Pantai Pangumbahan Ujung Genteng

Sebetulnya saya dan keluarga tahun tidak berencana melakukan perjalanan mengisi liburan tahun baru ke Ujung genteng bersamaan, Rencananya si Babeh mau touring dengan teman-teman pencinta alam AGS ( Aranya Giri Sakta ) semasa SMA nya naek motor ke Ujung Genteng sendiri, tapi Seno minta ikut dan si babeh sudah approve, cuma saya yang pasti melarang mentah2.
Kebayang aja perjalanan Jakarta-Sukabumi-Ujung Genteng naek motor pasti lebih dari 6 jam.

Akhirnya tanggal 1 Pagi, diputuskan kita berangkat berempat saja. sekalian liburan, ibu kan juga udah cape kerja terus sebulan ini, malam tahun baru aja baru pulang dari kantor jam 10 malem. jadi sekalian refreshing juga lah. Jadilah sore ini kita berempat ke Sukabumi, menginap dulu di rumah adik bapa Seno di Sukabumi.

Paginya sekitar jam 10 kumpul dan berangkat dari SMA si babeh, rombongan 2 mobil dan 8 motor.

Perjalanan tidak melalui Jalan Cibadak -Pel. Ratu, tapi lewat jalan menuju Jampang Kulon-Surade.
Kondisi jalannya lebih sempit dan banyak lubang kecil di jalan alias tidak semulus jalan pelabuhan ratu, jadi pengendara harus hati-hati melalui jalan itu. Perjalanan yang sangat panjang berbelok belok melewati pegunungan kapur, lewat kebon teh yang berkelok-kelok yang kelokannya bikin pengen muntah, sempat beristirahat beberapa kali untuk makan siang, istirahat lagi untuk sholat di mesjid daerah Surade, istirahat lagi ada yang ganti oli, istirahat lagi ngopi dulu.

Akhirnya sekitar jam 4 sore, sampailah kita di penginapan yang sebelumnya sudah di booking.
Ada beberapa penginapan di sana, antara lain pondok hexa, villa pak ujang dan lainnya saya lupa. Rombongan Keluarga AGS menginap di villa pak Ujang.. view dari villa lumayan bagus, menghadap langsung ke laut dengan hamparan halaman yang cukup luas dan boleh pasang tenda sesuai rencana.



Seno yang sudah tidak sabar ingin segera menikmati pantai, langsung lari ke pantai.Della kali ini agak-agak takut ke pantai karena sebelumnya sudah di wanti-wanti bude Tuti, bahwa pantai ujung genteng itu banyak bulu babi yang gatal dan sakit, berhubung Della sudah bengalaman kena ubur-ubur,jadi Della tidak se nekat Seno jalan2 di pantainya.

Jam 5 sore kurang, sesuai dengan informasi tukang ojek di sekitar Sana, bahwa setiap sore jam 5 ada pelepasan tukik ( anak penyu ) ke laut. dan kita boleh menyaksikan dan ikut melepasnya.
Jadi, langsung kita berempat ( gak ngajak2 yg laen, padahal yang lain sudah di ajak tapi nyantai2 aja ya di tinggal aja deh ) berangkat naek ojek ke sana.
1 ojek tarifnya Rp. 35.000, jalannya offroad banget, yakin deh mobil yang nekat jalan menuju tempat penangkayaran penyu pasti melalui perjuangan berat, karena harus melewati jalan licin, jalan berpasir bahkan menyebrangi anak sungai yang langsung menuju laut, dan hutan2 bakau

Tiba di penangkaran di pantai pangumbahan tepat jam 5, ada 3 orang petugas yang membawa 3 bak berisi anak tukik yang siap di lepas, saya pikir kita bisa langsung ikut lihat, ternyata harus isi buku tamu dulu dan membayar 1 orang rp. 5000. Sebelnya tidak ada tiket resmi untuk itu,. pdhal saya paling anti bayar2 sesuatu tanpa tiket resmi.


Akhirnya,tukik-tukik di lepaskan, lucu sekali lihat tukik2 kena ombak dan jalan menuju pantai.

Malam Hari, setelah makan malam, sesuai janji dengan tukang ojek yang tadi siang, yang akan mebawa kami kembali ke pantai pangumbahan untuk melihat penyu bertelur. Jam9-an kita siap2 berangkat.
Si Babeh cerita dulu masa SMAnya, untuk melihat penyu bertelur tidak seramai sekarang dan mesti antri per rombongan. Dulu masiih boleh duduk di punggung penyu dan dibawa jalan ke pantai oleh penyu, membayangkan ceritanya si babeh seru sekali dan membuat Seno dan Della juga sangat antusias, meskipun hari sudah sangat larut dan dingin.

Saya pikir tempat b
ertelur penyu sama dengan tempat tukik di lepas tadi sore, ternyata lebih jauh lagi dan kita harus berjalan perlahan gak boleh berisik dan gak boleh ada sinar terang karena katanya akan membuat penyu males bertelur.

Malam ini hanya ada 1 penyu yang bertelur dan di tonton puluhan orang, saya cari2 mana telurnya gak muncul-muncul, penyunya malu juga bertelur kalau di tonton orang.
Sampai hujan turun penyu belum juga bertelur, akhirnya kita tinggalkan penyu setelah sebelumnya sempat tanya ke penjaganya boleh foto atau tidak..
ternyata boleh..

ini foto penyunya, beda dengan foto penyu yang di seaworld..

Jam 12-an tiba kembali di penginapan dengan kaki pegal, baju basah kena hujan sepanjang jalan di pantai menuju pulang.
Saran saya yang mau ke sana , jagan lupa bawa mantel atau jas hujan, kalo kehujanan di pantai malam2. dingiiinnn…

Besoknya, hari minggu, sebetulnya masih ada tujuan lain lagi yaitu ke air terjun ci kaso, tapi berhubung katanya perjalanannya 2 jam pp naik perahu, dan agak2 ngeri buat anak2 kecil, akhirnya di putuskan gak jadi ke air terjun ci kaso, tapi kita tetep mampir ke tanah lot nya Ujung genteng. Sebelum pulang foto2 duluuu..

Untuk menuju tanah lot nya Ujung Genteng, masuk dari Villa Amanda ratu, wiih sampe sana bener2 bagus View nya..
cuma ngeri denger cerita teman2 si Babeh yang katanya banyak buaya nya di bawah sana. Buaya Muara gitu lho lebih mengerikan dari buaya darat buat saya mah.

Advertisements

39 responses to “Pantai Pangumbahan Ujung Genteng

  1. subhanalloh, keren banget ceu… tapi sayah mah da bukan tipe petualang 😦 gak banget keknya menerabas utan itu 😛

  2. ummuauliya said: subhanalloh, keren banget ceu… tapi sayah mah da bukan tipe petualang 😦 gak banget keknya menerabas utan itu 😛

    saya mah petualang cinta mi.. bukan petualang nerabas hutan hahaha.. keren emang Mi.. cape nya kebayar deh, tapi kalo di ajak ke sana lagi saya mah engga mau.. capeeeee

  3. asyik juga ya… dari jakarta 6 jam ya ?

  4. agneswollny said: asyik juga ya… dari jakarta 6 jam ya ?

    sekitar segitu Mbak.. bisa lebih malah. kan jalur Jakarta – Cibadak macet

  5. ibuseno said: saya mah petualang cinta mi.. bukan petualang nerabas hutan hahaha.. keren emang Mi.. cape nya kebayar deh, tapi kalo di ajak ke sana lagi saya mah engga mau.. capeeeee

    wkwkwkwkwk arjuni pencari penyu 😛

  6. ummuauliya said: wkwkwkwkwk arjuni pencari penyu 😛

    weeekkkk

  7. Kelihatannya nyaman sekali tempat ini ya?

  8. Waah itu si penyu kecian amat dikerubungi byk org..

  9. Ternyata ayahnya Seno petualang juga ya Teh…

  10. Kebayang gak teh lo lagi lairan dikrubungin banyak penyu? Wahahaha.. Penyunya balas dendam

  11. asik.jadi kembali nostalgia.makasih ya.nanti saya tambahin fotonya2 belum lama saya kesanal.nanti saya sharing info lainnya.makasih bu seno.sampe ke ombak 7 nggak?

  12. Kayanya tmpt nya asik neh..kpn ya bisa ke tmpt kaya gt..skrg mah sikon nya terbatas :d btw, teh dinten sabtu badrae ka cbatu garut ka bumi kang deny sareng teh lilies ti NC tea..hayu ath..

  13. Seru,…seru,…kasian tuh penyu gak bisa keluar ditontonin orang banyak huehehhe,…

  14. wuah..mantap banget yaaaaa….mo merencanakan liburan ke ujung genteng juga niy…thx infonya ya teh

  15. ophoeng said: Kelihatannya nyaman sekali tempat ini ya?

    Nyaman koq Ophoeng.. enak banget ngelamun di pantainya

  16. keluargakecilkhansa said: Waah itu si penyu kecian amat dikerubungi byk org..

    hihihi.. orang2nya norak siih penyu betelor aja di tonton yaaa

  17. rumahmutiara said: Ternyata ayahnya Seno petualang juga ya Teh…

    tapi bukan petualang cinta hahahha…

  18. ardanicollections said: Kebayang gak teh lo lagi lairan dikrubungin banyak penyu? Wahahaha.. Penyunya balas dendam

    penyunya gak pernah secsio kali ya Da.. kalo gw kan melahirkannya cesar

  19. rinn1 said: Kayanya tmpt nya asik neh..kpn ya bisa ke tmpt kaya gt..skrg mah sikon nya terbatas :d btw, teh dinten sabtu badrae ka cbatu garut ka bumi kang deny sareng teh lilies ti NC tea..hayu ath..

    enak Neng.. bener tapi jangan sekarang2 ke sana nya, bilih melahirkan di jalan hahahah.. jalan na garenjul. Waduh.. jigana mah moal tiasa ngiring ka Garut neng, tebih teuing..td malem udah coba ijin ke sibabeh.. gak dpt ijin euy .. salam aja buat Tel Lilies dan kang murdi ah

  20. mangerot said: asik.jadi kembali nostalgia.makasih ya.nanti saya tambahin fotonya2 belum lama saya kesanal.nanti saya sharing info lainnya.makasih bu seno.sampe ke ombak 7 nggak?

    Iya. saya ke sana gara2 liat foto Mang Erot tea.. hehehe.. berikutnya sy pengen ke pantai bagedur malingping tea mang.. tapi jauh ya.. Pantai 7 ombak ? di belah mananya Mang ?? kemaren ke area ujung genteng situ aja da

  21. melisaoktavia said: Seru,…seru,…kasian tuh penyu gak bisa keluar ditontonin orang banyak huehehhe,…

    penyu nya pas yang pemalul gitu Mel, kalo yang pede mah pasti sambil begaya hahahhaa

  22. mimihnyasyifa said: wuah..mantap banget yaaaaa….mo merencanakan liburan ke ujung genteng juga niy…thx infonya ya teh

    Siipp Yun.. jangan lupa ke Cikaso.. ( sy mah engga ke sana hihi. takut buaya )

  23. ibuseno said: enak Neng.. bener tapi jangan sekarang2 ke sana nya, bilih melahirkan di jalan hahahah.. jalan na garenjul. Waduh.. jigana mah moal tiasa ngiring ka Garut neng, tebih teuing..td malem udah coba ijin ke sibabeh.. gak dpt ijin euy .. salam aja buat Tel Lilies dan kang murdi ah

    hihi enya leres…lgsung brojol di jalan….euh, iraha atuh urang pendak? ni teu pendak2 wae nya..kedahna mun aya acara di jabotabek sigana mah nya 😀

  24. rinn1 said: hihi enya leres…lgsung brojol di jalan….euh, iraha atuh urang pendak? ni teu pendak2 wae nya..kedahna mun aya acara di jabotabek sigana mah nya 😀

    Jabotabek dugi ka Sukabumi deh di jabanin hihi nu kapungkur Teh Lies di Sukabumi paaaas pisan bentrok acara na

  25. ibuseno said: Iya. saya ke sana gara2 liat foto Mang Erot tea.. hehehe.. berikutnya sy pengen ke pantai bagedur malingping tea mang.. tapi jauh ya.. Pantai 7 ombak ? di belah mananya Mang ?? kemaren ke area ujung genteng situ aja da

    pantai bagedur sebelum binuangeun.dari carita,labuhan terus ajah bu ini fotonyafoto2 keterangan ombak 7 ada disini ya bu.tapi di facebookhttp://www.facebook.com/album.php?aid=12954&id=1791200877&op=6

  26. ibuseno said: Iya. saya ke sana gara2 liat foto Mang Erot tea.. hehehe.. berikutnya sy pengen ke pantai bagedur malingping tea mang.. tapi jauh ya.. Pantai 7 ombak ? di belah mananya Mang ?? kemaren ke area ujung genteng situ aja da

    Ombak 7 lihat disitu petanya,dari pangumbahan udah deket ko Bu

  27. saya udah liat foto2 di FB nya mang.. wah keren yaaa.. gak tau sih kemaren, jd gak ke situ

  28. ibuseno said: saya udah liat foto2 di FB nya mang.. wah keren yaaa.. gak tau sih kemaren, jd gak ke situ

    dari ujung genteng jauh bu,dari pelabuhan ratu udah deket,sekitar 2-3 jam,cantik ko.sunsetnya juga bagus,sama blum ada orang.deket pelelangan ikan lagi Bu,ikannya murah2.udangnnya juga murah.ini pintu masuk terakhir menuju ujung kulon.ada sewa kapal pesiar.pengen sih.tapi mahal sekali,2,5 juta untuk 2hari 2 malam.ohh tidakkkkkkkk

  29. ku pernah inep di ujung genteng semingguan demi menunggu penyu bertelur.. sebener ga ada tiket resmi bu, tapi gapapa kan ikut membantu penangkaran penyu..emang bisa gitu jkt-ujunggenteng 6jaman? bukannya 9jaman gitu? ngebut kali ya bapakseno..pernah ga makan isi bulu babi mentah2? enak loh.. sensasinya lain banget.. apalagi kearah tanahlotnya ujunggenteng ada buaya.. udah ku cari2 ga ketemu tuh buaya selama disana..

  30. mangerot said: dari ujung genteng jauh bu,dari pelabuhan ratu udah deket,sekitar 2-3 jam,cantik ko.sunsetnya juga bagus,sama blum ada orang.deket pelelangan ikan lagi Bu,ikannya murah2.udangnnya juga murah.ini pintu masuk terakhir menuju ujung kulon.ada sewa kapal pesiar.pengen sih.tapi mahal sekali,2,5 juta untuk 2hari 2 malam.ohh tidakkkkkkkk

    hampir sama ke ujung genteng juga dong jaraknya 2 -3 jam dr pel ratu.. oh ini yg keluarnya ujung kulon, lebak banten toh

  31. tintin1868 said: ku pernah inep di ujung genteng semingguan demi menunggu penyu bertelur.. sebener ga ada tiket resmi bu, tapi gapapa kan ikut membantu penangkaran penyu..emang bisa gitu jkt-ujunggenteng 6jaman? bukannya 9jaman gitu? ngebut kali ya bapakseno..pernah ga makan isi bulu babi mentah2? enak loh.. sensasinya lain banget.. apalagi kearah tanahlotnya ujunggenteng ada buaya.. udah ku cari2 ga ketemu tuh buaya selama disana..

    wow.. !! gilee..seminggu di sana aku bisa boring. Bukan 6 jam dr Jakarta Mbak, tapi 6 jam dr Sukabumi, kita berangkat jam 10-an dr Sukabumi, sampe Ujung Genteng jam 4 kurang dikit.. Emang bulu Babi ada isinya ya ? hehehe liat bulu babinya aja aku gak pernah Mbak. nah itu tuh.. aku juga cari2 buayanya di tanah lot gak ketemu, liat ke bawahnya aja udah ngeri banget

  32. kemping dong dan jalan2.. seminggu aja kurang tuh.. bosen kan di jkt lihat knalpot, macet, gedung2 mulu.. jadi seger bener deh melihat langit bersih hijau dimanamana, laut bertiup.. sensasinya lain banget.. ga bakal bosen juga kalu sebulan deh..

  33. tintin1868 said: kemping dong dan jalan2.. seminggu aja kurang tuh.. bosen kan di jkt lihat knalpot, macet, gedung2 mulu.. jadi seger bener deh melihat langit bersih hijau dimanamana, laut bertiup.. sensasinya lain banget.. ga bakal bosen juga kalu sebulan deh..

    waduh… kalo kemping seminggu mah susah bener deh dapet cutinya Mbak hihi.. pengen mah pengen, tp apa daya…

  34. buset perjuangannya berat banget ya Cho kesana? untung anak2 gak pada mabuk darat ya? dan ternyata pemandangannya bagus banget sih jadi gak nyesel..

  35. mamamedy said: buset perjuangannya berat banget ya Cho kesana? untung anak2 gak pada mabuk darat ya? dan ternyata pemandangannya bagus banget sih jadi gak nyesel..

    Berat sih engga Lan, cuma pegel pinggang aja. Anak2 gada capeknya. heran, Della juga anteng. Della mabuk darat pas pulangnya aja krn jalannya berkelok kelok lebih dr puncak pass deh. Cape nya terbayar sama view nya lah

  36. wah seru juga ceritanyatapi saya cuma cewek ber3 teh, agak takut juga krn belum tau medan di sana n belum booking penginapan, dadakan * sieun di takol mayarna * 😀

  37. pancaputri08 said: wah seru juga ceritanyatapi saya cuma cewek ber3 teh, agak takut juga krn belum tau medan di sana n belum booking penginapan, dadakan * sieun di takol mayarna * 😀

    Sok ka penginapan Pak Ujang neng. di sebelah penginapan abi nu kamari, aya penginapan nu per kamar, tahun kamari mah 200rb, teu nganggo AC, kipas angin hungkul. mudah2an moal di takol lah..cewek sadayana ? hadeeuhh ati2 oge upami naek ojeg ka lokasi penyu wengi na neng..

  38. pancaputri08 said: okeh , nuhun teteh :*

    sami2 Neng..wilujeng holiday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s