Masakan Solo ( Tengkleng & Soto Kwali )

Sebetulnya sudah beberapa kali saya mampir ke warung masakan solo nya Mas Yanto
ini Warung ini terletak di Jalan Raya Adam Malik, arah ke komplek Deplu
Ciledug Raya sebrang
kampus Budi Luhur.

Warung makannya sih kecil saja, Cuma ada 3-4 meja di sana.

Saya mulai ke warung mas Yanto ini sejak penataan warungnya biasa-biasa
saja sampai kemudian warungnya rada di hias sedikit artistic dengan
penambahan
kukusan di lampunya, atau batok2
kelapa di pingir jendelanya. Ternyata penambahan asesoris itu salah
satunya disebabkan karena selain mengelola warung itu, Mas Yanto juga
seorang design interior yang memiliki workshop d
i daerah rempoa. Yang mau bikin kitchen set atau penataan ruangan rumah bisa pesen beliau di warung makan ini.

Warung ini cukup ramai di siang hari, jadi saya agak malas ke situ kalau siang hari. Biasanya saya dan keluarga ke warung mas Yanto sore hari. Kalau mau minum es kelapa langsung dari kelapanya bisa pesan di sebelah warung mas Yanto ini.

Hebatnya masakan Mas Yanto ini, membuat Bapa Seno makan soto tengkleng dengan lahapnya dan selalu nambah porsi, bahkan minta bungkus untuk di bawa pulang. Begitu juga Seno dan Della yang sangat menyukai soto kwali. Seno yang biasanya gak suka sayur atau
daging , di sini makan Seno makan soto kwali termasuk toge dan dagingnya habis dalam sekejap. Itu disebabkan karena irisan dagingnyatipis, kecil dan empuk, jadi an
akk-anak tidak kesulitan untuk menggigitnya. Rasa kuahnya yang gurih dan aroma bawang goreng menambah selera makan.

Ibunya mah biasa aja… ngeliat anaknya makan dengan lahap juga sudah seneng, ibu Cuma seneng di ajak makan ke sebelah sanaan dikit.. ke warung makan sunda, dengan menu ikan bakar dan sayur asem..

Dan, karena Seno dan Della masih kurang puas makan di sana, mereka hari ini minta Ibunya masak Soto kwali, ini dia resepnya yang di berikan teman2 tercinta di milis.

RESEP TENGKLENG 1

hhtp://bankresep.wordpress.com/2007/03/22/tengkleng-solo/

Bahan:
100 gram daging kambing, potong 3×3 cm

100 gram iga kambing, potong-potong
100 gram jeroan kambing, potong-potong

100 gram daging kepala kambing, potong-potong
600 ml air
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
sdm minyak samin/mingak goreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 cm kunyit bakar
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
3 butir kemri
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Rebus daging, iga, jeroan dan daging kepala hingga lunak.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat lalu
masukkan ke dalam rebusan daging, rebus kembali.
3. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, dan jahe. Masak
dengan api kecil hingga air rebusan hingga tinggal 1/3 nya.

4. Sajikan hangat.

Untuk: 4 porsi

resep soto kual ( Dari Mamanya Mbak Yayuk )

-bawang merah, bawang putih, ketumbar n merica dihaluskan trs ditumis,
-stlh harum masukkan ke rebusan daging yg sdh dipotong2,
-tambahin daun salam, sereh, daun jeruk n belimbing sayur or klu gk ada bs diganti tomat hijau
-penyajiannya ditambah tauge…

Advertisements

13 responses to “Masakan Solo ( Tengkleng & Soto Kwali )

  1. =P~ kapan nyampe bogor nih bu sotonye, yg udah jadi aje ye kekekekek >:)

  2. waaa…asyik banget liat seno makan

  3. ummuauliya said: =P~ kapan nyampe bogor nih bu sotonye, yg udah jadi aje ye kekekekek >:)

    Tadi pagi sebelom ngantor udah mateng mi… mampir ke rumah gih

  4. bunda3f said: waaa…asyik banget liat seno makan

    Biasanya makannya males2 padahal May..

  5. Wadoh, pake jeroan kambing, serem..he..he..he..

  6. Jeroan kambingnya ganti daging sapi aja Ed..:-)

  7. mau yang udah mateng ajah bu, makasih resepnya

  8. elysiarizqy said: mau yang udah mateng ajah bu, makasih resepnya

    hehehe.. yg masak istrinya dong mas.. :-p

  9. ibuseno said: hehehe.. yg masak istrinya dong mas.. :-p

    sekarang minta buneseno ajah dulu, laper neh

  10. elysiarizqy said: sekarang minta buneseno ajah dulu, laper neh

    yuuukk.. mampir mas hihihi

  11. ibuseno said: yuuukk.. mampir mas hihihi

    mampir jam segini paling yo wes pean entekno

  12. hehehe…jauh…gak tau deh misua ku yang turunan jawa suka gak yaa…

  13. fadhilaharif said: hehehe…jauh…gak tau deh misua ku yang turunan jawa suka gak yaa…

    soook coba bikin dulu .. pasti suka :-p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s