Masyarakat Jombang mulai Gak Rasional?

Kalau pengobatan ala dukun pake jampi2 atau pake obat2an herbal masih banyak dipakai masyarakat kita. Meskipun sedikit miris masih masuk akal. Tapi kalau air selokan dan lumpur di sekitar rumah dukun jadi obat pencegah maupun penyembuh penyakit susah buat diterima akal saya.
Sedihnya masyarakat Jombang di sekitar rumah dukun cilik Ponari percaya dan berbondong bondong ngeruk air selokan dan lumpur tsb.
Kemana ya petugas kesehatan setempat,apa masyarakat setempat belum di edukasi tentang kesehatan?

Advertisements

24 responses to “Masyarakat Jombang mulai Gak Rasional?

  1. Iya ih teh, dah pada iktan ‘teu hideng’ masyarakat sana nya..

  2. Kalau udah putus asa sama sakitnya, apa aja bisa dilakuin termasuk minum air kencing, artis aja ada kan yg begitu hehe…

  3. hihihi…bingung ya teh…

  4. benar memprihatinkan…..

  5. Mungkin karena pengobatan / obat sangat mahal ya Bu, makanya apapun dicoba …

  6. masih rendah tingkat pendidikan…. air comberan jd obat….jijik…..

  7. Cho, masyarakat desa kan emang kental banget bistik eh mistiknya..he..he..he..

  8. rinn1 said: Iya ih teh, dah pada iktan ‘teu hideng’ masyarakat sana nya..

    teu hideng.. teu aya nu ngahideng keun oge.. karunya

  9. iipx said: Kalau udah putus asa sama sakitnya, apa aja bisa dilakuin termasuk minum air kencing, artis aja ada kan yg begitu hehe…

    Oh ya… artis ada yg minum air kencing ? idih.. karunya amat ndesooo..

  10. bunda2f said: hihihi…bingung ya teh…

    bingung dan karunya…

  11. feodal said: benar memprihatinkan…..

    gimana tuh Mas ?

  12. pingkan20 said: Mungkin karena pengobatan / obat sangat mahal ya Bu, makanya apapun dicoba …

    banyak alasannya sih Mbak.. salah satunya ya karena pengobatan mahal..

  13. devisindu said: masih rendah tingkat pendidikan…. air comberan jd obat….jijik…..

    Iya Dev, banyak yang lebih percaya air comberan menyembuhkan dari pada membawa begitu banyak penyakit..

  14. eddyjp said: Cho, masyarakat desa kan emang kental banget bistik eh mistiknya..he..he..he..

    Oh iya.. inget pengalaman dikau waktu praktek di pedalaman sana ya Om..

  15. Keun teh, tong diemutan, biih teu damang. engke teteh kedah ka dukun Ponari kanggo berobatna. hahahaha…

  16. Kadang ada hal2 yg diluar rasio tapi nyata, ada juga hal yang hanya bisa percaya, seperti keyakinan agamahanya sedikit hal2 yang bisa dicerna dengan rasio, karena rahasia alam belum terungkap oleh ilmu pengetahuan

  17. Meniru kata om Brecs “In Ponari we trust” :D:D

  18. rekabohay said: Keun teh, tong diemutan, biih teu damang. engke teteh kedah ka dukun Ponari kanggo berobatna. hahahaha…

    hahaha..Dukun Ponari tiasa mengobati sakit hati teu ??

  19. kdharmawan said: Kadang ada hal2 yg diluar rasio tapi nyata, ada juga hal yang hanya bisa percaya, seperti keyakinan agamahanya sedikit hal2 yang bisa dicerna dengan rasio, karena rahasia alam belum terungkap oleh ilmu pengetahuan

    Iya Om Kus… banyak rahasia alam belum terungkap oleh ilmu pengetahuan. Tapi untuk air selokan yang kotor itu ilmu pengetahuan pasti bisa mengungkapkan betapa banyak kuman2 terkandung didalamnya..Sayangnya..susah mengungkap rasio orang2 yg percaya itu.. kemanaaa akal sehatnya ya..

  20. andracharoen said: Meniru kata om Brecs “In Ponari we trust” :D:D

    hihi.. Ponari menari nari.. eh tapi udah di amankan tuh.. si Ponari nya di suruh balik ke sekolah

  21. Ada pakar kejiwaan yang menyebutkan bahwa sembuhnya penyakit (kejiwaan?) 60% muncul dari dalam tumbuhnya sendiri. Oleh karena itu, orang yang sangat percaya dengan hal yang, menurut kita, tidak rasional bisa menyembuhkannya.Kalau sembuh? Mengapa tidak? Berobat ke dokter mahal!!

  22. idjatnika said: Ada pakar kejiwaan yang menyebutkan bahwa sembuhnya penyakit (kejiwaan?) 60% muncul dari dalam tumbuhnya sendiri. Oleh karena itu, orang yang sangat percaya dengan hal yang, menurut kita, tidak rasional bisa menyembuhkannya.Kalau sembuh? Mengapa tidak? Berobat ke dokter mahal!!

    susah ya merubah kepercayaan orang.. lagi pula hak asasi tiap orang deh.. yang penting merka mau tanggung sendiri akibat dari kepercayaan yang salah itu

  23. bellaferta said: udah parah emang.

    emang !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s