Kebiasaan Menjelang Tidur

Mengingat ingat dan mengamati kebiasaan anak menjelang tidur, lucu2 juga ya. Berhubung punya anaknya Cuma 2 jadi ya Cuma 2 itu yang di amati dan di ingat. Kalau anak saya lebih dari 6 mungkin saya lupa apa aja kebiasaan anak2 saya menjelang tidur.
Kebiasaan anak menjelang tidur katanya harus di waspadai karena bisa berlanjut hingga dewasa, biasanya ini karena tidak ada larangan yang tegas dari orang tua.
Tapi ada juga yang bilang kebiasaan anak menjelang tidur mah hal yang biasa dan gak perlu di risaukan.
Kata seorang psikolog (LS Chandra SpKJ,) setiap orang pasti mempunyai kebiasaan tertentu. Kebiasaan seakan tak bisa dipisahkan dari diri seseorang karena menyangkut rasa nyaman dan aman. Begitu juga dengan kebiasaan menjelang tidur. Kesulitan tidur bisa menimbulkan masalah, karena tidur penting bagi metabolisme tubuh. Sepanjang tidak mengganggu orang lain dan perkembangan diri, kebiasaan itu tak jadi persoalan, Namun, untuk menghilangkan kebiasaan itu, rangtua harus melakukannya dengan bijaksana. Jika orangtua ingin menghilangkan kebiasaan itu, lakukan ketika anak telah mencapai usia enam tahun. Hal ini karena pada usia enam tahun kepribadian anak sudah terbentuk.

Berdasarkan pengalaman waktu Seno kecil, mamang bener koq kebiasaan menjelang tidur itu akan hilang ketika berumur diatas 6 tahun. Kebiasaan Seno menjelang tidur selalu kotek-kotek/garuk garuk perut ibunya yang ada benjolan sebesar kacang ( btw ini benjolan apa ya , belum di periksain ). Sambil matanya kriyep2, Seno akan lebih cepat tidur jika sudah mengaruk garuk perut ibunya.
Umur 6 tahunan, saat Seno sudah agak jarang tidur bersama ibunya dan sudah ada adiknya, kebiasaan itupun lambat laun berkurang dan hilang sama sekali.

Lain lagi dengan Della. Kebiasaan Della nyimut / ngemut jempol menjelang tidur sangat susah di hilangkan. Saya sudah berusaha menghilangkan dengan berbagai cara mulai dari tangannya di beri sarung tangan ( ketika masih bayi), kemudian di temple tensoplas sampai di beri brotowali masih juga gak mempan.
Sampai kemudian ketika Della berumur kira2 3 tahunan Della terserang sariawan dan gak enak ngemut jempol barulah kebiasaan itu hilang dengan sendirinya, saya cukup mengatakan bahwa sariawannya itu adalah akibat dari ngemut jempol.
Tapi sampai sekarang della masih punya kebiasaan menempelkan jempolnya ke bibirnya ( tetep gak berani ngemut jempol lagi).

Adalagi kebiasaan Della lainnya, yaitu selalu minta garuk-garuk di punggung sebelum tidur, sampe pegel tangan ibunya krn tangan kirinya kotak katik HP, tangan kanannya garuk punggungnya, Della belum juga tidur.





Untungnya sore tadi ketika ke Giant Kreo, ibu Della menemukan sebuah alat yang bisa membantu meringankan tangan dan membuat Della tidur nyenyak tanpa kehilangan garukan dan Ibunya pun dapat dengan santai buka facebook di hape.

.

Advertisements

19 responses to “Kebiasaan Menjelang Tidur

  1. heuheuheu, kade ah tah paranti ngagarukna hirup sorangan tengah wengi!

  2. hahahah… diberi brotowali… tak mempan, saya dulu sampai SD masing ngenyut jempol.. bekasnya masih ada hehehehe

  3. denysuwarja said: heuheuheu, kade ah tah paranti ngagarukna hirup sorangan tengah wengi!

    hiiiiiiii.. mana aya suanten na eta teh.. jiga jalmi ngahoek utah hihi

  4. agneswollny said: hahahah… diberi brotowali… tak mempan, saya dulu sampai SD masing ngenyut jempol.. bekasnya masih ada hehehehe

    sama dengan Della juga Mbak Agnes, bekasnya di jempol masih ada tuh, peot2 hitam gitu

  5. huahahhaa… initoh garukan punggungnya della yg baru… boljug tuh buat syahmi yg suka minta garuk garuk punggung juga ampe tangan emaknye gemporr kikikikikikkk..

  6. tokohany said: huahahhaa… initoh garukan punggungnya della yg baru… boljug tuh buat syahmi yg suka minta garuk garuk punggung juga ampe tangan emaknye gemporr kikikikikikkk..

    Iya Teh.. mayan gak bikin pegel tangan emaknya, hanya dengan Rp. 9.999 hihi

  7. della brenti ya minta garuknya, aku teh sampe skr belum bisa brenti minta digaruknya entah ama suami atau sama mamah hehe. pake apapun nggak ada yang bisa menggantikan tangan2 itu hehe

  8. ahahaha…sama dng Angie…harus di garuk dulu punggungnya sebelum bobo….nyari alat ini aah…biar g pegel 😛

  9. akuhanif said: della brenti ya minta garuknya, aku teh sampe skr belum bisa brenti minta digaruknya entah ama suami atau sama mamah hehe. pake apapun nggak ada yang bisa menggantikan tangan2 itu hehe

    Della masih minta garuk sampe skrng.. duuuh.. Ruli, jangan sampe deh Della seperti dirimu.. merepotkan sekali sampe gak bisa tidur kalo gak ada yang garuk hihihi

  10. mimihnyasyifa said: ahahaha…sama dng Angie…harus di garuk dulu punggungnya sebelum bobo….nyari alat ini aah…biar g pegel 😛

    Angie sama Della mesti toss nih hihi….

  11. Bu Seno ……….. anakku no 3 perempuan. Kalau tidur suka pegang ujung rambutnya kayaknya sampai sekarang. Yang nomer empat mahhhh pegang bantal bayi sampai 4 tahunan. Pulang kampung pun bantal yang sudah kumal itu dibawa naik pesawat….saya kira anak anak dengan kekhususan ini memiliki karakter yang kuat….

  12. kalo anak anakku mah susaaaaaah banget tidurnya..!

  13. @Pak Martin, ternyata putrinya Pak Martin jg punya kebiasaan yg unik. smoga aja kelak Della jg punya karakter baik yg kuat..

  14. @Ipad,Jd kumaha kalo teh kalo mau tidur? emaknya mesti ngerayu2 dulu dong.

  15. ibuseno said: @Ipad,Jd kumaha kalo teh kalo mau tidur? emaknya mesti ngerayu2 dulu dong.

    ngerayu rayu sampe marahin… tergantung anaknya, kalo belum ngantuk mah, biarpun emaknya setres sampe gimana juga tetep we…melektapi kalo udah ngantuk, diganggu gimana juga tetep merem

  16. Wakakaka… mamaku mana mau meluluskan permintaan garuk2 dan sebangsanya… Kalo aku dulu dikipasin sm bapakku sampe tertidur… Sekarang klo aku minta dikipasin sm mama, jawabnya palingan “tuh kipas angin gedein”…. =))=)) “saya cukup mengatakan bahwa sariawannya itu adalah akibat dari ngemut jempol. ” –> ntar aku bilangin ke Della ah kalo ibu boong…alesan ibu aja itu mah.

  17. fadhilaharif said: ngerayu rayu sampe marahin… tergantung anaknya, kalo belum ngantuk mah, biarpun emaknya setres sampe gimana juga tetep we…melektapi kalo udah ngantuk, diganggu gimana juga tetep merem

    hahaha.. dasar bocah sama aja atuh, kalo udah ngantuk mah biar di gugubrag juga gak bangun

  18. andracharoen said: Wakakaka… mamaku mana mau meluluskan permintaan garuk2 dan sebangsanya… Kalo aku dulu dikipasin sm bapakku sampe tertidur… Sekarang klo aku minta dikipasin sm mama, jawabnya palingan “tuh kipas angin gedein”…. =))=)) “saya cukup mengatakan bahwa sariawannya itu adalah akibat dari ngemut jempol. ” –> ntar aku bilangin ke Della ah kalo ibu boong…alesan ibu aja itu mah.

    Lha.. saiki mamah mu ya pasti emoh kipas2i hihi.. aku juga emoh kalo della dah gede minta garuk2 juga *week.. tante Andra maen dong ke rumah, ibu Della mau pesen nugget nih.. *

  19. Anak saya punya kebiasaan sebelum tidur itu ucek-ucek mata, bersin-bersin, batuk-batuk, mainin tangan dan kuku nya lalu garuk-garuk seluruh badannya. Mau masuk gerbang mimpi aja gak normal. Udah mau tidur eehh punya kebiasaan kaget-kaget juga. Aneh pokoknya. Saya aja sampai males lihat dan merasakan kebiasaan anak saya itu. Mohon tanggapannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s