Kebiasaan menjelang tidur

Della dulu sejak bayi sampai umur menjelang 3 tahun masih suka ngemut jari kalau menjelang tidur. Padahal sudah berbagai cara di coba untuk gak ngemut jari mulai dari tangannya di kasih sarung tangan sampe dikasih brotowalipun pernah, tapi Della gak kapok-kapok tetep ngemut jari.
Untungnya Della sempet kena sariawan dan ketika coba ngemut jari saat sariawan mungkin rasanya gak enak, akhirnya ibu dan bapa Della jadi punya alasan tepat kalau Della mulai coba ngemut lagi, kita bilang nanti bakal sariawan lagi kalo ngemut jari. Akhirnya sukses deh sampe sekarang Della gak pernah ngemut jari lagi. Cuma sejak itu kebiasaan menjelang tidurnya berubah, hobinya cium siku tangan ( sikut ? ) atau ngelus2 sikut ibu atau bapanya.
Cuma satu nih kebiasaan Della yang sampai sekarang belum hilang yaitu posisi tidur yang paling enak buat dia adalah posisi nungging hihi.. bahaya gak ya..

Beda lagi dengan Seno, Seno itu suka ‘kotek-kotek’ ( ini istilah yang diciptakan seno) atau garuk-garuk area udel ibunya. kebiasaan itu sampai menjelang TK. Sejak masuk TK ibu Seno sudah ingatkan Seno apa yang boleh dan gak boleh lagi di lakukan, salah satunya gak boleh lagi kotek-kotek udel ibu.

Ibu Seno bersyukur kebiasaan anak-anak menjelang tidur gak selamanya berlangsung dan kebiasaannya juga gak terlalu merepotkan. Coba bayangin kalo anak gak bisa tidur kalau gak pake bantal bututnya atau guling bututnya atau bahkan selimut bututnya. Gak kebayang kan kalau saat menginap ke tempat lain harus bawa-bawa guling butut hehehe.

Katanya kebiasaan seperti itu meskipun tidak bahaya tapi sebaiknya perlu di hilangkan, karena dapat menjadi tanda awal autis , bener gak ya ? . Teh Vina yang di korea, Mbah Dukun EddyJP dan Om Wira yang dokter mungkin bisa kasih info dan tanggapan ?

Gue sendiri waktu kecil sebetulnya juga punya kebiasaan mengelus kuping siapa saja yang jadi teman tidur gue, dulu sih kami masih se kamar bertiga, jadi kadang korbannya ya kakak2 gue deh, dengan pasrah kupingnya di elus-elus gue.
Untungnya kebiasaan itu berhenti ketika gak ada lagi teman sekamar, Kakak2 mulai keluar dari rumah dan gue juga mulai nge-kost, malu juga kan kalau mesti ngelus kuping temen kost-an.
Dan sekarang meskipun sudah punya teman tidur, kebiasaan ngelus kuping sudah tidak ada lagi.
Jadi.. masih tepatkah bahwa kebiasaan menjelang tidur yang berlanjut menjadi tanda awal autis ?? buktinya gue gak autis tuh… cuma sesekali aja autis kalau berada di depan PC..

Boleh share apa sih kebiasaan teman-teman menjelang tidur ??

Advertisements

42 responses to “Kebiasaan menjelang tidur

  1. kebiasaan della ngingetin aku ama keponakanku. kalau tidur ngemutin jari … dan bukan jari tangan lo … tapi jempol kaki …. jadi dia ngemutin jempolnya sambil duduk sampe ketiduran … dan akhirnya ngejungkel deh … tapi tetap tertidur dan ngemut si jempol. kaget waktu lihat pertama kali … ternyata dah bias kata ibunya.sekarang ngga tau deh … masih gitu ngga ya … ?muda-mudahan ngga deh … wong dia nih perempuan …

  2. Kebiasaan saya mah berdoa

  3. kebiasaanku sebelom tidur????ya nenenin Damar donggg hahahahha

  4. Kebiasan gw sih gak ada keiknya… tapi Kalau anak2 memang sebelum tidur pasti kita baca cerita dan tanya jawab hal – hal dalam buku cerita (biasanya ttg alam, bumi, dan kehidupan sehari2). Nah kalau udah itu, baru deh bobok. Kalau K’Abel kebiasaannya pokoknya peluk guling dan tangan gw, pokoknya ada sedikit anggota tubuh gw yg NEMPEL hohoho… Nah kalau Sarah nih lucu lagi, tiap bobok pasti tangan dia di taruh di sela-sela leher gw, dan itu HARUS. gak tau tuh, pasti dia bilang: Mama, adek pengen tanganya di leher Mama, adek suka” huhuhuh pernah gw berasa kayak keselek… kekekeketrus menjelang malam pasti Sarah “ndusel” di ketek plus 3 diantara 5 kali tidur, dia akan tidur di pundak gw, bisa kepala sp dada, bisa semua badannya di atas gw…. ya gitu lah….makanya gue suka pegel dan masuk angin….:):)

  5. kebiasaanku sblm tidur, pepi dulu, trus minum air hangat segelas penuh…lampu kamar hrs matikl di tempat asing bgt (bukan rumah sodara, ex: hotel) tidur pasti sambil nyelimutin kepala…jd ketutup dr kepala sampe kakaikl anakku Angie, punggungnya hrs digaruk…dng berbagai requestnya…kadang2 sebel boodah ngantuk, dia masih minta digaruk punggungnyarequest paling sering: garuknya pake kuku…aiih…jadi kangen Angela niy

  6. kalo papa Della punya kebiasaan apa menjelang tidur?? πŸ˜€

  7. Apa ya? Ngga merhatiin de. Ntar deh pulang bikin research trs laporan ke sini :p..hehehe..Yg pasti sih Heidy-ku, kalau mau tidur kudu guling (yg dah ngga karu2an bentuk maupun rasanya :)) trs, tali sarung gulingnya dijejelin dalam idungnya, sambil ngedot susu.

  8. hmmm anakku dua duanya ga ada kebiasaan menjelang tidur sih mbak…hehe aku emang sengajain ga bikin mereka punya guling/bantal/selimut favorit..tiap minggu kudu ganti… biar ga ada istilah “kesayangan” dan nyusahin..kekekekejaam

  9. gue tidur sambil ngelonin thole.. habis tu kelonan sama bapaknya hahahaha

  10. hehhee..della hobbynya sam ya ama sahlan, ngelus2 sikut. Kalo si mas nya Syahmi malah ga bisa tidur kalo lom digaruk2 punggungnya sampe pegeellll deh…huhu aya aya wae barudak teh

  11. aq mah ‘pelor’ teh, jadi pas nemu bantal lgsung nyungsep, bablas sampe besok pagi…jd ga ada kebiasaan sblm tidur..hihihihi

  12. hylmilateef said: kebiasaan della ngingetin aku ama keponakanku. kalau tidur ngemutin jari … dan bukan jari tangan lo … tapi jempol kaki …. jadi dia ngemutin jempolnya sambil duduk sampe ketiduran … dan akhirnya ngejungkel deh … tapi tetap tertidur dan ngemut si jempol. kaget waktu lihat pertama kali … ternyata dah bias kata ibunya.sekarang ngga tau deh … masih gitu ngga ya … ?muda-mudahan ngga deh … wong dia nih perempuan …

    Jempol kaki ? waduh.. kudu bersih terus tuh jempol kaki, udah gede mah moga2 aja hilang.. hehehe

  13. tilusabelas said: Kebiasaan saya mah berdoa

    Alus kang.. saya oge di doakeun atuh ..:-)

  14. qilqil said: kebiasaanku sebelom tidur????ya nenenin Damar donggg hahahahha

    abis ngelonin damar langsung ketiduran ya. hen

  15. sekarsekar said: Kebiasan gw sih gak ada keiknya… tapi Kalau anak2 memang sebelum tidur pasti kita baca cerita dan tanya jawab hal – hal dalam buku cerita (biasanya ttg alam, bumi, dan kehidupan sehari2). Nah kalau udah itu, baru deh bobok. Kalau K’Abel kebiasaannya pokoknya peluk guling dan tangan gw, pokoknya ada sedikit anggota tubuh gw yg NEMPEL hohoho… Nah kalau Sarah nih lucu lagi, tiap bobok pasti tangan dia di taruh di sela-sela leher gw, dan itu HARUS. gak tau tuh, pasti dia bilang: Mama, adek pengen tanganya di leher Mama, adek suka” huhuhuh pernah gw berasa kayak keselek… kekekeketrus menjelang malam pasti Sarah “ndusel” di ketek plus 3 diantara 5 kali tidur, dia akan tidur di pundak gw, bisa kepala sp dada, bisa semua badannya di atas gw…. ya gitu lah….makanya gue suka pegel dan masuk angin….:):)

    Kalo ritual baca buku sebelum tidur iya sih Della dan Seno juga selalu tuh gitu, untungnya skrng Seno udah bisa baca sendiri, jadi dia yang kadang gantiin gw bacain buku crita ( lebih sering buku Beni Mice deh sekarang mah ) buat Della..Kalo soal elo pegel dan masuk angin keiknya sih bukan karena leher digelendotin sarah deh πŸ™‚

  16. mimihnyasyifa said: kebiasaanku sblm tidur, pepi dulu, trus minum air hangat segelas penuh…lampu kamar hrs matikl di tempat asing bgt (bukan rumah sodara, ex: hotel) tidur pasti sambil nyelimutin kepala…jd ketutup dr kepala sampe kakaikl anakku Angie, punggungnya hrs digaruk…dng berbagai requestnya…kadang2 sebel boodah ngantuk, dia masih minta digaruk punggungnyarequest paling sering: garuknya pake kuku…aiih…jadi kangen Angela niy

    wah.. mesti tidur dalam gelap ya, aku mah netral.. mo gelap mo terang sama aja..pelor !Eh iya.. Della juga pas gede gini punya kebiasaan minta digaruk punggung, gak selalu aku kabulkan sih.. takut kebiasaan emaknya pegel heheemang lagi di mana skrng teh ?

  17. feodal said: kalo papa Della punya kebiasaan apa menjelang tidur?? πŸ˜€

    waduh si bapa kebiasaannya meluk guling yg bisa bunyi hihi

  18. mumsmile said: Apa ya? Ngga merhatiin de. Ntar deh pulang bikin research trs laporan ke sini :p..hehehe..Yg pasti sih Heidy-ku, kalau mau tidur kudu guling (yg dah ngga karu2an bentuk maupun rasanya :)) trs, tali sarung gulingnya dijejelin dalam idungnya, sambil ngedot susu.

    O.. tidurnya Lasak gitu.. itu tali giling di masukin ke hidung ?? hihi.. lucu juga ya..

  19. lisadianty said: hmmm anakku dua duanya ga ada kebiasaan menjelang tidur sih mbak…hehe aku emang sengajain ga bikin mereka punya guling/bantal/selimut favorit..tiap minggu kudu ganti… biar ga ada istilah “kesayangan” dan nyusahin..kekekekejaam

    Bagus tuh Lis.. pertahankan ya.. ternyata tujuannya juga supaya emaknya gak capek.. huuu.. dasar wae

  20. riffat said: gue tidur sambil ngelonin thole.. habis tu kelonan sama bapaknya hahahaha

    Tholenya juga langsung bles tidur Da ?? Kalo kelonan sama Bapa Thole bukan kebiasaan deh itu mah.. ketagihan hahaha

  21. hannyks said: hehhee..della hobbynya sam ya ama sahlan, ngelus2 sikut. Kalo si mas nya Syahmi malah ga bisa tidur kalo lom digaruk2 punggungnya sampe pegeellll deh…huhu aya aya wae barudak teh

    garuk2 punggung juga paling di sukai della teh.. tapi gak sering sih, krn aku suka nolak2.. gara2 pegel juga hehe

  22. rinn1 said: aq mah ‘pelor’ teh, jadi pas nemu bantal lgsung nyungsep, bablas sampe besok pagi…jd ga ada kebiasaan sblm tidur..hihihihi

    bentar lagi juga pasti ada deh hehe

  23. ibuseno said: bentar lagi juga pasti ada deh hehe

    hmm….apakah itu? hihihi

  24. gak punya kebiasaaan apa2 mba..tidur ya langsung aja tidur…hehehe

  25. rinn1 said: hmm….apakah itu? hihihi

    hihi.. antosan we heula.. penasaran ?? taroskeun ka si akang

  26. dinoflove said: gak punya kebiasaaan apa2 mba..tidur ya langsung aja tidur…hehehe

    hihi.. pelor ya… ??

  27. Kalo medy waktu masih minum susu dibotol. sambil megang botol tangan satunya raba2 karet celana. Celana yang dipake atau atau celana yang gak dipake. Tapi begitu gak minum susu di botol lagi kebiasaan itu ilang sendiri. Kalau sekarang mau tidur kudu baca dulu. Takut juga sih kalo bentar lagi musti kaca mata.Kalo gue langsung bablas. Nah emaknya Della ngapain dulu tuh>

  28. mamamedy said: Kalo medy waktu masih minum susu dibotol. sambil megang botol tangan satunya raba2 karet celana. Celana yang dipake atau atau celana yang gak dipake. Tapi begitu gak minum susu di botol lagi kebiasaan itu ilang sendiri. Kalau sekarang mau tidur kudu baca dulu. Takut juga sih kalo bentar lagi musti kaca mata.Kalo gue langsung bablas. Nah emaknya Della ngapain dulu tuh>

    Medy minum susu di botol sambil bobo ya, wah Seno juga tuh.. makanya mulutnya agak maju hehe.. Kalo Della gak pernah .. dari belum 1 tahun juga udah ninggalin botolhihi.. itu karet celana siapa yang dipegangin si medy ?Kalo emaknya Dela kebiasaan sebelum tidur, kalo gak maen MP, FB YM dulu.. trus.. baca koran atau buku dulu ditempat tidur… baru deh bisa tidur

  29. dulu mah pelor jgtp sejak py anak…g bisa pelor lg dehbiasa teh…tugas ke negeri jiran…

  30. hmm gak ada yg khusus. kalo auliya mesti bawa bantal dan piyo2, kalo nisa mesti mijet2 lengan maknya hihihihi

  31. mimihnyasyifa said: dulu mah pelor jgtp sejak py anak…g bisa pelor lg dehbiasa teh…tugas ke negeri jiran…

    iya.. kalo udah punya anak pelor keneh mah anaknya bisa pelor juga :-)Oh ke sana gak bawa keluarga ?

  32. ummuauliya said: hmm gak ada yg khusus. kalo auliya mesti bawa bantal dan piyo2, kalo nisa mesti mijet2 lengan maknya hihihihi

    gak ada yg khusus koq bawa piyo2.. eh tapi pastu lucu tu piyo2 ya nicha mijit tangan emaknya.. emaknya mijit apa dong..

  33. dea kudu korek2 ujung bantalaku seh pelor…nempel bantal lgs molor huahahahah

  34. lusianahartono said: dea kudu korek2 ujung bantalaku seh pelor…nempel bantal lgs molor huahahahah

    tapi bantal mana aja kan Lus ? gak mesti satu bantal itu aja.emaknya mah udah keliatan lah pelor nya hahaha

  35. izan mah kudu usek-usek muka orang yg nemenin dia tidur..

  36. bundanaizan said: izan mah kudu usek-usek muka orang yg nemenin dia tidur..

    waduh.. usek2 nya gimana teh.. garetek atuh di usek2 muka mah

  37. Saya ngemut jempol menjelang tidur sampe kelas 3 SD… πŸ˜€

  38. Kalo anak anakku mah baca cerita menjelang tidur…

  39. fadhilaharif said: Saya ngemut jempol menjelang tidur sampe kelas 3 SD… πŸ˜€

    wah.. untung gak sampe gede ya teh πŸ™‚

  40. fadhilaharif said: Kalo anak anakku mah baca cerita menjelang tidur…

    sama dong teh, aku juga cari ngantuk dng membaca.

  41. ibuseno said: gak ada yg khusus koq bawa piyo2.. eh tapi pastu lucu tu piyo2 ya nicha mijit tangan emaknya.. emaknya mijit apa dong..

    maksudnya kalo maknya mah gak ada yg khusus, kalo anak2nya mah ya gitu deh hihihihi *alias pelor nyak maknya hihihi*

  42. ummuauliya said: maksudnya kalo maknya mah gak ada yg khusus, kalo anak2nya mah ya gitu deh hihihihi *alias pelor nyak maknya hihihi*

    Oh.. hihi.. pelor juga toh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s