Perih Bahasa Seno

Besok Seno ulangan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, PLBJ dan Matematika
Untungnya matematika sudah ibu berikan soal kemarin, soal tentang pecahan.
Kelihatannya Seno sudah agak menguasai, tinggal poles sedikit untuk materi pecahan terkecil ( dulu KPK dan PPB kali yaa.. )

Soal PLBJ dan Bahasa Indonesia belum di buat. Jadi malam ini pulang kerja dan dengan rasa masih gondok karena cape pulang kerja lihat keadaan rumah dan anak2 yang gak beres, ibu Seno bikin soal PLBj dan Bahasa Indonesia.

Untuk PLBJ rasanya tidak terlalu sulit, temanya Rumah Sehat.. dan terbukti dari 40 soal Seno salah 6 soal, belum bisa bedakan mana ‘rakbol dan karbol’ dan belum lengkap apa saja alat untuk mengepel lantai ( kurang embernya ).. embeeeerrr !!!

Bahasa Indonesiapun rasanya gak sulit yah, paling juga persamaan kata, lawan kata, arti kata dan penuisan huruf dan tanda baca aja.
Berhubung di lihat dibuku paket tematik 3F dan di diktat sekolahnya sudah ada peribahasa, maka Ibu Senopun menyelipkan soal peribahasa di soal yang diberikan untuk Seno.
Sementara Seno mengerjakan soal, Ibu mengerjakan tugas ibu yang lain,( buka FB.. buka MP, Buka Gmail dan YM.. )

Akhirnya tugas Bahasa Selesai, dari soal2 yang diberikan persamaan kata, arti kata, lawan kata dan membuat kalimat hampir semua benar. cuma di peribahasa hasilnya ancuuuurrrrrr.
soal dan jawaban Peribahasa Seno begini :
1. Air susu dibalas air beriak
2. Air beriak tanda akan hujan
3. Bagai air di daun hijau
4. Ada udang dibalik batu ( ini bener..)
5. Malu bertanya pada yang pintar
6. Berakit rakit kehulu dan ke hilir
7. Habis manis sepah pahit
8. Besar pasak dari pada kecil
9. Kebaikan dibalas dengan kejahatan,
peribahasanya adalah air susu dibalas dengan air kotor
10 . Mempunyai maksud tersembunyi,
Peribahasanya adalah Rahasia
11. Bagai air di daun talas, arti peribahasa ini adalah dibalas dengan menggali air
12. Besar pasak dari pada tiang, arti peribahasa ini adalah menjual dibalas dengan membeli

Ampuuun..deh Sen, Ibu gak menduga Seno gak ngerti sama sekali peribahasa.
Ibu tanya ke Seno apa belum di ajarkan peribahsa ? padahal di buku paket dan diktat ada. Seno bilang pernah denger2 aja. lho..
Penasaran.. Ibu sms ke guru kelas Seno, tanya apakah siswa sudah diajarkan peribahasa dan artinya ? Jawab bu guru ‘belum’

O.. .Ibu jadi tenang, Seno ikut senang karena tidak ada yang meradang

Advertisements

13 responses to “Perih Bahasa Seno

  1. heuheuheu…Seno salamet πŸ˜€

  2. ibuseno said: 1. Air susu dibalas air beriak2. Air beriak tanda akan hujan3. Bagai air di daun hijau4. Ada udang dibalik batu ( ini bener..)5. Malu bertanya pada yang pintar6. Berakit rakit kehulu dan ke hilir7. Habis manis sepah pahit8. Besar pasak dari pada kecil9. Kebaikan dibalas dengan kejahatan, peribahasanya adalah air susu dibalas dengan air kotor10 . Mempunyai maksud tersembunyi, Peribahasanya adalah Rahasia11. Bagai air di daun talas, arti peribahasa ini adalah dibalas dengan menggali air12. Besar pasak dari pada tiang, arti peribahasa ini adalah menjual dibalas dengan membeli

    nyobian ngeusian soalna Bu Guru Icho ah :1. air susu dibalas dengan air tuba2. Air beriak tanda tak dalam3. Bagai air di daun talas4. Ada udang di balik batu5.Malu bertanya sesat di jalan6. berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian7. Habis manis sepah dibuang8. Besar pasak daripada tiang9. Air susu dibalas dengan air tuba10. Ada udang di balik batu11. sesuatu yang dikatakan orang lain/ diamanatkan tidak segera diserap12. besar pengeluaran daripada pendapatan…diponten nya, B Guru πŸ™‚

  3. kawandee said: heuheuheu…Seno salamet πŸ˜€

    lagi hoki aja dia kang..:-)

  4. kawandee said: nyobian ngeusian soalna Bu Guru Icho ah :1. air susu dibalas dengan air tuba2. Air beriak tanda tak dalam3. Bagai air di daun talas4. Ada udang di balik batu5.Malu bertanya sesat di jalan6. berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian7. Habis manis sepah dibuang8. Besar pasak daripada tiang9. Air susu dibalas dengan air tuba10. Ada udang di balik batu11. sesuatu yang dikatakan orang lain/ diamanatkan tidak segera diserap12. besar pengeluaran daripada pendapatan…diponten nya, B Guru πŸ™‚

    ponten na 80… nu 20 na kanggo ongkos bu guru .. πŸ™‚

  5. tidak ada yang meradang –> amandel buuuu? =))

  6. huahahahhahahaha untung Seno gak kena amukan badai

  7. ibunya panikan niiiih…

  8. andracharoen said: tidak ada yang meradang –> amandel buuuu? =))

    hahaha.. meradang tenggorokan ya ndra

  9. rumahnyaalsa said: huahahahhahahaha untung Seno gak kena amukan badai

    haduuuh. segala topan badai.. enyahlah kau

  10. rinirusli said: ibunya panikan niiiih…

    hihi.. panikan dan gak pede kalo anaknya bisa.

  11. Hahaha..JS Badudu nangis bombay abis baca perih bahasa Seno. Seno ngeles, ini pan versi saya :p

  12. mumsmile said: Hahaha..JS Badudu nangis bombay abis baca perih bahasa Seno. Seno ngeles, ini pan versi saya :p

    JS Badudu masih ada atau sudah alm ya ? udah lama gak denger kabarnya Mel.

  13. ibuseno said: JS Badudu masih ada atau sudah alm ya ? udah lama gak denger kabarnya Mel.

    Gak tau juga Teh :)Kayaknya udah alm ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s