Timer Angkot

Pernah denger gak istilah timer buat angkutan ?

Itu lho orang yang suka nyatet2 entah apa yang di catat di kertas dia, kertasnya aja gak resmi gitu kadang kertas bekas bungkus pelapis rokok, potongan kardus atau rada serius dikit berupa buku 1/2 potong yang panjang ukuran folio., kemudian orang itu akan dapat uang dari pengemudi angkutan, atau kadang ngasih sesuatu entah itu air mineral, atau lembaran kertas gak resmi ( bukan dari dispenda) yang gak ada artinya ke sopir.
Nah gue itu kalo naik angkot dan ketemu orang-orang model gini suka bingung lho. pertanyaan gue belum terjawab sampai sekarang, padahal beberapa sopir angkot pernah gue tanyain dan gue tidak mendapatkan jawaban yang pasti, malah gue di suruh jangan mikirin timer deh bu.. kurang kerjaan juga ni si ibu.
Tetep penasaran dan iseng, temen2 ada gak yang bisa bantu jawab , ini list pertanyaannya :

– Para timer itu bekerja untuk siapa sih ? membantu sopir angkot atau membantu polisi atau pemda ?

– Apa yang di catat oleh para timer di kertas/potongan kardus/buku nya dia

– Apa keuntungan dan kerugian yang didapat dari sopir dengan adanya timer ?

– Catetan si timer itu nanti di kemanain ? apakah akan dibuatkan laporan ? jika iya, laporannya akan di berikan ke siapa ?

– Dari penglihatan teman2, kira2 lebih setuju orang bekerja jadi tukang parkir atau timer ?

Note : foto dari sini

Advertisements

58 responses to “Timer Angkot

  1. Oh yang begitu disebut timer yah…

  2. ibuseno said: O alaaaa.. anaknya juragan angkot ternyata hihihi.. ramayana – warung jambu gratis dong..

    salah, ramayana ciheuleut (payah ni lidah orang non sunda, kalo gak jadi cileheut, cihileud*yaiks*, ciheuheud, naon we lah, untung gak nyasab hihihi)

  3. fadhilaharif said: Oh yang begitu disebut timer yah…

    itu bahasa keren nya aja teh 🙂

  4. ummuauliya said: salah, ramayana ciheuleut (payah ni lidah orang non sunda, kalo gak jadi cileheut, cihileud*yaiks*, ciheuheud, naon we lah, untung gak nyasab hihihi)

    salah ya… stop kiri atuh , saya mau turun

  5. ibuseno said: itu daerah kekuasaan luas juga ya.. sampe ke priok pasti mangkal di pasar uler juga

    perlu invasi ke daerah lain juga sih rencananya.perluasan wilayah lah bu..ngomong2 pasar uler…aku disana biasa dipanggil udin kalo di psr uler.Alhamdulllah kira2 enam puluh % aku kenal mereka.tapi itu..dipanggilnya udin_enggak nyeni banget ya..

  6. bellaferta said: perlu invasi ke daerah lain juga sih rencananya.perluasan wilayah lah bu..ngomong2 pasar uler…aku disana biasa dipanggil udin kalo di psr uler.Alhamdulllah kira2 enam puluh % aku kenal mereka.tapi itu..dipanggilnya udin_enggak nyeni banget ya..

    Oh.. ya Udin perlebar aja daerah jajahannya Dinmumpung sUdin perhubungan belom nangkepin calo2 hehehe

  7. Kalo bis2 gede kayak Mayasari / PPD, katanya sih para timer kerja untuk perusahaan Mayasari. Jadi mereka bisa tau tuh kerja bener apa gak (setorannya ditilep apa gak?). Soalnya supir kan digaji bulanan. Jadi diitung jumlah sewanya (penumpang maksudnya he he he bahasa kenek nih) ada berapa jumlahnya trus dicocokin dengan setorannya. Terus udah berapa kali muter/rit. Makanya banyak supir yang suka nipu, waktu di-timer dia sengaja ambil penumpang dikit, abis itu sengaja ngetem lama2 buat cari tambahan sewa. Kalo bis gede sih kadang2 kertasnya masih lebih manusiawi, kertas A4 yang dilipet2 atau buku tulis.Ini hasil pengamatan sendiri lho, secara sering naik bis gede, dan sering nunggu di deket petugas timer, eh tapi ada juga informasi dari temen, soalnya pernah penasaran juga.Gak tau deh kalo angkot sistemnya gimana. Tanya aja lagi cho…ga usah malu2, bilang aja elo baru mau jadi pengusaha angkot 

  8. mamamedy said: Kalo bis2 gede kayak Mayasari / PPD, katanya sih para timer kerja untuk perusahaan Mayasari. Jadi mereka bisa tau tuh kerja bener apa gak (setorannya ditilep apa gak?). Soalnya supir kan digaji bulanan. Jadi diitung jumlah sewanya (penumpang maksudnya he he he bahasa kenek nih) ada berapa jumlahnya trus dicocokin dengan setorannya. Terus udah berapa kali muter/rit. Makanya banyak supir yang suka nipu, waktu di-timer dia sengaja ambil penumpang dikit, abis itu sengaja ngetem lama2 buat cari tambahan sewa. Kalo bis gede sih kadang2 kertasnya masih lebih manusiawi, kertas A4 yang dilipet2 atau buku tulis.Ini hasil pengamatan sendiri lho, secara sering naik bis gede, dan sering nunggu di deket petugas timer, eh tapi ada juga informasi dari temen, soalnya pernah penasaran juga.Gak tau deh kalo angkot sistemnya gimana. Tanya aja lagi cho…ga usah malu2, bilang aja elo baru mau jadi pengusaha angkot 

    Thanks infonya ya Lan..hihi.. tau juga lu ya bahasa kenek hehe.. kalo elo sempet, kan elo sering naik bis luar kota tuh, pas elo di itung coba deh iseng2.. pak nanti kirim laporannya ke saya ya.. nah lu analisa deh tu data… halahhhhh !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s