Gajah vs Ibu Della

masih inget Bona ? Gajah kecil berbelalai panjang di majalah BOBO ?
Lucu ya…warnanya Pink, Ginuk2 dan baik hati.
Della seneng sekali kalau dibacakan cerita tentang Bona di majalah Bobo
Dalam Bayangan Della Gajah itu binatang imut yang lucu. Bukan binatang yang besaaaaar.
Padahal Della pernah saya ajak ke Gembira Loka dan saya kenalkan dengan Gajah.

Ibu Della mau sedikit menjelaskan tentang binatang besar ini
Di Indonesia Habitat Gajah bisa ditemui di daerah Sumatra dan Kalimantan, ini yang paling jauh. Untuk yang di Jakarta Gajah bisa kita lihat di Ragunan, jauhan dikit kita bisa lihat
gajak di Taman Safari Indonesia.

Gajah Sumatera berwarna coklat gelap sampai mendekat hitam. Kedewasaan ditunjukkan dengan warna kulit dengan bintik-bintik coklat terutama pada telinga dan leher. Bentuk dan ukuran telinga gajah adalah segitiga dan kecil.
Tinggi gajah jantan dewasa yang ada di Lampung dapat mencapai 3 meter.
Berat gajah jantan dewasa mencapai 4 ton,
sedang anak gajah yang baru dilahirkan mempunyai berta 75 – 100 kg.
Balalai gajah pada saat tidak aktif dapat mencapai tanah dari tempat gajah berdiri.
Belalai dapat berfungsi sebagai alat pencium peraba.
Belalai juga berfungsi untuk mengambil air minum, memilki kapasitas (daya hisap)
mencapai 7 – 10 liter air.
mereka makan daun-daunan atau umbut-umbut muda dan berbagai macam palma,
tanaman merambat atau rumput-rumputan. Mereka juga suka tanam-tanaman pertanian
seperti jagung, pisang sehingga untuk mendapatkan makanan seringkali mereka menyerbu daerah pertanian.

Gajah mencapai dewasa kelamin pada umur 10 – 12 tahun.
Dalam satu kelompok hanya satu gajah jantan yang berhak mengawini betina yang birahi.
Kehamilan gajah dapat diketahui dari tegangan kulit perut.
Masa kehamilan gajah sampai melahirkan adalah 20 – 22 bulan.
Sifat kelahiran tunggal dan anaknya menyusui melalui kelnjar susu.
Masa menyusui anak sampai kira-kira anak gajah berumur 2 tahun atau paling tidak sampai gajah betina hamil lagi

Itu tadi tentang Gajah..

Sekarang saya mau cerita dikit tentang Ibu Della.

Ibu Della bisa ditemui di Pulau jawa khususnya di Jakarta, atau dimana2 saja sesuai perjanjian, Ibu Della berwarna sedikit kecoklatan
Kedewasaan Ibu Della bisa ditunjukkan dari raut wajahnya dan dari rambutnya ( liat ada yg arna putih ga..)
Sedikit persamaannya dengan gajah, ibu seno juga punya beberapa bintik hitam di hidung dan di tangan ,bintik hitam tahi lalat
Tinggi Ibu Della sampai saat ini sudah mencapai 1/2 dari tinggi Gajah,berat badangnya sih cuma 72Kg, lebih 10 Kg dari berat ideal seorang Luna Maya
Ibu Della tidak punya belalai untuk alat pencium atau peraba.

Ibu Della juga suka daun-daunan terutama daun sampe, daun pepaya, daun tespong dan daun popohan sebagai lalab.
Masa kehamilan Ibu Della biasanya 9 bulan pas, bahkan bisa kurang dikit, sifat kelahirannya
mendadak di kelahiran anak pertama dan sudah ditentukan di kelahiran anak ke dua.
Sayangnya Ibu Della tidak bisa meyamai masa menyusuinya dengan gajah,
Ibu Della hanya menyusui Della dengan ASI selama 8 bulan dan memberi ASI buat
kakak Della selama 1 tahun.
Dari Tulisan dan gambar tentang Gajah dan Tentang Ibu Della di atas, bisa disimpulkan bahwa Gajah dan Ibu sangat jauh berbeda, bandingkan Deeee… Ibu yang langsing dengan Gajah yang amit-amit gemuknya
Jadi semoga gambaran di atas bisa sedikit memberikan jawaban atas pertanyaan Della
yang menohok ibu tadi pagi.

Pertanyaan Della tadi pagi adalah ‘GAJAH SAMA IBU BESAR MANA BU ?’

Note: tulisan tentang gajah diambil dari http://www.menlh.go.id

Advertisements

24 responses to “Gajah vs Ibu Della

  1. mudah2xan Della ngga minta dijelasin ulank ya…

  2. nanya juga ahh…..: duluan siapa yang lahir, Gajah atau Ibu Della ??? ^_^

  3. heuheu Della…Della..makin pinter aja :)jd tiap malem masih ngadongeng nya teh?ngadongeng sambil chat heuheu

  4. jawabannya pasti gedean dela!

  5. wakakakkakaka ga nahan buat ketawa ngakak … kalo dibandingin Bona sih gedean ibu Della..qeqeqeqeeq

  6. frendhie said: mudah2xan Della ngga minta dijelasin ulank ya…

    Semoga sih Della gak ngomongin Gajah lagi Frend.. sensitip soalnya

  7. renggaa said: nanya juga ahh…..: duluan siapa yang lahir, Gajah atau Ibu Della ??? ^_^

    Yang lahir duluan anak gajah hehehe

  8. denysuwarja said: jawabannya pasti gedean dela!

    Wah.. kang Deny lepat euy.. coba jawabna kitu nya hehehe.. hebat Pak Guru mah paling bisa ngeles deh ..:-)

  9. pancaputri08 said: heuheu Della…Della..makin pinter aja :)jd tiap malem masih ngadongeng nya teh?ngadongeng sambil chat heuheu

    Cuma bacanya belom pinter juga nih.. mana udah 4 Guru di sekolahnya di rayu suruh ngasih les gak pd berani krn terbentur peraturan.. jadi weee bacanya masih heseeeeKalo dongeng menjelang tidur mah itu ritual wajib neng..sambil nge-chat eta oge wajib hehehe

  10. rumahnyaalsa said: wakakakkakaka ga nahan buat ketawa ngakak … kalo dibandingin Bona sih gedean ibu Della..qeqeqeqeeq

    Iya.. mestinya tadi gw lebih spesifik tanyanya.. Gajah mana ? Gajah Bona atau Gajahmada ya…

  11. =)) LOL akyu jawabin sini Del… Jgn tanya ibu, ntar salah logh jawabnya =))

  12. Belum bisa baca aja udah kreatif banget. Hati hati tuh kalo udah pinter baca… hehehehe…. 😀

  13. ummuauliya said: =)) LOL akyu jawabin sini Del… Jgn tanya ibu, ntar salah logh jawabnya =))

    Tante Ami juga pasti sesat deh jawabnya 🙂

  14. fadhilaharif said: Belum bisa baca aja udah kreatif banget. Hati hati tuh kalo udah pinter baca… hehehehe…. 😀

    Hehehe.. pertanyaan mengejutkan akan lebih banyak ya teh

  15. uwahahahahahahahaa.. della.. della.. kebayang si ibu nulis sambil gondok hehehe

  16. akuhanif said: uwahahahahahahahaa.. della.. della.. kebayang si ibu nulis sambil gondok hehehe

    hehehe.. kemaren2 masih gondok Mamah hanif.. skrng udah gak lagi

  17. =)) Ketawa ngakakDaleem pertanyaan nih Teh…hahahaha…*Untung yg nanya anak sendiri, kalau gak @$#%#%*

  18. mumsmile said: =)) Ketawa ngakakDaleem pertanyaan nih Teh…hahahaha…*Untung yg nanya anak sendiri, kalau gak @$#%#%*

    Dalem dan menusuk ya Mel hehehe.. kalo yang nanya bukan anakku ta sobek sobek deeeeeeh

  19. anak gajah ama gw BETIIII 😦

  20. rinirusli said: anak gajah ama gw BETIIII 😦

    hahahahaha… TOSSSSS….

  21. Hahahah…. ** ngeloyor pergi, gak jadi komen **

  22. andracharoen said: Hahahah…. ** ngeloyor pergi, gak jadi komen **

    hahahaha… serasa menertawakan diri sendiri ya Ndra… piss ah.. !

  23. Aduuhh masa dibandingin sih bu? :pTp aku jg suka sama bona jaman kecil dulu. Toss deh sama Della..

  24. kartikaihsan said: Aduuhh masa dibandingin sih bu? :pTp aku jg suka sama bona jaman kecil dulu. Toss deh sama Della..

    Bona dari dulu berarti gak gede2 ya Ka… hihihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s