka menggangu Merry, itu dikarenakan Carlo ingin sekali mempunyai seorang adik dan merasakan kembali cinta kasih keluarga

Tatiana yang Katolik juga berteman baik dengan sesama pengungsi yang lain yaitu Abu Bakar ( Muslim ) dan Keluarga Robby Tumewu dan Tessa Kaunang ( Cik Irene ).
Dengan berbagai agama yang ada di pengungsian mereka semua hidup bersaudara dengan erat. Ini yang di perlihatkan di film ini. Terlihat ketika Merry akan pergi tanpa pamit Ibunya untuk menyusul Mauro ke perbatasan, cik Irene bersedia menjual kaos yang harusnya Rp. 50.000 menjadi Rp. 5000 bahkan membekali Merry coklat dan 1 botol air kemasan besar. baik banget deh..

Dengan perjuangan panjang , ongkos yang kurang, bekal habis , cuaca panas Merry berjalan terus menuju perbatasan.
Di tengah perjalanan Carlo ( teman Merry yang nakal ) yang di minta Tatiana dan Abu Bakar mencari keberadaan Merry akhirnya berhasil menemukan Merry di tengah perjalanan. Di sini isi film bercerita tentang persahabatan Merry dan Carlo yang sebelumnya nakal dan sering menjahili Merry tapi sebetulnya sangat baik dan setia kawan terbukti dengan pengorbanannya mencari air minum dan mencari makan untuk Merry selama perjalanan menuju perbatasan.

Film berkhir dengan Happy Ending.. Merry berhasil menemukan Mauro.. dengan key kode lagu “Kasih Ibu Kepada Beta”

Atapi ada beberapa yang kurang pas buat saya di film ini

1. Sama seperti film Denias dan King, Ari Shasale tetap konsisten untuk mengeksplore
keindahan alam Indonesia, meski di sana gersang dan banyak bukit2 tandus ( mirip di
gunung kidul ) tapi kereen.. kebayang ..pantesan aja orang sana item2 ya ..piss

2. Isi ceritanya gak ada yang bikin saya tegang dan kurang heroik ( seperti film King ), paling
tegangnya saat Carlo nyuri air minum di salah satu rumah penduduk saja. Padahal judulnya
kan Tanah Air Beta..rada heroik bukan ?

3. Pemain film inti kurang mengharukan. Ini terjadi pada ending film.
Justru yang bukan pemain inti yang bisa membuat saya terharu. Bayangkan, keluarga2 yang
terpaksa harus berpisah mereka melepas rindu hanya di jembatan dan kemudian berpisah
lagi.. ini justru yang mebuat saya terharu. Tapi Tatiana yang akhirnya setelah beberapa kali
keperbatasan tidak berhasil bertemu dengan anaknya Mauro, pd saat akhirnya berhasil
bertemu koq adegannya biasa2 aja..
Begitu juga Merry dan Mauro saat bertemu.. koq biasa aja, padahal Merry begitu rindunya
kepada kakaknya sampai setiap hari selalu ngobrol dengan bantal yang di beri kaos / baju
Mauro seolah2 bercakap-cakap dengan Mauro.

Selesai film ini, sambil jalan saya tanyai kesan2 Seno menonton film ini, apakah dia terinspirasi dengan film ini. Apakah film ini membuat Seno tambah sayang ke Della, gimana andai Seno dan Della juga berpisah seperti Mauro dan Merry.
Akan kah Seno merasa sedih ??

Ah.. ternyata jawaban Seno, gak tuh gak sedih.. biasa aja, Aku kalau terpaksa harus berpisah sama Ade ya udah pisah aja. ngapain di susul2 .. ( huh !! dasar anak ini ..lagi kumat gak sayang sama adeknya. )

Saya tanya juga Della.. gimana De, kalo Mas Seno pisah sama Ade, Ade mau nyusul cari mas Seno panas2an seperti Merry gitu ?
Dan Della malah bilang.. ibu aja yang nyusul.. Ade tunggu di rumah. halah !!

Berikutnya, saya tanya kesan si Bapa Seno yang tumben gak ngantuk di bioskop dan apa kesannya.
Jawaban si Bapa : Gimana mau ngantuk, Della nanya2 mulu..
Trus.. eh ternyata Bapa Seno sedih lho lihat film ini, dia ingat adik angkatnya Bapa Seno yang bernama Carlito ex Pengungsi Timor Leste yang entah ada di mana sekarang.
Saya juga jadi ingat masa2 Carlito pertama kali di temukan dan kemudian tinggal bersama alm. Eyang di Sukabumi…

Kesan buat saya sendiri, saya jadi tau..
Oh.. jadi begini toh kondisi ex pengungsi Timor Leste itu ? saya baru tau bahwa mereka hanya bisa bertemu di jembatan perbatasan.
Pengungsi dari Timor Barat gak bisa lagi ke Timor Timur. Dan orang Timor Timur ya keukeuh tidak mau ke Timor Barat karena jika demikian mereka mengakui NKRI.
.
Pokoknya saya tetap salut buat Ale dan Nia yang konsisten membuat film2 seperti ini. Dan salut juga buat Alessandra Gottardo & yang rela berhitam2 untuk menjadi Tatiana dan Merry Dan saya tetap puas nonton film Tanabe ini.
Yang jadi Mauro ganteng juga ya.. gak item..

Habis baca ini, jangan lupa cuci tangan pake sabun ya….. *meneruskanpesan sponsor di film Tanabe*

Advertisements

22 responses to “Tanah Air Beta

  1. kira2 komentar izan ama iva sama kaya komentar dela dan seno nga yaa? hehehhesoale anak skarang kan suka cuek bebek..

  2. bundanaizan said: kira2 komentar izan ama iva sama kaya komentar dela dan seno nga yaa? hehehhesoale anak skarang kan suka cuek bebek..

    Embeer… cuek banget ini kakak adek, tp kalo pas lagi kesusahan gak ada prt gitu ternyata mereka bisa lho saling bantu… jadi emang mesti belajar mandiri bener2 deh lepas dr PRT. moga2 kalo udah gede merka saling sayang beneran deh Rit

  3. Pernah dibahas di Kick Andy niy mba icho, tapi aku belum nonton hiks

  4. keluargakecilkhansa said: Pernah dibahas di Kick Andy niy mba icho, tapi aku belum nonton hiks

    Oh ya.. sama dong, aku juga belom nonton..

  5. ketawa baca komen seno dan della ..setuju kaalau salut dg Ale dan Nia yang konsisten dg tema film2 mereka.

  6. evanda2 said: ketawa baca komen seno dan della ..setuju kaalau salut dg Ale dan Nia yang konsisten dg tema film2 mereka.

    hehe..dasar anak ya Va

  7. Pacar gw dulu org Padang yg tinggal di TimTim, trus terusir pas TimTim merdeka.Padahal disana jadi pengusaha resto Padang yg suksess.. Smuanya ditinggalin gt aja disana.Hahaha.. Sekian info gak pentingnya 😀

  8. Pengen nonton tp dah dijamin Riffat gak bakal betah nonton ginian.Toys story aja kali ya? Hehe

  9. riffat said: Pacar gw dulu org Padang yg tinggal di TimTim, trus terusir pas TimTim merdeka.Padahal disana jadi pengusaha resto Padang yg suksess.. Smuanya ditinggalin gt aja disana.Hahaha.. Sekian info gak pentingnya 😀

    jadi tahun segitu elo masih pacaran ya Da hihihi.. btw sayang bener tuh usahanya ya..

  10. riffat said: Pengen nonton tp dah dijamin Riffat gak bakal betah nonton ginian.Toys story aja kali ya? Hehe

    Seumur Riffat mah mending Toy Story deh..kalo film yg ini dijamin gak betah

  11. iya Da, aku juga senang dng komitmen ari n nia dlm mengangkat film2 bagus gak kaya sinetron2 yg bikin aku enegbtw, jawaban seno n della itu lho Da…bikin aku geli sendre di depan kompie

  12. rosshy77 said: iya Da, aku juga senang dng komitmen ari n nia dlm mengangkat film2 bagus gak kaya sinetron2 yg bikin aku enegbtw, jawaban seno n della itu lho Da…bikin aku geli sendre di depan kompie

    Sinetron, film2 hantu, film2 lucu yang gak jelas. aku gak suka deh..Iya ih..aku kira anak2 bakal tersentuh rasa persaudaraannya dng nonton film ini, eeeeh sama aja..dasar anak

  13. wah seno dan della, rasa persodaraan kog kalah sama mauro dan merry..keren komentarnya bu.. ku blom nonton walupun ada cd-nya.. malah ke bioskop belakangan ini pengen nonton sex&thecity2 malah nonton toystory3, shrek3, ateam, princeofpersia..

  14. rosshy77 said: iya Da, aku juga senang dng komitmen ari n nia dlm mengangkat film2 bagus gak kaya sinetron2 yg bikin aku enegbtw, jawaban seno n della itu lho Da…bikin aku geli sendre di depan kompie

    mereka punya komit gitu da, setidaknya ada yang membuat film tentang anak2 terutama juga tentang indonesia yang permai.. semoga ada yang mengikuti jejak ari dan nia ya..

  15. tintin1868 said: wah seno dan della, rasa persodaraan kog kalah sama mauro dan merry..keren komentarnya bu.. ku blom nonton walupun ada cd-nya.. malah ke bioskop belakangan ini pengen nonton sex&thecity2 malah nonton toystory3, shrek3, ateam, princeofpersia..

    Iya.. payaah ni anak2, tp kalo Della pergi seharian gak ketemu Seno ya di cari juga sih sebetulnya sama Seno..Aku malah blm nonton ( mungkin gak akan nonton ..males ) film2 yg itu , toy story, sex & city dll

  16. tintin1868 said: mereka punya komit gitu da, setidaknya ada yang membuat film tentang anak2 terutama juga tentang indonesia yang permai.. semoga ada yang mengikuti jejak ari dan nia ya..

    Semoga ya Mbak Tintin.. Sama seprt Garin Nugroho juga ya

  17. ibuseno said: Iya.. payaah ni anak2, tp kalo Della pergi seharian gak ketemu Seno ya di cari juga sih sebetulnya sama Seno..Aku malah blm nonton ( mungkin gak akan nonton ..males ) film2 yg itu , toy story, sex & city dll

    hehehe lain tindakan lain omongan ya anak2.. kadang belagu bilang ga kangen kalu lama ga ketemu, begitu ketemu malah berantem..apa daya bu, ga bisa nonton film indonesia lah.. kalu ada text english sih mau..

  18. ibuseno said: Semoga ya Mbak Tintin.. Sama seprt Garin Nugroho juga ya

    wah garin lagi, ga ada kabarnya ya dia? padahal tetanggaan dulu di depok..

  19. tintin1868 said: hehehe lain tindakan lain omongan ya anak2.. kadang belagu bilang ga kangen kalu lama ga ketemu, begitu ketemu malah berantem..apa daya bu, ga bisa nonton film indonesia lah.. kalu ada text english sih mau..

    Bener Mbak, apalagi nanti pas sdh tua.. pasti kangen2 terus sama sodara.Iya ya..buat kondisi sprt Mbak Tintin lbh enak nonton film dng text

  20. tintin1868 said: wah garin lagi, ga ada kabarnya ya dia? padahal tetanggaan dulu di depok..

    Oh ya.. kemana ya beliau ini. coba tanya tetangga lainnya yg di depok :-p

  21. pingin nonton jg ahh. tfs mbak.

  22. sicantikdysca said: pingin nonton jg ahh. tfs mbak.

    siipp. nonton dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s