tips memilih sekolah buat anak-anak

Musim masuk sekolah sudah di mulai, Della sudah beli formulir untuk masuk SD.

Pilihannya masih SD yang sekompleks dengan TK nya dan juga karena jaraknya dekat dengan rumah.

Memilih sekolah bagi anak kita adalah perkara gampang-gampang sulit. Berikut ini disajikan tujuh tips dari Magdalena Sukartono, mantan Direktur LPK Budya Wacana, yang kini mengelola Lembaga Pengembangan SDM "Abisatya Paramitra."

1. Jangan menentukan pilihan hanya karena faktor gengsi atau prestise.

2. Pertimbangkan faktor "kenyamanan" bagi si anak dengan memperhatikan lingkungan (Kuliah Teknik Lingkungan) sekolah tersebut, jangan sampai membuat tertekan.

3. Pilihlah sekolah yang memiliki ideologi atau kepercayaan (Sekolah Agama/Kepercayaan)yang seazas dengan yang dianut keluarga, kecuali ia menganut faham kebebasan dalam menentukan pilihan.

4. Perlu diperhatikan fasilitas sekolah dan kualitas para pendidiknya, apakah mampu menciptakan lulusan yang berkualitas dalam hal ilmu pengetahuan dan kepribadian.

5. Pertimbangkan jarak lokasi sekolah dengan tempat tinggal sehubungan dengan sarana dan kondisi kesehatan (Sekolah Kesehatan) serta dampaknya bagi si anak.

6. Sesuaikan kemampuan/kondisi ekonomi keluarga dengan beban biaya pendidikan yang ditetapkan.

7. Beri kesempatan kepada si anak untuk ikut menentukan pilihannya dengan memberikan gambaran yang jelas tentang situasi dan nilai yang dimiliki sekolah yang akan dipilih dan harapan orangtua atas keberhasilan anak.

Semoga bermanfaat ya πŸ™‚

(Dari milis smanduta.. )

Advertisements

25 responses to “tips memilih sekolah buat anak-anak

  1. weh deg2n ya. untung di bogor mah dareukeut, ngan mangcetna wungkul tah kacida

  2. Nuhun infonya Teh.Sayah lagi siap siap cari SD nih πŸ™‚

  3. Masih setahun lagi, tapi gw udah puyeng dari sekarang ;(

  4. della usia berapa teh? aku juga lagi bingung nih nyari sekolah buat hylmi …

  5. tong hilap oge, ceu…perhatikan juga raihan NEM tertinggi-nya dan lulusannya dah masuk di SMP mana aja…

  6. Waaah TFS yaaah bu… πŸ™‚

  7. Tfs ya teh, bermanfaat banget buat aku yang lagi bingung cari sekolah untuk anak.

  8. puyengggg… waktune dah mefetttttt

  9. Eike jg mumet nyari sekolahan untuk Heidy.Pilihannya banyak banget.

  10. nuhun teh atas pencerahannya…yomi juga mau masih KB tahun ini…nyari-nyari yang dekat rumah juga…mumet teh sekarang nentuin sekolah buat anak

  11. ummuauliya said: weh deg2n ya. untung di bogor mah dareukeut, ngan mangcetna wungkul tah kacida

    Deukeut mah mapah we atuh Mi.. dulu juga kita jalan kaki pan hehe

  12. fadhilaharif said: Nuhun infonya Teh.Sayah lagi siap siap cari SD nih πŸ™‚

    SD Di Bogor atau di Bangkongreang wae teh ?

  13. melisaoktavia said: Masih setahun lagi, tapi gw udah puyeng dari sekarang ;(

    Cepet ya Mel.. gak kerasa lho..

  14. hylmilateef said: della usia berapa teh? aku juga lagi bingung nih nyari sekolah buat hylmi …

    April nanti Della 6 tahun teh..Hylmi umur brp ?

  15. kawandee said: tong hilap oge, ceu…perhatikan juga raihan NEM tertinggi-nya dan lulusannya dah masuk di SMP mana aja…

    Ya.. betul.. terima kasih tambahannya Kang Adi.. Dengan memperhatikan Danem dan diterima di SMP mana saja lulussannya kita bisa tahu juga mutu SD tersebut.. hmm.. tapi saya mah SMP na oge nanti di dinya keneh hehehe

  16. Sama 2 Mbak Nela.. kalo ada info lain ttng sekolahan di share juga yaaa

  17. qilqil said: puyengggg… waktune dah mefetttttt

    Iya Hen.. udah pd mulia tuh.. minggu depan malah Della sdh test masuk

  18. mumsmile said: Eike jg mumet nyari sekolahan untuk Heidy.Pilihannya banyak banget.

    Rencana ne mo masuk mana aja Mel ? cari yang terbaik dari yang baik deh hehehe..

  19. ritatriani said: nuhun teh atas pencerahannya…yomi juga mau masih KB tahun ini…nyari-nyari yang dekat rumah juga…mumet teh sekarang nentuin sekolah buat anak

    O.. Yomi mo KB ya ,. kalo KB mah iya lah yg deket2 aja Teh.. cepet gede yaaa hihi

  20. lagi musim cari sekolah, ortu puyeng deh pilah pilihnya

  21. bunda2f said: lagi musim cari sekolah, ortu puyeng deh pilah pilihnya

    Iya May…. puyeng juga deh meskipun sekolahnya masih di komplek sekolah yg sama..

  22. aduh abdi oge nuju bingung milarian SD anu tepat kanggo murangkalih

  23. hanifan said: aduh abdi oge nuju bingung milarian SD anu tepat kanggo murangkalih

    Duh.. baringungnya .. kumaha tos kenging ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s