Arti sebuah komentar

Dulu sebelum punya Mp saya masih agak bingung dan merasa kurang kerjaan pake punya blog2 segala, kemudian atas informasi seorang teman dan setelah melihat2 teman saya itu begitu semangatnya buka2 MP, bales2 komen, kunjung mengunjuni MP teman2nya, kemudian meninggalkan jejak komentar di tulisannya,lama2 saya tertarik dan keliatannya seru juga.

Singkat cerita akhirnya saya pun menyukainya, suka posting, suka di komentari dan suka memberikan komentar di MP atau blog orang lain.

Ada perasaan senang dan tambah semangat jika tulisan atau postingan kita di komentari oleh pengunjung blog kita, tapi saya pun tidak kecil hati jika pengunjung blog saya tidak meninggalkan komentar, sekedar numpang lewat saja saya sudah senang. Tapi itu kan perasaaan saya, betul atau tidaknya atau bagaimana perasaan teman2 , pasti beda dengan perasaan saya.

Sebetulnya tujuan memberi komentar pada blog yang dikunjungi untuk menjalin ke akraban atau saling interaktif di dunia maya juga bisa menambah teman., apalagi jika postingannya berbentuk opini dan saling bersahut-sahutan antar sesama komentator akan semakin seru karena secara gak sadar kita terlibat di dalamnya dan ikut mencermati percakapan mereka.

Jadi dengan berkomentar di satu postingan, lambat laun antar komentator tersebut akan merasa sudah saling mengenal , istilah di MP yang saya dapat โ€˜sering ketemu di persimpangan jalanโ€™ dan kemudian saling add. Saya kemudian menyadari oo.. kontak saya banyak yang mutual juga di kontak teman saya si x ( sayangnya di MP gak bisa lihat mutual friend ya )

Kalau di WordPress atau di blogspot orang berkomentar tujuannya untuk saling tukar menukar link atau untuk meningkatkan ranking blognya dan sebagainya. Saya mah engga kepengen lah yang begitu, jumlah pengunjung diblog saya gak perlu di hitung, berapa kontak saya juga gak penting, percuma aja punya kontak banyak tapi kalau jarang nyapa.

Sebagai pemilik MP yang di kunjungi dan di komentari , saya merasa punya kewajiban moral sebagai tanda terima kasih saya dengan cara menjawab komentar2 yang masuk. Namun bukan berarti saya menganggap orang yang hanya mau menulis saja tanpa membalas komentar yang masuk di blognya adalah orang yang sombong, bisa jadi karena dia tidak punya waktu untuk mebalas komen atau tujuan nge-blognya beda dengan saya.
Setiap kali saya melihat ada komentar di postingan saya saya akan berusaha segera untuk menjawabnya itu semua untuk menghargai teman2 yang semua.

Jadi.. jangan lupa komen di sini yah .. setetes darah eh sebuah komentar anda sudah memberi semangat hidup bagi saya..

(saya balas komennya after meeting sampe sore hehehe)

Advertisements

70 responses to “Arti sebuah komentar

  1. iya memang bener..dan masalah komen di blog itu prnh jd gosip hangat diantara tmn2 gua di MP. Satu sisi ada yg berpendapat komen itu ga perlu..tp disisi lain ada yg beranggapan komen itu perlu, kan si empunya blog juga mau tau bagaimana seh tanggapan orang atas blognya…komen emang bukan sebuah kewajiban, tapi gua rasa itu “tata krama” warga MP ya jeng…..dulu gua jugak asal ngeblog dan ternyata ditanggepin wah itu sangat membahagiakan. Btw, thx ya jeng, ente kan salah satu komentator tetap di site ane…heuheuheue….

  2. fgsitorus said: iya memang bener..dan masalah komen di blog itu prnh jd gosip hangat diantara tmn2 gua di MP. Satu sisi ada yg berpendapat komen itu ga perlu..tp disisi lain ada yg beranggapan komen itu perlu, kan si empunya blog juga mau tau bagaimana seh tanggapan orang atas blognya…komen emang bukan sebuah kewajiban, tapi gua rasa itu “tata krama” warga MP ya jeng…..dulu gua jugak asal ngeblog dan ternyata ditanggepin wah itu sangat membahagiakan. Btw, thx ya jeng, ente kan salah satu komentator tetap di site ane…heuheuheue….

    wah, kalo komen yang kemudian berkembang jadi gossip, ane belom ngalamin hihi.. yah kalo di sitenya elo mah bisa jadi lah tu komen malah rame jadi gosip, bisa jadi juga komen2 jadi ajang perebutan cewek, mengingat dan menimbang banyak ‘duhai-duhai’ dirimu hehehehe.Iya Fel, bukan kewajiban, mo komen mo engga terserah aja, tapi menyenangkan orang laen kan pahala juga hehe.. Hahahaha.. gw serasa Paula Abdul deh jadi komentator tetap felicia Idol :-p

  3. ibuseno said: ‘duhai-duhai’

    haiyaaaaaaaaaaaaa………kagak di fb kagak di mp ada aja seh gua nemuin duhai kekasih-kekasih …doh untung pada akur…jgn sampe gua bikin paguyuban duhai kekasih2 neh…hahahah gian ketuanya hahahahahah….

  4. fgsitorus said:

    Gian jadi ketua krn paling tua ya hihihi.. piss ah Gi. :-p

  5. numpang baca, ya…salam kenal, bu…

  6. di MP komen2nya lebih personal karena basisnya pertemanan jejaring sosial n_n

  7. dhekawe said: numpang baca, ya…salam kenal, bu…

    Monggo Mas.. salam kenal juga ya, trima kasih sudah mampir

  8. anotherorion said: di MP komen2nya lebih personal karena basisnya pertemanan jejaring sosial n_n

    Setuju… semakin sering komentar, semakin terasa dekat (*kalo saya rasa nih *)Salam kenal Mas/mbak, trima kasih sudah mampir

  9. panggil mas aja bu, hihihisalam kenal juga

  10. anotherorion said: panggil mas aja bu, hihihisalam kenal juga

    Trima kasih Mas ORI hehehe… saya add ya..

  11. rio aja bu sama2 maturnuwun sudah di add

  12. anotherorion said: rio aja bu sama2 maturnuwun sudah di add

    Oh.. ok Rio ya bukan ORI, kalo ORI lawanya KW hehe, makasih juga sudah di approve

  13. ibuseno said: kalo ORI lawanya KW hehe

    hahaha iya bu tau aja sama2 ya bu

  14. ibuseno said: Sebagai pemilik MP yang di kunjungi dan di komentari , saya merasa punya kewajiban moral sebagai tanda terima kasih saya dengan cara menjawab komentar2 yang masuk. Namun bukan berarti saya menganggap orang yang hanya mau menulis saja tanpa membalas komentar yang masuk di blognya adalah orang yang sombong, bisa jadi karena dia tidak punya waktu untuk mebalas komen atau tujuan nge-blognya beda dengan saya.

    Setuju dengan yang ini mbak Icho, karena Mala juga begitu.Terimakasih sudah mampir ke site Mala : )

  15. anotherorion said: hahaha iya bu tau aja sama2 ya bu

    siippp..

  16. rezasmala said: Setuju dengan yang ini mbak Icho, karena Mala juga begitu.Terimakasih sudah mampir ke site Mala : )

    Wah, Mala berkunjung balik, trima kasih kunjungannya ya Mala..smoga dengan saling berbalas komentar kita semakin kenal ๐Ÿ™‚

  17. Sama-sama mbak Icho :)Semoga… ๐Ÿ™‚

  18. rezasmala said: Sama-sama mbak Icho :)Semoga… ๐Ÿ™‚

    siipp mala ๐Ÿ™‚

  19. Excellent web site you have here.. It’s hard to find high
    quality writing like yours nowadays. I truly appreciate individuals
    like you! Take care!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s