Donat Gagal

Hari ini gak kemana-mana. cuma Bapa Seno yang sedang reunian dengan teman SMA nya di UC Senci. Jadi untuk mengisi waktu di rumah, saya, Della dan Teteh mencoba membuat donat.
Bahan2 seperti biasa menggunakan bahan instan dari pondan.

Sebetulnya saya sudah beberapa kali membuat donat dengan bahan instan dan hasilnya cukup memuaskan.
Tapi entah kenapa hari ini, sejak awal ngaduk adonan saya merasa agak was-was. Sepertinya adonan ini gagal karena lama di aduk, koq masih nempel di tangan.
Biasanya gak sampai nunggu 1/2 jam adonan donat sudah bisa di banting banting, kali ini sudah 1/2 jam lebih adonan masih menempel di tangan.

Pusing, apa yang salah, mungkin kebanyakan air. padahal ukuran air sudah sesuai dengan yang tertera di kardus pembungkus.
Di ingat2..ternyata telurnya yang 3 butir itu tidak saya pisahkan kuning dan putihnya, tapi saya campurkan semua telur kedalam adonan.
Mungkin ini yang menyebabkan adonan terus menempel di tangan.

Saya coba akali dengan menambahkan terigu, masih tetep begitu.
Akhirnya sudah satu jam, saya pasrah.. dari pada adonan campur keringat. saya sudahi banting membanting adonan.
Dan adonanpun saya pisahkan cuil demi cuil ( bahasa indonesia bukan ya ini ? ) sebesar sebuah donat.
Sayangnya cuilan adonan tidak bisa berbentuk bulat dan tidak bisa dilobangi.
Biariiin… yg penting udahan lah..

Setelah 1/2 jam cuilan adonan di biarkan dan di tutup kain basah, akhirnya adonan mengembang.
Kesulitan lain muncul, adonan lengket di tempatnya dan susah untuk diangkat.
Adonan yang semua mengembang saya ambil menggunakan sendok dan tentu saja akhirnya menjadi kempes kembali.

Belum putus asa.. saya gabung cuilan 2 adonan menjadi satu, langsung saya masukkan ke dalam minyak dan di bolongi langsung di dalam wajan supaya berbentuk donat.

Alhamdulillah..akhirnya jadi juga kue dengan rasa donat dan sedikit berbentuk donat ( krn tetap bolong namun lonjong)
Yang penting, donatnya kata seno tetep enaaaakkk…

Advertisements

31 responses to “Donat Gagal

  1. aaah paling2 seno bilang enak dibawah tekanan tuh.. hihihhiihi

  2. savikovic said: aaah paling2 seno bilang enak dibawah tekanan tuh.. hihihhiihi

    hahahaha…bokissss..gak di bawah tekanan, tapi habis itu langsung minta traktir bakso lapangan tembak

  3. tuh kan bakso pasti untuk menetralisir rasa donat gagal… wakakkakpisss

  4. Seno emang cocok buat iklan makanan xixixi foto lagi dong pake bitterballen. Fotonya yg representatif

  5. sepertinya muka seno kurang ikhlas bilang enak nya.. hihii pis mba….

  6. savikovic said: tuh kan bakso pasti untuk menetralisir rasa donat gagal… wakakkakpisss

    Saviiikkk bandel bener yaaa

  7. rumahnyaalsa said: Seno emang cocok buat iklan makanan xixixi foto lagi dong pake bitterballen. Fotonya yg representatif

    Wokeeehhh… nanti aku suruh foto lagi ya, untung bitterbalennya masih ada 3 nih butir nih hihi

  8. evanda2 said: sepertinya muka seno kurang ikhlas bilang enak nya.. hihii pis mba….

    wkakakakak.. masa sih kurang Iklhas ?…

  9. hihih.. kalo aku yang makan, pasti ttp doyan, apapun bentuknya…

  10. evanda2 said: hihih.. kalo aku yang makan, pasti ttp doyan, apapun bentuknya…

    yang penting rasa donat bukan rasa gemblong kan Va :-p

  11. Jelek banget sih! Bukan donat itu! Uwel2an wakakaka

  12. bentuknya unik nih Cho..he.he.he.

  13. bukan donat gagal..tp anggep aja itu bentuk trobosan baru dalam dunia perdonatan heuueue…

  14. wah donat unik.. gapapa bu, nanti juga berhasil.. mungkin tepungnya kali ya? sekarang lagi heboh tepung palsu kan.. bogasari merasa dirugiin tuh..

  15. ha ha ha ha, donat lonjong kreasi baru tuh

  16. muka seno kok under pressure gitu ya ? heuheuheu

  17. riffat said: Jelek banget sih! Bukan donat itu! Uwel2an wakakaka

    hahahaa…ganti nama jadi Donal Uwel deh Da

  18. fadhilaharif said: hahahahaha…

    naha seuri hungkul ??

  19. eddyjp said: bentuknya unik nih Cho..he.he.he.

    ngeledek nih…:-p

  20. fgsitorus said: bukan donat gagal..tp anggep aja itu bentuk trobosan baru dalam dunia perdonatan heuueue…

    afirmasi hebattt.motivator ulung hahahaha…jadi semangat bikin donat lagi deh thx neng

  21. tintin1868 said: wah donat unik.. gapapa bu, nanti juga berhasil.. mungkin tepungnya kali ya? sekarang lagi heboh tepung palsu kan.. bogasari merasa dirugiin tuh..

    Tepungnya sih masih normal pake segitiga biru beli di giant. kayaknya ya itu tadi telurnya di plosin semua, termasuk putih telurnya

  22. pephy said: ha ha ha ha, donat lonjong kreasi baru tuh

    jadiiii siapa bilang donat itu bundar hehehe

  23. qilqil said: muka seno kok under pressure gitu ya ? heuheuheu

    hahahaha..masaa sih hen,pd hal rela dan tulus lho dia..

  24. so ga harus bundar dan bolong buat disebut donat kan, yang penting ada yang doyan aja he he he he…….

  25. dipaksa ya seno..supaya ngomong enak πŸ™‚ wkwkwkw

  26. pephy said: so ga harus bundar dan bolong buat disebut donat kan, yang penting ada yang doyan aja he he he he…….

    bwtuuulll yg paling bener donat ya bolong hehehe..

  27. dinoflove said: dipaksa ya seno..supaya ngomong enak πŸ™‚ wkwkwkw

    gak di paksa.. tp pake rayuan gombal supaya ngomong enak hahaha

  28. huahahaha…..masih mending Da, Seno masih mau makan (walo dibawah tekanan tentunya)daripada donat kentangku??gak berbentuk samsex plus rasanya juga gak enyak… (gak mungkin aku memaksa abang yg masih toddler gitu utk memakannya kan??)

  29. huahahaha…..masih mending Da, Seno masih mau makan (walo dibawah tekanan tentunya)daripada donat kentangku??gak berbentuk samsex plus rasanya juga gak enyak… (gak mungkin aku memaksa abang yg masih toddler gitu utk memakannya kan??)

  30. rosshy77 said: huahahaha…..masih mending Da, Seno masih mau makan (walo dibawah tekanan tentunya)daripada donat kentangku??gak berbentuk samsex plus rasanya juga gak enyak… (gak mungkin aku memaksa abang yg masih toddler gitu utk memakannya kan??)

    Donat kentangku udah lumayan bagus.. udah pernah berhasil Da..Tetep semangat bikin donta kentang ya Eda Ros.. kata temen2 di bawah kan bentuk gak penting yg penting rasa .Kalo rasa udah gak enak juga mah, Bang Ogie mending beliin yg udah jadi aja deh hhehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s