Sunda Tangerang

Saya sebetulnya bukan urang sunda asli , ngaku2 aja urang sunda, karena bahasa daerah yang sedikit saya kuasai itu adalah bahasa sunda.. dan itupun saya kuasai karena masa kecil saya tinggal di daerah Tangerang.
Ada orang yang bilang Tangerang atau Banten sekitarnya itu bukan sunda.
Berdasarkan pengalaman teman lain ( di milis urang sunda ) yang pernah tinggal beberapa tahun di Banten, setelah Banten merdeka dari Jawa barat, terlihat ada 2 sikap diatara beberapa elit Banten (meskipun tidak mewakili masyarakat Banten pada umumnya ) merasa ada hubungannya antara Banten – Sunda. Dan menyebutkan bahwa Banten itu ya masih sunda juga, tidak ada bedanya dengan masyarakat sunda lainnya di Jawa Barat.
Meskipun Banten pisah dari Jabar, itu hanya pisah secara administrasi dan kewilayahan aja. Orang Banten tetap “penutur bahasa sunda aktif dan pelaku budaya aktif’
Sikap ke dua, terasa lebih bersemangat, karena ‘Banten bukan sunda”. Banten harus punya cirri khas tersendiri. Bahasa sunda banten atay bahasa jawa banten bisa dijadikan identitas mandiri. Begitu juga dengan kesenian, pakaian adapt Banten punya cirri tersendiri
Itu kata2 (di imel siapa ya saya lupa ) yang pernah saya baca di milis urang sunda.

Bagaimana menurut saya sendiri ?
Ah menurut saya mah, Banten , Tangerang dan sekitarnya ya termasuk Sunda juga.
Terserah orang priangan atau Jawa Barat sana bilang Banten bukan sunda, tapi orang Banten yang berbahasa sunda bisa nyambung kok ngomong sama urang sunda Jawa Barat. Perbedaan bahasanya tidak terlalu banyak kok, meskipun mungkin ada beberapa kata yang membuat olohok bengong warga jawa barat karena tidak mengerti maksudnya. Atau juga dialeknya yang terlihat lebih kasar (khas pendekar hehehe ) dibanding dialek orang Jawa Barat yang mendayu dayu. Dan buat saya sungguh menyenangkan bisa belajar bahasa Sunda dengan kedua dialek tersebut dan pemakaiannya saya sesuaikan dengan keadaan. Kalau berbicara dengan urang sunda Jawa Barat, maka saya mencoba sebisa mungkin untuk menggunakan bahasa sunda dialek jawa barat meskipun bagi mereka dialek saya terasa aneh di dengar, gak apa2 namanya juga belajar, itu sebabnya saya suka sekali milis urang sunda yang mewajibkan memposting dalam bahasa sunda. Dari milis itu juga saya belajar bahasa sunda halus dan hasilnya ketika bertemu keluarga saya dari Sukabumi atau Sumedang, mereka menilai bahasa sunda saya sudah lebih gaya dan meliuk-liuk dibanding waktu saya SMA.

Kenapa.. ya dulu bahasa sunda yang saya pakai bahasa Sunda Tangerang.. bahasa sunda ala Banten.

Tadinya saya merasa senang saya semakin bisa berbahasa sunda ala Jawa Barat, tapi kemudian berubah menjadi sedih karena merasa kehilangan bahasa sunda ala Tangerang.
Ketika melihat anak-anak bibi saya yang dulunya berbahasa sunda Tangerang, sekarang sudah tidak lagi menggunakan bahasa sunda Tangerang. ( kalo di keluarga saya Cuma satu kakak saya yang gak berbahasa sunda sejak kecil , lainnya berbahasa sunda Tangerang sampai sekarang ). Kemudian teman-teman SMA saya yang dulu masih berbicara bahasa sunda, sekarang tinggal beberapa orang saja yg masih berbahasa Sunda Tangerang diantaranya teman saya Alul namanya. Alul sejak SMA sampai sekarang tetap konsisten berbahasa sunda Tangerang dengan teman-temannya termasuk dengan saya, meskipun mungkin di sebagian telinga orang-orang yang mendengarkan kita bercakap cakap ketika makan di lippo karawaci yang mayoritas penduduknya bukan orang Tangerang asli tapi saya dan Alul cuek dan tetap berbahasa Tangerang.

Sayangnya ketika saya tanyakan ke Alul apakah anak-anaknya berbahasa Tangerang juga ? dia bilang ‘jeeeuuu hese cho,nyana mah embungeun make bahasa sunda, isineun jasaaa,’
Ada tambahan ‘jeeeuu’ dan ‘jasa’ yang khas dari bahasa sunda Tangerang yang membedakan dengan bahasa sunda Jawa Barat.
Demi kecintaan saya pada bahasa Tangerang, setiap kali bertemu teman SMA yang mayoritas orang Tangerang asli, sekarang saya biasakan berbahasa sunda Tangerang.

Sedikit perbedaan bahasa sunda Tangerang / Banten dan sekitarnya dengan bahasa sunda Jawa Barat yang saya ingat ( *urutannya , sunda tangerang – sunda Jabar – Indonesia)

Kebel = Lila = Lama
gati = Hese = susah
ja = Da = mah
marah = ngambek
tilok = tara = tidak
haliwu = rebut = repot
lalagaan = loba gaya = banyak gaya/becanda
Embung = alim = gak mau
Engke = engkin = nanti
Nyana = anjeuna = dia
Aing,urang = abdi = saya
Lamun=upami= kalau
Kekenceng=katel=penggorengan
Noong = ningali = melihat
Geura = geuwat = cepat
Laju = terus = selanjutnya
Amat = Pisan = sangat
Hakan = tuang/dahar = makan
Dangdeur = sampeu = singkong
Pan = naha = kenapa

Ini bahasa sunda daerah serang dan sekitarnya
doang = siga = seperti
buri = Tukang = belakang
cacahan = Ngobrol = ngobrol
endung = embung = gak mau
dia = anjuen = kamu
jojodog= dingklik

Ayo yang ngaku orang Tangerang asli ada yang mau ditambahin gak bahasa sunda Tangerangnya ?





Advertisements

49 responses to “Sunda Tangerang

  1. komo deui sayah mah ngarti Sunda teh dari pergaulan dan di sekolah ajah. Jadi ngga terlalu banyak ngarti Sunda sebenernya mah…hehehehe

  2. senang ya bisa berbahasa daerah…

  3. Sampurasun, kulan…..Aja klalen……..tilok hakan dangdeur ngaing mah he he he he…..Cag ah…sunda awaking, sunda pakusarakan…….

  4. ooo .. *manggut-manggut..Gue kalo ketemu temen sama-sama org jawa juga prefer berbahasa Jawa.. lebih akrab gituhh,,

  5. fadhilaharif said: komo deui sayah mah ngarti Sunda teh dari pergaulan dan di sekolah ajah. Jadi ngga terlalu banyak ngarti Sunda sebenernya mah…hehehehe

    Oh.. kirain di rumah dan sekitarnya pake bhs sunda oge Teh, kan sukabumi tea hehehe

  6. duniablue said: senang ya bisa berbahasa daerah…

    ya.. dkit2 Ika, Kalo Ika bahas daerahnya apa ?

  7. idjatnika said: Sampurasun, kulan…..Aja klalen……..tilok hakan dangdeur ngaing mah he he he he…..Cag ah…sunda awaking, sunda pakusarakan…….

    rampes.. kula mah rek ngahakan dangder nu di kulub bae ah

  8. riffat said: ooo .. *manggut-manggut..Gue kalo ketemu temen sama-sama org jawa juga prefer berbahasa Jawa.. lebih akrab gituhh,,

    gw juga kalo ketemu orang jawa ya gw usahaib berbahasa jawa Dameskipun setelah itu gw terbengong bengong gak ngerti hahaha

  9. Ika ngerti bahasa Jawa, tapi gak bisa ngomongnya,Bu… Pas ketemu Ida Riffat aja tuh baru mulai nulis dikit2 pake bahasa Jawa. Itu aja masih banyak salahnya, belum lagi kalo niru aksen Jawa Timuran, makin ancur deh,hehehe…

  10. jeeuu , wedeee ….bikang aing keur daang ….ha..ha…Saya orang bogor ….sudah menetap di Citra Raya Sejak 2005 …tapi tinggal di tangerang sejak 1997 ….. selalu saja tersenyum2 kalo denger orang asli tangerang ngobrol…. yg menurut bahasa sunda terdengar sangat kasar dan (maaf) bahasa sunda pasar …yg paling ngga saya suka tuh kalo nyebut istri atau pacar ..di sebutnya bikang ..karena menurut bahasa sunda itu artinya betina (bahasa untuk binatang)

  11. jasa tuh setahu saya artinya banget …. contoh sok jasa = sok bangetpas jasa = pas banget

  12. duniablue said: Ika ngerti bahasa Jawa, tapi gak bisa ngomongnya,Bu… Pas ketemu Ida Riffat aja tuh baru mulai nulis dikit2 pake bahasa Jawa. Itu aja masih banyak salahnya, belum lagi kalo niru aksen Jawa Timuran, makin ancur deh,hehehe…

    Wah, bagus dong Ida Riffat mah emang jagonya boso jowo hihi. Aksen jawa timuran asik lho di dengernya, akrab gitu

  13. 171273aa said: jeeuu , wedeee ….bikang aing keur daang ….ha..ha…Saya orang bogor ….sudah menetap di Citra Raya Sejak 2005 …tapi tinggal di tangerang sejak 1997 ….. selalu saja tersenyum2 kalo denger orang asli tangerang ngobrol…. yg menurut bahasa sunda terdengar sangat kasar dan (maaf) bahasa sunda pasar …yg paling ngga saya suka tuh kalo nyebut istri atau pacar ..di sebutnya bikang ..karena menurut bahasa sunda itu artinya betina (bahasa untuk binatang)

    Waduh kang aa.. eta bikang kunaon di bere daang dangdeur hahahahaYah begitulah Aa, suka gak suka ya dengernya, krn bagi mereka yang di sana pengucapan yg dianggap kasar buat sebagian telinga buat mereka mah biasa heheoh iya bikang buat binatang ya hihihi.. ampun juga deh

  14. 171273aa said: jasa tuh setahu saya artinya banget …. contoh sok jasa = sok bangetpas jasa = pas banget

    Iya A.. jasa = Banget

  15. Klo bhs sunda saya mah msh ngaco teh:-D

  16. siantiek said: Klo bhs sunda saya mah msh ngaco teh:-D

    campur bahasa Padang ya Nan hihihi

  17. yg paling khas ya ituuuu…jasaaaaa….cantik jassaaaa…lama jassaaaa…hahaha

  18. dinoflove said: yg paling khas ya ituuuu…jasaaaaa….cantik jassaaaa…lama jassaaaa…hahaha

    Koq tahu ?? emang Mbak Diah tinggal di mana ?

  19. ibuseno said: Koq tahu ?? emang Mbak Diah tinggal di mana ?

    daku kan di cipondoh teh tp abis nikah dulu penrnah ngontrak setahun di teluk naga kp.melayu..dohh msh kampung bgt. ya tiap hari denger omongan kek gini. hehe

  20. dialeknya belum pernah dengar, tapi kalo pilihan kosa katanya unik juga…paling kalo ketemu/ ngobrol sama orang dari Serang, Rangkas…unik 🙂

  21. Medy di sekolahnya ada pelajaran bhs Sunda, secara tinggal di Bekasi, gak tau deh Sundanya dr mana, sunda Bekasi kalee

  22. dinoflove said: daku kan di cipondoh teh tp abis nikah dulu penrnah ngontrak setahun di teluk naga kp.melayu..dohh msh kampung bgt. ya tiap hari denger omongan kek gini. hehe

    Oh iya ya.. Ocip ( Orang cipondoh ), tuh tetanggaan sama Kang Adi hihiKalo Teluk naga dan kampung dangdut malah lebih aneh lagi. itu agak2 betawi juga

  23. kawandee said: dialeknya belum pernah dengar, tapi kalo pilihan kosa katanya unik juga…paling kalo ketemu/ ngobrol sama orang dari Serang, Rangkas…unik 🙂

    Kalo sekarang2 mungkin udah menjelang hilang kang, paling oprang2 tua aja yg masih ngomong dengan dialek sprt ini..

  24. mamamedy said: Medy di sekolahnya ada pelajaran bhs Sunda, secara tinggal di Bekasi, gak tau deh Sundanya dr mana, sunda Bekasi kalee

    Medy bisa gak bahasa sundanya ? kalo gak bisa les aja sama ibu seno hehehekebalikan dari Seno nih, Seno di sini temennya banyak orang Batak, secara rumahnya deket kampung batak, jadi ngitung aja pake bhs batak

  25. Sampurasun lur! Hebat amat euy hatur nuhun pisan!

  26. kang, kalo mau tau tanggerang berbahasa sunda di daerah mana, soalnya setahu saya tanggerang mah umumnya menggunakan bahasa betawi sama bahasa banten

    • Masih banyak koq, daerah Grendeng, sukasari, babakan, kali pasir, itu masih berbahasa tangerang. Serpong, Cisauk, dsk juga berbahasa sunda tangerang

  27. ho oh aing geh sunda asli jing . ja aing mah budak serang. haha

  28. tangerangna d mna

  29. Ilok kitu ari siak/maneh/ente (tergantung situasi) cicing bae bisa meunang duit? Ja kabeh geh kudu neangan pagawean ari hayang meunang duit mah,abong-abong karak boga pamajikan nu kaya,ulah ngajogrok jeung gegares bae di imah …hehe nambahin ja.

  30. Kata2 macem ilok,bae,jasa,embung,engke,geura,tilok,gegares,ngejogrok,haliwu,tessi,madang/ngawadang,euweuh,ja,amat,abong-abong,sambilan/sembilan,siak,aing,kabeh,cicing,karak,naon,pamajikan,hese,reseup,udah biasa didenger & diucapkan sehari-hari ma emak sy,hehe. Jd kl mnurut sy mah sunda tangerang berbeda dengan bahasa sunda lainnya,trmasuk ada kesamaan/campuran dengan bahasa betawi diantaranya kata gegares,ilok,bae,abong-abong,tissi/tessi,reseup,madang

  31. Lamun baheula Jawa Barat hanteu dijajah ku Jawa Mataram, basa Sunda Jabar bakal sarua reujeung basa Sunda Banten (Asli)…. Hidup BANTEN/Sunda asli!!!!!

  32. Ceuk saha basa sunda Banten eta kasar? Aya oge anu alus di tataran Kabupaten Pandeglang sareng Kabupaten Lebak. Abdi oge urang Kabupaten Lebak (Kec. Bayah) henteu kasar basa sunda na, tengah-tengah, kasar henteu alus henteu, kumaha dia bae dak, rek ngomong naon oge.
    Bahasa asli Banten yaitu Sunda. Adapun sebagai kota Serang, Cilegon dan pesisir pantai utara berbasa Jawa, itu karena mereka adalah pendatang ketika pada masa Kerjaan Pajajaran, Banten yang merupakan wilayah Kerjaan Pajajaran diserang dan direbut serta diduduki oleh pasukan dari Cirebon dan Demak dalam rangka ekspansi penyebaran agama Islam.

  33. Jasa artinya apa? Apa cuman tanpa arti?

  34. Pohara jasa apa ya.. 🙂

    • aku gak tau itu pohara apaan artinya hahaha

      • Pohara jasa itu bisa di artikan berlebihan sekali / berlebihan banget. Wkwkk.
        Aing orang sunda Tigaraksa yeeh. Ari diperhatiken mah emang beda sunda Tangerang jeng Pandeglang ato jeng nu lain mah, orang pandeglang papelongoan aing ngomong sambilan/sembilan jeng nyana/enyana, ja di ditu mah makena salapan jeng manehna.
        (Sunda Tangerang beda jeng sunda nu sejen ti Banten.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s