Tips Memilih TK & SD

Berikut ini adalah beberapa tip yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih TK & SD untuk anak Anda:
MEMILIH TK

Survei dulu!

Lakukan peninjauan langsung ke sekolah. Perhatikan kondisi fisik bangunan keseluruhan, ruang kelas, toilet, kantin, fasilitas bermain anak, dsb.

Profesional nggak pengajar (SDM) nya?

Dari percakapan dengan pihak sekolah, pertanyaan Anda akan terjawab. Amati cara mereka melayani pertanyaan Anda dan cari tahu latar belakang pendidikan guru di sekolah tsb.

Amati rasio murid dan guru

Secara kasat mata bisa terlihat, jumlah murid yang terlalu banyak membuat guru kurang memperhatikan setiap anak.

Cek sarana dan pra sarana

Perhatikan, apakah fasilitas yang dimiliki sekolah cukup memadai? Apakah ada yang membahayakan si kecil? Terawat atau tidak fasilitas itu?

Enyahkan gengsi

Jangan memilih sekolah yang jauh dan mengorbankan anak kelelahan di jalan, demi mengejar gengsi karena mendengar reputasi sebuah sekolah.

Cari tahu konsep/metodenya
Sebaiknya, metodenya menekankan how to learn, how to behave, how to think, dan how to explore

MEMILIH SD

Dr Arif Rahman MPd, Kepala Pengembangan Pendidikan Lab School dan Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO menyarankan hal-hal berikut ini:


Sekolah yang secara kasatmata langsung terlihat kebersihan dan keindahannya.
Hal ini bisa mewakili bermacam hal, antara lain kedisiplinan, pandangan tentang arti kebersihan dan kesehatan, kerja sama menciptakan hal-hal yang baik dan sebagainya.

Sekolah yang tertib
Hal ini menyangkut 3 hal, yakni keteraturan programnya (materi pelajaran, extrakurikuler, dan aktivitas penunjang lainnya), teratur secara fisik bangunan, dan teratur dilihat dari hierarki sekolah (mulai dari jenjang Kepala Sekolah hingga guru bimbingan dan penyuluhan).

Sekolah yang memilki kultur baik.
Hal itu terlihat dari atmosfer individu di dalamnya yang akrab, penuh semangat, bersungguh-sungguh, dan bebas mengekspresikan diri.

Sekolah yang memilki prestasi akademis (termasuk dalam daftar sekolah unggulan atau tidak) dan prestasi non akademis (olahraga, kesenian, minat/hobi).

Sumber: Bonus Femina no. 14/XXXIII, 7-13 April 2005 yang di copy ke milis

( buat arsip Icho )

Advertisements

14 responses to “Tips Memilih TK & SD

  1. tfs ..aku lg nyari SD yg bagus di bojong (bogor),supaya nnt kalo pindah kesn tinggal msk ajah ke sd Ituh ..u/ teh adis .. hehehe masih 2 tahun lagi sih .. :d

  2. oetjipop said: sip2 deh!!

    sssippppppp

  3. Thanks buat infonya mbak.. 🙂

  4. 2 Tahun lagi masuk TK atau SD.. gutlak deh met cari2 sekolah..Cy

  5. mycelyn said: Thanks buat infonya mbak.. 🙂

    sama2 mama Celyn..

  6. ibuseno said: 2 Tahun lagi masuk TK atau SD.. gutlak deh met cari2 sekolah..Cy

    2 tahun lagi SD ..tapi karna mau pindah ke bogor,jd mesti sekolah di bogor ..sekarang masih TK diHalim .. 🙂

  7. wah…boleh juga ini tip-nya :)referensi buat anakku nanti 🙂

  8. kawandee said: wah…boleh juga ini tip-nya :)referensi buat anakku nanti 🙂

    berapa tahun lagi kang ? hihi

  9. eccy123 said: 2 tahun lagi SD ..tapi karna mau pindah ke bogor,jd mesti sekolah di bogor ..sekarang masih TK diHalim .. 🙂

    Oh.. masih di TK Halim…jadi kangen suasana Halim yang adem ayem

  10. ibuseno said: berapa tahun lagi kang ? hihi

    …sugan mah 4-5 taun deui, heuheuheu…ini yang ada juga lagi In Progress dalam perut ibunya 🙂

  11. kawandee said: …sugan mah 4-5 taun deui, heuheuheu…ini yang ada juga lagi In Progress dalam perut ibunya 🙂

    nya eta.. sip lah mugi2 sing langsar lungsur na..

  12. tfs teh…berguna bgt buat haura yg sebentar lg masuk TK 🙂

  13. myhaura said: tfs teh…berguna bgt buat haura yg sebentar lg masuk TK 🙂

    sama2 Mbak.. semoga Naura dapat TK yang bagus dan cocok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s