Nyontreng lah teman !!

“Gw gak ikut pemilu, KTP gw pematang Siantar bo, ongkosnya mahal” kata temen kantor saya

“Gw gak milih ah.. mo touring , sayang kan libur panjang” kata salah satu temen komunitas motor

“Gw mau pulang kampung, kan libur paskah, harus kumpul keluarga besar” kata salah satu temen kantor lama via YM

“Gak nyontreng ah tante, bingung, pilihannya banyak bener, Partainya banyak, Calegnya banyak, kertas suaranya gede bener” kata salah satu ponakan yang pemilih pemula

“I hate partai X bikin gw dimarahin boss karena telat datang 1 jam ke meeting gara2 kampanye, gw bertekad gak akan ikut pemilu” demikian salah seorang teman saya di status FB nya

“Bu.. pemilu di Sukabumi aja ya, tergantung nanti kalo dapet undangan kita nyontreng, kalo engga ya udah liburan aja di sana “ haaaa ??? ya ampuun si Bapa Seno juga ternyata ada di antara orang2 yang ragu untuk ikut pemilu kali ini.

Itu cuma sepersekian saja cerita teman saya yang berniat golput, sebetulnya hati saya agak rela dan sedih juga kalau ada yang golput meskipun golput adalah hak setiap orang
Dan meskipun tidak ada ayat Al Quran yang mengatakan ‘Barang siapa golput akan masuk neraka” dan gak ada ayat Al Kitab yang mengatakan ” Yesus bersabda kepada umatnya supaya tidak golput”
Demokrasi memang bukan Ideologi, tapi coba deh sedikiiit aja dipikirkan nasih bangsa ini, pasti gak kepengen kan Bangsa kita dipimpin oleh orang yang tidak mampu mengubah nasib bangsa cuma karena kita gak milih.

Kalau memang tidak ikut nyontreng karena ketidak tahuan dan kebingungan dalam memilih, ayo mulai pelajari aturan pemilu 2008, mumpung belum terlambat untuk mempelajarinya, coba analisa dan kenali caleg pusat dan daerah anda, pilih aja yang mana yang paling baik, kritis, cerdas dan bertanggung jawab meskipun mungkin terasa sulit, minimal mendekati ke arah itu.
Jangan tergoda bujuk rayu dari caleg-caleg atau tim sukses yang umbar janji di kampanye, lihat hasil kerja nyata partainya, jangan lihat foggingya atau paket sembakonya .

Trus ikuti juga step by step ( gak pake oh beibeh.. ) tahapan pemilu mulai dari pemasangan poster2 caleg yang sempat bikin kita muak ( ini aja sudah termasuk mengikuti salah satu tahapannya lho ), lihat dan amati kampanyenya partai mana yang paling elegan dan menarik simpati masyarakat ( jangan lihat artis penggembiranya yaa.. ).
Dengan ikut tahapan2 sampai situ aja minimal kita bisa merasa bahwa kita ikut serta didalam proses itu dan tahapan proses itu gak akan di ulang lagi lho.. nanti 5 tahun kedepan baru berulang lagi.

Kalau mau lebih serius lagi untuk mencontreng pilihan dengan benar dan kita masih belum yakin dan belum tahu partai mana dan siapa caleg yang akan di contreng, ayo mulai ikut kumpul2 atau buat kelompok orang2 terdekat ( yang sudah punya hak pilih) , sama2 belajar dan bertanya secara periodik kepada orang yang punya potensi untuk memberi penjelasan yang benar, gak ada salahnya kalau salah satu caleg mencoba ikut memberi pengarahan, akan lebih baik lagi kalau lebih dari satu caleg dan dari partai yang berbeda.

Kalau ketidak inginan memilih karena punya alasan siapapun yang dipilih gak ngaruh buat gue dan keluarga gue.. saya cuma menghimbau semoga segera sadar bahwa suara yang diberikan bukan hanya berpengaruh untuk dirinya, tapi untuk masyarakat

Dan mungkin beribu alasan lain yang teman2 miliki untuk golput , tapi tetap saya himbau untuk tidak golput di pemilu 2009 ini dan semoga kaum golput kali ini semakin berkurang.

Trus.. bagaimana dengan elo cho ?
Insya Allah saya gak akan golput dan akan nyontreng sesuai dengan pilihan dan hati nurani saya.. ..

Tapi mana undangan nyontrengnya yaaa….. KTP saya masih beralamat rumah ortu..

Advertisements

22 responses to “Nyontreng lah teman !!

  1. hebat bu, pembelajaran politiknya mantapp…harusnya memang begitu, kalo bingung ajakin temen2 suruh belajar kelompok nyari partai/calon yang paling bagus, saling cari informasi…jangan nyerah terus golput….yang bikin negara ini rusak karena yang menang yang itu-itu aja, makanya gak pernah berubah… saatnya cari yang baru dan yang bagus

  2. ibuseno said: Trus ikuti juga step by step ( gak pake oh beibeh.. )

    masih inget NKOTB juga yeee….

  3. kadang kesadaran aja susah, apalagi ikut berpartisipasi…

  4. aku gak akan menyianyiakan hak pilihku, ketimbang suaranya dipake yang enggak enggak.

  5. Golput juga hak masing2 wni, tapi kalo negeri ini carut marut lagi.. Yg golput jangan cerewet nyalahin para aleg ya…!

  6. Betul kang, saya juga masih cari2 informasi koq meskipun kadang tambah bingung, yg penting hati kecil punya keyakinan pd satu partai dan calegnyaDan bener banget cari yang baru kalau gak puas dengan yang lama..jangan takut perubahan

  7. hehehehe.. inget Jordannya aja sih

  8. utara19 said: kadang kesadaran aja susah, apalagi ikut berpartisipasi…

    sayang sekali ya mas ut, banyak yang masih pingsan alias belom sadar..

  9. elkaje said: aku gak akan menyianyiakan hak pilihku, ketimbang suaranya dipake yang enggak enggak.

    Good Mbak.. bener banget dari pada suaranya dipake yang lain dan pilihannya yang engga2 . persis sprt yang ibu saya bilang

  10. kenami said: Golput juga hak masing2 wni, tapi kalo negeri ini carut marut lagi.. Yg golput jangan cerewet nyalahin para aleg ya…!

    Iya bener kang..jangan bekoar-koar nyalahin caleg tapi gak ikut nyontreng yaa

  11. tanggung ah nyontreng, caleg yang dipilih digambari kumis aja.. 😀

  12. Pinginnya sih nyontreng, tapi sama kayak Teh Icho, kok belum dapet undangan ya?

  13. feodal said: tanggung ah nyontreng, caleg yang dipilih digambari kumis aja.. 😀

    kalo caleg cewek di gambari kumis juga kah ? jadi gagah jelita dong 🙂

  14. melisaoktavia said: Pinginnya sih nyontreng, tapi sama kayak Teh Icho, kok belum dapet undangan ya?

    tadi sudah di cek ke rumah ortu, ternyata memang belum ada undangannya mel, baru nanti malam ada rapat sosialisasi pemilu tingkat RT

  15. gonna get to you girl eeellll. bener ga sih hehehe

  16. Hahaha.,percaya pada hati nurani aja cy,tp tetap nyontreng ya,

  17. Masih bingung. Dari dulu sudah bingung sampe sekarang masih ling lung.

  18. mumsmile said: Masih bingung. Dari dulu sudah bingung sampe sekarang masih ling lung.

    kalo banyak bingung.. ati2 nyemplung hehehe.. piss ah.. met bingung kalo gt

  19. pengen ikut tapi..ga kedaftarr

  20. chinduk said: pengen ikut tapi..ga kedaftarr

    Dan Punya KTP gak ??

  21. aku pilih partai yg ga kebanyakan keluar duit buat iklan

  22. lusianahartono said: aku pilih partai yg ga kebanyakan keluar duit buat iklan

    partai yg ngirit ya Lus..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s